Tuesday, January 10, 2023

Tips Blogging Ala Rey Part 04 (SBY Bersama Marukaii Super Moms tentang Monetisasi Blog)

cara-menghasilkan-uang-dari-blog

Tips blogging monetisasi blog selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas, karena cara mendapatkan uang dari blog gitu loh, siapa yang nggak tertarik, cobak?

Dan karena itulah saya diminta untuk bisa sharing pengalaman pribadi tentang monetisasi blog, yang sudah saya jalankan sejak tahun 2018 lalu, di sebuah WAG komunitas Marukaii Supermoms beberapa waktu lalu

Dan selama beberapa tahun ini, Alhamdulillah penghasilan dari blog, lumayan banget buat nambah-nambah uang belanja, bisa beli kebutuhan pribadi, sampai bisa ikut membiayai anak sekolah.

Yang jelas, monetisasi blog yang saya lakukan beberapa tahun belakangan ini, penuh cerita, penuh drama, tapi juga Ahamdulillah penuh hal-hal positif, salah satunya ya bisa menghasilkan uang tersebut. 


Lanjutan Pertanyaan Sharing Session SBY Bersama Marukaii SuperMoms


Dalam sesi sharing bersama para ibun di WAG Marukaii Supermoms beberapa waktu lalu, saya mendapatkan banyak pertanyaan dari para ibun.

Agar lebih bermanfaat, beberapa pertanyaan dan jawaban saya di sharing session tersebut, saya share di blog juga, dan sebagian pertanyaan sudah pernah saya bagikan di blog ini beberapa minggu lalu.


Kali ini, saya ingin meneruskan beberapa pertanyaan yang saya dapatkan dari sesi tersebut, di antaranya:


(Q13) : Pernah nggak anak mengeluh, pengen lebih lama waktu main dan diperhatikan? Lalu bagaimana cara menenangkan anak dan kasih pengertian kepada anak?


A : Pernah pastinya dong.
Cuman enaknya, anak saya yang pertama udah 12 tahun usianya, dia udah lebih mengerti.
Jadi, saya lakukan pendekatan sama si Kakak.

cara-menghasilkan-uang-dari-blog

Dikasih sounding, bahwa maminya ngeblog juga buat cari uang, di mana uangnya buat beli jajan, buat jalan-jalan, buat beli keperluan Kakak dan semacamnya, hehehe.

Nah, setelah itu, untuk adiknya jadi lebih mudah, karena adiknya pengikut setia kakaknya, kalau kakaknya udah ngerti, adiknya jadi mudah dikasih pengertian.


(Q14) : Luar biasa bagi waktunya untuk keluarga, suami, anak, juga kerjaan!


A : Semangat buat kita semua para ibu, sejujurnya saya menikmati banget, bahkan saya merasa hidup lebih lengkap, karena semua waktu saya benar-benar terpakai dengan produktif.

Namun, tiap ibu mungkin beda-beda ya, intinya lakukan kegiatan ngeblog dengan fun, atur sendiri ritmenya, kapan waktu buat nulis dengan santai, kapan nulis serius.

Jadi nggak merasa terbebani, tapi menyenangkan.


(Q15) : Untuk menuangkan opini pribadi yang bisa diakses oleh banyak orang, pernah nggak merasa insecure sama tulisan sendiri?


A : Dulu awal-awalnya pernah sih, apalagi kalau liat tulisan blogger lainnya yang bagus-bagus banget.
Juga liat sharing blogger lainnya yang menganggap tulisan curhat itu nggak berfaedah.

cara-menghasilkan-uang-dari-blog

Tapi lama-lama saya pede aja sendiri.
Karena biarpun tulisan curhat, saya belajar untuk menulis curhat dengan santun dan bisa dimengerti pembaca.

Terlebih, setelah lama kelamaan banyak pembaca yang datang ke blog saya, bahkan ikutan curhat ke saya, baik melalui komentar maupun email atau chat pribadi.


(Q16) : Pernah ada nggak, sesama blogger meniru tulisan atau plagiat gitu?


A : Sering!
Artikel saya ada ratusan dicopas di blog lainnya.
Awalnya kesal banget, tapi lama-lama cuek aja.

Saya fokus menulis aja terus, dan google juga tahu kok mana yang asli mana yang copas.



(Q17) : Pernah nggak, anak tantrum ketika sedang menulis blog?


A : Dulunya sering, waktu si Adik masih bayi, di tahun 2018 silam, anak kedua saya masih bayi, sering banget saya ngetik terbungkuk-bungkuk karena kudu menyusui biar anak tenang, hehehe.

Dinikmati saja, lama-lama anak mengerti juga kok.
Kalau sekarang udah bisa dibilang nyaris nggak pernah, yang penting waktu buat anak-anak udah terpenuhi.


(Q18) : Asyik banget kayaknya kalau menulis udah jadi salah satu kebutuhan ya!


A : Betul banget, makanya saya tuliskan di atas, modal utama ngeblog untuk menghasilkan cuan itu, kita wajib mencintai menulis.

Saya, kebetulan banget suka nulis, jarang curhat ke teman, jadi saya curhatnya ke blog, udah berasa kebutuhan banget, jadi pengen nulis setiap hari, berkedok curhat.


(Q19) : Dulu pertama kali mendapatkan content placement, sponsored post seperti itu, bagaimana caranya ya? 


A : Saya awalnya dapat duit dari blog, melalui kerja sama event blogger.
Diajak blogger melalui instagram, yang kebetulan saya tulis di bio IG, kalau saya adalah blogger.


Dari situ, saya jadi kenal banyak blogger, ikutan komunitas blogger.

Nah, kerja sama selanjutnya tuh, saya dapatkan dari grup-grup komunitas blogger, mulai dari yang kecil-kecil, kayak review produk, kadang cuman dibarter dengan produk, tapi saya ambil aja.

Dari situ saya jadi sering dapat job kerja sama lagi, baik dari grup, sampai penawaran langsung di email saya.


(Q20) : Apakah kalau websitenya niche profesional (website jualan konten misalnya) begitu bisa buat dimasukkan content placement atau sponsored post ya?


A : Untuk niche profesional, juga bisa kok mendapatkan job konten placement maupun sponsored post, asalkan temanya sama.

Kalau mau cepat dapat job, saran saya, awali dulu bikin blog tema lifestyle, jadi bisa mendapatkan kerja sama dengan tema apa saja.


(Q21) : Minimal berapa kali dalam seminggu untuk ngeblognya?


A : Untuk jadwal saya, sebenarnya harus menulis 1-2 artikel setiap hari, karena saya punya beberapa blog yang harus diisi.

Tapi kalau tidak memungkinkan, saya nulis sebisanya.
Yang penting semua blog saya, terutama yang 3 utama di atas, harus terisi minimal seminggu sekali.


(Q22) : Ternyata sikap masa bodoh juga perlu ya?, meski kitanya dirugikan. Daripada keterusan baper malah jadi menghambat produktivitas kita


A : Betul banget, dulu awalnya saya kesal banget dan menghabiskan 3-4 hari cuman buat ngelaporin ratusan artikel saya yang dicopas itu.

Tapi lama-lama capek juga, daripada sibuk laporin, mending waktunya saya pakai buat nulis artikel baru, dan google kan mesin pintar, pasti tau lah mana yang asli, terlebih gaya tulisan saya juga khas, nggak yang terlalu umum.


(Q23) : Apakah pemilihan nama domain itu penting? Dan bagaimana sih cara menaikkan DA, PA blog?


A : Penting banget dong.

Kalau tujuannya pengen branding, sebaiknya gunakan domain nama pribadi.
Tapi kalau tujuannya pengen membangun blog profesional, yang pastinya tekanannya lebih besar ya, pilih domain dengan kata kunci yang ramai dikunjungi.


DA PA blog sebenarnya nggak terlalu berpengaruh pada google.
Namun saat ini, DA/PA jadi penentu performa blog kita di mata klien.

Cara menaikannya, dengan rajin-rajin sebar link blog kita, di blog atau website dengan DA yang tinggi.


(Q24) : Pernah gak sih lagi mau mulai nulis tiba-tiba nge-blank, atau mungkin udah dapat sekian baris tulisan, jadi malah stuck di situ aja alias gak selesai-selesai? Solusinya gimana kalau ngalamin hal ini?


A : Pernah dong.
Biasanya kayak gini, kalau saya maksa ikutin jadwal yang saya tulis sendiri.
Misal, hari Senin temanya kan bisnis, jadi saya harus menulis tentang bisnis.

Kadang saya malas banget nulisnya, apalagi kalau bisnis tuh biasanya saya nulis dengan riset keyword, biar maksimalkan trafik blog.

Karena maksa, jadinya baru setengah, udah blank :D
Solusinya, saya nggak lanjutin nulisnya, dan ganti nulis sesukanya :D

Enaknya nulis di blog sendiri kan gitu Bun, bebas kita mau nentukan nulis apa, hehehe


(Q25) : dari 2008 ke 2018 itu kendalanya apa? karena termasuk ngurus domestik juga nggak? Atau karena karena anaknya udah SD, udah bisa dikasih pengertian ya? anak aku masih 3 taun, kalau aku pegang gadget aja dia suka ngikut


A : Sebelum tahun 2018, saya belum tahu kalau ngeblog itu bisa menghasilkan uang.
Jadi hanya asal nulis aja.
Setelah tahu, di tahun 2018, baru deh saya fokus.


Ya ampun, ternyata banyak juga ya pertanyaan kemaren, udah 2 blogpost yang saya bikin, tapi pertanyaannya belom habis juga, hahaha.
Ya udah deh, kapan-kapan saya terusin lagi nulis pertanyaan dan jawaban lainnya.


Tentang Marukaii Super Moms


Btw, udah 2 kali bahas tentang sharing session saya bersama komunitas Marukaii Super Moms, tapi kayaknya saya belum ngenalin ke Temans semua, apa sih komunitas Marukaii Super Moms itu?

marukaii-super-moms

Komunitas Marukaii Super Moms merupakan sebuah komunitas tempat berbagi para ibu.
Di dalam komunitas ini, sering diadakan beragam program yang bermanfaat, yang pastinya sebagai dukungan penuh untuk memberdayakan para ibu.

Mau tahu nggak, apa aja sih program-program yang sering diadakan komunitas Marukaii Super Moms ini?
  • SBY (Sharing Bareng Yuk), program ini merupakan salah satu program yang melibatkan narasumber berpengalaman, untuk sharing atau membahas hal-hal yang bermanfaat untuk para ibu, salah satunya kayak sharing session bersama saya beberapa waktu lalu, di mana saya berbagi pengalaman tentang menghasilkan uang dari blog, dan para ibu yang menjadi member di grup tersebut, berkesempatan tanya jawab tentang ngeblog for money tersebut. 
  • Melekat (Mengenal Lebih Dekat), program ini merupakan ajang mengenal member lebih dekat, di mana pada program ini, salah satu member akan dipilih untuk menjadi nara sumber, lalu member lainnya bebas bertanya apa saja kepada narsum tersebut. Asyik ya, jadi bisa saling kenal lebih dekat nih.
  • KulWhap, yaitu program kuliah whatsapp yang melibatkan sumber ahli atau profesional, misal membahas tentang kesehatan anak, maka yang diundang dokter spesialis anak atau semacamnya.
  • Happy Birthday, Superkid!, di komunitas ini, diadakan program pemberian saldo ewallet senilai @20K untuk 5 orang anak yang sedang ultah di tiap bulannya.
  • Giveaway.
  • Dan masih banyak lagi.
Asyik banget ya program-programnya, ini cocok banget diikuti oleh semua Moms aka ibu-ibu yang ingin lebih produktif dan berdaya.

Ye kan, daripada bengong dan bosan di rumah aja, mending kumpul-kumpul berfaedah di grup Marukaii Super Moms, bisa kenal banyak moms lainnya, bisa dapat ilmu yang keren-keren, dan bisa beruntung dapat duit pulak!

Nah, buat moms, yang pengen bergabung, cusss deh kontak komunitas ini di:
  • Akun instagram : @marukaii.supermoms , di follow ya! mereka sering banget bikin giveaway di akunnya loh, kan lumayan kalau kecipratan rezeki nomplok giveaway.
  • Website: marukaiisupermom.com
  • Atau bisa langsung join WAGnya  di : https://bit.ly/WAGMarukaii


Penutup


Menjadi ibu, bukan berarti tidak bisa melakukan hal lebih selain mengasuh anak-anak. Salah satunya, dengan menghasilkan uang dari ngeblog, seperti yang saya tekuni saat ini.

cara-menghasilkan-uang-dari-blog

Selain hasilnya lumayan untuk membantu perekonomian keluarga, pun juga bikin kita lebih berdaya, dan punya pengetahuan serta pengalaman yang luas.

Tentunya, hal-hal seperti ini, bisa dilakukan oleh semua ibu.
Sebagai langkah awal, coba deh bergabung dengan komunitas para ibu hebat, seperti Marukaii Super Moms.

Di dalam komunitas seperti ini, para ibu akan lebih banyak memperoleh pengetahuan dan juga inspirasi, baik untuk menjadi ibu yang lebih baik lagi, maupun bisa menjadi ibu yang menghasilkan uang tambahan buat keluarga, seperti ngeblog.


Sidoarjo, 10 Januari 2023


Sumber:
  • Pengalaman pribadi
  • SBY bersama Marukai Super Moms
Gambar: Canva edit by Rey

Demikianlah artikel tentang tips blogging monetisasi blog atau cara mendapatkan uang dari blog, dalam SBY atau Sharing Bareng Yuk bersama Marukaii Super Moms.
Semoga bermanfaat.

2 comments :

  1. Mak Rey selalu keren deh salut

    ReplyDelete
  2. Cinta menulis , mau trus belajar, dan konsisten, itu sih yg aku liat dari seorang blogger yang biasanya sukses monetisasi blognya. Dan semuanya memang ada di kamu Rey 👍. Apalagi walopun sedang menulis sponsor post, cara menulismu ttp enak dan smooth, ga terlalu hard selling mba. Apalagi semua dilakuin serius dan pakai research juga.

    Aku kalo sedang stuck menulis, juga milih untuk stop. Dripada dipaksain malah yg ada tulisannya jadi ga berjiwa. Mending stop dulu, biar otak juga refresh. Baru deh biasanya jadi lancar lagi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)

Back to Top