HTTPS Tidak Tersedia, Begini Cara Mengatasinya Ala Rey

 

masalah https tidak tersedia pada blogspot

HTTPS tidak tersedia jadi masalah yang bikin saya kelimpungan beberapa waktu lalu. Seketika saya curiga ada hubungannya dengan masalah SSL Certificate.

Dan agak deg-degan juga memikirkan masa iya kudu bayar SSL Certificate juga. Karena selama ini, saya bisa mengaktifkan HTTPS di semua blog saya yang ada di blogspot, tapi nggak pernah pakai bayar SSL segala.

Lalu saya menghabiskan waktu agak lama untuk browsing sana sini cari jawaban dari masalah tersebut. Kenyataannya, entah saya salah memasukan keyword, atau memang nggak pernah ada yang terlalu mempedulikan masalah yang berhubungan dengan SSL ini, jadinya nggak nemu jawaban pasti. 


Cerita Custom Domain Baru dan HTTPS Tidak Tersedia

Cerita menemukan masalah HTTPS blog tidak tersedia ini, berawal dari keisengan saya membeli domain murah di Rumahweb. Ini bukan iklan, emang saya beli yang murah kok, yang my.id, hahaha.

Dan si Rumahweb ini ye, mbok ya kasih diskon kek ke akoh yang udah sering nyebut dia di beberapa postingan saya. Karena emang saya hanya menggunakan rumahweb untuk semua domain dan hosting yang saya miliki.

Nah, karena udah bolak balik beli domain di Rumahweb, total ada 7 atau 8 kali domain saya, hahaha. Jadinya masalah custom domain ke blogspot tuh berasa udah khatam banget.

Jadi, setelah beli, bayar dan dalam hitungan menit domain tersebut udah aktif. Seketika saya lakukan custom domain dengan mengikuti tutorial yang ditulis di website rumahweb.

Semua lancar, setelah penggantian DNS dan segala macamnya itu, domain tersebut akhirnya aktif di blog iseng lainnya si Rey ini. Cepat sih, nggak sampai 10 menit setelah berhasil custom.

Masalah kemudian muncul, setelah saya scroll ke bagian bawah fitur yang ada di setting blogger. Yaitu HTTPS. 

Lah kok status ketersediaan HTTPS nya, tidak tersedia?

Si Rey gitu ya, dikasih masalah kek gini, biar kata kala itu waktu sudah menunjukan pukul 12 malam, dan besok kudu bangun pagi siapin anak-anak berangkat sekolah, anjem anak sekolah, anjem anak latihan ekskul (astaga, nggak usah dijabarkan secara detail Rey, kagak ada hubungannya juga dengan tulisan ini, wakakakaka).

Saya tetap penasaran banget, kenapa hal ini muncul, karena selama berkali-kali bolak balik custom domain di blogger, nggak pernah tuh ada masalah HTTPS tidak tersedia.

Mulaiah saya browsing dengan keyword 'HTTPS tidak tersedia', tapi nggak ketemu ada blog atau website yang membahas mengenai ini.

Satu-satunya yang matching dengan masalah saya ini adalah pertanyaan seseorang di support google ini. Yang mana jawaban yang diberikan pun sama sekali nggak memuaskan.

Ada juga yang menanyakan hal serupa, lalu dijawab dengan memberikan lampiran keterangan dari google, tentang bagaimana mengaktifkan HTTPS untuk blog.

Di keterangan google tersebut memang ada note yang bikin kepikiran, yaitu 

"Penting: Jika Anda menggunakan Data CAA di domain kustom Anda, tambahkan data untuk letsencrypt.org, atau Blogger tidak akan membuat atau memperpanjang sertifikat SSL Anda"

Nah loh, makin pusinglah saya.

Akhirnya coba update status di facebook, dengan harapan ada blogger yang pernah punya masalah serupa, kali aja bisa ngasih tahu caranya kan.

Namun, ditunggu lama, nggak ada yang respon dengan jawaban yang memuaskan. Akhirnya keesokan harinya, saya putuskan untuk mengganggu para teknisi rumahweb, hahaha.

Saya coba tanyakan masalah setting HTTPS yang nggak tersedia itu, eh sama si Masnya saya cuman diminta screeshoot setting DNS domain tersebut, biar bisa di cek benar atau enggak.

Etdah, si Masnyaaahhhh.

Kalau enggak benar, mana bisa berhasil di custom kan, mas'e!

Tapi saya nurut aja, saya kirimkan screenshoot setting DNS yang saya lakukan sebelumnya, tentu saja dengan menyembunyikan tambahan setting DNS untuk Google Search Console pakai properti domain, wakakaka.

Setting ini saya lakukan, setelah membaca jawaban salah satu blogger di google support tersebut. Dan ujungnya, ya nggak ngaruh juga, akhirnya saya hapus.

Setelah diperiksa si mas teknisi dan memang semua setting-nya udah benar, lah kan udah bisa aktif di blog sayah kan, ngapain juga dicek, hehehe.

Akhirnya si masnya cuman minta saya untuk nunggu, dan jangan lupa aktifkan aja centang pengalihan HTTPS-nya.

Ya ampun, nggak puas sebenarnya atas jawabannya, tapi emang nggak ada cara lain selain menanti dan menanti.

Saat menanti itu, masuklah komentar seorang teman blogger dari Madura, si Riska Ngilan. Yang intinya memberikan saya insight tambahan dalam menyelesaikan masalah SSL dan HTTPS ini.

Seketika saya lakukan semua ide yang ada, dan menunggu dengan cara cuekin tuh blog, hahaha.

Ya karena si Rey ini punya blog banyak kan, jadinya sekitar 2 harian saya melupakan si blog dengan masalah HTTPS tidak tersedia ini.

2 hari kemudian saya baru ingat kembali dengan masalah blog tersebut, dan pas buka, auto senyum sumringah dong, karena status ketersediaan HTTPS nya, sudah tersedia.

Ya udah deh, tinggal di centang-centang, dan jadi. Langsung aktif. Langsung happy banget gegara bisa buka blog iseng baru itu, tanpa ada tanda pentung yang mengingatkan kalau web nggak aman, wakakakka. 


Apa itu HTTPS dan Fungsinya?

Mungkin ada teman bloggers atau lainnya yang belum paham, apa sih HTTPS blog itu? terus apa fungsinya buat blog kita?.

HTTPS atau hypertext transfer protocol secure adalah perpanjangan dari HTTP yang lebih aman. Dengan HTTPS, peramban dan server akan membuat koneksi yang lebih aman dan terenkripsi, sebelum proses mentransfer data dilakukan.

Sementara HTTP merupakan sebuah protokol atau aturan komunikasi bagi klien dan server. Ketika kita mengunjungi sebuah situs web, peramban kita mengirimkan permintaan HTTP ke server web tersebut, yang direspon dengan respons HTTP. 

Ketika itulah, server web tersebut dengan peramban yang kita gunakan akan bertukar data sebagai plaintext

Dalam bahasa awamnya saya definisikan, bahwa HTTPS adalah sebuah teknologi yang memastikan keamanan dalam mengakses sebuah website.

Itulah mengapa, sebuah web atau blog, yang belum mengaktifkan HTTPS-nya, kadang nggak bisa diakses di semua browser. Dan kalaupun bisa diakses, ada peringatan tentang keamanan yang kurang.

Kalau bagi saya, mengaktifkan HTTPS itu perlu, agar semua orang bisa dengan mudah mengakses blog kita. 


Cara Mengatasi HTTPS Tidak Tersedia Ala Rey

Nah, ternyata ada loh beberapa teman yang mengalami hal yang sama yaitu masalah HTTPS di setting blogger, tidak tersedia.

Dan untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya amat sangat mudah, yaitu:

1. Buka dashboard blogger, lalu klik 'Setting' atau 'Setelan', lalu scroll ke bawah hingga mendapatkan tulisan HTTPS

2. Klik centang 'Ketersediaan HTTPS' atau 'HTTPS availability', meskipun keterangannya 'Tidak Tersedia'

masalah https blog tidak tersedia

3. Ganti dahulu template blog pakai yang bawaan blogger, caranya dari dashboard blogger, klik 'Tema' atau 'Theme', pilih Contempo aja biar mudah (hal ini mungkin nggak terlalu berpengaruh, tapi saya coba aja biar mudah ketersediaan https-nya).

4. Tunggu hingga 48 jam.

5. Buka kembali dashboard blogger, lalu liat ketersediaan HTTPS di 'setting', insya Allah sih keterangannya sudah 'Status: Tersedia' atau 'Available'.

6. Jangan lupa untuk men-centang 'Pengalihan HTTPS' atau 'HTTPS Redirect' di bagian bawahnya. Dan tunggu beberapa menit. Saya sih hanya dalam 5 menitan kali, langsung bisa diakses secara aman dengan HTTPS.

https blog tersedia
Pastikan mencentang keduanya


Gampang kan?

Mudah bin gampang banget, kalau udah ketemu caranya. Kalau belum, kayak saya kemaren, duh puyeng, hahaha.


Kesimpulan dan Penutup

Masalah HTTPS tidak tersedia kadang terjadi saat kita pertama kali setting customed domain di blog. Namun jangan panik, masalah tersebut bisa dengan mudah diselesaikan kan.

Kuncinya, sabar menunggu, dan pastikan blog belum diutak atik dengan template lainnya, untuk memudahkan proses ketersediaan HTTPS bawaan blogger.

Ada yang pernah punya masalah serupa?


Surabaya, 21 Mei 2024

#TuesdayBlogging - Blogger Surabaya - Reyne Raea

Sumber: 

  • Pengalaman pribadi
  • https://support.google.com/blogger/answer/6284029?hl=id diakses 21 Mei 2024
  • https://aws.amazon.com/id/compare/the-difference-between-https-and-http/ diakses 21 Mei 2024
Gambar: Canva edit by Rey & tangkapan layar

3 komentar :

  1. Jadi maksudnya kalo pakai theme custom httpsnya langsungnya tersedia ya Rey? Jd ganti dulu ke custom bawaan, tungguin 48 jam, baru nanti bakal ada biasanya?

    Aku jadi inget ama blog mba ainun, yg waktu itu dia bilang juga ga bisa pakai https, krn ga ada.. Apa masalahnya sama di situ yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi Mba, karena blog yang saya custom ini kan aslinya udah lama saya bikin, dulu bikinnya buat coba-coba template.
      Bisa jadi, karena dipakai bolak balik ganti template, jadinya ada crash di dalam.

      Makanya, saya balikin aja dulu ke template bawaan blogger yang simple.
      Setelah tersedia, baru deh pakai template lain lagi

      Hapus
  2. Ini problem aku bangetttttt mbak, kayak putus asa aja
    mau aku balikin ke template yang simple, belum sempet utak atik template

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)