Blogger Surabaya dan Cerita Perjalanan Blogging Ala Rey

blogger surabaya

Blogger Surabaya bernama Reyne Raea, itu adalah si pemilik blog reyneraea.com ini, dan yup, itu saya!. Dan postingan ini saya buat khusus untuk berkenalan dengan Temans yang sedang berkunjung ke blog ini.

Kali ini, pengen menceritakan perjalanan blogging yang sudah saya kenal selama 17-18 tahun, dan konsisten menulis selama 5-6 tahun.

Wuihhh, udah lama juga ya, sudah pantas dibilang blogger senior nggak nih? *plak! hahaha.

Jangan ya, jangan panggil saya blogger senior, malu saiah sama para blogger yang beneran senior dalam berkarya *ngumpet dulu sebelum ditimpuk.   

Btw, sebenarnya tulisan kayak gini udah pernah beberapa kali saya singgung di postingan lainnya sih, tapi saya lupa, yang mana, hahaha.

Sudah saya ubek-ubek tulisan terdahulu, tapi nggak nemu juga. Ya udah deh, saya tulis aja kembali, tapi kali ini lebih terperinci *halah.


Awal Mula Berkenalan dengan Dunia Blogging

Pertama kali tahu dunia blogging, sebenarnya udah cukup lama ya. Kalau nggak salah sejak tahun 2006-2007 silam. 

Berkenalannya juga secara nggak sengaja sih, tidak lepas dari kecintaan saya akan menulis, dan rasa kepo saya akan dunia internet.

FYI, sebagai generasi milenial awal dan lahir dari ortu yang kurang mampu secara ekonomi, menjadikan saya baru mengenal lebih dekat dengan komputer, saat awal kuliah.

Niatnya belajar otodidak komputer, tapi di warnet, jadinya saya malah keranjingan klak klik dan berselancar dengan internet, meskipun harus menunggu loading-nya dengan sangat sabar karena lemotnya.

Etapi, dulu tuh keknya kita semua nggak mudeng kalau itu lemot yak, pokoknya selemot apapun itu, saya bakal sabar menanti, ye kan emang belum tahu kalau ternyata kecepatan internet itu ada yang cepat juga, hehehe.

Dari klak klik itulah, saya akhirnya mengenal platform di internet buat menulis. Mulai dari note di Friendster, lalu ada pula platform multiply.

Kalau nggak salah, saya menghasilkan beberapa tulisan di platform multiply, sampai akhirnya tuh platform menghilang, dan saya mulai beralih ke blogger.com

Di tahun 2009 atau 2010, bermodalkan klak klik lagi, saya iseng daftar adsense, dan sukses ditolak, hahaha. Dan di tahun segitu, meskipun saya lumayan rutin menulis tapi yang saya tahu hanyalah adsense sebagai media ngeblog menghasilkan uang.

Tahun 2011 saya resign dan jadi IRT, lalu iseng lagi buka akun di wordpress.com, sayangnya entah karena sinyal, maklum ketika itu saya tinggal di Jombang, mengikuti paksu yang kerja di sana.

Sungguh sebuah perjuangan bisa membuka wordpress, dan akhirnya di tahun 2013 saya balik lagi ke blogger.

Namun, entah karena lupa pasword atau gimana, saya malah bikin akun baru dong, dan begitulah akun blogger tersebut berlaku sampai sekarang, dan begitulah asal mula blog ini lahir, ceileeehh.

Sejak awal bikin blog ini, tentunya domainnya masih pakai bawaan blogspot. Jadi blognya beralamatkan di reyneraea.blogspot.com.

Kenapa belum beli domain? ada beberapa alasan sih. Mulai dari saya nggak ngerti apa itu domain, apa bedanya sama hosting, hahaha.

Kedua, saya nggak tahu cara beli domain itu gimana? pernah nyoba-nyoba tapi bingung bayarnya pakai apa? saya kan nggak punya credit card. Sementara kalau saya coba-coba beli domain langsung dari wordpress misalnya, selalu diarahkan buat bayar pakai CC.     

Tapi, alasan utamanya, karena saya memang belum tahu, asyiknya ngeblog lebih dari sekadar menyalurkan hobi merekam pengalaman melalui tulisan.

Jadi ya bisa dilihat sendiri dari arsip blog ini, sepanjang tahun 2013 - 2017, saya jarang update tulisan, sesekali aja kalau lagi mood, hahaha.

Itupun terbagi, sesekali di blogspot, sesekali di wordpress, dan you know blog yang di WP itu, keblokir dong, babay deh semua tulisannya, huhuhu. 


Menjadi Bagian Dari Blogger Surabaya Sebagai Awal Mula Jadi Profesional Blogger

Kalau dipikir-pikir, momen menjadi bagian dari blogger Surabaya ini merupakan salah satu titik awal saya serius menekuni dunia blogging ke tahap yang lebih profesional.

Apalagi kalau bukan monetisasi blog.

Hal ini bermula dari berhasilnya saya membeli domain dengan nama sendiri, dan bayar pakai transfer rekening, akhirnyaaa.

Saya lupa sih tepatnya, tapi kayaknya sih berbekalkan klak klik semata, dari rasa kepo saya tentang apa itu domain dan apa bedanya sama hosting.

Hal itu membawa saya ke website rumahweb.com, dan akhirnya klak klik lagi, berhasil order domain reyneraea.com.

Lega banget akhirnya, meskipun setahun kemudian saya baru ngeh ternyata saya pesannya domain sekaligus hosting, lalu ngehek pas perpanjangannya jadi mahal, hahaha.

Entah udah jalannya saya untuk fokus ngeblog, tak lama setelah memakai domain reyneraea.com, tiba-tiba seorang blogger Surabaya menghubungi saya melalui DM instagram @reyneraea.

Mbak Yuniari Nukti namanya, menawarkan saya untuk hadir di event blogger acara hari gizi. Saya tanya boleh nggak bawa bayi, eh katanya boleh, ya udah saya terima dong.

Pas hari H event tersebut, ternyata saya juga diundang ke acara lain oleh Mba Nurul Rahmawati. FYI, sebelumnya saya sering banget baca blognya bukanbocahbiasa.com, dan merasa jadi dekat sama empunya blog. Makanya, ketika Mba Nurul nawarin ikut event, susah amat buat nolaknya, hahaha. 

Syukurlah jam event-nya berbeda, yang pertama undangan Mba Nurul dan acaranya pagi. Sementara satunya event dari undangan Mba Yuni mulainya siang hari.

Jadinya aman, pagi saya ke event yang lokasinya dekat TP, sementara siang saya ke event di dekat balai kota Surabaya. Dekat lah, nggak menghabiskan banyak waktu di jalan. 

Event tersebut merupakan event blogger pertama yang saya ikutin dan menjadi pembuka jalan rezeki saya di dunia blogging. 

Awalnya, saya nggak ngeh kalau event blogger tersebut, tidak sekadar asyiknya bisa ikut seminar gratis, di kafe yang lumayan bagus, dan juga dapat makan minum gratis.

Pas pulang, dikasih goodie bag tas yang bagus pula.

Setelah pulang, saya kan nulis tuh tentang seminar yang diadakan tersebut, beberapa hari kemudian, Mbak Yuni nanyain udah ditulis atau belum?. Saya kasih deh url-nya, dan setelahnya Mbak Yuni minta nomor rekening dong, lalu mentransfer saya sejumlah uang katanya sebagai fee dari job event blogger tersebut.

Dan itu merupakan fee pertama saya dalam job blogger.

Bukan hanya itu, sejak event sekaligus job blogger pertama tersebut, saya akhirnya bisa berkenalan dengan banyak blogger Surabaya, dan menjadi bagian dari komunitas Ning Blogger Surabaya


Bangga dan Bersyukur Menjadi Blogger Surabaya yang Tetap Aktif Menulis

Menjadi bagian dari blogger Surabaya itu membanggakan buat saya, salah satunya bisa berkenalan dan punya banyak teman blogger, yang hobinya sama, menulis di blog.

Sejak saat itu pula, saya selalu diajak untuk menjadi bagian ketika ada tawaran kerja sama blogger di Surabaya. Dan membawa saya, lebih banyak kenal dengan blogger Indonesia secara menyeluruh. 

Bangga rasanya bisa dikenal sebagai seorang blogger, dan juga seorang blogger Surabaya.

Bersyukur juga, menjadi blogger Surabaya, membuka kesempatan buat saya yang hanya bisa di rumah saja mengurus anak-anak, jadi bisa menghasilkan uang.

Dan memang ini adalah profesi terbaik yang saya pilih, terbukti sudah saya jalani dengan serius selama 5-6 tahun belakangan ini.

FYI, dalam perjalanan hidup saya, bahkan pengalaman bekerja kantoran saja hanya sekitar 6-7 tahunan saja. Itupun dilakukan secara on off, baik pindah perusahaan karena kontrak selesai, hingga akhirnya resign.

Pengalaman jualan online reseller 1 tahun, jualan online produk sendiri 1 tahun, berbisnis Oriflame 2 tahun.

Hanya menjadi blogger, sejak awal serius dalam monetisasi blog hingga saat ini, belum terbersit sedikitpun rasa bosan, atau rasa ingin berhenti jadi blogger dan ganti profesi lainnya.

Even kebanyakan orang memilih jadi konten kreator di media sosial, even saya punya akun media sosial yang sering diajak kerja sama dan kadang menghasilkan uang juga.

Rasanya, sulit untuk mengubah profesi blogger dan menjadi blogger Surabaya itu adalah pilihan yang sulit tergantikan.

Dan bukan hanya tidak mau mengganti profesi jadi blogger, sayapun tetap aktif menulis di blog setiap harinya, tersebar di 4 blog utama saya.

Begitulah cerita perjalanan blogging ala Rey dan menjadi seorang blogger Surabaya.  


Surabaya, 14 Mei 2024

Sharing By Rey - Reyne Raea

4 komentar :

  1. Kok bisa keblokir mba WP nya? Btw enak ya kalo ada komunitas lokal. Bisa ketemu temen juga. Ditempatku ngga ada komunitas lokalnya haha.

    BalasHapus
  2. Salam kenal dari blogger pemula yang baru konsisten ngeblog satu minggu terakhir, Mbak Rey. Saya juga ingin seperti Mbak Rey yang aktif dalam dunia per-blogging-an selama bertahun-tahun lamanya. Untuk sekarang target saya adalah rutin posting selama 100 hari, lalu lanjut menjadi 200 hari, 300 hari, dst. Mudah-mudahan tekad kuat saya bisa mewujudkan cita-cita kecil ini, aamiin.

    Soal mendapatkan cuan pertama kali dari ngeblog pasti sangat berkesan ya, Mbak. Walau sudah lama tapi masih teringat.

    BalasHapus
  3. Iyaa ya Rey, dulu itu kalo internet lamaaaaaa loadingnya, ya kirain memang begitu. Masih baru, jadi wajar belum cepet 🤣. Sabar pula nunggunya. Kdg sebel krn jadi ngabisin jatah waktu di warnet :p

    Apalagi kalo browsing pake HP yg masih nokia . Ya ampuuuun lambretanya sampe akhirnya nyerah 🤣🤣. Bersyukurlah skr internet makin cepet.

    Aku pun kalo ttg blog, blm bisa bosan sampai skr. iG dan FB aku pernah bosen. Malah kalo udh bosen, aku detox medsos. Ga mau buka samasekali sampe 3-4 bulan. Jadi kalo aku lamaaaa ga beredar di medsos, ya krn itu.

    Tapi blog sampe skr msh semangat utk trus update. Beda sih rasanya menulis di BLOG dan medsos.

    BalasHapus
  4. Ya Allah, langsung nostalgia dong sama wallpaper lumba-lumba dan internet yang loadingnya bisa sampe kelar 2 rakaat, huehehe. Cuma kalo aku dulu udah ga kenal friendster, soalnya udah mulai peralihan ke facebook.

    Aku selalu kagum mbak rey bisa nulis serajin dan sekonsisten itu. Apalah kita, mood rusak dikit langsung brenti nulis setengah taon :( hiks hiks

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)