Thursday, April 23, 2020

9 Cara Mudah Agar Terhindar Dari Covid-19

Cara Mudah Agar Terhindar Dari Covid-19

Sharing By Rey - Sudah nyaris 2 bulanan, sejak Covid-19 masuk ke Indonesia.
Dan selama itu, banyak orang yang terpaksa stay di rumah saja.

Termasuk saya, yang sejak awal Maret lalu, mengurung diri di rumah saja bersama anak-anak.
Dan hanya berani ke minimarket dekat rumah jika ada kebutuhan yang mendesak.


Entah kapan gerangan pandemi ini berakhir, hanya doa dan harapan yang bisa kita lakukan.
Selain tentunya, terus mengikuti himbauan pemerintah, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini, dan juga agar kita terhindar dari virus yang menyerang pernapasan tersebut.

Ada beberapa cara yang sebenarnya mudah untuk kita lakukan agar terhindar dari Covid-19 ini, di antaranya:


1. Rajin Mencuci Tangan Dengan Sabun Dan Air Mengalir 


Hal yang paling utama dan pertama, yang dapat kita lakukan untuk menangkal virus corona, si penyebab Covid-19 ini adalah dengan rajin mencuci tangan. Karena, tangan adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi sumber utama penyebaran penyakit, demikian juga dengan Covid-19.

Mencuci tangan dengan durasi minimal 20 detik, agar bisa membunuh virus corona dan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Lalu, keringkan tangan menggunakan kain atau tisu yang benar-benar bersih.

Tindakan pencegahan ini dianggap paling efektif untuk membunuh kuman, bakteri, termasuk virus corona. Dan tentunya  merupakan langkah yang disarankan oleh banyak pihak, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia.

terhindar dari covid-19

Karenanya rajin mencuci tangan, merupakan good habbit baru dan merupakan cara mudah agar terhindar dari Covid-19.
Dan bukan hanya orang dewasa, anak-anakpun jadi ikut lebih rajin mencuci tangan mereka.


2. Selalu Menggunakan Masker Saat Beraktifitas Di Luar Rumah


Kalau sebelumnya himbauan menggunakan masker hanya untuk orang sakit saja, sekarang bahkan orang sehatpun diwajibkan menggunakan masker saat keluar rumah.

Meskipun menurut penelitian, virus corona tidak menyebar melalui udara. Namun, penggunaan masker dapat meminimalisir penularan Covid-19. Karena, virus corona dapat menyebar melalui droplets dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir seperti mata, mulut, dan hidung.

Terhindar dari covid-19

Masker juga dapat digunakan ketika seseorang dalam kondisi yang kurang sehat.
Dan yang paling penting, hindari menggunakan satu masker secara berulang-ulang. Sebab, masker dapat mengandung berbagai jenis kuman, bakteri, dan virus setelah dipakai.

Meskipun sekarang, masker bedah sangat langka di pasaran, namun syukurlah ada banyak yang memproduksi masker kain dan menjualnya dengan harga yang masih masuk akal.
Dan masker kain sedikit banyak bisa melindungi kita agar terhindar dari Covid-19.


3. Hindari Sering Menyentuh Wajah


Berdasarkan penelitian,  diketahui bahwa tangan dapat menjadi sumber penyakit sebab sering terjadi kontak dengan benda maupun orang lain. Dan lalu diketahui juga, virus corona disinyalir dapat masuk ke tubuh manusia melalui segitiga wajah, yaitu mata, hidung, dan mulut.

Karenanya, tindakan nyata dengan menghindari menyentuh wajah menggunakan tangan, terlebih saat tangan masih belum dipastikan telah bersih.
Jika terpaksa harus menyentuh wajah,  pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir.

Tindakan ini memang paling sulit, mengingat kegiatan menyentuh wajah itu semacam reflek setiap saat kita lakukan.
Itulah mengapa, pemakaian masker bahkan face shield itu diwajibkan, terlebih saat kita sedang terpaksa beraktifitas di luar rumah.

Dan itu juga mengapa saya lebih merasa aman jika anak-anak stay di rumah saja, karena anak-anak lebih sering menyentuh wajahnya dan biasanya dilakukan secara tidak sengaja.


4. Hindari Interaksi Langsung


Setelah beberapa lama bercokol di bumi dan menjangkiti serta menjadi penyebab banyak kematian manusia, diketahui bahwa ternyata di beberapa orang terjangkiti Covid-19 dengan tanpa menimbulkan gejala apapun.


Karenanya, berinteraksi dengan orang lain, dengan anggapan karena kita sama-sama sehat, tidak menjamin bahwa kita benar-benar sehat.
Bisa jadi kita atau orang lain memang sudah terjangkiti Covid-19 ini, dan menjadi carrier lalu meneruskan penyakit tersebut ke banyak orang.

Karenanya, cara sederhana dan mudah untuk menangkal virus corona adalah, dengan menghindari interaksi secara langsung seperti berpelukan, berjabat tangan, dan lain sebagainya.
Dengan hal tersebut, maka kita bisa mengurangi penyebaran virus corona, atau juga terhindar dari Covid-19.


5. Menghindari Berbagi Barang Pribadi


Sebenarnya, sebelum masuknya Covid-19 ini juga, yang namanya berbagi barang pribadi sudah saya hindari, untuk wanita biasanya adalah make up.
Baik berbagi lipstick, maupun bedak, rasanya kok semacam jijay aja kalau makai lipstick bersamaan, siapa yang menjamin kan teman tersebut sedang tidak sakit.

Terlebih di musim merebaknya Covid-19 yang penyebarannya sedemikian mudah saat ini.
Milik orang lain dapat saja meningkatkan risiko penularan virus corona. Sebab meskipun tidak ada gejala, virus ini dapat menginfeksi tubuh manusia hingga berstatus sebagai silent carrier yang membawa dan menularkan virus corona covid-19 kepada orang lain.

Karenanya, selalu menggunakan barang sendiri, dan hindari untuk meminjamkan barang pada orang lain, agar kita terhindar dari penyebaran Covid-19 yang berbahaya ini.


6. Senantiasa Bersin Atau Batuk Dengan Beretika


Sebenarnya, tanpa adanya penularan virus corona yag mematikan ini, menerapkan  etika ketika bersin dan batuk dengan benar itu penting dilakukan.

Saya paling bete banget, jika ada yang batuk atau bersin, tapi cuek saja di depan orang lain, tanpa ditutupin, atau ditutupin tangan, lalu tangannya seenaknya memegang banyak hal, tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

Sebijaknya, kita batuk dan bersin dengan menggunakan siku tangan bagian dalam atau tisu bersih. Sebab, cairan yang diproduksi pada saat batuk dan bersin tersebut dapat menjadi media penularan virus corona.

Dan jika kita menggunakan tisu, segera buang ke tempat sampah dan cuci tangan menggunakan sabun hingga bersih dan kering kembali.


7. Menerapkan Social Distancing


Menerapkan social ataupun physical distancing adalah salah satu imbauan yang sering dianjurkan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah.
Bahkan akhir-akhir ini, pemerintah semakin ketat menerapkan hal tersebut, dan berkeliling memantau kegiatan yang masih juga dilakukan orang-orang tanpa mengindahkan jaga jarak.


Meskipun sederhana,  menjaga jarak antara satu sama lain dipercaya dapat mengurangi risiko penyebaran virus corona, karena dengan jarak, virus corona akan sulit bisa menulari lainnya.

Bahkan sebelum adanya imbauan jaga jarak, saya sudah menerapkan hal tersebut meski di rumah saja, salah satunya dengan tidak lagi mendekati orang lain yang berkunjung, meski hanya sekadar mengantarkan paket atau semacamnya.

Sayangnya, beberapa ekspedisi masih menerapkan sistem paraf saat pengantaran paket, sehingga mau tidak mau, masih ada kontak yang berdekatan dengan orang asing, dan menggunakan masker, serta rajin mencuci tangan dengan bersih setelahnya adalah hal yang wajib saya lakukan.

Perhatikan selalu jarak fisik dengan orang lain yakni minimal 1 meter. Dan langkah ini dapat kita  terapkan saat berada di tempat umum ataupun saat di luar rumah guna menangkal Covid-19 masuk ke dalam tubuh kita dan menyebabkan masalah yang serius.


8. Memastikan Bahan Makanan Dan Perabot Rumah Bersih


Dengan merebaknya Covid-19 ini, mau tidak mau, kebersihan merupakan hal yang paling utama kita pastikan.
Dengan memastikan semua bahan makanan yang kita beli baik dari pasar atau toko atau tempat lainnya harus bersih, maka peluang kita terhindar dari Covid-19 semakin besar.

Pun juga dengan perabot rumah yang berpotensi menjadi sumber penularan Covid-19, seperti gagang pintu, remote TV dan semacamnya.
Sebisa mungkin kita menyemprotkan dengan cairan disifektan yang direkomendasikan oleh pemerintah atau ahlinya.


9. Meningkatkan Imun Tubuh


Hal terakhir yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari Covid-19 adalah, dengan meningkatkan imun tubuh kita, agar kita tidak mudah terserang penyakit apapun, termasuk yang paling penting adalah Covid-19.

Tak hanya melakukan tindakan pencegahan dari luar jaringan tubuh, kita juga perlu melakukan tindakan pencegahan dari dalam tubuh.
Caranya dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai virus termasuk virus corona covid-19.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin seperti berolahraga, istrahat yang cukup, serta mengonsumsi makanan sehat, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Demikianlah, 9 cara mudah yang bisa kita lakukan agar terhindar dari Covid-19.
Hal-hal sederhana yang sebenarnya harus kita lakukan sejak dulu, namun selalu kita abaikan.

Dengan adanya Covid-19 ini, secara tidak langsung juga mengedukasi masyarakat, tentang pentingnya etika dan kebiasaan hidup sehat dan bersih.

Kalau temans, cara mudah apa lagi yang dilakukan agar terhindar dari Covid-19?
Share yuk.


Sidoarjo, 23 April 2020

Reyne Raea untuk #BPNRamadan2020 Day 4

Sumber : 

  • Pengalaman pribadi
  • https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/26/195000165/simak-ini-10-cara-pencegahan-agar-terhindar-dari-virus-corona  diakses April 2020
Gambar : Canva edit by Rey

8 comments:

  1. Aku sudah mulai terbiasa cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir. Nah, kalau berbagi dan pinjam produk make up itu masih aku lakukan dengan adik sepupu. Baca postingan ini jadi pengingat untuk diriku sendiri untuk tidak meminjamkan produk make up ataupun pinjam produk make up. Terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, untuk sementara jangan dulu deh, kita kan nggak tahu orang itu tertular atau enggak :)

      Delete
  2. Kalo si adek mah gak suka pake masker mba, jadi kalo pas lagi suntuk diajak jalan2 naek motor, dia maskernya pake topeng ultraman dari plastik mba, anti droplet banget ituh 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakaka, ya ampun iya yaaa... semuka-mukaaa :D

      Delete
  3. Kalau aku pun melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan Mbak Rey. Cuma yang susah itu nahan diri buat ngupil. Entah kenapa lubang hidung ini sangat menggoda untuk dimasukin jari. Hehehe. Jadinya harus pintar-pintar menjaga tangan selalu bersih supaya aman kalau sewaktu-waktu pengen ngupil.

    Sebenarnya apa yang harus dilakukan saat ini adalah suatu kebiasaan yang baik. Seperti sering cuci tangan, jaga kebersihan lingkungan, jaga kebersihan badan, melakukan etika bersin dan batuk, dan lain sebagainya. Semoga kebiasaan-kebiasaan baik ini tetap bisa dipertahankan walaupun masa pandemi berakhir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahaha, bisaaa aja dirimu Roem, tahan dulu ngupilnya :D

      Delete
  4. Dari tips and tricks di atas, buat saya yang paling susah itu menghindari untuk nggak memegang wajah :)) entah kenapa saya selalu gatal bawaannya, ingin pegang-pegang wajah saya hahahaha. Paling sering saya meletakkan tangan di pipi saat harus baca documents pekerjaan, baca blog teman-teman, baca journal dan lain sebagainya :"""D

    Terus selain sering meletakan tangan di pipi, saya juga sering pegang alis saya. Nggak deh, berasa gatal saja itu alis jadi minta digaruk terus-terusan mba :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau saya pas ada jerawat sih, jadi gatal pengen pegang mulu hahaha

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)