Tuesday, April 28, 2020

Ramadan Seru Bersama Keluarga Di Rumah Di Tengah Wabah Virus Corona

ramadan di tengah virus corona

Sharing By Rey - Marhaban ya Ramadhan!
Alhamdulillah ya, akhirnya kita sudah sampai di hari ke-5 puasa.

Masha Allah.
Rasanya nggak percaya, tahun ini kita harus melewati bulan penuh berkah ini dalam masa yang berbeda.


Banyak yang berbeda dari ramadan kali ini, khususnya untuk si kakak, anak sulung saya.
Karena setiap bulan ramadan, biasanya dia sangat antusias menanti sholat Magrib dan buka bersama di masjid.

Lalu setelahnya dia kembali untuk makan di rumah, dan balik lagi ke masjid untuk sholat tarawih secara berjamaah.
Kali ini, si kakak terpaksa cukup bahagia dengan menikmati ramadan di rumah saja, bersama saya dan si adik, karena papinya jarang di rumah.

Rasanya, sudah sering banget si kakak bertanya, kapan kah virus corona ini berlalu, kapan dia bisa sholat di masjid lagi?
Kapan dia bisa main sore ngabuburit bersama teman-temannya?

Dan saya hanya bisa menjawab bahwa kita hanya bisa berdoa dan berusaha melakukan hal-hal yang bisa memutus rantai penyebaran virus corona tersebut.
Dan kebetulan, saat bulan penuh berkah ini, kita bisa lebih mendalam doanya, agar Allah kabulkan virus ini segera berlalu, aamiin.

Tak mau berlarut-larut membuat si kakak jadi sedih, dan lupa hakikatnya puasa itu sendiri, sayapun mencari cara, agar kami bisa tetap melewati ramadan yang seru bersama di rumah, meski dalam suasana pandemi karena wabah virus corona ini.

Dan beberapa hal yang saya lakukan adalah,


Menyusun kegiatan seru selama ramadan 


Si kakak memang masih learn from home, akan tetapi memang pelajaran sekolahnya tidak sebanyak sekolah lainnya (mungkin).
Setiap harinya, si kakak hanya menghabiskan 1 jam atau 1,5 jam maksimal, untuk mengerjakan tugas dari sekolah.

ramadan di tengah pandemi covid-19

Setelah itu, dia bingung mau ngapain.
Terlebih saya memang tetap membatasi jam nonton TV dan main gadget.

Agar tidak bosan, saya mengajaknya untuk menyusun kegiatan-kegiatan seru yang bisa kami lakukan selama bulan ramadan ini.

Mulai dari menu sahur dan buka puasa, permainan atau kreasi ringan yang akan kami lakukan, target mengaji baik saya maupun si Kakak, hingga jadwal tidur dan bangunnya, mengingat semenjak masa pandemi Covid-19 ini memang si kakak rada terganggu jam tidurnya.

Semua kegiatan tersebut, kami tulis dan ditempel di dinding agar mudah dilihat.
Dan Alhamdulillah si kakak demikian antusias dengan kegiatan yang kami rencanakan dan susun bersama.


Melakukan ibadah berjamaah


Sewaktu si kakak menanyakan tentang sholat tarawih, saya iseng aja ngomong, kalau kita sholat jamaah aja di rumah, dan si kakak yang jadi imamnya.


Siapa sangka?
Si kakak malah antusias, dan mulai menumpulkan hafalan surat pendeknya untuk persiapan jadi imam, bikin maminya terharu aja, huhuhu.

Dan begitulah, kami akhirnya tarawih berjamaah di rumah, meski cuman saya dan si kakak, bersama si adik yang banyakan kelilingnya, lalu nungging di depan kami yang sedang sholat dengan khusuknya, lol.

Bukan hanya sholat tarawih berjamaah, kami juga mengaji bareng.
Dan suprised-nya, awalnya saya pikir si kakak bakalan kesal, karena saya ngajarin ngajinya diulang melulu. Eh ternyata si kakak malah senang banget karena saya mau membantunya membenarkan pelafalan kajiannya.


Menyiapkan menu sahur dan buka puasa bersama  


Hal yang paling bikin kakak excited lagi selama ramadan ini adalah, saat tiba waktu menyiapkan menu sahur maupun buka puasa.


Terlebih kami sebelumnya sudah menyiapkan rencana menunya, yang mana meskipun sederhana, tentu saja saya harus bisa menyesuaikan menu-menu yang sehat untuk meningkatkan imun kami selama puasa di tengah wabah virus corona ini.

Saya biasanya baca banyak artikel yang terpercaya mengenai makanan sehat, khususnya yang harus dikonsumsi atau dihindari selama ramadan ini di aplikasi Halodoc.

halodoc virus corona

Artikel-artikel dari aplikasi Halodoc tersebut, berasal dari para dokter yang sudah berpengalaman di bidangnya. Jadi nggak was-was lagi mengenai kebenarannya.
Juga lebih beragam, dari jenis makanan atau alternatifnya yang sebaiknya di konsumsi selama ramadan khususnya saat sahur, hingga makanan yang sebaiknya dihindari.

Jika masih belum puas, kita bisa menanyakan langsung melalui fitur chat yang ada di aplikasi Halodoc tersebut, ada banyak pilihan dokter, lengkap dengan pengalamannya.

virus corona di halodoc

Dari aplikasi Halodoc, saya jadi bisa tahu makanan dan minuman apa yang akan kami siapkan bersama saat sahur maupun buka puasa.
Dan si kakak lebih excited setelah karena saya juga menceritakan betapa makanan dan minuman tersebut sehat untuk kami konsumsi, karena maminya udah baca di aplikasi Halodoc.


Demikianlah.
Menjalani ramadan di tengah wabah virus corona, bukan berarti tidak bisa dijalani dengan kegiatan seru bersama.

Karena ada banyak hal yang bisa kita lakukan, dalam menjalani ramadan seru bersama keluarga di rumah, di tengah wabah virus corona ini.

Dan apapun itu, kebersamaannyalah yang menjadi ciri khas keseruan ramadan kami kali ini.
Kalau temans, punya kegiatan seru apa nih saat Ramadan di tengah wabah virus corona ini?
Share yuk :)


Sidoarjo, 28 April 2020

Reyne Raea untuk #BPNRamadan2020 Day 9

Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey & Aplikasi Halodoc

92 comments:

  1. Ada aja ya cara buat bikin ramadhan tetep asyik tanpa keluar rumah. Beruntung banget juga, si kakak nggak kehilangan excitement-nya buat mengaji ya Mbak, beda sama yang di rumah. Mungkin faktor gurunya (baca: papanya) yang kurang cerdas bikin ngaji jadi asyik 😁

    Selamat menunaikan ibadah puasa mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, anak saya juga aslinya malas kok Mas, cuman memang saya temanin, baru dia semangat :D
      Trus kan memang tetep ada ngaji dari sekolahnya tiap hari :D

      Delete
  2. Aku sepertinya tidak pernah bikin jadwal, apakah mau lakukan kegiatan ini atau itu, biasanya jalan saja sendirinya.

    Tapi memang agak beda bulan Ramadhan tahun ini, anak saya yang biasa tarawih di masjid juga nanya, kok cuma tiga hari doang ke masjid nya? Kenapa sekarang ngga?

    Soalnya awal puasa kelihatannya masih aman, tapi kemarin di kecamatan sebelah sudah ada 4 orang positif Corona dan malah dua sudah meninggal. Belum lagi yang ODP.😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh, mending di rumah aja dulu tuh Mas, serem juga :(

      Delete
  3. Salam Ramadhan dan selamat berpuasa. Ya, ramadhan kali ni sangat berbeza dan hikmahnya kita dapat berkumpul di rumah menunaikan ibadah puasa, berterawih dan berbuka bersama² keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, biasanya hampir tiap hari repot mikirin berbuka di luar :)

      Delete
  4. Kalau saya paling gak bisa kalaunharus dirumah terus,,,apalagi saat puasa,,,laparnya dan hausnya sangat terasa wkwkw,,,tapi mau bagaimana lagi,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah bukannya enakan di rumah? nggak panas kayak di luar? hihihi

      Delete
  5. Aplikasi halodoc sangat membantu sekali ya bun...

    Mudah dan cepat

    ReplyDelete
  6. Ikut senang membaca cerita kebahagiaan keluarga kak Rey menjalani masa ibadah puasa.

    ReplyDelete
  7. Bikin malas kerja kalau anak2 dirumah semua..membahagiakan kalau lagi makan bersama

    ReplyDelete
  8. Bulan Ramadhan kali ini memang terasa sepi dan berbeda dari biasanya. Aku pun banyak belajar membuat makanan dan minuman yang sehat untuk keluargaku di bulan Ramadhan ini.

    ReplyDelete
  9. wah baru tau kalau aplikasi halodoc bis lengkap gitu ya mba fiturnya.. keren juga

    ReplyDelete
  10. Wahahahaha ramadhan di rumah, dibikin seru aja ya mba :D

    semua berkat halodoc neh, jadi kalau ada apa, tinggal chat chat dan konsultasi sama dokter terpeercaya

    ReplyDelete
  11. ngebayangi si kakak hepi banget bikin jadwal menu, serunyaaa
    puasa bawaaanya jadi hepii
    aku pakai halodoc tapi belum utek utek fitur lainnya, selain fitur chat sama dokter hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya Mba, dia mah kalau diajak berkegiatan bareng paling semangat :)

      Delete
  12. Yang penting tetap Kreatif ya Mbak, agar anak2 ga bosan dan yang utama tetal jaga kesehatan plus akses info kesehatan yang terpercaya seperti halodoc ini.

    ReplyDelete
  13. Kegiatan seru kami bikin makanan buat bukaan kak Rey. Si sulung senang-senang saja membantu di dapur. Kali ini memang harus puas di rumah terus. Mudah-mudahan segera berlalu masa pandemi oii ya kak rey

    ReplyDelete
  14. Ramadhan di rumah selalu seru bagi kami sekeluarga mbak, cerita banyak hal, nonton bareng, bahkan beli-beli permainan yang bisa dilakukan berempat 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, permainan menarik, kayak ular tangga, monopoli qiqiqiqi

      Delete
  15. Saya jadi harus ngapalinagi surat2 pendek alquran supaya ga malu saat berjamaah huhu

    ReplyDelete
  16. Wow aplikasi halo doc ini komplit ya, Mbak. Bahkan sampai artikel menu sahur yang sehat pun ada di sana. Semoga puasanya lancar dan anak-anak tetap semangat beraktivitas di rumah.

    ReplyDelete
  17. Si kakak manis bangettt mba, mau belajar surat-surat pendek untuk jadi imam, dan mau belajar mengaji serta nggak kesal meski diulang-ulang :D such a sweet boy. Hihihi.

    Saya juga lately suka banget memikirkan soal menu makanan meski belum sampai tahap buat jadwal karena takut nanti berubah pikiran di tengah jalan dan jadwalnya jadi berantakan, mba :)) tapi saya tetap suka browsing soal menu makanan especially yang sehat-sehat, entah kenapa sekarang senang saja baca info soal makanan sehat dan lain sebagainya :D

    Dan setuju sama mba, aplikasi Halodoc ini sangat membantu sekali, setiap di Indonesia dan butuh obat mendadak, saya nggak perlu pusing cari obat atau merasa takut ke apotek A atau B nggak ada stocknya, jadi pasti beli lewat Halodoc karena aplikasi Halodoc ini tau apotek mana yang punya stock obat yang saya butuhkan :D mana bayarnya bisa pakai Go-pay pula ehehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, mungkin karena sahabat terdekat pertama si kakak adalah saya, dan dia masih jarang punya teman akrab lainnya, jadi apapun kegiatan yang dilakukan dengan saya, dia pasti semangat :)

      Betul banget, membantu banget, bisa online saja dengan aplikasi halodoc :)

      Delete
  18. Memang puasa tahun ini rada beda yah, sama seperti kakak nih, anak2ku juga mulai bosan di rumah terus. Mamanya harus pintar2 mengatur kegiatan biar gak jenuh.

    Aplikasi Halodoc lengkap banget informasinya yah, harus mampir nih

    ReplyDelete
  19. Duh sedih banget baca kakak yang ngga bisa seceria biasa
    Akhir akhir ini saya juga buka hallodoc aja, karena lengkap

    ReplyDelete
  20. Kalau kita telaah lebih jauh dimana pandemi corona ini ternyata banyak juga hal positif yang bisa kita petik ya mba, salah satunya kebersamaan bersama keluarga menjadi lebih intens, terutama bonding antara Ibu dan anak menjadi lebih dekat dengan melakukan kegiatan bersama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, kalau nggak ada virus ini, kita masih sibuk sendiri-sendiri :D

      Delete
  21. Hebat si kakak, sudah bisa jadi imam sholat buat maminya.
    Seneng banget ya mbak pastinya, anak-anak tetap semangat menjalani ramadhan walau di rumah aja

    ReplyDelete
  22. Setuju banget. Kita nggak cuma hatrus berdoa supaya pandemi cepat berlalu. Tapi juga mesti berusaha semaksimal mungkin, Salah satunya lupain dulu ngabuburit. Sedih nih, lihat masih aja banyak yang ngeyel ngabuburit :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya Mba, anak saya dulu sering ngabuburit di masjid, kalau mamaknya mah dari dulu nggak kenal ngabuburit, orang menjelang buka itu hectic banget :D

      Delete
  23. Alhamdulillah si Kakak enggak kesal ya ketika bacaannya diminta mengulang.
    Semoga pandemi lekas berlalu asalkan masyarakat mau nurut dengan anjuran pemerintah. Tapi banyak yang nggak pakai masker ketika di luar rumah.

    Aku malah kalo buka Halodoc itu belum pernah lihat artikel masakan, seringnya baca artikel kesehatan sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi soalnya saya temanin Mba, kalau sendirian pasti dia esmosi :D

      Delete
  24. wah si kaka pintar sekali mba, mau menjadi imam. Semoga kelak jadi calon imam yang sholeh yaaa. Semangat terus yaa mba walau dirumah aja

    ReplyDelete
  25. So far, masih sama saja jadwalnya ya, masih temenin kakak belajar, lakuin tugas rumah juga kerjaan. Di bulan puasa gini, ketambahan bikin variasi menu untuk berbuka puasa. Ini menantang banget :D eh ketambahan juga nonton drakor biar nggak bosan. Hehehe

    Aplikasi Halodoc ini bermanfaat banget ya mbak. Saya suka membaca artikel kesehatan di halodoc. Ada juga konsultasi dokter gratis juga beli vitamin bisa via aplikasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi drakor menggoda banget tuh, cuman saya jarang bisa sih, lebih milih nulis di blog hahaha

      Delete
  26. untungnya di saat seperti ini, teknologi kita sudah sedemikian canggihnya ya mbak, jadi walau di rumah aja masih bisa konsultasi lewat aplikasi, bahkan bisa beli obat secara online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, membantu banget di masa kayak sekarang ini :)

      Delete
  27. Selama masa pandemi ini pastinya makin meningkatkan kebersamaan dengan keluarga juga yah. Biasanya masing-masing sibuk dan jarang beribadah bareng dan sekarang jadi bisa berbarengan. Membaca artikel menu sehat menambah semangat menjalani puasa nih,menarik banget aplikasi Halodoc nya yang banyak memberikan informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mba, coba kalau enggak ada corona, pasti udah sibuk sendiri-sendiri :)

      Delete
  28. Ada banyak kegiatan seru dan positif yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah ya. Kalau aku seringnya menyiapkan maakanan bersama anak, beres2 rumah dan tentunya beribadah bersama.
    Btw aku sering pakai Halodoc buat beli obat dan vitamin, tapi belum pernah baca2 artikel di situ. Barusan aku baca2, banyak informasi menarik juga ya di situ, nggak cuma seputar kesehatan, kecantikan dll juga ada ternyata.

    ReplyDelete
  29. MasyaAllah pinternya si kakak. Semoga kita sehat selalu ya mbak. Anak-anak sehat dan kita juga sehat.

    ReplyDelete
  30. Makasih loh kak sarannya untuk menyusun kegiatan seru selama ramadhan, meskipun ramadhan kali ini ditengah pandemi tapi Alhamdulillah semoga segala bentuk keimanan dan kegiatan kita yang lebih baik tak berkurang dari sebelumnya

    ReplyDelete
  31. Ada hikmahnya juga ya virus ini. Jadi semakin dekat dengan keluarga. Apalagi di Ramadhan, terasa banget.

    ReplyDelete
  32. Kakak hebat, sudah bisa jadi imam shalatnya Mami :)
    Halodoc ini lengkap ya Kak, sampai bahas tentang makanan sehat segala pun juga ada ya, keren deh.
    semoga virus Corona ini segera pergi yaaa, Aamii.

    ReplyDelete
  33. Aku bilang aplikasi ini keren ya
    Selain layanan kesehatan medis, juga ada layanan edukasi, jadi tahu makanan apa saja yang cocok untuk berbuka atau pas saat makan sahur.

    ReplyDelete
  34. Kegiatannya serunya hampir mirip sih mbak dengan kegiatan di rumah. Anak saya di rumah jadi pada pinter masak, alhamdulilah karena saya ga melarang mereka ke dapur, capek sendiri kalau ngelarang larang hihi biar mereka aja yang eksekusi kebetulan anakku kan ada yang udah gede, jadi terkontrol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masha Allah, anak-anak malah senang ya kalau diberi kepercayaan :)

      Delete
  35. Bagaimanapun ada penuh syukur yang kita terima dari Allah ya mba walaupun kondisi seperti skerang ini ya mbaa

    ReplyDelete
  36. Aplikasi Halodoc selain membantu kita dalam memelihara kesehatan juga kita bisa dapat pengetahuan tentang makanan yang cocok dikonsumsi selama Ramadhan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, jadi lebih ngeh tentang puasa yang sehat :)

      Delete
  37. Banyak kegiatan seru ya yang bisa dilakukan bersama anak-anak di rumah selama masa pandemi wabah corona ini, semoga kita semua disehatkan dan penting banget selalu mengakses aplikasi kesehatan halodoc

    ReplyDelete
  38. Selalu ada cara untuk mengisi Ramadhan walau di rumah saja. Terutama mendampingi buah hati agar tetap Istiqomah berpuasa. Dan MasyaAllah kakak rajin banget, nurut bundanya. Semoga kelak menjadi anak yang dibanggakan orang tua ya. Dan semoga pandemi ini segera berakhir dan aktivitas pun kembali berjalan normal. Amin.

    ReplyDelete
  39. Senangnya bisa mendampingi anak-anak selalu.
    Dan semoga hapalan kaka semakin banyak dan bisa jadi imam untuk ummat kelak.
    ***terharu juga bacanya...mashaAllah~

    ReplyDelete
  40. Di Halodoc ada juga menu dan tips makanan sehat ya? Wah menarik nih bisa jadi menu pilihan untuk berbuka dan sahur.

    ReplyDelete
  41. Setelah lama ngga bukaa laman itu, aku baru tau ada banyak informasi terkait makanan dan minuman yang baik untuk berbuka puasaaa juga mbaaa

    ReplyDelete
  42. Semenjak Ramadhan dan masa pandemi, semua terasa lebih akrab ya mbak. Di rumah aja dan banyak melakukan pekerjaan bersama-sana ya mbak. Aku juga senang nih buka aplikasi ini.

    ReplyDelete
  43. Wah informasi nya lengkap nih. Ternyata ada juga ttg info makanan dan minuman ya

    ReplyDelete
  44. Anakku udah pada gede-gede, paling seneng kalau diajakin masak bareng. Menentukan hari itu mau masak apa gitu. Ya walaupun kadang-kadang akhirnya emaknya juga yang mengerjakan semuanya sendirian hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaa, kalau anak saya paling senang ngerecokin Mba, saya yang kadang sebel karena nggak kelar-kelar :D

      Delete
  45. Kakak hebat langsung hafalim surat2 pendek yah demi jadi Imam solat tarawih masyaAlloh semoga semangat terus kakak kerennnn..

    ReplyDelete
  46. Slama ini pake halodoc kalo pgn pesen obat aja :p. Ga prnh terlalu eksplor features nya ada apa aja :).

    Aku malah bingung sndiri krn anak2ku sampe skr blm ada yg bilang bosen di rumah. Nth Krn mereka sama2 tipe introvert kayak emaknya, ato memang Krn kegiatan di rumah udh banyak yg bikin mereka ga bosen :p.

    Tp aku bersyukur jadinya, Krn jd ga rewel. Walopun kdg si adek yg suka nanya, kapan traveling lg, cuma ttp ga bilang kalo di rumah udh bosen :D.

    Hebaaaat si kakak, semangat ngapalin surat pendek ;). Fylly msh suka males2an kalo bukan yg nyuruh ustadnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya ya Mba, kebanyakan orang-orang pake halodoc buat pesan obat loh.
      Saya malah banyakan liat artikelnya, dibaca-baca lumayan buat ide nulis juga hahaha

      Si kakak hafalinnya pas mau jadi imam aja kok Mba qiqiqiqiq

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Assalamu'alaikum :)

Selamat datang di blog personal Reyne Raea