Monday, June 20, 2022

Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula, Begini Caranya

Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula, Begini Caranya

Sharing By Rey - Bisnis online tanpa modal untuk pemula, sering banget ditanyakan oleh banyak orang, khususnya bagi ibu rumah tangga yang mengeluhkan kurangnya ekonomi keluarga untuk kesehariannya.

Karenanya, timbullah ide, bagi ibu-ibu untuk bisa membantu sang suami, menghasilkan uang dari rumah saja, dan pilihannya tentu saja adalah bisnis online atau bisnis tanpa modal, karena memang keterbatasan modal buat mereka.

Sejujurnya saya nggak yakin, di dunia ini ada IRT yang bisa menjalankan bisnis tanpa modal, bahkan saya sudah pernah membahas tentang bisnis tanpa modal, yang tidak benar-benar tanpa modal di waktu lalu.

Namun, setidak yakinnya saya, seperti yang saya pernah tuliskan dahulu, kalau mungkin masih ada sih, ibu rumah tangga yang punya tekat kuat untuk berbisnis, tentu saja harus menyediakan modal ya, meski nggak melulu modal uang, terlebih buat ibu rumah tangga yang telah memiliki anak.

Nah untuk yang punya keinginan kuat untuk bisa mengubah nasib, membantu memperbaiki keuangan keluarga, tentu saja masih banyak jalan menuju bisnis yang bisa dilakukan.

Salah satunya, memulai bisnis jualan online, dengan menjual beberapa produk-produk secara online, sehingga bisa punya keuntungan. 

berjualan online sangat memungkinkan, khususnya untuk ibu rumah tangga yang notabene belum punya basic ilmu jualan yang mumpuni, modalpun sangat terbatas.

Karena bisa mendapatkan kemudahan untuk bisa menjangkau pasar yang luas, tanpa harus keluar rumah, pun juga tidak perlu kerepotan menyediakan toko fisik, yang mengharuskan punya modal jauh lebih besar.

Pertanyaannya adalah, bagaimana sih cara memulai bisnis online yang terbilang tanpa modal tersebut?


1. Memulai Bisnis Online Tanpa Modal, dengan Menentukan Platform Tempat Berjualan 


Hampir sama dengan jualan langsung, jualan online atau bisnis online pun, butuh tempat untuk jualan. Bedanya, tempat jualan online ini yang sering kali disebut platform berjualan, berbentuk online dan bisa diakses di manapun.

Bisnis Online Tanpa Modal

Contohnya, memakai media sosial atau juga e-commerce yang sekarang banyak tersedia untuk memulai sebuah bisnis online. 

Hal penting yang tak boleh diabaikan dalam memilih platform jualan adalah, mengenali jenis produk yang akan dijual, serta siapa target marketnya, agar penjualan bisa dijalankan dengan maksimal.

Misal nih, kita mau jualan produk yang banyak diperlukan atau digunakan anak muda, maka kita wajib mencari platform yang banyak digemari anak muda, misal Instagram maupun TikTok.

Demikian juga, jika produk kita memang diperuntukan buat target market orang tua, maka sebaiknya pilih platform yang lebih banyak digunakan orang tua, misal facebook maupun whatsapp.

Selain itu, pilihan platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya, bisa juga dijadikan pilihan platform tempat kita berjualan.


2. Memulai Bisnis Online Tanpa Modal, dengan Mencari Supplier atau Distributor Reseller atau Dropship yang Terpercaya


Salah satu cara paling masuk akal, untuk memulai bisnis tanpa modal, atau dengan modal yang relatif sangat kecil adalah, dengan menjual dagangan memakai sistem reseller atau dropship.
Kita bisa mencari supplier yang menerapkan sistem tersebut dalam berdagang.

Dengan menggunakan sistem reseller atau dropship dari supplier, artinya kita hanya butuh menerima orderan, kemudian menyampaikannya pada supplier

Setelah itu, supplier lah yang akan mengurusi segala keperluan jual beli tersebut, baik itu pengemasan barang, maupun pengiriman barang kepada pembeli. 
Jadi, kita hanya perlu bekerja dalam hal memasarkan saja secara online, atau dengan kata lain, menemukan pembeli untuk produk orang lain.

Jangan lupa agar mencari barang yang akan dijual, benar-benar dari supplier tangan pertama, agar keuntungan yang akan kita dapatkan, bisa lebih maksimal, tanpa mengubah harga pasaran yang ada, ataupun menaikan harga terlalu tinggi.

Dan yang lebih penting, wajib banget bagi kita untuk menemukan barang dari supplier ataupun distributor yang terpercaya, agar kita terhindar dari penipuan secara online.


3. Memulai Bisnis Online Tanpa Modal, dengan Menentukan Desain serta Tema Online Shop yang Akan Dijalankan   


Setelah menemukan barang dari supplier terpercaya yang akan kita jual, langkah selanjutnya adalah, mendesain toko online kita, agar konsumen dapat mengenali kita sebagai toko online yang terpercaya.

Bisnis Online Tanpa Modal

Selain itu, toko dengan desain khusus, akan meningkatkan brand awareness bagi para pengunjung yang datang ke toko online tersebut.

Buatlah tema dan desain yang memperlihatkan visual yang menyenangkan, agar meningkatkan peluang pengunjung untuk membeli produk kita.

Misal, kita ingin berjualan produk-produk bayi, pilihlah disain lucu dengan warna-warna ceria.
Demikian juga untuk produk-produk wanita, sesuaikan dengan karakter produk yang akan dijual, misal untuk wanita warnanya lebih feminim.
Sementara untuk pria pilihlah warna-warna yang lebih netral dan simple serta lebih gelap.


4. Memulai Bisnis Online Tanpa Modal, dengan Mengupload Gambar dan Keterangan Produk di Halaman Toko 


Selanjutnya, segera upload gambar-gambar produk yang akan dijual, jangan lupa beri penjelasan selengkap-lengkapnya, serta detail.

Bisnis Online Tanpa Modal

Kalau perlu, detail yang penting, upload di bagian foto produk juga, mengingat zaman sekarang kebanyakan orang lebih suka hal visual ketimbang membaca tulisan.

Jangan lupa juga memperhatikan hal-hal yang penting dan menggambarkan keseriusan dari toko online kita, misal upload lah foto dengan kualitas yang terbaik dan terlihat profesional, agar menarik pembeli mau membelinya langsung.

Untuk foto demikian, kita bisa memakai foto asli dari supplier yang akan bekerja sama dengan kita, biasanya mereka punya banyak foto katalog dari produk mereka, dan tugas kita hanya mengupload dan melengkapinya dengan keterangan yang lengkap.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dengan seksama adalah, penetapan harga yang pas untuk produk yang kita jual.

Jangan hanya mempertimbangkan keuntungan yang akan kita terima, tapi mulailah dengan survey ke berbagai toko online yang menjual produk yang sama dengan kita.

Dari situ, kita bisa membandingkan dengan harga pasaran yang ada, kemudian dicocokan dengan harga dari supplier yang kita punyai, dan pertimbangkan keuntungan yang ingin kita raih, sehingga bisa menentukan harga jual yang tepat untuk produk tersebut.


5. Memulai Bisnis Online Tanpa Modal, dengan Jangan Malas Mempromosikan Jualan atau Bisnis Online Kita 


Cara terakhir yang paling penting dalam peranan memulai bisnis online tanpa modal bagi pemula adalah, segeralah dan sering-sering mempromosikan produk jualan serta toko online kita di media sosial yang kita punya, secara konsisten.

Bisnis Online Tanpa Modal

Jangan malas untuk promosi, namun tentu saja dikemas dengan cara-cara yang lebih menarik, agar calon pembeli tidak eneg duluan melihat promosi kita yang terlalu berlebihan.

Kita bisa memanfaatkan beberapa fitur yang ada di media sosial, seperti Instastory, WhatsApp, maupun Facebook Story.

Uploadlah foto produk-produk yang kita jual sesering mungkin, dan diselingi hal-hal yang menarik lainnya, agar tidak terlihat hard selling.

Jangan lupa pelajari berbagai tehnik dan trik marketing yang ada.
Salah satunya kita bisa menerapkan gimmick marketing yang digemari masyarakat, misal adanya potongan harga maupun bonus produk untuk setiap pembelian dengan jumlah tertentu. 


Demikianlah 5 cara penting yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis online tanpa modal bagi para pemula, yang lebih penting adalah, segeralah memulai, jangan entar-entar melulu. 

Sekarang, catatlah poin-poin penting sebagai cara memulai bisnis online tanpa modal di atas, lalu segera praktikan.


Sidoarjo, 20 Juni 2022


Sumber: pengalaman dan opini pribadi
Gambar: canva and unsplash

4 comments :

  1. Bisnis online memang cara efektif untuk berjualan di era sekarang ya. Apalagi modal pas-pasan. Tehnik dan trik marketing juga penting untuk dipelajari. Makasih ya. Semoga sehat selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, modalnya relatif kecil, bahkan bisa tanpa modal :)

      Delete
  2. Aku pernah beli baju di toko online, alamat tokonya sih di Jakarta tapi begitu paket datang kok pengiriman dari Bandung, sepertinya dia dropship ya mbak.😂

    Memang kalo tidak ada modal tapi mau jualan enaknya cari reseller tapi yang terpercaya. Jangan lupa rajin promosi juga 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iyaaa biasanya gitu dropship, kadang orang tuh punya toko sendiri, tapi juga jualin produk orang, biar pemasukan lancar gitu maksudnya, kadang juga akan lebih baik kalau jualin produk orang yang dia kenal, kan lumayan tuh keuntungannya :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top