Maksimalkan Ruang Penyimpanan Dengan Kurangi Ukuran File PDF

cara-mengurangi-ukuran-file-pdf

Berbagi dokumen secara digital sudah menjadi hal yang biasa saat ini. Ini tidak hanya membantu orang berbagi dokumen dengan cepat tetapi juga membantu mereka menghindari hilangnya dokumen berharga. 

Berbagi file secara digital juga membuat pekerjaan lebih mudah dan memungkinkan pengambilan informasi untuk berbagai keperluan di beberapa workstation

Oleh karena itu, dokumen yang dibagikan secara digital meningkatkan produktivitas, yang sulit atau tidak mungkin dilakukan dengan dokumen kertas. Ketika kita berbicara tentang berbagi file secara digital, format pertama yang muncul di benak kita adalah PDF (Portable Document Format).

Format ini sengaja dirancang untuk mempermudah berbagi dan menyimpan file teks. Orang sering menggunakannya untuk berbagi dan menyimpan eBuku, panduan pengguna, dokumentasi hukum, pekerjaan bisnis online misalnya, dan tugas. 

Namun, satu-satunya masalah dengan file teks yang dikodekan sebagai PDF adalah bahwa file tersebut umumnya memiliki ukuran file yang lebih besar daripada file teks lainnya. 

Ukuran PDF yang lebih besar ini menjadi masalah saat harus menyimpannya di perangkat. Ini terutama berlaku untuk perangkat yang sudah kehabisan ruang penyimpanan. Namun, tidak sulit untuk menangani masalah ini.

Anda hanya perlu menggunakan beberapa praktik efektif untuk perkecil ukuran PDF. Kami telah membahas praktik ini secara mendetail untuk membantu Anda dalam hal ini dan memaksimalkan ruang penyimpanan untuk menyimpan lebih banyak file.  

Rincian lebih lanjut diberikan di bawah ini:


Gunakan Alat Kompresi Folder 

Sebagian besar dari kita mengetahui alat kompresi folder yang telah digunakan selama beberapa dekade. Hal ini memungkinkan kita untuk menyimpan file berat dalam folder terkompresi yang membutuhkan ruang penyimpanan yang jauh lebih kecil daripada ruang yang diambil oleh file secara kolektif dalam keadaan tidak terkompresi.

Alat ini dapat membantu kami menyimpan file pengaturan perangkat lunak, gambar, dan bahkan PDF dalam keadaan terkompresi di perangkat. Namun, perlu disebutkan bahwa metode ini tidak akan berfungsi untuk perangkat seluler. 

Ini hanya efektif untuk perangkat desktop dan laptop/netbook. Yang harus Anda lakukan adalah memilih file yang ingin Anda simpan di folder terkompresi. Setelah Anda melakukannya, klik kanan file tersebut, dan Anda akan melihat opsi "kirim ke xyx.rar".
 
Segera setelah Anda memilih opsi tersebut, file akan dikirim ke folder terkompresi, yang akan mengurangi ukuran file secara signifikan, dan Anda akan dapat menghemat banyak ruang penyimpanan. 

Namun, Anda mungkin mengalami masalah saat berbagi folder terkompresi melalui email. Orang di pihak penerima harus menginstal alat kompresi folder di perangkat mereka. Jika tidak, mereka tidak akan dapat melihat atau mengakses file PDF yang dikompresi di folder .rar. 

Selain
itu, tidak ada kesempatan bagi seseorang yang menerima email di perangkat seluler untuk melihat file PDF saat dikompresi dalam folder .rar.

Oleh karena itu, mereka mungkin memerlukan akses ke perangkat desktop dengan alat kompresi folder yang diinstal.


Kompres PDF Daring

Cara lain untuk menangani file PDF besar yang menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan di perangkat adalah perkecil ukuran PDF menggunakan kompresor online. 

Alat semacam itu akan memungkinkan Anda untuk mengompres PDF file tanpa mempengaruhi kualitasnya. Anda dapat menarik dan melepas file PDF pada alat untuk mengompresnya atau memilih file langsung dari direktori folder perangkat Anda.

Selain itu, ini memungkinkan Anda mengimpor file dari platform penyimpanan cloud dengan mudah.

Hal terbaik tentang menggunakan kompresor PDF online untuk memperkecil ukuran pdf adalah Anda tidak perlu membayar sepeser pun. Selain itu, Anda tidak akan menghadapi masalah kompatibilitas perangkat saat menggunakannya untuk kompres file PDF. 

Anda hanya memerlukan koneksi internet untuk mengakses alat ini, dan Anda dapat kompres PDF online tanpa mengorbankan kualitas.

Setelah file dikompresi, Anda dapat mengunduhnya dari alat tersebut atau langsung menyimpannya ke Dropbox untuk akses online yang mudah kapan pun dan di mana pun Anda membutuhkan file PDF tersebut. Alat semacam itu memungkinkan Anda mengompres file PDF hingga 500 KB dengan mudah.


Singkirkan Elemen yang Tidak Perlu

Meskipun metode yang disebutkan di atas dapat membantu Anda secara efektif memperkecil ukuran PDF, Anda juga dapat perkecil ukuran PDF dengan menghapus elemen yang tidak diperlukan dalam dokumen. 

Jika Anda menelusuri dokumen dengan cermat untuk elemen yang tidak perlu, Anda akan menemukan lembar excel yang tidak lagi diperlukan.

Demikian pula, Anda akan menemukan banyak ruang yang tidak perlu yang tidak penting untuk tujuan pemformatan. Setelah Anda menemukan elemen tersebut, Anda dapat menghapus elemen tersebut dan mengurangi ukuran PDF secara signifikan. 

Karenanya, Anda juga dapat menggunakan praktik ini untuk menghemat ruang penyimpanan.

Source gambar: fkipuki

6 komentar :

  1. singkirkan elemen yang tidak perlu
    itu yang sering saya lakukan

    BalasHapus
  2. Ruang penyimpanan daring sangat bermanfaat, untuk menghindari data hilang akibat kerusakan perangkat.

    BalasHapus
  3. Kalo rar memang hanya untuk laptop ya mbak, tapi kalo di android aku kalo kompres file baik pdf atau djvu pakai zip. Hampir semua hape bisa buka format Zip.

    Rar juga sekarang sepertinya bisa dibuka pakai aplikasi, tinggal download di play store

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)