Blogger Surabaya dan Cerita Perjalanan Blogging Ala Rey

Blogger Surabaya bernama Reyne Raea, itu adalah si pemilik blog reyneraea.com ini, dan yup, itu saya!. Dan postingan ini saya buat khusus un...

Topical Authority Blog dan Plus Minusnya Bagi Mom Blogger Ala Rey

topical autorithy blog bagi mom blogger

Topical authority blog adalah sebuah konsep SEO yang menggambarkan keahlian dan kredibilitas situs web atau blog untuk topik tertentu. Kalau bahasa awam ala Rey mah, blog yang dibangun dengan 1 niche / tema saja, jadinya terlihat expert gitu.

Jujurly, istilah ini baru saja saya ketahui beberapa waktu lalu dari hasil ngobrol gaje tapi kadang berbobot, ga sekadar gibah-gibah bergembira dengan Diahalsa si Blogger Kendari.  

Sengaja saya sematkan Blogger Kendari-nya, biar keyword itu nyangkut di mamak 3F itu, wakakakakak.

Si Diah Alsa ini memang paling rajin ikut kelas apa saja, terutama kelas blogger. Berbanding sangat terbalik dengan mamak Rey yang lebih suka belajar otodidak. Otodidaknya selain melalui googling, juga melalui diskusi gaje dengan si Mamak 3F ini.


Apa itu Topical Authority Blog?

Pas dengar istilah itu, langsung dong saya googling, dan pas baca saya langsung menyimpulkan. Lah ini mah emang udah lama, cuman istilahnya aja yang baru.

apa itu topical authority blog

Memang sih, dulunya hal tentang blog dengan topical authority ini masih jarang dibahas secara mendetail. Tapi sedikit banyak sebenarnya sama aja. Intinya, bangun blog dengan 1 niche aja.

Secara logika, blog dengan 1 niche emang lebih menarik sih, misal nih ada blog yang membahas semua hal tentang blog atau blogger. Tentu saja, ketika ada yang masuk ke blog tersebut, dia akan berlama-lama betah di blog itu, selesai baca yang satu, klik artikel yang lain.

Dengan sendirinya mesin pencarian Google akan mencatat perilaku pembaca di blog itu, di mana semua pada betah-betah bacain artikelnya, jadinya google menyimpulkan kalau blog itu memang menarik dan terpercaya.

Begitu penjelasan secara logika ala saya ya. Kalau secara ilmiah, monggo di googling sendiri, kalau saya lebih suka penjelasan tentang topical authority blog ini di blognya Daily SEO.

Sama kayak saya dulu suka berlama-lama di blognya Grace Melia, biar kata cerita blognya lumayan beragam sih, kebanyakan bukan tema dengan keyword yang ramai. Tapi saya suka banget loh membaca kisah hidup seseorang, apalagi kalau yang dibahas tuh fokus ke dirinya sendiri, bukan ceritain orang lain.

Intinya, Topical Auhority Blog adalah istilah yang diberikan kepada blog yang punya kredibilitas lebih terhadap sebuah topik, atau blog dengan 1 niche dan terpercaya.  


Mom Blogger Membangun Topical Authority Blog, Yay or Nay?

Nah, ketika si mamak 3F mengutarakan niatnya ingin mengikuti challenge kelas blogger di sebuah komunitas dengan tema TA (topical authority) dan TC (topical content). Saya tanya dong, mau pakai blog yang mana? saran saya mending di blog parenting aja, karena niche-nya kan udah jelas.

topical authority blog adalah

Tapi ternyata si mamak 3F ini sudah terlanjur mendaftarkan blog personal utamanya, jadilah dia harus pakai blog itu untuk ikutan challenge.

Saya nggak tahu secara ilmiah sih, apakah ngaruh blog yang sebelumnya udah berisi banyak hal, tiba-tiba dikerucutkan dengan 1 tema saja. Selain itu, saya kok merasa sayang aja jika blog personal diubah jadi blog dengan tema yang lebih umum.

Tapi, ini memang di masalah personal saya ya, seharusnya sih nggak masalah kan kalau blog personal tiba-tiba mengerucut ke satu tema pembahasan aja.

Masalahnya, saya dan si Mamak 3F ini kan mirip-mirip being a mamak-mamak rempong banget. Saya pikir ini bakalan jadi masalah banget dalam mendapatkan hasil dan tujuan TA blog tersebut.

Apalagi, kalau yang dibahas bukan hal-hal personal, tapi umum. 

Karena gini dulu deh, tujuan membangun TA blog kan, agar performa blog kita jadi baik, jadi mampu bersaing di page one google, karena mesin pencarian blog akan merekomendasikan blog kita berdasarkan keyword yang dibidik.

Tujuan akhirnya ya pageview blog meningkat kan?.

Tapi, kalau akhirnya kita cuman bisa update tulisan 2 minggu sekali, karena you know tidak mudah menulis artikel yang informatif, terpercaya, dan mudah dimengerti oleh semua pembaca itu.

Kita wajib riset dulu, wajib persiapkan ini itu, yang tentunya butuh lebih banyak waktu, tenaga dan fokus yang lebih, dibandingkan menulis seperti biasanya.

Terus, kalau udah begitu, apa gunanya kan memberlakukan TA blog?.

Karenanya, menurut saya, membangun topical authority blog itu agak sulit bagi seorang mom blogger rempong kayak kami.  


Kelebihan atau Faktor Plus Membangun Topical Authority Blog Bagi Mom Blogger

Agar lebih dimengerti, saya ingin berbagi tentang apa saja sih kelebihan atau faktor plus yang bisa didapatkan seorang mom blogger, ketika bisa membangun Topical Authority blog.

kelebihan topical authority blog

Di antaranya:


1. Bisa berpeluang mendapatkan pundi-pundi uang lebih banyak dari blog

Ye kan, kalau kita membangun blog yang disukai mesin pencarian karena tehnik SEO-nya bagus, tentunya akan membuat blog tersebut ramai pembaca.

Ramai pembaca berpeluang banyak hal. Mulai dari lebih besar kemungkinan pembaca menge-klik iklan dan menghasilkan pemasukan melalui adsense.

Hingga kemungkinan diajak kerja sama oleh klien, baik berupa tulisan sponsor tentang produk atau jasa, hingga tulisan berbentuk content placement.

Nilai kerja samanya juga bisa lebih besar dari blogger pada umumnya, karena blognya punya nilai lebih yang tidak dimiliki oleh blogger lainnya. Dan yang penting bisa membantu target marketing si klien.   

Kalau sudah begitu, maka pundi-pundi uang akan selalu mengalir masuk rekening kita.


2. Akan membentuk mom blogger jadi expert dalam satu tema

Mom blogger yang bisa konsisten membangun topical authority blog, tentunya akan menjadi lebih expert terhadap satu bidang. Misal jika memilih topik blogging, maka pengetahuannya tentang blogger akan lebih meningkat, karena yang dibahas kan cuman seputar tema blogging secara konsisten.

Dengan catatan, blog tersebut dibangun secara mandiri ya.   


3. Membentuk kedisiplinan lebih bagi mom blogger

Faktor plus atau kelebihan lainnya dari seorang mom blogger yang membangun topical authority blog adalah akan membentuk dirinya jadi pribadi yang disiplin.

Iya, karena kunci utama dari keberhasilan seorang mom blogger bisa memetik hasil dari TA blog tiada lain ditentukan oleh kedisiplinan.

Apalagi, kalau kondisi mom bloggernya kayak saya yang seorang single fighter mom ya. Semuanya wajib saya kerjain sendiri, jujur buat buka laptop aja saya harus berantem dulu sama ngantuk, saking kadang hanya bisa dilakukan ketika energi saya menipis di malam hari.

Menulis topik blog yang informatif, bermanfaat dan mudah dimengerti, tentunya membutuhkan fokus yang lebih. Terlebih untuk menjaga konsistensi postingannya, karena topical authority blog tentunya hanya bisa didapatkan jika kontennya selalu fresh dan up to date.  

Untuk memenuhi hal tersebut, maka kedisiplinan sebagai mom blogger, wajib ditingkatkan lagi, tentunya. Sehingga lama kelamaan menjadi terbiasa hidup disiplin.


Kekurangan atau Faktor Minus Membangun Topical Authority Blog Bagi Mom Blogger

Namunnn nih ya, ada juga faktor minus atau kekurangan ketika mom blogger, apalagi yang super rempong, memaksakan diri untuk membangun topical authority blog, di antaranya: 

kekurangan topical authority blog


1. Jadi makin malas menulis di blog

Ini memang sebuah masalah klasik ya, jangankan harus membangun topical authority blog, membangun blog personal aja, kadang malas menulis di blog.

Well, sebenarnya bukan malas sih, hanya saja being a mom itu udah sangat melelahkan. Seharusnya menulis di blog menjadi sebuah me time atau pelipur lara bagi para mom blogger. 

Sama seperti saya, memang sih saya menulis setiap hari untuk mengikuti tantangan KLIP. Namun, ketika energi saya nggak cukup lagi buat menulis, mau nggak mau ya saya menulis senyamannya aja. 

Salah satunya, menulis cerita keseharian saya, yang mana nggak perlu rempong riset keyword, riset isi tulisannya biar terpercaya dan menjawab semua kebutuhan pembaca kan ye.

Saya cuman menulis, merekam cerita diri, dan tentunya bisa dilakukan meski harus mengetik di sisa-sisa energi saya.

Nggak heran isi blog saya ya lebih ke gado-gado, dan memang lebih sulit bersaing di mesin pencarian google untuk keyword yang ramai. 

Seandainya saya hanya mematok satu tema aja yang harus ditulis di blog ini, tentu saja sulit bisa menghasilkan 1 tulisan yang bisa bersaing di mesin pencarian setiap hari. 

Bukan hanya masalah keterbatasan waktu, masalah stuck ide, nggak mood dan lainnya, yang lama-lama bikin males nulis.


2. Jika tidak disiplin bisa bikin stres

Dan yang paling penting adalah ancaman merasa stres oleh tekanan harus nulis yang memang butuh fokus tinggi, tapi kesulitan memanajemen waktu dengan disiplin.

Alhasil, waktu untuk kerja terasa kurang, terpaksa diteruskan sambil mengerjakan hal-hal lain yang juga tak kalah penting sebagai seorang ibu. Ujung-ujungnya stres sendiri karena sulit untuk fokus.


Kesimpulan dan Penutup

Topical Auhority Blog merupakan sebuah istilah bagi blog yang mempunyai kredibilitas lebih untuk sebuah topik, atau dengan kata lain, blog dengan 1 niche dan terpercaya.  

Untuk itu, sebagai mom blogger harus melakukan kegiatan blogging yang lebih mendalam, yang lebih dari sekadar sesekali menulis ringan di blog.

Nilai plusnya adalah seorang mom blogger bisa berkesempatan meraup lebih banyak penghasilan dari blognya. Karena trafik blog tentunya lebih tinggi.

Selain itu, mom blogger bisa menjadi seseorang yang lebih expert dan disiplin karenanya.

Namun, jangan lupakan nilai minusnya, yaitu berpeluang menjadikan mom blogger jadi malas nulis karena beberapa alasan, misal stuck ide, keterbatasan waktu dan lainnya.

Jadi, kalau Temans, gimana? siap untuk membangun Topical Authority Blog? Saya sih siap aja, waktunya yang enggak siap mulu, hahaha.   


Surabaya, 07 Mei 2024

#TuesdayBloging - Sharing By Rey - Reyne Raea

Sumber: 

  • Opini dan pengalaman pribadi
  • https://www.dailyseo.id/on-page/content/topical-authority/ diakses 7 Mei 2024
Gambar : Canva edit by Rey

2 komentar :

  1. aku baru tau kalau sebutannya topical authority blog
    rasanya pengen bikin blog khusus yang membahas 1 niche lifestyle, tapi balik ke diri sendiri bisa apa enggak ngisinya :D

    BalasHapus
  2. Ini berarti blog ku masuk yaa? Krn memang dari awal bikin Ampe skr, aku cuma bahas travel dan kuliner. 2 hal ini susah sih dipisahin. Krn ga mungkin pas traveling ga sekalian kuliner. Jadi buatku itu udh dalam 1 niche sepaket 😄.

    Cuma masalahnya, aku memang ga bisa tiap hari update. 1 Minggu sekali udh cukup. Krn kalo tiap hari, dari akunya susah utk interaksi Ama yg mampir komen. Sementara aku ga mau sekedar nulis, tapi ga ada interaksi. Mungkin Krn tujuanku beda sih ya Rey.. jadi memang ga mau ngejar update tiap harinya 😅

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)