Mom Blogger Surabaya Berpenghasilan, Sekadar Isi Waktu Luang?

mom blogger surabaya berpenghasilan

Jadi mom blogger Surabaya itu kan awalnya cuman mengisi waktu luang, dari pada bengong aja kan ya. Memanfaatkan waktu ketika anak-anak sekolah, daripada ngerumpi atau ngegibahin orang lain sama mama-mama di sekolah kan.

Mendingan buka laptop, nulis di blog, rajin ngeblog, nantinya bakal dapat penawaran kerja sama, trus dapat duit deh dari blog.

Ada yang pernah berpikir dan berpendapat demikian? pastinya ada dong.

Saya juga pernah loh, dulu awal-awal serius ngeblog dan mulai merasakan asyiknya bisa menerima transferan duit lagi, setelah lama sedih karena rekeningnya sepi transferan, hehehe.

Sering banget, ketika ada yang nanya, saya selalu bercerita, bahwa saya bisa jadi mom blogger Surabaya yang bisa menghasilkan uang, ya gegara iseng menulis di blog, dari sekadar mengisi waktu luang.  

Padahal kenyataannya?


Konsep Rezeki Mom Blogger Surabaya Berpenghasilan

Kalau mengenai konsep rezeki, jujur sejak dulu saya nggak setuju dengan konsep,

"Yang namanya rezeki nggak akan ke mana!"

Di mana kebanyakan orang memaknai bahwa, rezeki akan datang ke kita, jadi nggak perlu ngoyo (memaksakan diri melakukan sesuatu tanpa mempertimbangkan kemampuan, kondisi, dan waktu), santai saja.

rezeki mom blogger surabaya

Hm....

Kalau maksudnya 'nggak perlu ngoyo' adalah ketika waktu shalat ya udahan langsung kerjanya, shalat aja dulu. Saya setuju.

Tapi, kalau bekerja sekenanya, se'mampu'nya kita, kalau ngantuk ya tidur, lapar ya makan.

Waduh, saya nggak setuju sih.

Kenyataannya, dalam pengalaman saya 6 tahunan serius ngeblog tanpa henti, Alhamdulillah sampai saat ini masih sering mendapatkan penghasilan dari blog. Ya bukan berarti karena saya ngeblog, se'mampu'nya saja.

Yang ada? saya paksa kemampuan diri, agar 'enggak berlindung dibalik kata semampunya aja, padahal aslinya malas', hahaha.

Saya pernah nulis pengalaman diri yang Alhamdulillah masih bisa panen menerima transferan dari blog. Bahkan semakin tahun profesi sebagai blogger mulai ditinggalkan banyak blogger, lantaran sepi job. 

Banyak yang bilang menghasilkan uang dari blog di tahun 2024 ini semakin sulit.

Mungkin iya sih, dibanding tahun 2018, 2019, bahkan ketika Covid masih tinggi-tingginya dulu, yang namanya kerjasama blog itu masih menggiurkan.

Ditambah dengan munculnya sebuah aplikasi yang bernama Intelinfluence, di mana banyak blogger yang shock sekaligus semangat, ketika bisa merasakan dapat job senilai 100 dolar untuk sekali posting.

Alhamdulillah, ketika itu saya termasuk salah satu mom blogger Surabaya yang beruntung karena berhasil mendapatkan job 2 kali untuk 3 blog saya.

Iyes, sekitar 600 dolar yang saya hasilkan ketika aplikasi itu baru muncul, dan sukses bikin banyak blogger yang berlomba-lomba bikin ternak blog

Sayangnya seiring dengan banyaknya blog yang bermunculan, eh klien yang ngajak kerjasama lewat aplikasi tersebut jadi semakin selektif dalam mengajak blogger bekerja sama.

Belum lagi, job blogger yang ditawarkan semakin jarang, wajar sih kalau ada bahkan banyak blogger yang menyimpulkan, bahwa ngeblog menghasilkan uang di tahun 2024 ini, udah nggak worth it lagi. 

Namun kenyataannya, seperti yang saya tuliskan di artikel tentang menghasilkan uang melalui blog di tahun 2024 itu masih worth it, ya memang Alhamdulillah saya masih bisa menikmati pemasukan dari blog dengan jumlah yang beragam.

Kok bisa?

Ya karena konsep rezeki mom blogger yang saya yakini itu adalah, bahwa rezeki akan bertemu dengan pemiliknya (kita), ketika kita mau berusaha mencarinya.

Nggak ada tuh yang namanya rezeki datang sendiri, yang ada kita ketemu rezeki kalau kita nyari.

Ibaratnya nih, rezeki itu digantung oleh Allah di sebuah pohon, itu milik kita, nggak bakal bisa diambil orang, meski orang ada di depan rezeki itu.

Namun, rezeki tersebut nggak akan pernah sampai di pemiliknya yaitu kita, kalau kita diam dan malas-malasan aja.

Karena itulah yang saya lakukan, saya masih bisa menikmati transferan dari blog, karena saya masih ngeblog setiap hari. Ibaratnya, ngeblog setiap hari itu semacam saya bergerak mencari si rezeki yang Allah naruh buat saya, di sebuah tempat. Dan karena saya terus bergerak mencari, jadinya ketemu deh, Alhamdulillah.


Jadi Mom Blogger Surabaya Berpenghasilan itu, Harus...

Lalu gimana dong implementasinya biar jadi salah satu dari mom blogger Surabaya yang berpenghasilan?.

mom blogger surabaya

Kalau pengalaman saya, ya harus melakukan setidaknya 3 hal di bawah ini, yaitu:


1. Disiplin ngeblog setiap hari, setidaknya weekday

Yup, gimana mau mendapatkan penghasilan dengan 'rutin', kalau kita kerjanya enggak rutin. Liat saja orang kantoran, mereka digaji karena bekerja setiap weekday. Dan jangan menyangka kalau kita sebagai pekerja freelance lebih enak dan bebas?

Nyatanya, sebagai pekerja lepas menjadi mom blogger Surabaya, kita wajib bekerja 2 kali lipat dari pekerja kantoran. Alasannya? karena nggak ada yang mau gaji kita setiap bulannya kayak pekerja kantoran lainnya.

Kalaupun nggak bisa bekerja 2 kali lipat dibanding pekerja kantoran, setidaknya wajib disiplin untuk selalu ngeblog di weekday, atau hari kerja. 

Anggap aja ngeblog itu lagi working from home or working from anywhere.

Nah, btw ngeblog itu nggak semata cuman menulis di blog aja ya. Tapi banyak hal yang bisa dilakukan, seperti menulis blog, riset tulisan beserta keyword dan lainnya, analisa blog, evaluasi blog. Share tulisan blog ke media sosial, hingga blogwalking.

Jadi, kata siapa jadi mom blogger Surabaya hanya sekadar isi waktu luang doang?.  Yang ada, kalau mau menghasilkan uang dari blog, ya kudu melakukan kegiatan ngeblog lebih dari sekadar mengisi waktu luang kita.


2. Disiplin menjaga keseimbangan peran ibu dan blogger

Jadi blogger Surabaya itu penuh tantangan, tapi masih di bawah tingkat tantangan menjadi mom blogger Surabaya.  

Ye kan, being a mom blogger itu, terutama yang berpenghasilan, tentunya bukan hanya melakukan hal-hal yang mengisi waktu luang aja. Tapi mengusahakan ada waktu ngeblog meski nggak ada waktu untuk itu.

Namun, di sisi lain, kebanyakan mom blogger itu masih harus mengurus anak-anaknya, keluarganya, rumahnya dan semua pekerjaan ibu rumah tangga yang tak berujung itu.

Sementara itu, kalau mau menghasilkan uang dengan bersaing sehat, tentu saja butuk kedisiplinan ngeblog yang tinggi.

Keduanya sama pentingnya, di mana peran menjadi ibu yang selalu ada dan support anak-anaknya selalu jadi hal utama. Tapi ngeblog dengan disiplin setiap hari setidaknya weekday itu juga tak kalah pentingnya.

Karenanya wajib banget menjaga keseimbangan peran jadi ibu dan blogger, salah satu kuncinya, ya manajemen waktu yang disiplin.


3. Mau terus belajar

Dunia blogging itu sebenarnya luas dan selalu berkembang, dan tentunya banyak hal yang harus diketahui dan dijalankan dengan baik.

Karenanya, menjadi mom blogger di Surabaya itu, wajib banget nggak kenal lelah selalu mau terus belajar sehingga semua hal-hal baru di dunia blogging, selalu berhasil diketahui dan dipraktikan di blognya. 


Kesimpulan dan Penutup

Menjadi seorang mom blogger Surabaya itu mudah, bisa dilakukan sambil mengisi waktu luang. Tapi, jika level mom bloggernya berkembang jadi yang berpenghasilan, tentunya nggak mungkin hanya dengan sekadar mengisi waktu luang semata.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya dengan disiplin ngeblog setiap hari, setidaknya di weekday. Tetap disiplin menjaga keseimbangan peran menjadi mom atau ibu dan menjadi blogger.

Serta tak pernah malu untuk selalu belajar hal-hal terbaru tentang blogging, sehingga bisa menikmai rezeki dari menjadi mom blogger Surabaya yang berpenghasilan. 


Surabaya, 25 Mei 2024

Blogger Surabaya - Reyne Raea

Referensi : pengalaman pribadi

Gambar : canva edit by Rey

3 komentar :

  1. Disiplin itu sulit sih. Seringkali kita berlindung dibalik kata 'ga mood', padahal seringkali hanya alasan saja ketika kita sedang malas. Kalau memang mau disiplin, apapun situasinya ya upayakan, dan paksakan. *ngomong sama diri sendiri

    BalasHapus
  2. Setujuuuu ... Rezeki memang sudah diatur dari Atas. Tapi bukan berarti turun sendiri tanpa kita berusaha.

    Dan pastinya kalo mau sukses,semua Itu kuncinya di disiplin dan konsisten kok. Disiplin menulis, posting di blog etc. Ga ada ujug2 langsung bisa, LGS dicari Ama pemberi job.

    Para content creator yg udah sukses skr, juga dulunya berjuang banget cari pembaca, cari view penonton dll. Ga mungkin LGS dikenal.

    Hebaaat Rey.. dan terbukti kamu juga bisa ngikutin semua yg kamu tulis di atas. JD wajar sih kalo rezeki masih mengalir dari blog 👍👍

    Semoga ibu2 yg mau serius di blog juga bisa konsisten begitu

    BalasHapus
  3. pengen rasanya disiplin, misalnya seperti 2 atau 3 hari sekali bikin tulisan, tapi kadang masalahnya kalau ga mentok ide, ya males lagi, astagahh

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)