Monday, June 27, 2022

Liaison Officer Atau LO Adalah Profesi Penghubung Sarat Manfaat

Liaison Officer atau LO adalah

Sharing By Rey - Liaison officer atau LO adalah sebuah profesi yang kerjaannya jadi penengah dari hubungan antara sebuah perusahaan atau organisasi satu dengan lainnya. 

Bukan hanya itu, liaison officer atau yang biasa disebut LO ini, juga bisa berperan dalam sebuah struktur kepanitiaan untuk mengorganisasi sebuah kegiatan ataupun acara.

Berat amat ya bahasan kali ini, tapi jujur saya penasaran banget sama profesi ini, gegara habis ngobrol sama seorang bestieh masa lalu, yang sekarang berprofesi sebagai marketing pada sebuah perusahaan di Tangerang.

Setelah ngobrol ngalor ngidul, tentang masa depan, tentang ini itu, tiba-tiba si bestieh nyelutuk, 
"jadi Lo aja, Mbak!"
Auto ngakak dong saya, cieh banget tuh bestieh logat jekardah ke saya, kirain Lo adalah 'kamu' dalam logat Jekardah kan ye.
Eh ternyata bukan dong, giliran saya yang diketawain, hiks.


Apa Itu Liaison Officer atau LO?


Meskipun profesi liaison officer ini merupakan profesi idaman, kayaknya sih masih belum banyak orang yang tahu apa itu liaison officer atau LO.

Liaison officer atau LO adalah profesi yang punya peranan khusus dalam menghubungkan seseorang dengan orang lainnya, dalam hal kebutuhan organisasi atau event tertentu.

Ketika tahu pengertian profesi ini, di benak saya auto terbayang, mirip makelar ya, hahaha. Tapi tahu nggak sih, kalau liaison officer atau LO ini punya banyak keuntungan, khususnya buat masa sekarang, yang persaingan makin ketat di mana-mana. 


Keuntungan Menjadi Liaison Officer atau LO Adalah


Nah menurut saya nih, sebenarnya yang paling menarik dari profesi liaison officer atau LO ini adalah keuntungannya, yang membuat diri kita jadi lebih banyak belajar dari pengalaman langsung sebagai LO.

Liaison Officer atau LO adalah

Sebenarnya apa aja sih keuntungan jadi liaison officer atau LO itu?


1. Punya kesempatan membangun networking 


Nah ini nih yang utama, dengan menjadi LO, kita bisa dengan mudah punya kesempatan membangun networking atau banyak kenalan dari berbagai kalangan.

Tau kan ye, yang namanya networking itu, penting banget di zaman now, karena networking akan membuat kita jadi punya banyak peluang pekerjaan, maupun peluang yang lainnya.
 
Dengan punya banyak networking atau kenalan dari berbagai kalangan, bisa jadi dari salah satunya, dapat menjadi sebuah jalan buat kita bertemu pintu kesuksesan, who knows kan?


2. Kesempatan untuk melatih langsung kemampuan berkomunikasi 


Profesi liaison officer atau LO membuat kita banyak berinteraksi dengan orang-orang dari berbegai latar belakang.

Hal ini tentu saja dibutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, agar hubungan bisa tercipta dengan baik.

Tanpa kita sadari, kemampuan tersebut semakin hari akan semakin terasah, dengan terus menerus harus berkomunikasi dengan banyak orang.

Bukan hanya itu, karena kitanya harus berkomunikasi dengan banyak orang, tentu saja akan menemukan banyak karakter dari klien yang kita hadapi, dan hal itu melatih kita untuk bisa mempelajari karakter orang, dan tahu cara tepat berkomunikasi dengan masing-masing karakter yang berbeda.


3. Kesempatan untuk branding dengan citra diri yang positif

 
Dengan kita sering bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang serta karaternya masing-masing, karena profesi liaison officer atau LO tersebut, maka kita juga bisa berkesempatan untuk sekalian branding agar diri kita bisa dikenal lebih banyak orang.

Nah, jangan menyia-nyiakan kesempatan ini, dengan sebaiknya selalu menunjukan citra diri yang positif, pandai menyesuaikan diri, dan selalu memuaskan harapan klien yang kita hubungkan sebagai LO.


4. Kesempatan untuk manajemen waktu dengan baik


Menjadi seorang liaison officer  atau LO, membuat kita harus bertemu dengan banyak orang yang berbeda, dengan profesi dan kebutuhan yang berbeda.

Orang-orang tersebut tentu saja punya banyak kegiatan lainnya, yang mana menjadikan waktu untuk bisa bertemu entah itu meeting offline atau online, harus selalu on time, agar tidak mengganggu waktu klien lainnya, termasuk waktu kita juga.

Untuk bisa melakukan semua itu, dibutuhkan manajemen waktu yang sangat baik, dan tanpa sadar membuat kita jadi terbiasa dengan manajemen waktu tersebut, sekaligus bisa menghargai waktu.


5. Dapat Membatu tingkatkan rasa percaya diri 


Kebiasaan sebagai profesi liaison officer  atau LO, yang membuat kita setiap hari harus bertemu dan berinteraksi dengan banyak klien dari berbagai kalangan, membuat kita sedikit demi sedikit membentuk rasa percaya diri yang tinggi.

Hal ini, terbentuk dari seringnya kita harus berhadapan dan bisa menyelesaikan kebutuhan klien kita dari kedua belah pihak yang dijembatani sebagai LO.


6. Kesempatan untuk terus belajar menghargai orang lain 


Untuk menghadapi berbagai karakter yang berbeda dari para klien kita sebagai liaison officer  atau LO, membuat kita harus bisa menghargai, seperti apapun karakter dan kondisi orang lain.

Hal ini lama-lama akan membentuk diri kita, untuk bisa dengan mudah melebur dan menghargai orang lain, siapapun itu, karena kita tahu, setiap manusia diciptakan dalam kondisi yang berbeda.


Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Liaison Officer atau LO?


Udah tahu kan, liaison officer atau LO adalah profesi yang idaman menyenangkan, dengan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.

Tentunya Temans penasaran, apa aja sih tugas dan tanggung jawab LO itu? 
Atau jadi LO, ngapain aja sih?


1. Menjadi penghubung antara talent dengan penyelenggara acara 


Seperti pengertian liaison officer atau LO, yaitu sebagai penghubung antara dua belah pihak yang akan bekerja sama, dan seperti itulah tugas liaison officer yaitu menjembatani atau menghubungkan talent, narasumber, maupun klien tergantung dari keperluannya, untuk mencapai kegiatan atau event yang berlangsung dengan lancar, pun juga sekaligus melakukan birokrasi. 


2. Bertanggung jawab mengenai talent yang akan tampil 


Bukan hanya sebagai penghubung, namun setelahnya, seorang liaison officer atau LO, wajib banget bertanggung jawab atas segala hal mengenai talent yang akan tampil ataupun bekerja sama dengan klien lainnya.

Tanggung jawab ini, meliputi banyak hal, seperti:
  • Mengenali talent lebih dekat, agar lebih mudah bekerja sama dan memuaskan klien yang dihubungkan.
  • Melayani kebutuhan talent, seperti antar jemput atau penyediaan akomodasi serta transportasi, semua itu menjadi tugas dan tanggung jawab LO.
  • Bertanggung jawab atas kedisiplinan talent kan waktu, jangan sampai talent telat di acara yang telah di sepakati, karena itu akan serta merta mencoreng nama kita sebagai LO.
  • Bertanggung jawab atas hak talent ketika berada, maupun setelah selesai acara atau event yang diadakannya.
 

Tips Agar Dapat Menjadi Liaison Officer atau LO Adalah


Gimana? menarik bukan profesi liaison officer atau LO?
Dengan tugas dan tanggung jawab yang juga tak kalah penting dalam sebuah event atau apapun yang ditanganinya, serta manfaat yang didapatkan seorang LO, pastinya bikin kita jadi mupeng pengen jadi profesi tersebut juga kan?

Liaison Officer atau LO adalah
Source : Youtube

Nah, tentunya ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, agar bisa menjadi seorang liaison officer atau LO yang terkenal.
Di antaranya adalah:


1. Harus disiplin 


I told you, disiplin itu kunci segala profesi, akan sulit mencapai sebuah kesuksesan jika kita tak mau untuk lebih disiplin.

Hal ini dikarenakan, pekerjaan sebagai liaison officer atau LO itu, amat sangat berhubungan dengan ketepatan waktu serta koordinasi yang cepat untuk kedua belah pihak yang bekerja sama dengan LO.

Bukan hanya disiplin mengatur waktu diri sendiri ya, tapi wajib juga disiplin mengatur waktu klien, agar kedua belah pihak dapat bekerja sama dengan baik dan memuaskan.

Di sinilah tantangannya, karena we know ya, ngatur diri sendiri aja sulit, apalagi ngatur orang lain ya, hehehe. Tapi jangan khawatir kok, semua itu sebanding banget dengan apa yang kita dapatkan, baik dari segi fee maupun manfaat jangka panjangnya.


2. Harus mudah bergaul dan menciptakan suasana dan rasa nyaman untuk siapapun


Tim hore terjuara adalah profesi LO.
Gimana enggak ya, seorang LO harus bisa meyakinkan kedua belah pihak untuk mau bekerja sama sesuai kebutuhan masing-masing.

Pun juga bertanggung jawab terhadap kebutuhan dan kepuasan kedua belah pihak.
Harus banget memastikan pihak klien penyelenggara acara puas dengan penampilan talent, tapi juga harus mampu memberikan rasa nyaman kepada talent agar memuaskan klien.

Untuk menghadapi dan menjembatani kedua belah pihak agar tercapai kepuasan bersama, dibutuhkan banget sikap yang lebih luwes dalam bergaul, mudah menyesuaikan diri dengan karakter banyak orang, serta sebisa mungkin dilakukan secara natural dan profesional, tanpa berlebihan.
Sehingga, kedua belah pihak merasa puas dan nyaman akan kerja sama tersebut.


3. Harus giat dan aktif dalam bekerja 


Tugas dan tanggung jawab liaison officer atau LO adalah merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan banyak pihak lain. 

Karenanya, dibutuhkan sikap giat dan selalu aktif kita dalam bekerja.
Bisa dibilang, seorang LO itu adalah tim rempong, harus bisa koordinasi dengan baik untuk mengatur segala hal yang dibutuhkan kedua belah pihak, baik talent maupun pihak penyelenggara acara atau event.


4. Harus cerdas dan berwawasan luas 


Bukan hanya giat dan aktif, seorang LO juga dituntut untuk cerdas dan berwawasan luas, hal ini amat sangat dibutuhkan ketika kerjasama menjembatani antara klien dan talent, menemukan sebuah masalah.

Maka seorang LO wajib banget dapat membantu memecahkan masalah, agar tidak terjadi hal-hal yang mengganggu jalannya acara yang sedang berlangsung.

Seorang LO dituntut untuk dapat berpikir cepat menyelesaikan masalah, di mana ketika acara sedang berjalan, seharusnya tak boleh ada jeda yang terlalu lama hanya karena terjadinya masalah.


5. Harus cekatan dan mampu bekerja cepat 


Seorang LO atau liaison officer, tidak boleh bekerja dengan lelet-lelet club!
Hukumnya haram itu mah!

Wajib banget bekerja dengan cekatan dan cepat, karena ada dua belah pihak yang berpacu dengan waktu untuk menciptakan sebuah event yang berlangsung sesuai rencana dan memuaskan.

Kecepatan dalam mengatur serta memanajemen talent dan klien, membuat seorang LO dituntut mampu bekerja dan berpikir cepat serta cekatan.


6. Harus punya sikap melayani dengan hati dan maksimal 


Kalau di awal mendengar sekilas tentang penegrtian seorang liaison officer atau LO ini, saya berpikir kalau profesi ini sama dengan makelar, tapi ternyata enggak seremeh itu ya.

Bukan bermaksud mengatakan bahwa makelar itu remeh, tapi karena seorang LO juga dituntut untuk bisa menjadi asisten sekaligus sekertaris kedua belah pihak yang dihubungkannya.

Untuk itu, seorang LO harus punya sikap untuk mau melayani dengan hati dan maksimal, agar kedua belah pihak bisa saling puas akan kerja samanya, dan acara yang diselenggarakannya pun berlangsung dengan lancar dan memuaskan.


Kesimpulan


Dari penjelasan di atas, kita semua jadi tahu kan, bahwa liaison officer atau LO adalah profesi penghubung yang sarat manfaat.

Di mana, profesi tersebut sangatlah penting dan memiliki banyak manfaat jangka pendek dan panjang bagi yang menyandang profesi liaison officer atau LO.

Jadi, siapa nih yang mau mencoba menjadi seorang liaison officer atau LO?
Siapa tahu, dari profesi ini, kesuksesan menghampiri kita? 


Sidoarjo, 27 Juni 2022


Sumber:
  • https://www.idntimes.com/life/career/ diakses 27 Juni 2022
  • https://www.merdeka.com/jabar/penjelasan-singkatan-lo-beserta-tugas-dan-tanggung-jawabnya-kln.html diakses 27 Juni 2022
Gambar: Canva edit by Rey

2 comments :

  1. Aku tuh pernah baca bukunya melani Subono yg ttg pengalaman dia pas JD LO di perusahaan papanya Rey. Dulukan perusahaan keluarga mereka seriiiing banget datangin artis2 LN utk konser di Indonesia. Lucu2 bangetttttt 🤣🤣🤣. Aku sampe ngakak bacanya.

    Ga nyangka kalo tingkah para artis itu nyebelin banget kebanyakan. Pernahkah ada artis yg minta foto ditengah jalan pas liat patung apaaa gitu , trus ada artis yg kamarnya harus disediain minuman 7 rasa, ada artis yg bau ketek, padahal idola banyak orang wkwkwkkwwk. Tapi sebagai LO dia harus bisa handle itu semua. Duuuh mau baca bukunya lagi. Beneran ngobatin stress 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya ya, Melani Subono itu LO ya? :D
      Papanya emang terkenal mendatangkan talent luar negeri yang paling digandrungi :D
      Jadi pengen baca bukunya, dulu pernah sih baca curhatannya gitu, tapi belum pernah baca versi bukunya :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)

Back to Top