Benarkah Lebih Aman Bertransaksi Lewat Merchant BCA Untuk Bisnis?

manfaat transaksi dengan merchant bca

Faktanya lebih banyak diantara masyarakat zaman sekarang yang lebih memilih untuk melakukan transaksi keuangan secara cashless, dibandingkan dengan transaksi tradisional. 

Hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan karena transaksi berbasis cashless ini dikenal jauh lebih praktis serta aman. begitu juga untuk para pelaku bisnis yang sudah mulai banyak beralih menggunakan transaksi pembayaran cashless, termasuk dengan daftar menjadi bagian merchant BCA.

Mungkin banyak juga yang masih belum terlalu kenal dengan merchant BCA, ini sebuah jaringan dari toko atau gerai bank BCA yang memungkinkan untuk setiap pelaku usaha bisa bergabung didalamnya. 

Bahkan cara daftarnya juga mudah, apalagi sekarang ini sudah hadir aplikasi Merchant BCA khusus yang sudah dibekali dengan berbagai fitur didalamnya, tentu akan sangat membantu transaksi keuangan. Sudah ada ratusan ribu gerai atau toko yang tergabung sebagai merchant BCA, jadi kapan Anda akan mendaftarkan diri.

Lalu bagaimana dengan transaksi yang dilakukan lewat merchant BCA ini, pada dasarnya ada 2 jenis transaksi, diantaranya adalah:


1. Transaksi melalui EDC


Jenis yang pertama adalah transaksi cashless yang dapat dilakukan melalui mesin EDC, yaitu electronic data capture. Di sini nantinya konsumen dapat melakukan pembayaran secara mudah, yaitu hanya tinggal gesek dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit maupun kartu Flazz hingga Sakuku, bisa disesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing. 

Bahkan selain pembayaran secara tunai, sebenarnya transaksi yang dilakukan lewat EDC ini bisa menggunakan program cicilan atau iuran.

2. Transaksi lewat QRIS

Jika transaksi melalui EDC masih membutuhkan yang namanya kartu sebagai perantara, maka jika ingin lebih praktis bisa mempertimbangkan jenis transaksi melalui QRIS. 

Pastinya sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini bukan, dimana QRIS sendiri pada dasarnya merupakan sebuah kode QR yang dapat di-scan dan memungkinkan untuk terhubung dengan pembayaran berbasis digital, bayar lewat QRIS ini mudah dan cepat, yaitu cukup dengan scan menggunakan smartphone yang sudah terhubung dengan mobile banking atau e-wallet yang Anda miliki.

Faktanya transaksi yang dilakukan lewat Merchant BCA ini juga dikenal lebih aman untuk para pelaku usaha, berikut ini beberapa hal yang patut diketahui, yaitu:

  1. Meminimalisir peredaran uang palsu, tentunya sudah tidak asing lagi bahwa sampai sekarang masih banyak kecurangan yang dilakukan oleh konsumen, termasuk di antaranya adalah peredaran uang palsu yang memang sangat meresahkan. Meskipun jumlah yang diterima tidak banyak, namun tetap saja akan merugikan bisnis Anda, bahkan mungkin juga menjadi penyebab nantinya kasir yang terkena sanksi karena lalai dalam mengecek keaslian palsu. Hal ini tidak berlaku dalam transaksi secara cashless, karena memang lebih aman.
  2. Mencegah kecurangan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab, seperti diantaranya adalah dengan manipulasi hasil penjualan atau uang yang masuk, ini kerap kali terjadi dan juga merugikan nasabah. Pastinya Anda sendiri tidak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan, sehingga harus lebih berhati-hati. Dengan melakukan transaksi keuangan secara cashless yaitu lewat EDC atau dengan QRIS, semua bukti pencatatan keuangan yang masuk dapat dilihat secara real time oleh owner, sehingga dapat mencegah adanya kecurangan yang mungkin dilakukan oleh pihak kasir.
  3. Mencegah kesalahan pencatatan karena human error. Human error adalah kondisi yang lumrah terjadi, namun jika sudah berhubungan dengan uang maka bisa menyebabkan kerugian yang besar. Contohnya adalah salah dalam memberikan uang kembalian, bisa juga kesalahan dalam input data keuangan dan sejenisnya, kondisi seperti ini juga dapat dicegah jika seandainya Anda punya daftar transaksi, apalagi yang berbasis cashless semacam ini, karena sudah ada laporan yang masuk dengan lengkap dan real time.
Aplikasi Merchant BCA ini akan mempermudah bisnis Anda, jadi pastikan untuk mendaftarkan diri, jangan khawatir karena pendaftaran gratis tidak dipungut biaya serta mudah. Asalkan sudah memenuhi syarat yang diberikan pasti bisa approve

Pastikan untuk download terlebih dahulu aplikasinya, Anda bisa langsung cek di Playstore untuk pengguna Android, sedangkan bagi pengguna iOS maka bisa cek aplikasi tersebut di Appstore, install kemudian pakai untuk daftar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)