Pafi Kabupaten Sumenep, Begini Sejarah, Tujuan dan Kiprahnya Untuk Masyarakat

pafi kabupaten sumenep

PAFI kabupaten Sumenep atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Sumenep merupakan salah satu lembaga atau organisasi profesi yang ada di Indonesia.

Organisasi ini tersebar di seluruh wilayah negara ini, salah satunya di Sumenep, Madura, Jawa Timur.


Apa itu PAFI?

PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia khususnya untuk wilayah kabupaten Sumenep, merupakan sebuah organisasi yang menaungi Tenaga Ahli Farmasi Profesi Asisten Apoteker (AA) di seluruh Indonesia. 

Organisasi ini merupakan salah satu potensi pembangunan yang selalu hadir dalam perjuangan dan pembangunan Negara. 

Sesuai fungsinya, PAFI dalam tugas kesehariannya, tetap ikut serta meningkatkan taraf kesejahteraan umum masyarakat. Khususnya di bidang Kesehatan Masyarakat dan Farmasi.


Sejarah Terbentuknya PAFI

PAFI telah ada sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Dan sejak waktu itu PAFI sudah ikut berjuang bersama segenap golongan masyarakat untuk mengusir penjajah dari bumi tercinta ini.

Setelah merdeka, organisasi ini tetap ikut serta mempertahankan kemerdekaan, hingga ikut serta dalam pembangunan masyarakat dan negara. 

Hingga akhirnya, di tanggal 13 Februari 1946 terbentuklah sebuah organisasi yang menghimpun semua tenaga yang terlibat dalam bakti karya di bidang Farmasi, yaitu Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau disingkat PAFI. 

Organisasi ini merupakan organisasi profesi dengan sifat karya dan pengabdian, dan berada di wilayah Indonesia sehingga berazaskan pancasila. 

Salah satunya adalah PAFI Kabupaten Sumenep. 


Tujuan Dibentuknya PAFI

Adapun tujuan dibentuknya organisasi PAFI. Di Kabupaten Sumenep misalnya adalah untuk:


Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

Sebagaimana yang ada di dalam pancasila dan UUD 1945, yaitu adanya pemerataan masyarakat secara adil dan makmur. PAFI hadir untuk mewujudkan hal tersebut.

Dengan adanya organisasi ini, diharapkan masyarakat punya hak yang sama mendapatkan fasilitas kesehatan.


Bantu wujudkan derajat kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia

Karena kesehatan adalah hak semua masyarakat Indonesia, dengan tingkatan derajat yang sama tanpa dibedakan status atau semacamnya.

Karena inilah, PAFI hadir dan mewujudkan hal tersebut.


Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia

Seiring dengan kebutuhan masyarakat akan dunia kesehatan, dunia farmasi menjadi hal yang penting bagi hal tersebut. Karenanya, kemajuan dunia farmasi menjadi penting agar bisa mendukung kebutuhan tersebut. 


Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Kemajuan dunia farmasi, tidak akan terwujud dengan mudah jika kesejahteraan para tenaga farmasi tidak diperhatikan.

Karena itulah PAFI hadir untuk memastikan kesejahteraan anggotanya bisa terjamin dengan baik demi memberikan kiprah terbaik tenaga farmasi untuk masyarakat.


Kiprah PAFI Kabupaten Sumenep Untuk Masyarakat

Seiring dengan perkembangan zaman, organisasi PAFI semakin meluas di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya PAFI Kabupaten Sumenep.

apa itu pafi

Demi mewujudkan tujuan terbentuknya PAFI, organisasi ahli farmasi di Sumenep ini, turut serta memberikan kiprahnya, salah satunya dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal kebutuhan mereka akan farmasi dan kesehatan.

Bukan hanya itu, PAFI Kabupaten Sumenep juga selalu turut andil dalam memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan obat-obatan.

Salah satunya adalah edukasi kepada masyarakat tentang 'Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang Obat' dengan baik dan benar (Dagusibu).

Bukan hanya itu, seperti PAFI di wilayah lainnya, organisasi ahli farmasi di kabupaten Sumenep ini juga turut andil dalam mendukung kesehatan masyarakat, agar tercapai beberapa tujuan di antaranya:

  • Untuk mengurangi angka kematian akibat penyakit yang tidak ditangani dengan benar.
  • Untuk mencegah penyakit dengan mengajak masyarakat peduli kesehatan.
  • Membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidupnya.
  • Turut bantu meningkatkan produktivitas masyarakat.
  • Turut membantu meningkatkan pembangunan di bidang sosial dan ekonomi.
  • Mendukung terbentuknya generasi di masa depan yang sehat dan berkualitas.

Demikianlah kiprah PAFI atau Persatuan Ahli farmasi Indonesia kabupaten Sumenep terhadap masyarakat di wilayah salah satu bagian pulau Madura ini.


Surabaya, 23 Mei 2024

1 komentar :

  1. Dulu pengeen banget bisa masuk jurusan farmasi. Kebayangnya Orang2 yg ahli membuat obat ini nampak keren dj mata 😄. Tapi akh sadar diri ga jago di kimia atau pelajaran eksakta lainnya hahahahahaha.

    Dan akhirnya mundur teratur, milih jurusan yg sesuai kemampuan aja 🤭

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)