Monday, April 27, 2020

Tips Agar Betah Di Rumah Aja Di Tengah Pandemi Covid-19

agar betah di rumah aja

Sharing By Rey - Masih dalam situasi pandemi Covid-19, dan dengan imbauan #DiRumahAja, padahal udah nyaris 2 bulanan, sejak awal Virus Corona masuk ke Indonesia.

Kalau memang sebelumnya anak rumahan sih, nggak terlalu bermasalah banget dengan keharusan di rumah aja.

Meskipun jujur, terasa sedikit bosan juga berkutat dengan yang itu-itu saja.
Lebih bisan lagi kalau ketemunya cuman sama itu-itu saja, dan yang itunya juga membosankan, hahaha. 

Terlebih kalau orangnya extrovert ya?
Orang yang terbiasa punya 'panggung' di luar.
Yang selalu merasa hidup jika bisa keluar, beraktifitas dan bertemu banyak orang.

Well, sebagai orang yang cenderung introvert, saya tahu banget rasanya dipaksa melakukan hal yang nggak kita sukai, dan itu memang berat banget.

Apalagi, masa pandemi ini sama sekali belum ada kepastian, sampai kapan berakhirnya.
Makin kebayang kan, bagaimana para ekstrovert bosannya nggak karuan?

Akan tetapi, karena memang imbauan di rumah aja itu adalah sebuah kewajiban dan keharusan, mau nggak mau ya kudu dijalanin. Dan hal yang paling memungkinkan adalah mencari cara agar semua bisa betah di rumah aja di tengah pandemi Covid-19 ini.

Dan menurut saya, beberapa tips agar betah di rumah aja adalah,


Ketahui alasan/tujuan mengapa harus betah di rumah aja


Yup!
Poin penting pertama agar kita bisa betah di rumah aja selama masa ini adalah, mengetahui dan menyadari apa alasan atau tujuan, mengapa kita harus betah di rumah aja.

tips agar betah di rumah aja

Iya kan, kalau kita sudah punya alasan, saat bosan melanda, kita bisa mengingat lagi tujuan atau alasan tersebut.

Misal, alasan agar kita harus betah di rumah adalah karena untuk memutus rantai penyebaran virus corona si biang Covid-19 yang sedang terus berlangsung hingga kini.

Lebih detail lagi, mengapa harus memutus rantai penyebaran virus tersebut?
Agar semua bisa beraktifitas seperti sedia kala.
Agar orang tua, atau orang-orang yang punya masalah dengan kesehatan, tidak mengalami komplikasi karena virus tersebut.

Karena kita tahu sendiri kan, kalau sebenarnya di beberapa orang yang positif terkena Covid-19, tubuhnya sama sekali nggak menunjukan gejala yang mengkhawatirkan.

Akan tetapi, dia bisa jadi sumber inang bagi sang virus yang bisa menularkan ke orang lain, dan jika orang yang tertular punya daya tahan tubuh rendah, ya gitu deh, wassalam.

Jadi, alasan kita harus betah di rumah aja, ya karena kecintaan kita terhadap diri sendiri maupun orang-orang tercinta kita, kita ingin melindungi diri dan mereka dari virus tersebut, karenanya di rumah aja adalah pilihan yang paling bijak dilakukan.


Mendiskusikan kegiatan bersama selama di rumah aja 


Di rumah aja mungkin memang membosankan, akan tetapi rasa bosan itu bsia diatasi, jika kehidupan kita diisi dengan hal-hal atau kegiatan yang menyenangkan.

tips agar betah di rumah aja selama pandemi

Kalau hanya sendiri sih, kita bisa cari sendiri kegiatan apa yang menyenangkan kita.
Tapi beda dengan yang sudah punya keluarga.

Mau nggak mau, akan lebih seru jika setiap hari ada kegiatan menarik yang melibatkan semua anggota keluarga.
Jadi esensi di rumah aja, bukan hanya kayak di penjara menuruti imbauan pemerintah, tapi tetap bisa menikmati setiap harinya seperti hari biasanya.

Caranya adalah dengan mendiskusikan kegiatan apa yang bisa dilakukan bersama-sama di rumah, tentunya kegiatan tersebut diatur sedemikian rupa, ada waktu yang melibatkan semua anggota keluarga.

Ada pula waktu sendiri, jika memang kegiatan itu butuh waktu sendiri, misal kayak saya ngeblog, tentu saja butuh sendiri kan, maka semua itu sebaiknya didiskusikan lalu disusun waktunya agar bisa disesuaikan dengan kegiatan bersama.

Kegiatan bersama, misal bermain dengan anak.
Susun dan diskusikan kapan waktu terbaik untuk itu, dan seperti apa jenis kegiatannya?
Dengan demikian, meski di rumah aja, kita bisa merasakan keseruan layaknya hari biasanya.


Melakukan kegiatan di rumah bersama-sama


Hal yang tidak kalah menarik adalah, dengan melakukan kegiatan di rumah bersama-sama.
Mengapa menarik? karena sejujurnya esensi dari adanya pandemi Covid-19 ini adalah untuk mempererat bonding antara setiap anggota keluarga.


Salah satu caranya adalah dengan melakukan kegiatan di rumah secara bersama-sama.
Bekerja sama, saling membantu, bukankah itu menyenangkan?

Bahkan sebuah perusahaan atau kelompok, sering melakukan gathering agar tercipta kedekatan antar sesama karyawan/anggota. Terlebih kita sebuah keluarga, yang seharusnya bonding antar keluarga itu jauh lebih penting dari segala hal.

Dengan melakukan kegiatan di rumah bersama-sama, selain seru, juga tercipta kerja sama yang baik.
Misal, ada yang nyapu, ada yang ngepel.
Ada yang masak, ada yang cuci piring, dan sebagainya.


Demikianlah tips agar betah di rumah aja selama masa pandemi ini, sebenarnya bahkan untuk seorang yang ekstrovert pun, bisa saja betah di rumah.
Asalkan mengerti dengan jelas poin nomor 1 di awal.

Yup, mengetahui alasan mengapa harus betah di rumah, karena memang harus dan wajib, demi kebaikan semua orang.

Kalau temans, punya tips tambahan apa nih agar betah di rumah aja di tengah keadaan masa pandemi Covid-19 ini?
Share yuk :)


Sidoarjo, 27 April 2020

Reyne Raea untuk #BPNRamadan2020 Day 8

Sumber : opini dan pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey

20 comments:

  1. Alhamdulillah saya sih tidak terlalu bosan saat pandemi ini karena masih kerja keluar rumah biarpun aslinya agak was-was juga, apalagi kemarin ada satu yang ODP disini mbak.😱

    Anak saya juga tipe yang bosan dirumah aja, kadang aku kasih hape tapi kalo sudah dua jam dia pengin keluar, akhirnya aku ajak keluar saja tapi ke sawah atau kebon aja yang sepi.

    Cuma yang terasa dari pandemi ini adalah dagang yang makin sepi, banyak karyawan diliburkan.😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu banyak hal yang masih bisa dinikmati ya Mas, semoga dagangannya makin laris aamiin, insha Allah rezeki selalu datang pada orang yang selalu mau berusaha :)

      Delete
  2. Kalau saya nulis blog dan jualan online supaya betah di rumah hehe.. walopun kadang ada kerinduan pengen kumpul - kumpul teman atau keluarga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sama nih, kalau saya lebihs sering nulis blog dan BW :)

      Delete
  3. Kalo yang di rumah dipandangi bikin adem pasti kita betah mb Rey :) Tanpa harus ada pandemi kitanya gak akan kemana2.

    Emg harus kreatif menciptakan suasana yah karena #dirumahaja ini bukan ut waktu sebentar, berminggu2 dan mungkin bulanan. Hanya bisa berdoa semoga pandemi ini segera sirna dan kita semua sehat dan selamat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaan tuh Bang yang dipandangi? jangan bilang hape? hahahaha

      Delete
    2. Bukan seperti nya, mungkin yang kalo marah suka pakai sikat gigi nya bang day.:v

      Delete
  4. Kalau aku biasanya belajar masak, Mbak. Soalnya kadang bingung mau ngapain selama di rumah aja. Akhirnya ya nyoba menu masakan baru. Walaupun sering gagal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi bagus dong, sapa tahu malah nemu menu buat dijual :D

      Delete
  5. Tipsnya untuk orang tua ada persediaan saldo uang cukup untuk 7 tahun dan tidak punya angsuran, betah dirumah tuh tinggal buat program kegiatan dirumah he..he...berhayal

    ReplyDelete
  6. kalo kebiasaan aktivitas di luar terus stay at home, yaa mati gaya otomatis
    adanya wfh, jadi ada waktu lebih buat beres beres kamar, bikin bikin ala ala DIY, internetan ilmu baru. kerja sambil diselingi refresh ginian, dan dibawa enjoy aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, banyak yang bisa dilakukan selama di rumah :D

      Delete
  7. Saya agar betah di rumah, kadang download game-game baru meski cuma dimainkan beberapa kali saja :)) terus cari kegiatan-kegiatan baru mba, atau tontonan baru, lagu-lagu baru pun bisa :"D pokoknyah sebisa mungkin meski di rumah tetap aktif melakukan sesuatu biar nggak bosan dan waktu berlalu tanpa hambatan (meski kadang ya bosannya nggak bisa dihadang dan tetap datang, mba) ahaha :))

    ReplyDelete
  8. Saya pribadi adalah orang yang paling hk betahan dirumah,,,apalagi saat quota habis atau internet lelet,,,tapi kalau quota full dan cepet sih bisa betah,,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhahaaha, samaaaa, etapi kalau saya, gapapa sih kuota lelet, yang penting ada banyak film yang bisa ditonton bukan secara streaming :D hehehe

      Delete
  9. Akutu pada dasarnya introvert banget, dan jujur aja, dikurung di rumah sbnrnya ga ada masalah. Palingan aku stressnya Krn ga bisa traveling :D. Tp it's ok lah,Krn toh di rumah msh banyak yg bisa dikerjain.

    Mungkin cara yg aku pake, aku bikin checklist tiap hari, akan ngerjain apa HR ini. Dan di antara jdwal itu aku slalu masukin hobi2ku kayak membaca Rey. Itu hobi paling aku suka setelah traveling. Kalopun buku yg aku stok udh abis dibaca, msh ada buku2 dari ipusnas yg bisa dibaca online dan blog2 temen yg banyak banget :D. Itu aja kdg bisa ngabisin 3-4 jam

    Trus main game itu slalu aku masukin jg hahahahaha. Dan Drakor pastinya. 3 hobi ini aja bisa ngabisin 1 hari sendiri wkwkwkwk, jd jujur aja aku blm bosen sampe skr.

    Yg kasian suamiku . Krn dia amat sangat extrovert, dan sukaaaaa bgt sosialisasi di luar hahahah. Jd ini bnr2 bikin dia gila. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, tapi banyak loh laki-laki yang memang nggak betah di rumah ya.
      Kalau saya betah aja sih.

      Membaca tuh sebuah hobi yang mewah banget buat saya, jarang bisa cepat.
      Padahal saya ada buku yang bagus banget yang harus saya baca :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)