Thursday, April 09, 2020

Glenn Fredly Berpulang Karena Meningitis, Kenali Gejala Dan Penyebabnya

glenn fredly meninggal dunia

Sharing By Rey - Penyanyi bersuara emas, Glenn Fredly meninggal dunia, sungguh kabar yang tak kalah menggemparkan dibanding dengan meninggalnya aktor Asraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari beberapa waktu lalu.

Penyanyi bernama lengkap, Glenn Fredly Deviano Latuihamallo itu meninggal pada usianya yang ke-44 tahun, pada tanggal 8 April 2020 pukul 18.00 di rumah sakit Mitra, Fatmawati, Jakarta Selatan.

Kabar tersebut langsung beredar dengan cepat, dengan kecanggihan media sosial dan aplikasi chat, sehingga hanya dalam 1 jam selepas Glenn Fredly menghembuskan nafas terakhir, saya pun ikut tahu beritanya, melalui salah satu WAG, sungguh kekuatan WAG luar biasa.

Yang bikin makin sedih adalah penyanyi tersebut meninggalkan istrinya Mutia Ayu dengan seorang bayi yang berusia 40 hari, dan jika melihat dari akun media sosial instagramnya, istri Glenn Fredly baru saja berulang tahun beberapa hari lalu.

Teman-teman di WAG tersebut juga ikut melampirkan beberapa artikel yang memuat tentang kabar meninggalnya Glenn Fredly, dan menurut kabar yang beredar, Glenn Fredly meninggal karena karena sakit radang selaput otak atau meningitis.


Meningitis Adalah


Meningitis adalah sebuah penyakit peradangan pada meningen, yaitu selaput atau membran yang melindungi otak dan saraf tulang belakang. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, ataupun parasit.

glenn fredly meninggal dunia karena meningitis

Selain itu, kondisi seperti melemahnya imun tubuh juga turut memberi peran penyebabnya penyakit meningitis.

Penyakit meningitis kadang sulit dikenali, karena penyakit ini biasanya memiliki gejala awal yang sama dengan flu, layaknya demam dan sakit kepala.

Sebenarnya, semua golongan usia berpotensi terjangkit meningitis, akan tetapi bayi dan anak-anak rentan terkena penyakit ini, karena sistem pertahanan tubuhnya belum sekuat orang dewasa. 

Apabila meningitis tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini dapat memburuk dan memicu komplikasi seperti kejang dan gagal ginjal


Penyebab Meningitis


Gejala awal penyakit Meningitis biasanya ditandai dengan gejala yang menyerupai flu, bahkan bisa disertai dengan timbulnya kejang dan kaku pada leher.

Bahkan pada bayi di bawah usia 2 tahun penyakit meningits lebih sering ditandai dengan munculnya benjolan di kepala.

Gejala lain yang biasanya muncul saat penyakit meningitis adalah :
  • Mengalami demam tinggi mendadak
  • Leher terasa kaku atau kebas
  • Muncul sakit kepala parah
  • Sakit kepala tersebut disertai mual serta muntah
  • Menjadi sulit untuk konsentrasi
  • Muncul kejang
  • Sering merasa ngantuk atau sulit bangun
  • Terasa sensitif pada cahaya
  • Kehilangan rasa lapar dan haus
  • Pada kasus tertentu disertai timbul ruam kulit

Atuh mah, jadi maksud saya menulis ini sebagai pelajaran buat saya juga untuk mengenali gejala meningitis, tapi tiba-tiba kok jadi parno sendiri ya, soalnya gejala-gejala tersebut sering muncul pada saya, dan saya rasa banyak yang mengalaminya, iya kan?

Afirmasi positif saja di pikiran kita, bismillah kita semua sehat, aamiin.


Penyebab meningitis


Ada beberapa hal yang menjadi penyebab meningitis, di antaranya karena bakteri, virus, jamur, serta parasit. 

Untuk penyebab dari bakteri yang bisa menyebabkan meningitis,  bakteri yang menjadi penyebab meningitis ini biasanya disebabkan oleh infeksi telinga atau sinus, keretakan tengkorak, atau setelah operasi pada beberapa kasus tertentu.
Serem juga ya efek dari sinus tersebut.

Di sisi lain, meningitis akibat virus biasanya masuk golongan ringan dan bisa sembuh sendiri. 
As we know kan ya, belum ada obat untuk virus, dan Allah maha adil, menciptakan sesuatu yang belu ada obatnya, makanya diberilah solusi kalau virus bisa hilang dengan sendirinya selama daya tahan tubuh bekerja sempurna.
Masalah penyebab virus ini bisa disebabkan oleh enterovirus atau dari virus lain seperti herpes.

Meningitis dapat menjadi lebih kronis jika diakibatkan oleh jamur yang menginvasi membran dan cairan di sekitar otak, dan hal tersebut berkembang selama dua minggu atau lebih. 
Untuk penyebab ini, gejala yang terjadi berupa sakit kepala, demam, mual, serta masalah mental yang tiba-tiba dialami.

Selain itu, hal lain yang bisa menyebabkan meningitis adalah reaksi kimia, alergi obat, kanker, serta penyakit peradangan lain
Karena pada beberapa kasus penyakit meningitis bisa jadi sangat berbahaya, maka jika mengalami beberapa gejala tersebut di atas, jangan ragu untuk segera mencari bantuan medis.

meningitis adalah

Pada akhirnya, kalau diperhatikan, hampir semua penyebab penyakit yang seram-seram itu bermula dari gaya hidup yang tidak sehat.
Kurang tidur, terpapar polusi, stres yang berkepanjangan merupakan salah satu penyebab terbesar berbagai penyakit muncul pada tubuh kita.

Karenanya, terus menerapkan gaya hidup sehat itu penting adanya.
Baik sehat tubuh maupun mentalnya.

Ah, selamat jalan Glenn Fredly, mutiara timur yang selalu bikin para wanita baper dengan semua karya dan suaranya.
Sesungguhnya penyakit apapun, termasuk meningitis hanyalah salah satu cara setiap insan kembali kepadaNya.

Karena kita semua pasti akan 'pulang' juga.
Hanya tinggal menanti giliran saja, yang entah kapan waktunya dan bagaimana caranya.
Hanya Dia yang tahu. 


Sidoarjo, 9 April 2020

Reyne Raea untuk #Healthy
 
Sumber :
  • https://www.alodokter.com/meningitis diakses April 2020
  • https://www.merdeka.com/sehat/kenali-apa-itu-meningitis-penyebab-serta-gejala-yang-muncul.html diakses April 2020
Gambar : 
  • Akun instagram @glennfredly309

42 comments:

  1. Berarti stres, apalagi berkepanjangan, mesti segera dihentikan ya, Mbak, agar hati dan pikiran fresh, seger, seneng, ayem, sehingga badan pun sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi betul banget, kudu bahagia biar awet muda dan sehat selalu :)

      Delete
  2. Iya smlm ramai2 ada berita duka ini. Memang pola hidup kudu dijaga bgt ya mbak. Byk bgt penyakit yg kdg gejalanya sepele, stay safe trus ya mbak.. Semoga alm. Glenn tenang di sana. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, saking sakit nya terasa remeh, ternyata gejala dari penyakit yang serem :(

      Delete
  3. Saya juga kaget mba saat baca berita ini, karena Glenn Termasuk salah satu penyanyi yang menemani saya tumbuh besar :( dan nggak sangka ternyata penyakit meningitis ini gejalanya sangat normal seperti penyakit kebanyakan. Jadi was-was, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan umur panjang ya mba <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, lagunya romantis dan asyik banget menemani segala suasana, baik jatuh cinta maupun patah cinta hehehehe.

      Saya dulu sejak Olga meninggal kalau nggak salah kena meningitis juga ya dia, udah baca tapi jadi seram sendiri.

      Soalnya kan meningitis sebenarnya lebih rawan di anak-anak

      Delete
  4. Sehat itu mahal harganya yaa Uni Rey...Meski kebanyakan orang baru sadar pas udah sakit baru deh menjaga pola hidup sehat. Atau nggak baru deh niat betapa pentingnya olah raga tersebut bagi tubuh kita.😊😊😊

    Yaa meski kita tahu umur manusia hanya Allah.S,W,T yang tahu dan yang maha penentu jua.


    Akan tetapi dengan contoh diatas bisa buat bembelajaran untuk selalu hidup sehat.


    Seediiihhh jadinya Fans gw meninggal ...Malah wajahnya mirip gw banget lagi..😳😳😳😳😳😳


    Glens itu juga termasuk inspirasi bagi sya dalam hal bermusik dengan nuansa melow dan romantisnya. Bahkan sebelum nikah Dengan Mutia.A penyanyi Audi sempat tergila-gila sama Glens, Meski harus rela tak memilikiya.😊😊


    Eehh tpi Glens Fadli nggak ada lihat wajah Gw juga sama miripnya.πŸ™„πŸ™„πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak atas tausiyah nya pak ustadz.😊

      Delete
    2. Bener banget ya, kalau udah sakit, baru deh terasa betapa sehat itu mahal.

      Btw saya baru dengar tuh kalau dia ditaksir Audi, kalau nggak salah bukannya dulu pacaran sama Nola AB3 ya?

      Tapi beda agama, terus mereka putus dan beberapa lagunya tuh konon diciptakan untuk kisahnya sama Nola?

      Btw iya deh mirip.
      Etapi lebih mirip om saya sih, om saya di sini mirip ama garis face nya :D

      Delete
  5. Aku pun cukup kaget denger kabar duka ini semalam. karena gak rame gitu ya beritanya di tv. kupikir malah dia kena corona, ternyata meningitis toh. serem juga penyakit yang satu ini. ini tuh kayak alm. olga bukan si mba?

    oya, Semoga alm. glen tenang disana.. Amiinnn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener, banyak yang mengira kena corona, ternyata bukan.
      Iya Olga juga meninggal karena meningitis, saking sibuknya ke sana ke mari kali ya, jadinya ketularan virus atau bakteri deh :(

      Delete
  6. Gw juga denger tentang kabar meninggalnya tadi malem. Banyak banget ternyata ya yang suka sama Glenn. Bagus-bagus sih lagunya. Mana suara dia juga bagus. Yang kasian itu istrinya. Ya ampun anak maish bayi udah jai yatim.

    ReplyDelete
  7. Sm seperti almarhumah kk saya mba, hanya awalnya dikira maagh, tapi terakhir divonis meningitis, gejala yang disebutkan pun sama semua. Kk saya waktu itu, sempat kecapek an luar biasa setelah pulang dari luar kota, hanya dalam waktu 2 minggu, seperti gejala flu biasa jadi gak ketauan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, rata-rata dimulai dari kecapekan ya :(

      Delete
  8. Semua akan kembali pada waktunya. RIP untuk sang maestro, om Glenn yang sudah menemaniku selama ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, para pecinta lagu romantis berduka

      Delete
  9. Saya penggemarnya musik2 Glen Fredly dari SD. Menurutku ikon musik pop indonesia dan legend beliau ini. Favorit saya tentu saja "Januari", makanya rada kaget waktu semalem mendengar beritanya. 2020 ini memang tahun yang berat ya. Rest in peace, Glenn..

    baru tau kalau meningitis berasal dr virus. smg kita selalu diberi kesehatan ya.. stay safe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa.. Januari, Kasih Putih!

      Iya, kalau dari virus asal sebenarnya bisa sembuh sendiri asal nggak menyerang yang vital :)

      Delete
  10. Walaupun aku bukan penggemar Glenn Fredly tapi cukup terkejut juga kematiannya. Kirain aku kena Corona karena sekarang kan lagi musim Corona.

    Ternyata meningitis gejalanya seperti flu biasa, tapi kalo bercampur dengan jamur malah jadi bahaya.

    Semoga saja keluarga Glenn Fredly tabah menghadapi ujian ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener, awalnya saya pikir kena corona juga loh

      Delete
    2. Awal tahu berita Glen meninggal aku pun berpikiran yang sama, Mbak. Mana lagi Corona lagi merajalela😱

      Delete
    3. Nah kan, soalnya nggak dikabarin kalau lagi sakit, media lagi heboh ama corona kayaknya :D

      Delete
  11. RIP Glen..
    wabah penyakit ini kita emg seharusnya jaga kesehatan..

    ReplyDelete
  12. Ini semalem, bikin bener-bener kaget. gegara notifikasi line, terus mastiin, dan waw, beneran. Sedih.

    ReplyDelete
  13. First time I hear about this musician. Although, having read this article, I see that you like him so much. I will definitely listen to some of his songs.

    ReplyDelete
  14. pertama tau dari WAG juga, ga percaya awalnya, ga lama ehh sudah muncul berita onlinenya. lagu pertamanya dengan judul Cukup Sudah yang jadi awal aku suka sama dia, lagunya long lasting juga, termasuk lagu-lagu yang tahun 200an ini.. kayaknya semua orang tau

    gaya hidup sehat perlu banget, biar daya tahan tubuh kuat juga. berpulangnya glenn cepet, selama ini nggak ada berita berita kalau dia sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, kayaknya hampir semua orang di Indonesia, baik tua maupun muda pasti tahu minimal 1 lagunya ya

      Delete
  15. Aku hampir tiap hari sakit kepala, dan tiap sakit kepala ya gitu deh? Mual, kepala sakit ya minta ampun, terus susah bangun dari tempat tidur, mata rasanya pedes, leher kaku, dan lain sebagainnya. Dan ini aku alami ini udah lama sejak SD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh karena apa tuh? udah pernah konsultasi ke dokter?

      Delete
  16. Aku juga termasuk orang yg sangat kaget saat dengar beritanya. shock banget. aku aja shock apalagi istrinya ya :(((
    Dan yg bikin aku shock meninggal karena meningitis? setau aku Glenn kayaknya gak punya riwayat penyakit apa2 ya. hidupnya juga kayaknya sehat2 aja juga.

    stress memang faktor yg paling fatal ya, bisa menyebabkan penyakit apapun :((

    Selamat jalan Glenn .. karyamu akan tetap dikenang sepanjang masa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener Mba, baru melahirkan pula, lagi butuh banget yang namanya dukungan suami, kasian banget.

      Iya Mba, meningitis itu menakutkan, karena gejalanyapun nggak bisa dibedakan sama penyakit capek biasa atau masuk angin.

      Itu yang bikin orang jadi menganggap remeh dan membiarkan virus atau bakterinya terlalu lama menyerang lapisan otaknya :(

      Delete
  17. Aku juga ikut sedih dengan kematian Glen Fredly ini. Kasihan Glen, belum sempat memuaskan diri bermain dengan bayinya yang lagi lucu-lucunya sudah dipanggil ilahi duluan. Entah bagaimana perasaan Glen saat tau kalau dia mengidap meningitis saat itu.

    Selamat jalan, Glen. Kamu orang baik, semoga Tuhan beri kamu tempat terbaik di sisi-Nya. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

    Berat rasanya. Mengingat lagu-lagu Glen sudah mewarnai kisah cinta banyak orang di Indonesia.😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bisa jadi juga itu yang bikin drop kali ya, menganggap sakit biasa, ternyata sakitnya juga parah, kadang pasien jadi langsung down dengarnya :(

      Delete
  18. Sediiiih banget bacanya :(. Lagu2 Glen udh jd kayak obat zaman sekolah dulu.lagi sedih atopun gembira, dengerin lagu dia bikin bapeeer aja :D.

    Meningitis ini bahaya memang. Adekku yg dokter tht sering wanti2 aku utk 2 thn sekali suntin vaksin meningitis . Apalagi Krn aku rutin traveling. Ga ada yg tau di negara yg mungkin aku dtangin sedang ada wabah itu, jd dgn vaksin bisa setidaknya terlindungi. Makanya kalo umroh ato haji, vaksin meningitis ini vaksin wajib . Krn kita ketemu banyak org dr berbagai dunia.

    3 temenku meninggal Krn meningitis . 2 Krn sebelumnya mereka udh terpapar HIV , jd mungkin imun tubuh udh jelek. Kalo temen 1 nya ga tau sih kenapa bisa terkena, tp yg kita duga Krn dia sering traveling ke negara2 yg tinggi resikonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, Glenn itu setia menemani baik susah maupun senang eaaa :D
      Lagi jatuh cinta, pakai lagunya asyik dan romantis, lagi sedih, pakai lagunya pun jadi mendayu-dayu.

      Btw iya ya, Mba Fanny tuh sering bepergian, kan kita nggak tahu banyaknya virus dan bakteri yang semakin berinovasi juga merekanya :(

      Delete
  19. Kita berduka dengan kepergian musisi muda ini, Mbak.
    Saya pribadi belum pernah menyaksikan langsung penampilannya, tapi beberapa kali saya menyaksikan langsung Yura Yunita di panggung. Yura ini didikan Glenn, lagu-lagu hitsnya dari album pertamanya adahah karya-karya Glenn.

    Terima kasih informasi sekitar meningitis ini Mbak, menambah wawasan saya di bidang kesehatan.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhhh, saya bahkan sama sekali eh baru sekali dong nonton konser, itupun bukan Glenn atau sebangsanya tapi dulu band Samson waktu masih boomingnya :D

      Delete
    2. Nah, kalo tentang nonton konser atau bagi saya tepatnya nonton festival jazz saya sudah keluyuran sampai ke Dieng, Yogya, Semarang.

      Tapi lebih suka nonton konser jazz yang gratisan, seperti di 3 tempat yg saya sebutkan diatas. Karena justru di konser gratisan banyak bakat-bakat muda dari berbagai daerah yang ternyata main jazz-nya bagus-bagus Mbak.

      Btw, Samson pernah meledak ya Mbak lewat hits "Kenangan Terindah". Keren memang lagu & aransemen musiknya.

      Salam,

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)