Ternak Blog, Worth It Nggak Sih?

ternak-blog

Ternak blog adalah istilah yang diberikan kepada para blogger yang mempunyai dan mengelola beberapa blog sekaligus, biasanya sih untuk mengejar pendapatan adsense lebih banyak, namun ada juga yang bertujuan agar mendapatkan kerjasama blog berkali-kali.

Hal ini banyak terjadi pada blogger, setelah fenomenal kerja sama blog dengan fee yang terbilang fantastis buat banyak blogger, yaitu mendapatkan job di Intelinfluence tahun 2021 silam.

Nggak tanggung-tanggung, banyak blogger yang berhasil mendapatkan job dengan fee 100 dolar, untuk 1 postingan saja. Kerennya lagi, para blogger bisa mendaftarkan beberapa blognya, tanpa banyak syarat, untuk mendapatkan job tersebut.

Sejak saat itu, banyak blogger yang mulai bikin blog baru, yang istilahnya ternak blog, namun sayangnya banyak yang belum sempat bisa mendaftarkan blognya, eh job fenomenal 100 dolar tersebut sudah jarang bisa didapatkan.

Belum jodoh keknya ya, hahaha.

Saya sendiri, kala itu memang sudah punya 3 blog, memang bikin lebih dari 1 blog awalnya karena 'kemakan' beberapa teori blogging, bahwa blog dengan niche khusus katanya lebih bagus SEO-nya.

Baca juga : Mengelola Blog Niche Khusus VS Blog Niche 'Gado-Gado'

Dan begitulah, si Rey akhirnya memisahkan beberapa tema blognya, biar nggak ngumpul di satu blog saja, eh qadarullah pas banget bertemu dengan job fenomenal tersebut.

Namun tauk deh si Rey ini, udah 2 atau 3 tahunan kali ya dia pengalaman mengelola 3 blog dengan niche khusus, masih juga nggak terasa cukup keknya, eh ditambah lagi dong, ckckckck.

Dan begitulah, di tahun 2023 ini, si Rey gaya-gayaan mengelola 6 blog dong! dan sejauh ini semuanya ditulis sendiri, nggak pakai beli artikel, dan jangan tanya gimana kabarnya si Rey, hampir pengsan, hahaha. 


Kelebihan Ternak Blog

Saya sudah pernah menuliskan hal serupa ini, meski ketika itu pengalaman saya sih baru mengelola 3 blog dengan niche khusus.

ternak-blog

Dan sebenarnya, too early sih buat menuliskan kelebihan punya blog banyak berdasarkan pengalaman diri, tapi nggak apa-apa deh, biar jadi insight juga buat temans lainnya yang pengen berternak blog.

Baca juga : Blogger Pribadi atau Personal Blogger

Bahwa kelebihan ternak blog adalah:

  • Punya kesempatan mendapatkan job lebih besar, karena beberapa job memang memberikan syarat butuh blog dengan niche khusus. Meskipun akhir-akhir ini udah jarang sih hal ini terjadi, kebanyakan job lebih memilih melihat page view blog.
  • Punya kesempatan mendapatkan job berkali-kali, seperti job fenomenal di intelinfluence dulu, pernah juga dapat double job dari klien yang sama untuk ke-3 blog saya. Namun sekali lagi, akhir-akhir ini sudah jarang terjadi, mungkin karena persaingan dan jumlah blog lainnya, sudah lebih banyak.
  • Pendapatan adsense jadi lebih meningkat, untuk item ini memang belum bisa dikatakan benar-benar meningkat ya, tapi setidaknya dibandingkan dulu ketika saya mengelola 1 blog saja, dengan pageview harian yang jauh lebih banyak ketimbang sekarang, tapi kenyatannya adsense yang ada sangat sedikit dibanding pendapatan harian adsense saya saat ini, meskipun jujur PV blog saya anjlok banget.


Kekurangan Ternak Blog

Nah ini dia, aslinya saya menuliskan tema ini, mau sambat ini sebenarnya, tapi di'samar'kan dengan pura-pura bahas keseluruhan punya banyak blog, wakakakakak.

ternak-blog

Karena punya blog banyak ituuuu, masha Allah banget ya kekurangannya, hahaha. Akoh hampir pengsan kejar-kejaran dengan update semua blog dong!

Baca juga : Menulis di Blog adalah Investasi Buat Saya

Secara keseluruhan, kekurangan ternak blog yang saya rasakan adalah:

  • Ngeblog jadi terasa ada tekanan lebih besar karena tuntutan update semua blog sesering mungkin. Sebenarnya sih bisa diakalin dengan beli artikel, zaman sekarang banyak banget yang jual artikel murah, tapi akoh kan lagi BU-nya butuh uang, kenapa malah BU-nya malah buang uang? wakakakak.
  • Jadi kurang fokus, kadang habis nulis lupa di-share, ada komentar jarang bisa dibalas, apalagi mau blog walking, sometimes jadi ngerasa nggak nyaman sih karena terbiasa punya job desc ngeblog itu lengkap, ada menulis, share tulisan, balas komentar hingga blog walking, eh sekarang habis semua buat nulis, kadang harus nulis 3 artikel sehari dong, saking ngejar jadwal postingan, huhuhu.
  • Sulit mempertahankan trafik blog, ini jadi masalah yang sedikit mengganggu sih ya, karena kebanyakan klien saat ini, mulai menyadari bahwa yang terpenting adalah trafik blog, jadi kebanyakan yang ngajak kerja sama, nanyanya PV, eh pas banget PV semua blog saya anjlok banget terhitung mulai tahun 2023 ini, syedih akoh tuh! hiks!


Ternak Blog, Worth It Nggak Sih?

Jadi, sebenarnya ternak blog itu, worth it nggak sih? Hmmm.... pegimana ya jawabnya? hehehe.

Mungkin karena baru mulai ya, dan memang as a mom blogger, di mana saya menggantungkan penghasilan di blog ini, tapi memang ngeblog nggak bisa jadi hal utama, because i am a single fighter mom, urus anak seorang diri, dua pulak, belum bisa sepenuhnya mandiri pulak, doh!

ternak-blog

Jadi, jujur belum kerasa hasilnya, yang ada malah tekanannya yang kerasa, wakakakaka.

Dan memang momennya juga kurang pas ya saat ini, sementara saya ngeblognya itu memang tujuannya jangka panjang, tapi nggak menampik juga i really really need penghasilan job saat ini.

Baca juga : Cara Cepat Menghasilkan Uang dari Blog Ala Rey

Jadi, jujur nih kadang pengen menyerah saja, apalagi kalau melihat persaingan blogger zaman now, astagaaaa banget deh.

Semua blog saya mengalami penurunan trafik, bahkan ada blog yang saya pikir masuk sandbox google, padahal kalau dipikir-pikir lagi dan kagi, isi blog itu ya pengalaman pribadi semua, optimasi yang dilakukan juga biasa aja. Namun beberapa artikelnya keindex, tapi nggak keluar di pencarian google, hiks.

Ada begitu banyak masalah blog yang harus saya selesaikan, tapi saya bingung harus mendahulukan yang mana? 

Karena puya banyak blog juga, tapi nggak ada isinya ya percuma, nggak bakal ada yang ngajak kerjasama, kecuali mau curang sih.

Misal, pakai jasa untuk menaikan performa blog, termasuk jasa memberikan pageview blog palsu, emang ada Rey? ADA BANGET! hahahaha.

Tapi gimana ya, mau pakai jasa kek gitu, kayak berlawanan dengan nurani saya, selain itu, saya mengelola beberapa blog ini, sekalian buat belajar sih ya, pegimana bisa dipelajari kalau datanya palsu, iya nggak?

Jadi, yang bisa saya simpulkan sementara adalah, harusnya ternak blog itu worth it aja sih, asalkan mau melakukan 2 syarat utama, yaitu:

  1. Jika ingin hasil yang lebih cepat, punyai modal, beli artikel agar semua blognya bisa keisi dengan cepat, pastikan beli artikel yang bagus ya, bukan copas dan SEO friendly. Agar blognya cepat punya trafik bagus, dan juga bisa cepat bisa didaftarkan ke google adsense.
  2. Ingin ngeblog dengan natural, ya sabar nunggu hasilnya hehehe. Tapi jangan lupa konsisten ya! Sabar itu berarti menerima kalau dalam waktu dekat mungkin belum bisa menerima job yang mumpuni, karena performa semua blog jadi anjlok, terlebih di masa ekonomi nggak menentu kayak sekarang, para klien jadi irit banget mengeluarkan biaya marketing, berimbas banget di kerjasama dengan blogger yang berkurang.
 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi gitu ya, kalau ditanya, ternak blog itu worth it nggak sih? Jawaban saya ya, worth it aja sih ya. Meskipun dengan berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku, hahaha.

Tergantung seberapa seriusnya kita mengelola banyak blog itu sendiri. Kalau serius banget, ya pakai modal buat beli artikel, termasuk pakai jasa benerin template blog biar SEO friendly, ye kan blognya banyak, nggak kuat kalau semua dibenerin sendiri, hahaha.

Tapi, kalau modal tidak memungkinkan, ya sabar aja dulu. Lakukan dengan konsisten, terutama konsisten menulis di semua blog yang ada. Lama-lama juga membuahkan hasil kok, insya Allah.

Baca juga : Tips Agar Konsisten Ngeblog Ala Rey

Namunnnn.... jika memang penghasilan untuk blog itu adalah wajib banget, modal juga nggak mumpuni, mending jangan ternak blog banyak-banyak deh, cukup 2 aja maksimal, itu aja banyak yang kesulitan buat konsisten posting artikel.

Karena, saya udah bertahun-tahun mengamati banyak blog, bahwa mau yang ahli SEO sekalipun, mau yang kalau nulis artikel katanya super berfaedah sekalipun, kalau blognya cuman berisi artikel satu dua biji, ya dengan cepatnya kelindas oleh blog lain yang jauh lebih aktif dan konsisten.

Nggak percaya? coba deh iseng ngecekin blog yang performanya terlihat bagus, DAnya luar biasa, tapi artikelnya jarang update, dijamin pageview maupun keyword yang nyangkut juga cuman dikit, hehehe.  

Meskipun mungkin kadang pamer laporan GA dengan angka yang fantastik, percayalah... banyak banget cara untuk memalsukan trafik blog, dan beberapa orang yang sering utak atik GA, pasti tau mana yang asli, mana yang palsu.


Sidoarjo, 31 Januari 2023

#TuesdayBlogging

Sumber: pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

Demikianlah artikel tentang pengertian istilah ternak blog serta kelebihan dan kekurangannya, semoga bermanfaat.

6 komentar :

  1. Mbak Rey keren banget sih bisa konsisten nulis di enam blog yang berbeda. Semoga kita bisa gajian tiap bulan dari AdSense ya, Mbak. Tapi aku cuma dapat 100 perak per hari dari Adsense. Tetep semangat untuk kita ya, Mbak.

    BalasHapus

  2. Aku juga punya satu blog lagi yaitu blog sinopsis film, itu bisa dibilang ternak blog juga apa ngga mbak? 😁

    Tapi update artikelnya terserah sih, ada mood nulis, kalo malas berbulan-bulan ngga update.🤣

    Jadi buat aku, ternak blog ngga worth it mbak, adsende juga ngga nambah

    BalasHapus
  3. maunya juga ternak mbak, tapiiii ga sanggup kalau ternaknya sampe banyak :D
    blog mba rey yang aku tau kayaknya 3, ini ada 6, malah belum kenalan kayaknya sama sisanya, tak kenal maka kenalan dulu hehehehe

    BalasHapus
  4. Aku baru tau ada jasa pageview palsu jugaaaa 🤣🤣🤣.. aku tuh pernah liat blog orang lain yang kliatannya sih sepi Yaaaa, aku cuma liat kasat mata aja, tapi page view-nya 20 jutaan... Itu termasuk fake ga sih Rey?

    Btw, intinya ternak blog ini sbnrnya memang lebih cocok utk yg mau monetisasi kan Yaa. Aku punya 2 blog aja, yg 1 khusus buku, dan itu mulai keteteran bangettt. Krn 2023 ini fokusku ga lagi ke buku yg aku baca. Jadi blog ku sementara ya vakum. ga kebayang kalo punya lebih dari itu 😅.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa, iya Mba, blog dengan pageview banyak itu bisa keliatan kok dari berbagai tools yang meski gratisan, tapi masih mencerminkan isi blognya.
      Salah satunya dengan melihat berapa banyak keyword yang nyangkut di blognya, karena saat ini, pageview terbanyak kan memang dari google, jadi bisa kebaca harusnya.
      Kalau kita ngecek blog, katanya PVnya jutaan, tapi keyword yang nyangkut dikit banget, itu tanda-tanda sebuah kepalsuan wkwkkwkwwk.
      Kalau di GA juga keliatan kok mana yang palsu :D

      Hapus
  5. Mba rey keren sih masih bisa ngurus 6 blog dan update semua. Aku baru punya 2 aja berasa kewalahan. Belum optimasi dll nya. Dan iya PV jd anjlok sih hihihi

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)