Sunday, June 19, 2022

Get Out Movie (2017), Film Thriller Menegangkan dengan Tema Rasisme

Get Out Movie (2017), Film Thriller Menegangkan dengan Tema Rasisme

Sharing By Rey - Get Out movie yang dirilis tahun 2017 merupakan film dengan tema horor plus thriller berlatarkan rasisme yang kuat.

Film ini, sebenarnya udah lumayan lama saya tonton, tapi baru sempat direview, hehehe.
Sebenarnya sih, udah pernah saya tuliskan review film Get Out ini, di postingan rekomendasi film Thriller yang menegangkan ini.

Iya, film ini menegangkan sih menurut saya, eh bahkan menurut banyak orang sih, dan digadang-gadang sebagai salah satu film thriller menegangkan yang terbaik sepanjang masa.

Karenanya, saya pikir harus menuliskan review dan sinopsis lengkap film Get Out ini, selain di dalamnya juga sarat makna buat kehidupan sehari-hari sih ya.

Oh ya, fyi nih, saya tuh aslinya penggemar film kayak gini, bukan adegan horor serem ala thriller yang berdarah-darah ya, tapi film yang menegangkan, masuk akal dan nggak bikin ngantuk.

Kekurangannya, saya takut liat adegan sadis, tauk dah si Rey ini, suka nonton yang seram, tapi nggak mau nonton yang sadis, hahaha.
Dan film ini, lumayan sadis sih, meski masih dalam tahapan yang bisa dilihat sama si Rey cemen ini.


Sinopsis Lengkap Get Out Movie (2017)


Spoiler banget ya! udah di-warning nih!

Adegan Get Out movie, dibuka dengan adegan seorang lelaki berkulit gelap sedang berjalan di sebuah daerah yang sepertinya tidak dikuasainya, sambil menerima sebuah telepon yang memberinya arah jalan yang harus dilaluinya.

Lelaki tersebut sepertinya kebingungan mencari sebuah alamat, dan di tengah kebingungannya, sebuah mobil putih lewat di sampingnya.

Mobil itu sangat mencurigakan, karena mengikuti arah berjalannya.
Sang lelaki yang merasa terganggu, memilih pergi menghindari mobil tersebut, sayangnya ketika masih kebingungan di tengah jalan, tiba-tiba sang pengendara mobil tersebut turun dari mobilnya, mengenakan topeng lalu menyerang sang lelaki.

Sang lelaki berkulit gelap tersebut akhirnya tak sadarkan diri, dan tubuhnya diangkat lalu dimasukan ke bagasi mobil putih tersebut, oleh si penyerang.

Adegan lalu berpindah ke sebuah apartemen milik seorang fotografer berkulit gelap, Chris (Daniel Kaluuya) yang kedatangan kekasihnya, seorang wanita berkulit putih, Rose (Allison Williams).

Mereka begitu gembira membicarakan rencana untuk mengunjungi orang tua Rose.
Keesokan harinya, Chris dan Rose lalu berkendara menuju rumah orang tua Rose yang berada jauh di pinggiran kota New York.

Di tengah perjalanan, ketika Rose sedang menyetir, dan Chris menerima telpon dari sahabatnya, tiba-tiba mereka menabrak seekor rusa yang melintas di jalanan.

Kejadian tersebut membuat mereka sedikit bersitegang dengan seorang sheriff yang terlihat menaruh curiga kepada Chris, hanya karena dia berkulit gelap dan bepergian dengan wanita berkulit putih.

Untungnya masalah tersebut tidak berlarut-larut, karena Rose membela kekasihnya tersebut, mereka lalu meneruskan perjalanan, hingga sampau di rumah keluarga Armitage, orang tua Rose.

Di sana, Chris lalu berkenalan dengan anggota keluarga Armitage, ada Jeremy, adik dari Rose.
Dean, ayah Rose, serta Missy, ibu Rose, yang punya profesi sebagai hipnoterapis. 

Awalnya Chris menikmati kehangatan dari keluarga Armitage, namun beberapa lama kemudian dia merasa sedikit tidak nyaman, karena percakapan mereka selalu menyinggung warna kulit.

Yang lebih membuatkan sedikit terganggu adalah, ketika Chris bertemu dengan 2 orang asisten rumah tangga di keluarga tersebut, yang ternyata keduanya berkulit gelap.

Get Out Movie (2017), Film Thriller Menegangkan dengan Tema Rasisme

Ada Georgina serta Walter, yang keduanya punya sikap sama-sama aneh, salah satunya, meski keduanya berkulit gelap, tapi bersikap seolah tidak bersahabat dengan Chris yang notabene berkulit gelap juga.

Ketika malam hari, Chris merasa kesulitan untuk tidur, dia memutuskan untuk keluar rumah dan merokok, ternyata malah bertemu dengan Missy, ibu Rose, yang kemudian membujuknya, untuk mencoba hipnoterapi agar dapat melepaskan kecanduannya akan rokok.

Chris akhirnya tak bisa menolak, dan mengikuti saja ajakan calon ibu mertuanya tersebut.
Chris lalu mengikuti petunjuk Missy, dengan mulai mengorek-ngorek alam bawah sadarnya, salah satunya membuat Chris mengingat kembali peristiwa meninggalnya sang ibu ketika mengalami tabrak lari saat Chris masih kanak-kanak.

Perlahan namun pasti, Chris merasakan dirinya tenggelam, dan tiba-tiba terbangun udah di tempat tidur dengan penuh kebingungan, akhirnya mengira hal tersebut adalah mimpi semata.

Keesokan harinya, ada acara di rumah keluarga Armitage, banyak undangan yang datang, kesemuanya adalah keluarga jauh maupun dekat dari Armitage.

Bersama Rose, Chris mencoba membaur dengan baik dan ramah, beberapa orang juga menarik perhatiannya, ada Jim Hudson, yang merupakan seorang penjual karya seni, namun tak bisa melihat melihat. 

Dan yang paling aneh buat Chris adalah, ketika bertemu dengan seorang berkulit gelap sepertinya, yang ternyata mempunyai istri kulit putih yang usianya jauh di atasnya.
Logan, nama lelaki berkulit gelap itu, dan ketika diajak ngobrol, dia sama sekali nggak menunjukan sikap ramah layaknya sesama ras kulit gelap bertemu di tengah kulit putih.

Bukan hanya itu, sikap 2 pelayan berkulit hitam di rumah tersebutpun, sangat mengganggu pikirannya, dan akhirnya Chris memutuskan untuk menghubungi sahabatnya yang bekerja di bidang keamanan transportasi pemerintahan, Rod Williams. 

Get Out Movie (2017), Film Thriller Menegangkan dengan Tema Rasisme

Rod yang parno langsung menyuruhnya untuk segera pergi dari rumah tersebut, tapi Chris menjelaskan kalau masih ada orang-orang berkulit hitam di sana, dan untuk membuktikannya, diam-diam Chris mengambil foto Logan dengan menggunakan kamera HPnya.

Namun, ternyata sikap tersebut membuat kekacauan, ketika flash di kamera HP Chris mengenai Logan, 
tiba-tiba Logan berubah tak terkontrol, dia menjerit-jerit dan berontak, Logan segera menyerang Chris sambil berteriak menyuruhnya pergi dari rumah tersebut.
Logan akhirnya dibawa masuk ke dalam rumah, dan semua orang menjelaskan kalau Logan terkena epilepsi.

Get Out Movie (2017), Film Thriller Menegangkan dengan Tema Rasisme
Tersadar gegara flash kamera HP Chris

Chris semakin galau melihat keanehan tersebut, dan akhirnya meminta Rose agar mereka bisa segera pergi dari rumah tersebut.
Tapi Rose berhasil meyakinkannya agar menunggu sejenak sampai para tamu pulang.

Chris yang berhasil mengambil foto Logan, lalu mengirimkan ke Rod, ternyata Rod mengenali Logan, sebagai sosok lain yaitu Andre Hayworth (lelaki yang ada di adegan awal film ini).
Sayangnya sebelum mereka membahas hal tersebut lebih lanjut, ponsel Rod mati kehabisan baterei (meski ya, kalau film menegangkan gini, adaaaa aja alasan biar makin tegang, wkwwkwk).

Namun, Chris semakin tak mau bertahan di rumah itu, dia segera mengajak Rose untuk pergi dari situ, saat itu juga, Rose pun setuju.

Namun, ketika Chris sibuk mengepak pakaiannya, tiba-tiba dia menemukan sebuah kotak merah, yang berisi foto-foto Rose dengan beberapa orang, semuanya berkulit hitam.
Termasuk dengan lelaki berkulit hitam yang menjadi pelayan mereka di rumah tersebut.
Bahkan bersama Giorgina, pelayan yang sering bersikap aneh di rumah tersebut.

Chris mulai panik, dalam pikirannya dia harus segera pergi saat itu juga, sayangnya ketika hendak keluar, dia dihadang oleh keluarga Armitage.
Rose yang diharapkannya pun tak membantu, malah ikut meringkusnya.

Chris berusaha kabur menyelamatkan diri, sayangnya denting cangkir Missy membuatnya terhipnotis dan tidak sadarkan diri.

Sementara itu, Rod, sahabatnya masih penasaran dengan Andre Hayworth, dia lalu mencoba mencari informasi tentang lelaki itu di google, dan menemukan kalau ternyata Andre masuk berita orang hilang.
Seketika Rod bertekad menjemput Chris.

Di rumah Armitage, Chris tersadar telah berada di sebuah kursi, dengan posisi tangan terikat.
Ketika dia berusaha keras melepaskan diri, sebuah TV kecil di hadapannya menyala, dan akhirnya Chris menemukan jawaban dari semua keanehan yang terjadi.

Jadi ternyata, keluarga Armitage punya rencana jahat kepada Chris, karena Chris merupakan orang berkulit gelap yang dipercaya sebagai ras yang lebih kuat dalam kehidupan.

Untuk memperpanjang usia, keluarga Armitage menciptakan sebuah cara bertahan hidup, dengan mentransfer dirinya ke tubuh orang berkulit gelap, untuk bisa tetap hidup dan sehat selamanya.

2 orang berkulit gelap yang ada di rumah tersebut adalah kakek dan nenek Rose, yang berhasil mentransfer diri mereka, ke dalam tubuh 2 orang negro yang dipancing datang ke rumah tersebut, melalui Rose.

Bukan hanya untuk diri mereka sendiri, para orang negro tersebut pun dipesan oleh banyak kolega mereka, yang ingin selalu hidup sehat dan berumur panjang, dan Chris sengaja dipesan oleh Jim Hudson, seorang yang dikagumi Chris.

Chris makin ingin menyelamatkan diri, sayangnya denting cangkir yang dibunyikan membuatnya selalu tak sadarkan diri, sampai akhirnya Chris punya ide, untuk meloloskan diri.

Waktu yang ditunggu akhirnya tiba, ayah Rose bersiap melakukan transpalasi pemindahan tubuh Jim Hudson ke tubuh Chris.

Lalu, berhasilkan Chris menyelamatkan diri?
Tonton sendiri deh, tinggak dikit juga, wakakkakaka.


Review Get Out Movie (2017)


Profil:
Produser : Sean McKittrick, Jason Blum, Edward H. Hamm Jr. Jordan Peele
Sutradara: Jordan Peele
Writer : Jordan Peele
Sinematografer: Toby Oliver
Release Date: January 23, 2017
Runtime : 104 min.
Genre : Thriller
Distributor: Universal Pictures
Language: English
Country: United States

Pemain:
Daniel Kaluuya sebagai Chris Washington
Allison Wiliams sebagai Rose Armitage
Bradley Whitford sebagai Dean Armitage
Catherine Keener sebagai Missy Armitage
Caleb Landry Jones sebagai Jeremy Armitage
LaKeith Stanfield sebagai  Andre Logan King
Lil Rel Howery sebagai  Rod Williams
Betty Gabriel sebagai Georgina
Marcus Henderson sebagai Walter

Rating By Me : 4,5 of 5

Get Out Movie (2017), Film Thriller Menegangkan dengan Tema Rasisme

Get Out movie ini memang sangat pantas jika dikatakan sebagai film horor atau thriller yang menegangkan tapi cerdas, karena filmnya beda.

Hampir nggak ada jumpscare yang bikin penonton kaget, tapi ternyata nggak semenakutkan rasa kaget itu, tapi justru emosi dan rasa takut penonton itu, diberikan dalam bentuk rasa penasaran, bingung dan takut.

Iya, karena melibatkan hipnotis, kita sebagai penonton bakalan bertanya-tanya, ini beneran nggak sih? 
Si Chris ini mimpi nggak sih?
Atau memang dia dihipnotis tapi nggak sadar.

Meskipun, bagi saya yang selalu nonton tuh sambil mikir kejauhan, jadi bisa menebak-nebak, setidaknya saya udah nebak siapa aja biang keroknya, siapa aja yang jahat, dan bahkan bisa menghubungkan satu persatu adegan yang membingungkan itu.

Mungkin karena saya udah baca garis besarnya kali ya, di mana banyak yang menuliskan kalau film ini memang tema thriller atau horor yang cerdas, yang bikin penonton sibuk tegang, bingung dan bertanya-tanya sekaligus takut.

Yang ada, saya nontonnya dengan detail, dan berhasil menebak dengan benar pertanyaan-pertanyaan kebingungan tersebut.

Terlebih, kita nggak hanya disuguhi dengan adegan yang menegangkan, tapi juga kocak, salah satunya adegan Rod Williams, sahabat Chris satu-satunya yang percaya kalau Chris sedang dalam kesulitan.

Dan disempurnakan dengan akting semua pemain yang keren, akting bingung, takut dan segalanya tuh bagus banget, mungkin karena pemain berkulit gelap kali ya, rata-rata tuh kalau liat film thriller atau horor, melibatkan pemain negro, aura tegangnya terasa banget.
Biar kata ini cerdas, karena justru lakonnya orang negro, penjahatnya yang orang berkulit putih.


Makna dan Pesan dari Get Out Movie (2017)


Salah satu hal paling menyenangkan dari kegiatan menonton film buat saya adalah, banyaknya makna-makna maupun pesan yang bisa kita ambil dari jalan cerita film tersebut, bahkan untuk film dengan tema menegangkan seperti ini, tetap ada pesan dan makna yang bisa kita ambil, yaitu:


1. Semua manusia sama, jangan rasis!


Semua manusia adalah sama di mata Tuhan, meskipun diciptakan berbeda-beda tampang maupun warna kulit, semua itu diciptakan bukanlah tanpa alasan, namun menyesuaikan tempat tinggal awalnya.

Misal, para negro yang diciptakan berkulit gelap, tidak lain agar mereka lebih mudah menyesuaikan dengan cuaca panas di tempat asal mereka.

Jadi, adalah sebuah keterbelakangan, jika masih ada juga yang rasis dan memandang seseorang berdasarkan warna kulitnya.

Sikap rasis seperti ini, sebenarnya ada di seluruh dunia, bahkan di Indonesia sendiri.
Entah mengapa, orang-orang selalu memandang sebelah mata, orang-orang yang berasal dari Indonesia paling Timur, padahal ya sebenarnya kita semua sama, sama-sama diciptakan Tuhan.


2. Jangan terlalu percaya kepada orang lain, meski dia kekasih sendiri


Bucin sih boleh, tapi tetap ya logika dan pemikiran harus diutamakan.
Dalam Get Out movie ini, Chris digambarkan sebagai seseorang yang terlalu percaya kekasih, sehingga mengabaikan hati nurani apalagi sahabatnya sendiri.

Chris yang sejak awal merasa tidak nyaman, tapi tetap di nyaman-nyamankan, dan membuatnya nyaris kehilangan nyawa di rumah keluarga kekasihnya yang palsu.

Dalam dunia nyata, ini banyak banget dialami wanita, meski ada juga pria sih ya.
Biasanya dalam bentuk penipuan sampai udah menikah.
Bahkan yang baru dan masih sedang terjadi, kasus (katanya) penipuan 10 bulan menikah dengan wanita.

Semua itu dikarenakan, terlalu percaya sama orang, terlebih orang asing.
Jangankan orang asing ya, sahabat bahkan keluarga ada loh yang tega menipu, apalagi orang yang baru hadir dalam hidup kita.

So, jangan abaikan logika dan hati nurani, agar nggak mudah tertipu    


3. Berusahalah mengobati dan berdamai dengan luka batin masa lalu


Salah satu hal yang bikin si Chris mudah ditipu dan dihipnotis adalah, karena dia menyimpan sebuah perasaan luka batin masa kecil di hatinya, yang bisa dibilang inner child

Rasa kehilangan ibunya yang meninggal secara tragis di masa kecilnya, membuatnya terluka dan terbayang-bayang.

Karenanya, Chris jadi orang yang mudah terbuai rayuan palsu wanita yang berpura-pura peduli dengannya, juga mudah dihipnotis dengan memanfaatkan ganjalan dan luka hatinya yang selalu dibawanya.


Kesimpulan Get Out Movie (2017)


Over all, seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa film ini recomended banget buat pecinta film-film thriller menegangkan yang membenci jumspscare kosong ala film horor biasa.  

Get Out Movie (2017), Film Thriller Menegangkan dengan Tema Rasisme
Georgina, nenek Rose yang sudah berpindah ke tubuh seorang negro

Karena jalan cerita yang menarik, membuat para penonton dipaksa menyelami, ada apa atau apa sebenarnya yang sedang terjadi.

Sekaligus, mengajak penonton untuk bisa menghubungkan potongan-potongan puzzle misteri, yang ada dalam filmnya.

Dan asyiknya lagi, ending-nya nggak bikin kita tertegun, karena udah jelas masalahnya, bukan tipe film yang ending-nya bikin kita nggak bisa tidur, hehehe.  

Demikianlah review dan sinopsis lengkap Get Out movie (2017), ada yang juga sudah pernah nonton?
Share yuk :)

Sidoarjo, 19 Juni 2022


Sumber: Get Out movie (2017)
Gambar: dari berbagai sumber

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top