Tuesday, January 24, 2023

Blogger Keren dan Blogger Terbaik itu Seperti Apa Sih?

 blogger-keren-terbaik

Blogger keren dan blogger terbaik itu seperti apa sih? mungkin sebagian orang akan menjawab, seperti Raditya Dika (padahal Raditya Dika udah bukan blogger lagi dong, hehehe).

Atau sebagian menjawab, seperti Diana Rikasari (eh ini memang keren sih ya, blognya meski gratisan, dan sekarang jarang di isi, tapi tetep ramai dong, meskipun dia udah punya blog dengan domain pribadi, buat jualan, tapinya).

Atau ada juga yang menjawab blogger keren dan terbaik itu adalah para blogger senior yang hingga saat ini masih rutin menulis di blognya, kayak Mira Sahid, Annisast atau lainnya (nulis lainnya, soalnya saya lupa, wakakakaka).

Atau Linda Ikeji, seorang blogger perempuan berasal dari Nigeria, yang awalnya mengelola blog gratisan, tapi bisa mendapatkan penghasilan fantastis setiap bulannya dari adsense.

Okelah, kalau saya keknya yang terakhir itu deh yang namanya blogger keren dan terbaik, karena saya adalah Rey si Blogger mata duitan *eh.

Baca juga : Blogger Orientasi Duit? Emangnya Kenapa?


Kriteria Blogger Keren dan Terbaik Ala Rey

Sebenarnya, kalau ngomongin tentang blogger keren dan terbaik, balik lagi ke masing-masing penilaian pribadi ya. Karena setiap orang pasti punya definisi tersendiri dalam mengartikan keren dan terbaik itu.

Nah, berhubung ini blognya si Rey, yang nulis si Rey, mau nggak mau penilaiannya ala Rey tentunya ya, wakakakak.

Dan menurut saya, kriteria blogger keren dan terbaik itu yaitu, blogger seperti:

blogger-keren-terbaik

Blogger senior yang masih aktif menulis

Iya, ini keren banget sih menurut saya, blogger yang udah lama menulis di blognya, tapi masih aktif menulis di blog, kayak si Bapak Anton si pemilik blog maniak menulis, misalnya.

Saya pikir, dari banyak blogger yang saya ketahui, khususnya blogger senior atau yang udah lama berkecimpung dan menulis di blognya ya, pak Anton ini salah satu dari sedikit blogger senior yang masih aktif menulis.

Di tengah gempuran banyak macamnya perkembangan dunia blogger yang menurut saya makin lama makin jauh dari yang namanya blogger (ini menurut saya ya, saya ingatin lagi loh, hahaha), si Bapak Anton masih setia menulis di blognya dong, dan blognya juga nggak cuman 1 dong.

Keren banget sih, karena menurut saya, blogger yang keren itu, yang masih fokus pada definisi blogger, yaitu seseorang yang menulis di blog, bukan yang menulis di media sosial *eh, hahahaha.

Kaboooorrr...


Blogger yang masih aktif berinteraksi

Nah, bukan hanya aktif menulis, blogger yang keren dan terbaik menurut saya tuh, adalah blogger yang masih aktif berinteraksi di blognya, seperti membalas komentar pembaca, apalagi kalau masih sering berkunjung dan meninggalkan jejak di blog orang lain, bukan hanya tulisan para blogger yang udah lama malang melintang dalam dunia blogger ya, tapi juga artikel atau tulisan para blogger newbie.

Kayak yang sering dilakukan Mba Ratu Meong Fanny F, pemilik blog D'Cat Queen, siapa sih yang nggak kenal Mba Fanny, blogger yang terbilang udah lama juga malang melintang di dunia blog, tulisannya juga dari hati banget karena semua tulisannya memang rekaman perjalanannya sendiri.

Tapi, di semua blog yang ada di kalangan blogger, pasti kita temukan komentar Mba Fanny. Mengapa blogger yang masih aktif berinteraksi adalah blogger keren dan terbaik buat saya? Karena buat saya, blogger yang keren itu, yang mencintai atmosfer ngeblog, dan berinteraksi sesama blogger melalui blog itu adalah salah satu kegiatan blogging.


Blogger yang memperhatikan kenyamanan pembaca

Kalau ini mungkin untuk blogger yang peduli akan kenyamanan pembaca di blognya berdasarkan tampilan blog kali ya.

Kalau saya sih suka tampilan blog yang nyaman di mata aja, font tulisannya jelas per hurufnya, warna font tulisan juga nyaman di mata, ada sub temanya, yang meskipun nggak pakai heading, setidaknya di bold tulisannya, biar mudah bacanya.

Widget-nya nggak perlu aneh-aneh, yang penting ada  hal-hal penting kayak arsip blog, jadi orang yang pengen membaca tulisan lainnya, lebih mudah memilih tulisan yang akan dibaca melalui arsip blog.

Intinya, dengan memperhatikan kenyamanan tampilan blognya, si blogger menunjukan penghargaannya terhadap pembaca dan datang membaca tulisannya, apalagi kalau yang bersedia klik adsense yang tampil *eh, hehehe.

Baca juga : Tampilan Blog Keren dan Favorit Ala Rey


Blogger yang isi blognya disukai dan dibutuhkan orang lain

Kalau ini sih relatif ya, karena kebutuhan orang kan beda-beda, kalau saya sih lebih suka yang isi blognya dari pengalaman pribadi, opini juga nggak apa-apa, asalkan pure opini sendiri, jadi memberi sesuatu yang lain dari artikel-artikel yang banyak beredar di internet, yang kesemuanya hampir sama-sama aja.

Jadi, ketika pembaca membutuhkan sesuatu, dia menemukan hal yang real di blog tersebut, atau hal yang baru dari opini si blogger yang dituangkan ke isi blognya. 


Beberapa Blogger Keren dan Terbaik Ala Rey

Lalu, siapa aja sih blogger keren dan terbaik di kancah blogger Indonesia saat ini?

Duh ini mah pertanyaan sulit ya, karena mungkin ada banyak blogger yang keren, termasuk si Rey (i told you, isi tulisan ini banyakan narsisnya, wakakakaka).

Tapi si Rey emang belum bisa dikatakan senior ya, karena saya baru bergabung dengan komunitas dan berbagai kegiatan blogger tuh awal tahun 2018, meskipun udah menulis jauuuhhh sebelumnya.

Dibandingkan teman-teman yang lain, saya mah belom ada apa-apanya, meskipun kalau ngomongin konsisten sejak tahun 2018, ya si Rey maju dengan bangga dong, wakakakka.

Kalau yang saya tahu, beberapa blogger keren dan terbaik, yang meliputi beberapa kriteria di atas adalah Bapak Anton dan Mba Fanny (soalnya saya paling sering main ke blog mereka, wakakakakak).

Tapi sebenarnya masih banyak kok, kayak si Diahalsa, pemilik blog diahalsa.com, menurut saya dia merupakan salah satu blogger senior yang keren karena super humble

Dia sangat ramah kepada semua blogger, dan satu-satunya teman curcol saya, udah berasa adik sendiri, padahal nggak pernah ketemu.

Etapi saya menilai dia sebagai blogger keren, bukan karena dekat sama saya aja ya, tapi dia dekat sama semua blogger, IYES! buanyaaakkkk banget blogger senior alias blogger lawas yang dia kenal, dan kenalnya itu bukan sekadar kenal, tapi benar-benar tahu, karena saking humble-nya.

Dan masih banyak lagi sih ya, cuman memang akhir-akhir ini, waktu saya kesedot buat nulis di blog aja, jadi agak jarang bisa blog walking, dan jadinya agak kurang ngeh lagi dengan perkembangan blog teman-teman, kecuali Mba Fanny dan Bapak Anton, yang bisa dibilang sering saya intip, meski kadang belum sempat meninggalkan jejak.

Blog Mba Fanny, sering diintip buat cari referensi makanan enak yang bisa dicobain *uhuk padahal belum tentu bisa dicobain semua, wakakkaka. Kalau blog pak Anton saya intip kadang buat cari ide nulis blogging, wakakkakaka.

blogger-keren-terbaik

Etapi serius, kalau suka tulisan yang bahas tentang blogging, terutama motivasi blogging, mending baca blog manikmenulis deh, seketika langsung semangat lagi ngeblognya.

Anyway, selain itu, blogger yang keren dan terbaik adalah, ya dirimu Temans! yang sedang baca ini, insya Allah, aamiin.

Baca juga : Blogger yang Menginspirasi Ala Rey


Penutup

Menjadi blogger buat saya adalah menikmati kegiatan ngeblog, jadi sebenarnya nggak dibilang blogger keren dan terbaik juga nggak masalah.

Ya kecuali memang ada klien yang nyari blogger keren dan terbaik untuk diajak kerja sama dengan fee yang sangat membahagiakan, baru deh si Rey menjadikan standar blogger keren dan terbaik itu adalah penting, wakakakak.

Udah ah, pokoknya gitu aja, hahaha.



Sidoarjo, 24 Januari 2023

#TuesdayBlogging

Sumber: Pengalaman dan opini pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

Demikianlah artikel tentang blogger keren dan blogger terbaik versi saya ya, makanya isinya agak narsis, hahaha. Semoga menginspirasi.

6 comments :

  1. Pantes nih kupingku kayak gatel, ada yang nyebut2 nama Dcatqueen ternyata 😄😄😄. Tengkiuuuu ya Rey. 😘

    Susah memang kriteria blogger keren dan terbaik. Krn poinnya pasti banyak dan beda2. Buatku yg keren itu ya yg rutin nulis, sepanjang apapun tulisannya, tapi ttp bisa membuat pembaca baca sampe abis, alias ga bosen. Dan itu semua sbnrnya ada di Rey 🤣. Bukan Krn kamu udh nyebut namaku, tapi memang dr dulu aku salut Ama konsistensi kamu menulis. Kereeen, sih, udah lah pegang blog lebih dari 2, tapi masalahnya dirawat semua 😅😄. Tulisannya pun enak dibaca. Krn aku tau itu ga gampang. Aku punya 1 tapi update-nya 2 Minggu sekali 🤣🤣🤣. Trus kamu selalu belajar utk paham hal2 baru dari blog, yg mana ga semua blogger mau ribet kayak gitu. Seandainya ada pemilihan blogger terbaik , aku pasti vote buat Rey sih 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ecieeehh Mba Fanny bikin idung kembang kempis wakakakaka.

      Delete
  2. Eh .... Nenek cemburuan nih. Kok gak dinilai sebagai blogger termuda. He he ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih lupaaaaa, Bu Nur mah blogger senior kategori khas dengan bahasa Indonesia yang ala-ala Roman Bu, saya dulu suka banget baca tulisan jenis Roman gitu dengan bahasa ala-ala Melayu Indonesia, kayak karyanya penulis zaman dulu, seperti Siti Nurbaya, dkk itu loh Bu

      Delete
  3. pak anton panutan nih, idenya ada aja buat nulis, kadang pemikiran yang aku "gak berani" tulis diblogku tapi sudah terwakilkan di blog pak anton hahaha, jadi seperti membaca pikiranku sendiri.
    mbak fanny juga asik asik postnya, ceritanya mengingatkanku akan blog Arievrahman yang sering aku baca juga

    yang pasti aku belajar banyak ilmu blogging, kosakata baru juga dari temen-temen blogger, nambah relasi juga, seneng bisa sejauh ini ngeblog
    big hug buat semua blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakkaka, Pak Anton ini saingannya si Rey kalau nulis yang saklek, cuman si Rey versi agak alusan wakakakak.
      Dan musuh bebuyutan si Rey juga, suka banget ajak berantem tuh Bapak!

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)

Back to Top