Manfaat Siwak Dalam Mencegah Gigi Berlubang

manfaat siwak

Sharing By Rey - Manfaat siwak dalam mencegah gigi berlubang sangatlah berperan penting, karena siwak mengandung banyak bahan alami yang diyakini mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Di antaranya, alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride, juga mengandung bahan alami lain, seperti vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin.



Karenanya, tidak heran jika tradisi bersiwak atau membersihkan gigi dengan siwak, masih cukup populer digunakan banyak orang di negara Timur Tengah dan beberapa negara Afrika.


Ramadan, Social Distancing Dan Gigi Berlubang


Momen ramadan dan lebaran kali ini memang berbeda jauh dari yang pernah ada, setidaknya yang pernah saya alami sepanjang hidup.

Adanya pandemi covid-19 dan adanya himbauan social distancing, membuat semua orang hanya bisa menjalani ramadan di rumah saja.

Meskipun demikian, hal tersebut justru menambah peluang gigi berlubang, dikarenakan banyak yang bosan, lalu jadi mager (malas gerak), plus gemar makan makanan manis dan santan.

cara mencegah gigi berlubang pada anak

Akibatnya, risiko sakit gigi karena gigi berlubang jadi semakin besar.
Sudah banyak makan makanan manis, mager dan malas menggosok gigi pula.
Komplit sudah, hahaha. 


Sakit Gigi Karena Gigi Berlubang


Sakit gigi itu nggak lebih baik dari sakit hati, believe me!
Kalau ada lagu yang bilang lebih baik sakit gigi ketimbang sakit hati, kayaknya tuh orang memang punya gigi yang sehat deh.

Karena dia belom tahu aja rasanya sakit gigi, yang mana mau jungkir balikpun sakitnya nggak berkurang hahaha.

Meskipun sebenarnya semua orang pasti pernah merasakan sakit gigi, namun tidak semuanya pernah merasakan sakit gigi karena gigi berlubang.

Dan saya adalah salah satu orang yang pernah merasakan sakitnya gigi yang teramat sangat.
That's why semenjak punya anak, sejak si kecil mendapatkan gigi pertamanya, saya sudah heboh banget merawat gigi susunya tersebut.

Alhamdulillah, gigi susu si kecil sehat sampai semuanya berganti gigi permanen, meskipun akhirnya tetap saja ada drama tentang gigi, karena si kakak jatuh dan giginya tanggal, huhuhu.

Tapi setidaknya, Alhamdulillah anak-anak tidak merasakan bagaimana menyiksanya sakit gigi karena gigi berlubang.
Yang mana sering saya saksikan, keponakan saya sakit gigi dan nangis sepanjang malam karena sakit giginya yang berlubang nggak kunjung reda, even sudah mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Sakit gigi memang semenyedihkan itu, terutama jika memang sudah menyerang syaraf gigi yang berlubang, bahkan obat pereda nyeri kadang nggak manjur saking sakitnya.


Penyebab Gigi Berlubang


Secara umum, penyebab gigi berlubang adalah dikarenakan oleh plak atau zat yang lengket di mulut akibat adanya tumpukan kuman atau bakteri yang mengubah makanan menjadi asam.

Hal tersebut, jika dibiarkan, akan merusak enamel perlindungan gigi hingga membuat gigi berlubang.
Ada beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan gigi berlubang, yaitu:


1. Berlebihan makan makanan manis


Makanan manis memang menarik selera, terutama dalam bentuk camilan seperti permen dan cokelat.

penyebab gigi berlubang

Jangankan anak kecil, orang dewasa pun doyan dengan makanan manis seperti itu, kayak saya sih, hahaha.
Entah mengapa cokelat dan permen itu tak pernah lekang lezatnya ditelan usia.

Sayangnya, makanan manis merupakan santapan lezat bagi para bakteri di dalam mulut, terutama jika setelah mengkonsumsi makanan manis dan kita malas langsung membersihkan mulut dan gigi.


2. Penggunaan obat-obatan, suplemen atau produk herbal mengandung gula dalam jangka panjang


Sama seperti makan makanan manis, penggunaan obat-obatan atau suplemen maupun produk herbal yang mengandung gula dan dalam waktu jangka panjang, bisa menjadi penyebab gigi berlubang.


3. Malas menggosok gigi


Membiasakan rajin gosok gigi sejak kecil memang amat sangat penting, karena akan membuat anak tumbuh dan terbiasa rajin menggosok gigi, setidaknya 2 kali dalam sehari.

Jika tidak terbiasa, godaan malas menggosok gigi amat sangat merugikan kesehatan gigi.
Terlebih di malam hari, beberapa orang dewasa bahkan memilih skip gosok gigi saat sudah mager dan ngantuk.

Padahal, malas gosok gigi adalah penyebab utama gigi berlubang.


4. Tidak membersihkan gigi dengan benar


Menggosok gigi saja kadang tidak menjamin gigi bisa bebas dari gigi berlubang, terlebih jika struktur gigi dan mulut rapat dan sikat gigi tidak bisa menjangkau ke sela-sela tertentu.

Jika ada sisa makanan di sela-sela tersebut, maka akan menjadi penyebab gigi berlubang.
Tidak heran beberapa orang mengalami gigi berlubang dari bagian samping gigi.

Karenanya, jika diperlukan, membersihkan gigi dengan benang khusus gigi sangat dianjurkan.


5. Tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride 


Fluoride adalah jenis mineral mikro yang terdapat pada gigi dan tulang. 
Mineral ini juga ditemukan di alam seperti di tanah, air, tumbuhan, bebatuan, bahkan udara.

sasha pencegah gigi berlubang

Fluoride dikenal sebagai kandungan yang digunakan dalam kesehatan gigi. Di mana mineral ini dapat membantu menguatkan enamel, yang merupakan lapisan paling luar dari gigi kita. 

Karenanya, menggunakan pasta gigi dengan fluoride sangat penting, khususnya dalam mencegah gigi berlubang.
Dan siwak adalah salah satu bahan yang mengandung fluoride.


Sasha Pencegah Gigi Berlubang Pasta Gigi Keluarga Muslim


Mengingat manfaat siwak dalam mencegah gigi berlubang, sudah pasti akan lebih baik jika kita memilih pasta gigi yang mengandung siwak.

Pasta gigi sasha pencegah gigi berlubang

Dan bukan hanya itu, sebagai muslim akan jauh lebih bijak jika kita memilih produk yang halal, terlebih untuk produk yang masuk ke dalam mulut, meski tidak di konsumsi.

Karenanya saat mengetahui ada pasta gigi baru Sasha pencegah gigi berlubang, pasta gigi keluarga muslim yang mengandung siwak asli, flouride dan kalsium, memiliki sertifikat halal, tidak mengandung alkohol serta bahan dari hewani, seketika saya tertarik untuk mencobanya. 

Bukan hanya itu, pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang ini mengandung siwak, di mana siwak adalah salah satu bahan dari produk syariah.

Apa itu produk syariah?

Produk syariah adalah, produk yang tidak mengandung bahan-bahan yang haram menurut syariat, bersih dan suci.

Sebagai seorang muslim, menggunakan produk syariah, bisa meningkatkan ketaqwaan, karena nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk selalu menggunakan sesuatu yang halal dan menghindari sesuatu yang belum jelas kehalalannya.

Kelebihan lain menggunakan Sasha pencegah gigi berlubang adalah karena siwak yang terkandung di dalamnya resin, flouride alami, klorida dan kalsium.
Yang mana keempat zat ini berfungsi menjaga kekuatan akar gigi, mencegah karies, dan mencegah gigi berlubang, serta memperkuat enamel atau permukaan gigi secara berkelanjutan.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, bukanlah hal yang berlebihan jika Sasha pencegah gigi berlubang ini menjadi idola kami sekeluarga sebagai pasta gigi berlubang.

Lalu bagaimana kesan saya dan keluarga setelah beberapa waktu memakai pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang?

Alhamdulillah memuaskan, mulut terasa lebih segar, Jadi nggak was-was lagi dengan gigi berlubang, serta hati tenang memakainya, karena insha Allah halal.

pasta gigi sasha pencegah gigi berlubang

Pasta gigi ini juga dijual dengan harga terjangkau.
Harga pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang untuk kemasan tube (150 gram) adalah Rp. 10,500 dan untuk kemasan tube (65 gram) adalah Rp. 4,500.

Alhamdulillah, sekarang kami sekeluarga jadi lebih tenang dengan memakai pasta gigi siwak dari Sasha pencegah gigi berlubang ini.
Karena Sasha pencegah gigi berlubang adalah pilihan keluarga muslim untuk semua angggota keluarga dan dapat digunakan setiap harinya.

Kalau temans, ada yang sudah pakai pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang?
Share yuk :)


Sidoarjo, 5 Juni 2020

Sumber : 
  • https://www.alodokter.com/mengenal-siwak-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-gigi-dan-mulut diakses Mei 2020
  • https://www.suara.com/health/2019/08/24/180000/ini-9-penyebab-gigi-berlubang-yang-sering-dianggap-remeh diakses Mei 2020
  • Pengalaman pribadi
Gambar : dokumen pribadi dan Canva edit by Rey

104 komentar :

  1. Pingin beli deh Sasha ini kl odol yang sekarang udah abis, hehe... eh sebelum abis jg udah bs beli ya buat stok. Bermanfaat banget nih utk mencegah gigi berlubang. Tfs Mbak Rey

    BalasHapus
  2. Gak apa sebenarnya makan coklat, yang penting setelah itu sikat gigi. Apalagi udah sedia pasta gigi Sasha ya, ada kandungan untuk mencegah gigi berlubang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya Mba, yang penting jangan ada sisa cokelat menempel atau sisa makanan lainnya :)

      Hapus
  3. Harga Sasha ini pas banget di kantong kak Rey. Tapi manfaatnya gak sekecil kantong saya.. buanyak banget ya.. makanya kami juga pake.

    BalasHapus
  4. jadi ingat beberapa hari ini anakku sakit gigi.mana dokter gigi lagi langka karena pandemi kan. kalau anakku kasusnya selain berlubang , ya itu doyan makan manis tp malas2an sikat gigi hadeh haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener, banyak orang memilih membatasi praktik daripada ketularan virus :D

      Hapus
  5. Saya belum pakai Sasha karena gigi saya cenderung sensitif. Sensitivitas gigi saya menyebabkan saya cenderung cari odol yang banyak mengandung gliserin dan xylitol ketimbang mencari fluoride, jadi minimalitas fluoride belum jadi masalah bagi saya.

    BalasHapus
  6. Harganya yang sangat terjangkau dan mudah didapatkan di minimarket terdekat bikin saya menjadikan Sasha ini stok juga di rumah. Belum lama sih, tapi masih versi lama. Yg warna hijau.
    Selama ini Keluarga pakai siwak yg terbuat dari akar. Senang ya kalau ada yg sudah dalam pasta gigi begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, ada di mana-mana nih, jadinya mudah didapatkan :)

      Hapus
  7. Aku juga pernah pake mba pasta gigi siwak kaya gini. Mulut beneran ngerasa bersih banget. Dan harganya juga ramah di kantong ya. Yang pasti aman juga produknya.
    Btw aku sudah follow mba. Follow back ya 😊 biar makin akrab hehe

    BalasHapus
  8. Siwak dipakai nabi, jd kalau pakai siwak sunnah. Cuma kan susah n gabiasa kl pake kayu siwak. Jadi untung ada pastagiginya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, zaman now udah bisa pakai kandungannya aja :D

      Hapus
  9. Saya juga suka pasta gigi yang mengandung siwak. Namun inti dari semuanya kita sendiri juga harus mengetahui kekuatan serta kekurangan pada gigi kita.😊


    Dan saya bersyukur dari kecil hingga sekarang hampir jarang yang namanya ngalamin sakit gigi. Jadi ingat sewaktu puasa kemarin buka puasa diluaran saya pesan sate kambing dan ternyata agak keras dagingnya. Tetapi tetap saya makan dengan santai. Berbeda dengan teman saya yang pada bingung, Dan berkata gigi luh kuat amat nggak takut ngilu...😊😊

    Jadi yaa menggosok gigi juga ada aturannya kelebihan juga nggak baik, Kekurangan apa lagi.😊😊


    Menarik juga Pasta Gigi Merk Shasha ini jadi pengin beli kalau mengandung siwak. Apalagi kalau ada yang kasih gratis.🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha, yang geratis itu asyik :D
      Btw ada loh yang kayak gitu, memang struktur gigi dan kekuatan giginya bagus.

      Ada juga, yang bahkan sejak kecil udah mati-matian menjaga kesehatan gigi, tetep aja giginya rusak :D

      Hapus
  10. Saya tuh baru ngeh kalau pasta gigi bisa punya kandungan non-halal saat ada berita salah satu merk pasta gigi ternyata enggak halal. Berhati-hati dalam mengonsumsi dan menggunakan produk itu memang penting banget ya buat muslim. Senang deh akhirnya ada merek pasta gigi yang memang sudah terjamin halal.

    BalasHapus
  11. Gigi berlubang memang jadi masalah saya dan anak juga. Bahkan saya sempat harus ke bedah mulut buat cabut gigi geraham belakang yang tumbuhnya menyamping dan menembus gusi. Duh, rasanya enggak enak banget. Bagus juga ada Sasha dengan kandungan siwak buat cegah gigi berlubang. Rasanya saya perlu stok ini di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuhh, iya ya, banyak tuh yang gigi bungsu kudu di operasi huhuhu

      Hapus
  12. Aku dan keluarga juga menggunakan sasha pencegah gigi berlubang lho mba. Jadi tenang karena selain halal, dia juga non alkohol

    BalasHapus
  13. Sejak masih Sasha dalam versi lama, yg warna hijau itu, saya dan keluarga juga sudah menggunakannya. Apalagi ini ada mengandung siwak, pasti akan ada banyak yang menggunakan ya

    BalasHapus
  14. Wah bagus nih buat anak-anak terutama yang senang makan yang manis2 mudah sekali giginya bolong. Aku belum pernah mencoba varian baru ini..

    BalasHapus
  15. Aku sudah mencoba dan sangat senang dengan produk baru dari Sasha Ini apa lagi kemasannya merah putih banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya Mba, kemasannya segar kayak bendera Indonesia :D

      Hapus
  16. Sakit gigi itu mengerikan. Aku pernah sakit gigi dan merasakan nyeri mulai dari leher, mulut, hidung, mata, belakang telinga, mau nangis tapi nangis pun sakit juga. Belum lagi badan lemes karena kurang makan. Iyalah, kan nggak bisa ngunyah.

    Makanya penting banget memelihara kesehatan gigi dan memilih pasta gigi yang tepat, terutama dari sisi kehalalan, seperti Sasha ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya sakit gigi itu syarafnya dekat otak kali ya, rasanya kok sakiiiittt banget!

      Hapus
  17. manfaat siwak luar biasa ternyata apalagi praktis udah ada sasha dan kayaknya akupun harus cobain sendiri

    BalasHapus
  18. apalagi pas habis lebaran gini ya mbak
    jadi sering makan makanan manis dan kue kering
    kalau enggak dirawat baik, gigi pun akan berlubang
    entar aku coba deh produk ini

    BalasHapus
  19. konon katanya bahan bahan alami yang biasa digunakan orang orang duluuu kayak siwak gini bisa bikin gigi lebih sehat dan kuat. orang dulu care banget sebenernya sama kesehatan meskipun bahan yang dipakai masih seadanya

    kayaknya duluu aku nggak rajin merawat kesehatan gigi, sempet jatuh dari sepeda waktu SD dan ngenai gigi depan, jadinya ga rata deh. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAsih mending mah Mba Inun nggak rajin rawat gigi terus giginya bermasalah.
      Saya dong, sejak kecil sakit gigi, udah rajin gosok gigi, tapi masih sering sakit gigi.
      Apalagi setelah pernah di apa sih namanya, dibersihin karangnya ya, entah keangkat dengan enamel gigi saya kayaknya jadinya ada 2 gigi yang ngiluuuuuu banget kalau kena es, atau yang kecut-kecut, i hate dah dokter gigi itu huhuhuhu

      Hapus
  20. Saya baru tau siwak dapat mencegah gigi berlubang ._.

    BalasHapus
  21. Saya udah tahu pasta gigi Sasha ini sejak tahun lalu tp sampai saat ini belum nyobain hehe. Banyak bgt ya manfaat ya hehe

    BalasHapus
  22. saya termasuk salah satu orang yang giginya sensitif,,

    BalasHapus
  23. Enak kalo menemukan pasta gigi yang memiliki bahan siwak, memenuhi sunnah Rasul dalam penggunaan pasta gigi. Dijamin halal dan bikin hati nyaman

    BalasHapus
  24. Siwak memang dipercaya sejak lama buat jaga kesehatan gigi dan mulut, bahkan rasulullah yang mencontohkannya langsung

    BalasHapus
  25. salfok sama anak wedok... lucuu mba rey hihi

    BalasHapus
  26. bagus sekali ada ubat gigi yang berasaskan siwak boleh mencegah gigi berlubang. sakit kalau gigi berlubang. Nak tampal gigi takut nak jumpa doktor gigi. Lebih baik mencegah daripada mengubati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi betul banget, dokter gigi selain mahal, juga kadang menakutkan hahaha

      Hapus
  27. Baru tahu nih Sasha punya varian baru! Aku dan keluarga pakainya Sasha yang warna putih dan untungnya cocok buat rame-rame, nanti mau coba yang ini kalau habis ah~

    BalasHapus
  28. Siwak memang luar biasa ya manfaatnya mba. Aku juga pakai pasta gigi bersiwak nih

    BalasHapus
  29. wah bagus juga ya manfaat nya untuk kesehatan gigi..

    yuk mbak di tumggu follow back nya :)

    BalasHapus
  30. Wah...iya bangetnih, kak Rey.
    Sajian makanan saat sudah lepas Ramadan jadi serba manis dan lengket.
    HIhiii...harus senantiasa dijaga kesehatan mulut dan gigi dengan Sasha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi betul Mba, harus rajin gosok gigi pakai Sasha :)

      Hapus
  31. Setuju pake banget Mak jika sakit gigi tu sama sakitnya dengan sakit hati. Dua duanya ogah pokoknya, dah ngalamin semua dan gak mau terulang lagi.

    Anakku yang bayi juga giginya tanggal 1 kemarin. Padahal baru tumbuh 2 mingguan, sedih banget aku tu. *curhat jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha mending nggak sakit ya, ngapain milih sakit :D

      Hapus
  32. Bagus banget sharingnya kak. Gigiku pas banget ini lagi sakit. Karena lagi hamil sering gigi sakit tapi tetap saja suka makan yang manis-manis. Memang harus di jaga banget kesehatan gigi ini biar gak semakin parah. aku sih belum pernah coba pakai Sasha, sepertinya bagus juga karena bahannya juga alami. next time kalau ingin coba mungkin aku cari di toko dekat rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah itu serem banget kalau lagi hamil terus sakit gigi :)

      Hapus
  33. Nggak bikin bau mulut kalau pakai pasta gigi ini. Selain bahannya alami, pakai siwak kan sunnah hehe. Meski begitu, ujung-ujungnya tetep kita harus jaga kesehatan gigi dgn menyikat teratur dan nggak sembarangan makan makanan manis yg bisa merusak gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener, khasiatnya siwak juga luar biasa :)

      Hapus
  34. Sewaktu kecil pernah gigi saya berlubang.Penyebabnya kalau sebelum tidur nggak pernah menyikat gigi dulu malah makan yang manis-manis. Tambah deh parah.

    BalasHapus
  35. Satu lagi rekomended produk keluarga yang bagus dan dibutuhkan. Makasih review Sasha-nya mbak

    BalasHapus
  36. Kesehatan gigi memang dimulai dari perilaku atau kebiasaan baik terkait dengan hal itu ya. Salah satunya ya dengan rajin gosok gigi. Pilih pasta gigi yang tepat dengan kebutuhan keluarga muslim juga salah satu faktor penting yang harus diperhatikan.

    BalasHapus
  37. Aku juga pakai sashwa siwak pencegah gigi belrubang ini Mbak. Suka sih apalagi Ramadan kemarin bener-bener gak bau mulut lagi. Semoga juga bisa menajdi ikhtiar buat mencegah gigi berlubang aamiin

    BalasHapus
  38. Kemasannya sangat Nusantara sekali. Merah putih hehehe....semoga semakin banyak dipakai masyarakat Indonesia. Aamiin...

    BalasHapus
  39. Pernah pake sasha jga tpi yg coklat varian sirih kyaknya dan beneran berasa kyak pake sirih gitu, next coba varian ini deh

    BalasHapus
  40. Aku niiiiih yayang suka makan manis dan akhirnya gigi banyang yang berlubang ,😥😥😥.

    Aku jadi pengen cba deh, soalnya belum pernah pakai atai beli atau lihat pasta gigi merk ini di minimarket.

    BalasHapus
  41. Gigi saya nggak ada yang berlubang mba, tapi saya tau banget sakitnya gigi berlubang karena melihat teman saya sendiri kesakitan jaman sekolah. Hehehe, saya bersyukur ibu saya dari saya masih ingusan selalu memaksa saya sikat gigi, karena menurut beliau gigi itu penting untuk dijaga sebab kalau nggak dijaga bisa jadi sarang bakteri :))))

    Semakin saya besar, semakin saya paham kalau menjaga kebersihan dan kesehatan gigi itu penting banget ~ karena selain agar nggak ada penyakit, juga untuk penampilan. Hehehe. Too bad, saya belum pernah coba Shasa Siwak, semoga nanti bisa coba dilain kesempatan. Eniho, terima kasih sharingnya mba, bermanfaat bagi orang-orang yang belum aware bahwa kesehatan gigi itu sama pentingnya dengan kesehatan kulit dan lain-lain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tuh sirik banget sama orang-orang yang giginya kuat, ada juga yang memang zat asam atau apa ya di mulutnya kuat, jadinya bikin gigi mudah rapuh

      Hapus
  42. Ahh emang gigi berlubang emang challenge banget untuuk para penyuka makanan manis sepertiku juga hehe. Harus lebuh aware merawat gigi mengurangi makanan manis juga

    BalasHapus
  43. Ini harganya terjangkau banget, kayaknya aku harus coba deh. Penasaran banget sama pasta gigi siwak, kata temenku oke buat mulut seger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, terjangkau dan pas banget buatu menjaga kesehatan gigi :)

      Hapus
  44. Baguus yaaa Sasha merah ini. Aku pake di rumah yang herbal warna gold, suami cocok, anak-anak juga bisa pake krn nggak pedes. Mau coba yg siwak ini deh habis yang di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Mba, yang ini khusus pencegah gigi berlubang :)

      Hapus
  45. lagi gencar ya produk ini diiklankan

    BalasHapus
  46. belum pernah pake tapi udah familiar banget sama produk ini mbak, kapan2 tak coba deh

    BalasHapus
  47. Waaah, boleh juga ini dicoba. Saya baru tahu. Makasih banyak ya, Mbak, atas informasinya ini.

    BalasHapus
  48. Gigi lubang ga enak bangeet. Sakit beut, sampe rasanya gak gigi doang yang sakit. Apalagi kalo pas denger musik yang keras, haduh rasanya pengen makan orang :v.

    Btw, dijual di mana aja itu mba? Apa di minimarket-minimarket atau supermarket-supermarket sudah ada kah, terutama di Surabaya? :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahahaha, gitu ada yang bilang lebih baik sakit gigi ya, belom tahu dia :D

      Ada di mana-mana kok di minimarket juga ada :)

      Hapus
  49. Kok aku nggak pernah liat merk ini di swalayan yaa? padahal seperti yang Mbak tulis ulasannya, Siwak ini juga popular di kalangan dokter gigi. Malah katanya kalau merk tetangga tuh abis sikat gigi masih perlu kumur-kumur. Kalau pakai Siwak, katanya gaperlu lagi. Pernah tau gak Mbak? hehehe

    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok di minimarket, saya beli di minimarket kayak syariah gitu sih, kayaknya di Indomart atau Alafa juga udah ada kok :)

      Hapus
  50. wahhh boleh ini coba pasta gigi ini mbak, dulu pernah pakai pasta gigi siwak tapi beda merek nggak begitu suka. jadi penasaran kl dari merek Shasha ini enak nggak, hihi

    BalasHapus
  51. Skrg byk bgt nih pasta gigi yg mengandung siwak ya mbak, tp aku masih setia sama pasta gigi khusus bumil & busui itu hahahha, ntr kalau udah ga menyusui mau coba yg ini

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)