Playtopia Pakuwon Mall Surabaya dan Serunya Bermain Bareng Anak

harga tiket playtopia pakuwon mall surabaya

Playtopia Pakuwon Mall Surabaya berada di lantai 2 bersebelahan dengan Chuwi dan A&W. Kalau yang dulu sering ke Pakuwon Mall dan tahu tentang Miniapolis Pakuwon Mall, yup, di situ persis.

Harga tiket playground di mall Surabaya ini juga sama dengan di lokasi lain, meskipun mungkin ada beberapa permainan yang berbeda dari tempat lain.

Dan di bulan puasa kemaren, saya dan anak-anak sempat main ke sana. Diundang sih, jadi nggak bayar, Alhamdulillah, hehehe.

Waktu tahu dapat bagian di Pakuwon Mall, udah pengen protes aja rasanya, karena plis lah, jauh amat dari tempat tinggal kami di Surabaya Timur. 

Padahal kalau ngecek lokasinya, ternyata Playtopia ini ada di beberapa mall di Surabaya. Ada di Pakuwon Mall, Ciputra Mall Surabaya dan Tunjungan Plaza 5 Surabaya.

Tapi, setelah saya pikir-pikir, kayaknya emang lebih asyik di Pakuwon Mall sih ya, dan beruntung juga dikasih kesempatan main di sana. Karena selain akses naik Bus yang mudah karena dekat halte naik turunnya. Pun juga ternyata nggak semua Playtopia ada Chuwi-nya.

Btw, Playtopia ini baru saja buka di Pakuwon Mall Surabaya, di Indonesia sendiri, Playtopia baru buka di tahun 2019 silam, yang merupakan bagian dari Amazone.


Pengalaman Bermain Bersama Anak di Playtopia Pakuwon Mall Surabaya

Jadi, di bulan puasa kemaren, saya diundang untuk main bareng anak-anak, sekaligus ngabuburit di Playtopia Pakuwon Mall Surabaya.

Kami berangkat dari rumah selepas Dhuhur, naik taksi online ke halte bus di ITS, dan turun di halte depan Spazio, lalu menyeberang jalan menuju Pakuwon Mall.

Sampai mall, kami segera ke masjid Al Ittihad yang berada di lantai 1 dekat Gramedia Pakuwon Mall. Setelah shalat, barulah kami mencari lokasi Playtopia Pakuwon Mall itu di mana?.

Saya udah membatin sih, sepertinya nih lokasinya ada di bekas Miniapolis dulu. Karena beberapa waktu sebelumnya, kami sempat datang ke Pakuwon Mall juga pas iseng ikut bus gratis dari Pakuwon. Dan ketika itu kami sempat lewat di depan lokasi Miniapolis dulu, dan suprisingly, tempat itu udah kosong melompong.

Pas nanya satpam, dan ternyata benar. Kami diarahkan naik 1 lantai dan menuju ke lokasi yang persis seperti dulu kami ke sana, main di Miniapolis.

Beruntungnya lagi, sampai di sana, suasana belum terlalu ramai dan antri. Kami hanya menunggu sedikit untuk konfirmasi petugasnya dengan pihak marketing tentang kedatangan saya. Nggak lama kemudian, kami dikasih gelang yang dipakai di pintu masuknya.

Saya mendapatkan 4 gelang, 2 untuk anak-anak, 2 untuk orang dewasa, tapi emang karena saya aja yang anterin anak-anak, jadinya gelang satunya 'hangus' begitu saja.

Oh ya, sebelum masuk, petugasnya menanyakan tentang kaos kaki, Alhamdulillah kami emang udah siap dari rumah, khususnya si Kakak. Kalau adiknya mah setiap kali main ke mall, sudah pasti pakai kaos kaki, maminya juga. Kakak aja tuh yang kadang cuman mau pakai sandal.

Setelah masuk, kami diarahkan untuk simpan barang bawaan dulu, ada rak terbuka maupun laci tertutup untuk itu. Agar bisa mendapatkan kunci laci atau loker, saya harus meninggalkan uang atau KTP buat jaminan kuncinya. 

foto playtopia

Off course
saya kasih KTP aja, lalu setelah mendapatkan kunci, segera semua tas dan bawaan kami simpan di loker, hanya membawa HP, tripod dan masker aja.

Setelahnya kami bisa masuk ke area permainan yang ternyata ada banyaaaakkk banget macamnya. Anak-anak, awalnya memilih masuk ke area mandi bola yang super luas. Tapi karena saya emang punya kewajiban ambil video, jadinya minta agar anak-anak mencoba wahana yang agak ekstrim dulu, kebetulan juga mereka mau.

Wahana apa aja yang ada di Playtopia Pakuwon Mall Surabaya?


1. Wall Climbing

Wall climbing merupakan wahana untuk anak dengan tinggi minimal 110 cm dan berat maksimal 80 kg. Oh ya, meskipun Playtopia bisa menjadi wahana bermain orang dewasa, namun untuk wahana ini hanya diperuntukan buat anak.

wall climbing playtopia

syarat main wall climbing playtopia

Anak-anak bisa memanjat dinding di sini. Ada 2 pilihan dinding, ada yang lebih mudah dipanjat, ada juga yang sedikit menantang karena bentuk dindingnya datar.

Jangan khawatir, mengenai keselamatan anak, karena didampingi oleh petugas dengan alat safety yang terjaga.   

Baik kakak maupun adik suka main ini, si Adik awalnya takut, tapi pas nyobain, ternyata dia suka. Apalagi si Kakak, sudah tentu bahagia bisa cobain wahana ini.


2. Air Coaster

Air coaster merupakan wahana yang lebih ekstrim dari wall climbing. Di wahana ini anak-anak akan naik ke bagian atas dan badannya digantung dan bisa meluncur bagai roller coaster tergantung.

Sama kayak sebelumnya, awalnya si Adik takut, tapi ternyata akhirnya dia berani, bahkan katanya nagih, hahaha.

Untuk wahana ini, kayaknya orang dewasa bisa main, namun tidak boleh lebih dari berat badan yang ditentukan.


3. Sand pool

Wahana berikutnya adalah sand pool atau kolam pasir. Semua pengunjung baik anak maupun pendamping bisa masuk ke wahana ini, namun wajib banget mengenakan masker.

playtopia pakuwon mall surabaya

Hal ini dianjurkan agar debu dan partikel pasir buatan itu nggak masuk ke pernapasan yang main. Syukurlah kami memang selalu menggunakan masker, jadi bisa masuk main bertiga di dalam wahana ini.

Btw, kata si Kakak, pasirnya kayak pasir pup-nya meong, hahaha.


4. Ball pool

Ball pool ini sangat luas dengan beberapa permainan yang menarik untuk anak-anak. Cocok banget buat toodler yang belum bisa menikmati wahana yang lebih menantang lainnya. 

gambar mandi bola playtopia


5. Trampolin 

Trampolin juga menarik untuk dicoba, si Kakak happy bermain di sini, apalagi dia bisa melompat sambil memukul layar permainan yang ada di sana.


6. Slides

Ada banyak slides atau seluncuran di sini, dari yang panjang, yang terbuka, sampai yang hanya diperuntukan oleh anak-anak.

gambar seluncuran playtopia

foto seluncuran playtopia

foto seluncuran anak di playtopia

foto seluncuran dewasa di playtopia

Saya sempat mencoba seluncuran yang terbuka, dan berakhir dengan sedikit terantuk kepalanya, hahaha. Udahlah, emang saya nggak cocok main beginian lagi, hahaha.


7. Blocks

Anak-anak juga bisa bermain menyusun block di sini, dan sepertinya ini satu-satunya permainan yang menarik buat saya, hahaha.


8. Gymnastic

Toodler juga bisa bermain gymnastic di sini, dan semuanya aman.

foto playtopia pakuwon mall


9. Pretend play   

Ada pula permainan berpura-pura jadi tukang salon dan lainnya, sayang si Adik nggak suka, katanya itu mainan cewek, padahal maminya pengen nyoba, hahaha.


10. etc

Dan masih banyak permainan lainnya yang menarik, intinya 2 jam saja sebenarnya nggak cukup buat anak-anak, apalagi yang usianya kayak si Kakak si teenager dan si Adik yang udah 6 tahun.


Tips Bermain Seru di Playtopia Pakuwon Mall Surabaya

Dari pengalaman kami bermain seru di Playtopia Pakuwon Mall beberapa waktu lalu, saya ingin berbagi tips agar bisa maksimal dan anti rugi main di sini.


1. Buat muslim, sebaiknya pilih jam main yang tidak mengganggu waktu shalat

Berbeda dengan playground lainnya, di Playtopia Pakuwon Mall yang saya liat kemaren, jam main anak-anak ketat banget. 

Pokoknya 2 jam pas harus selesai, nggak peduli di tengah permainan mau ke mana gitu, waktunya tetap dihitung.

Jadi, hindari bermain di waktu mendekati magrib, karena waktu shalat magrib yang pendek. Sebaiknya pilih waktu setelah shalat Dhuhur, setelah shalat Ashar atau setelah Magrib.


2. Pastikan anak-anak sudah kenyang dan bawa minum titip di loker 

Sebaiknya anak-anak diajak makan dulu, atau minimal perutnya nggak kosong. Jadi mereka bisa fokus main menghabiskan 2 jam waktu bermain dengan baik, tanpa terusik dengan rasa lapar.

Jangan lupa untuk membawa air minum yang bisa disimpan di loker, karena di dalam area bermain nggak boleh  bawa makanan maupun minuman.


3. Pastikan keadaan anak sehat dan udah pipis maupun pup

Pastikan juga anak-anak dalam kondisi yang sehat, sayang banget kan wahana sebanyak itu nggak bisa dinikmati lantaran anak sakit?.

Pastikan juga anak sudah pipis dan pup, sehingga nggak mengganggu waktu 2 jam bermain dengan harus ke toilet yang lumayan jauh. 


4. Mulailah dahulu mencoba permainan yang ekstrim   

 Akan lebih baik, untuk memulai permainan dengan wahana yang ekstrim seperti wall climbing, air coaster, slides dan trampolin. Karena jika antri, tentunya akan menghabiskan banyak waktu sia-sia dan wahana lainnya yang nggak perlu antri, seperti main bola atau pasir, terlewatkan.


5. Jangan lupa bawa kaos kaki dan masker dari rumah

Jangan lupa untuk membawa kaos kaki dan masker. Saya rasa di masa ini seharusnya 2 benda ini adalah hal yang penting selalu dibawa kan.

Kaos kaki misalnya, selain bikin anak lebih nyaman ketika berjalan, pun juga sekarang tuh kalau mau masuk ke playground mana saja, wajib pakai kaos kaki.

Termasuk masker, seharusnya masa-masa pandemi mengajarkan kita untuk sering bawa masker kan, meskipun mungkin lebih banyak dibuka, kita nggak tahu kan ketemu yang batuk di lift atau semacamnya.

Oh ya, kaos kaki memang bisa dibeli di Playtopia Pakuwon Mall, saya lupa pulak nanya harganya, karena nggak beli. Tapi kalau nggak salah sih cuman 10ribu aja sih sepasang kaos kaki.

Tapi masker enggak disediakan, beberapa pengunjung terpaksa turun ke lantai 2 untuk membeli masker. Dan masker ini penting digunakan di kolam pasir, biar elemen pasir nggak masuk pernafasan anak-anak maupun pengunjung dewasa.


6. Gunakan waktu bermain sebaik mungkin

Last but not least, kan harga mainnya lumayan ya, setidaknya buat kaum menengah kek saya nih. Jadi, gunakan waktu 2 jam bermainnya sebaik mungkin deh.

Biar nggak rugi, hahaha. 


Harga Tiket Playtopia Pakuwon Mall Surabaya

Berapa sih harga tiket bermain di Playtopia Pakuwon Mall?

Khusus di Pakuwon Mall Surabaya, harga tiket Playtopia tuh cuman ada 2 macam:

  • Rp. 200 ribu per 2 jam untuk weekend
  • Rp. 150 ribu per 2 jam untuk weekday

Harga tiket tersebut berlaku untuk semua anak usia berapapun. Jadi, mau bayi merah pun, kalau masuk ya kudu bayar segitu, hahaha.

Dan 1 tiket di atas itu berlaku untuk 1 anak dan 1 pendamping dewasa. Kalau mau nambah pendamping, kalau nggak salah kudu bayar tambahan 50ribu lagi.

Untuk tiket tersebut, udah bisa digunakan bermain di semua wahana yang ada di dalam, jadi nggak ada lagi yang kudu bayar tambahan lagi.

Tiket Playtopia ini bisa dibeli di tempat langsung, atau bisa juga beli melalui aplikasi Tiket.com maupun Traveloka.

Dan ternyata, harga tiket setiap Playtopia berbeda-beda loh. Ada juga yang menjual tiket per jam dan per 3 jam.


Kesimpulan dan Penutup

Playtopia Pakuwon Mall Surabaya berada di lantai 2 dekat Chuwi dan gerai makanan cepat saji A&W. Merupakan salah satu playground di Surabaya yang menarik, karena bisa dimainkan bukan cuman anak, tapi juga orang dewasa di bawah BB 80 kg.

Harga tiketnya beragam, tergantung tiap lokasi. Untuk Playtopia Pakuwon Mall Surabaya harga tiketnya adalah 150ribu untuk weekday dan 200ribu untuk weekend.

Keterangan lengkap, lihat di akun IG @playtopia.id


Surabaya, 05 Mei 2024

Sharing By Rey - Reyne Raea


Referensi : 

  • Pengalaman pribadi
  • IG @playtopia.id

Gambar : Canva dan dokpri

3 komentar :

  1. Aku kdg bersyukur anak2 ku udh ga mau main di playground lagi hahahahahha. Lumayan mahal sih yaa apalagi kalo bertigaπŸ˜†. Ama pendamping. Kecuali si adek kdg masih mau, dengan catatan wahananya ga terlalu anak2. Tapi kalo beneran buat balita gitu dia ogah biasanya πŸ˜†

    Aku sendiri kalo wahana kayak slide msh mau bangetttt rey, yg penting licin aja. Paling males yg perosotan tp suka biking nyangkut krn ga licin πŸ˜‚

    BalasHapus
  2. Waktu main sand pool, yang bikin males itu pasirnya suka masuk ke celana dalam anak, tiap pulang keluar pasirnya T.T...

    BalasHapus
  3. omg!! wall climbingnya seru amaaaat. tp cuma buat anak-anak yaaa hiks. tergoda bangeet dari kemarin aku liat IG anak2 main wall climbing sama flying fox. coba ada khusus dewasa kan seruuu. btw, aku salfok sama kata si kakak pasirnya kyk pasir pup kucing hahahaha ada ada ajaa

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)