Featured post

Sleek Baby Telon Oil, Bersama Melindungi Si Kecil Dari Kembung Dan Masuk Angin

Sharing By Rey - Masalah kembung dan masuk angin pada si kecil itu, saya rasa sudah merupakan masalah sejuta orang tua di dunia. Seja...

Thursday, June 11, 2020

10 Kebiasaan Sepele Yang Tanpa Saya Sadari Bisa Merusak Kesehatan

10 Kebiasaan Sepele Yang Tanpa Saya Sadari Bisa Merusak Kesehatan

Sharing By Rey - Saya baru sadari ternyata ada banyak kebiasaan-kebiasaan sepele yang tanpa saya sadari ternyata bisa merusak kesehatan.

Meskipun juga ada yang sebenarnya sudah saya sadari, tapi tetap saja dilakukan, saking malasnya si mamak Rey, hahaha.


Hal ini terpikirkan oleh saya, ketika seorang sahabat yang rajin betol chat saya, macam orang pacaran saja.

Nggak kenal waktu, siang malam, kerjaannya chat teroosss.
Lalu dia dengan pedenya bilang kalau saya sekarang sering banget melakukan kebiasaan sepele yang sangat bisa merusak kesehatan.

Dia nggak tahu, kalau dia chat nggak kenal waktu itu juga bikin rusak kesehatan kan ye, hahaha.
Salah satu yang dia tuduhkan ke saya adalah kebiasaan sepele begadang.
Iya sih, saya sekarang, eh kok sekarang sih, sejak jadi IRT itu sering begadang.

Makanya sebenarnya saya tuh bagusnya kerja di luar.
Kalau saya kerja di luar, kedisiplinan saya naik 300%, hahaha.

Bayangin saja, saya yang dulu kerja Senin-Jumat, Sabtu dan Minggu libur tapi tetap aja digangguin si bos, bahkan kadang juga harus ke proyek.

Belum lagi sering bawa pulang kerjaan di rumah, soalnya sejak kerja di situ saya nggak pernah lembur, iyaaa nggak lembur di kantor, tapi hampir tiap hari bawa pulang kerjaan hahaha.

Di rumah saya masih harus mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anak, masak, nyuci dan nyetrika, terlebih setelah celana jeans saya dan pak suami sering hilang saat kami laundry hahaha.

Di tengah kerempongan gitu, saya masih sempat olahraga dong, 2 kali seminggu dengan jogging keliling kompleks sampai 4 kali putaran, means 4 KM sodarah

Sejak jadi IRT? boro-boro!
Yang ada saya tidur menjelang pagi, selepas sholat Subuh, ckckckck.

Padahal, begadang itu sangatlah buruk buat kesehatan.
Untuk semua kesehatan malah, baik kesehatan jasmani, kesehatan kulit (matanya panda, kulit kusam) hingga kesehatan mental (kalau ngantuk saya ngalahin seremnya si Lathi, hahaha).

Karena perkataan sahabat saya tersebut, saya jadi kepo dong untuk menanyakan ke google, sebenarnya apa saja sih kebiasaan sepele yang tanpa kita sadari bisa merusak kesehatan?
Dan saya terkejoed sodarah, ternyata banyak banget, hahaha.


1. Menunda buang air kecil


Kalau di luar rumah mungkin wajar kali ya menuda BAK, terlebih saya yang jijay-an, kadang saya nggak rela berbagi bekas b*k*ng jika ada di toilet zaman now yang kebanyakan toilet duduk.

Kebiasaan Sepele Yang  Bisa Merusak Kesehatan

Apalagi kalau saya lupa bawa cairan antiseptik, dijamin saya ogah ke toilet, kecuali memang udah benar-benar nggak tahan.

Tapi bukan hanya di luar rumah dong, selama di rumah aja kayak sekarang pun, masih juga saya menunda-nunda kegiatan BAK, ckckck
Padahal, risikonya berbahaya loh

Salah satunya adalah berisiko terjadinya gangguan pada ginjal, sistem kemih, dan usus.
karena saat kita menahan BAK,  kita dapat melukai otot-otot yang dapat menyebabkan infeksi saluran kencing dan sembelit.


2. Sering tidur tengkurap


Syukurlah sekarang saya udah jarang melakukan hal ini, karena sejak melahirkan sesar pertama saya, tulang belakang saya di bagian punggung dan sekitarnya sering banget sakit.
Jadi tidur ternyaman saya saat ini adalah dengan miring dan melengkungkan tulang punggung.

Kebiasaan Sepele Yang Tanpa Saya Sadari Bisa Merusak Kesehatan

Dulunya? duuuhh saya paling senang tidur tengkurap.
Bukan hanya tengkurap, tapi juga kayak berenang, nguasain semua area kasur, hahaha.

Padahal, tidur tengkurap bisa meningkatkan risiko gangguan pernapasan, sirkulasi darah, sumsum tulang belakang, dan kulit wajah.

Tidur tengkurap bisa menjadikan kita sulit bernapas, leherpun berada dalam posisi yang tidak wajar, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih buruk, serta tulang belakang leher dalam bahaya.

Bukan hanya itu, kerutan wajah yang tertinggal setelah tidur dalam posisi ini akan cenderung konstan dan tidak akan pernah hilang.


3. Sering menyentuh wajah serta mengucek mata


Ini mah saya banget, sampai sekarang.
Bawaannya tuh maunya pegang pipi mulu, apalagi mengucek mata? kayak semacam sesuatu yang asyik banget, efek keseringan di depan laptop juga sih.

Kebiasaan Sepele Yang Tanpa Saya Sadari Bisa Merusak Kesehatan

Padahal, menyentuh wajah dan mengucek mata tersebut dapat meningkatkan risiko iritasi kulit dan mata. Pun juga bisa menyebabkan berbagai infeksi seperti jerawat, herpes, dan semacamnya.

Belum lagi risiko bisa terkena konjungtivitis, yaitu yang merupakan penyakit menular dan sangat tidak menyenangkan, karena penyakit ini melibatkan peradangan, sobekan, terbakar, dan sensitivitas cahaya.


4. Sering menahan bersin


Kalau ini kayaknya dulu, sewaktu saya kerja, rasanya saya malu kalau bersin keras-keras.
Aneh kan ya, emang apa salahnya bersin?

Padahal hal tersebut dapat berisiko menderita sistem pernapasan, pembuluh darah, otak, hingga kerongkongan.

Karena fungsi utama bersin adalah untuk menghilangkan bakteri, virus, dan partikel debu.
Sehingga saat kita menahan bersin, itu berarti sama saja menahan hal-hal tersebut di dalam tubuh.

Bukan hanya itu, menahan bersin juga bisa lebih berbahaya jika kita menutup hidung saat bersin.
Karena seluruh kekuatan bersin akan kembali dan dapat melukai pendengaran.
Bahkan, menahan bersin bisa meningkatkan tekanan darah hingga merusak kerongkongan kita dong, serem amat ya.


5. Menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan gigi


Hah? terus fungsinya tusuk gigi apa?
Iya sih berfungsi untuk membersihkan gigi, tapi sebenarnya hal tersebut dapat mengakibatkan risiko luka pada gusi.

Karenanya dokter gigi selalu tidak menganjurkan untuk menggunakan tusuk gigi.
Karena berbahaya buat kesehatan gusi.

Lalu kalau mau bersihin gigi pakai apa dong?
Pakai cara yang paling aman dong, yaitu  menjaga kebersihan mulut, dengan menggunakan benang gigi.


6. Sering membaca buku sambil berbaring


Ini sungguh menyumbang nilai minus di mata saya dong.
Karena sejak kecil saya suka banget membaca sambil berbaring.

Padaha itu sangat berisiko dengan adanya gangguan pada mata, sumsum tulang belakang, dan kulit leher.

Pun juga, membaca buku sambil berbaring  dapat menyebabkan kerutan horizontal yang dalam pada leher.


7. Mengupas biji dengan gigi


Kapan hari tuh saya baca sebuah judul artikel di mana kalau nggak salah judulnya,
"Hati-hati, makan kuaci merusak kesehatan"
Sepertinya, inilah maksudnya.
Karena dapat meningkatkan risiko gangguan pada gigi dan kantung empedu.
Sementara banyak orang mengupas kuaci dengan gigi, padahal sebenarnya kuaci harus dikupas dengan tangan, bukan dengan gigi.

Dokter gigi juga mengenali pemakan biji dengan kerusakan gigi yang sangat spesifik.
Orang yang memiliki masalah kandung empedu malah dilarang, tidak boleh memakannya sama sekali.
Sebab, nilai kalorinya lebih dari 500 kkal dalam 100 gram.


8. Menggigit atau mengunyah benda keras


Siapa yang suka gigit krauk krauk es batu?
Saya sih dulu, abis itu kesal sendiri karena gigi saya jadi ngilu, hahaha.

Kebiasaan Sepele Yang Tanpa Saya Sadari Bisa Merusak Kesehatan

Sebaiknya jangan dilakukan ya, karena dapat berisiko menimbulkan penyakit pada gigi, gusi, dan mulut.

Bukan hanya es batu, orang yang suka mengunyah pena, pensil, penjepit kertas, dan benda padat lainnya biasanya memiliki masalah besar pada email gigi.

Terlebih bagi yang membuka botol dengan gigi, mengunyah kacang,  dan lolipop (si Rey bangeeettttt!).
Karena kita bisa terkena infeksi jika melakukan hal-hal tersebut.


9. Keramas dengan air panas


Syukurlah, saya jarang mandi dengan air hangat, terlebih dengan air hangat yang panas banget.
Karena akan meningkatkan risiko gangguan pada pembuluh otak dan kulit kepala.

Mandi air panas dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing akut, sering kan kita mandi dan keramas dengan air hangat, setelah mandi bukannya segar malah jadi pusing.

Di samping itu, air panas merangsang fungsi kelenjar sebaceous pada kulit kepala yang membuat rambut menjadi lebih kotor.


10. Sering mengunyah permen karet


Banyak yang bilang, mengunyah permen karet meningkatkan kosentrasi, pada dasarnya malah meningkatkan risiko gangguan pada perut, gigi, dan memori jangka pendek.

Dan ada beberapa konsekuensi jika kita terlalu sering mengunyah permen karet.

Yang pertama, proses mengunyah merangsang produksi getah lambung, jadi jangan sampai deh mengunyah permen karet sebelum makan, sebelum temans nangis-nangis karena gastritis dan bahkan maag.

Yang kedua adalah mengunyah permen karet juga berbahaya bagi gigi, karena saat produksi air liur meningkat, permen karet dapat masuk melalui gigi dan tambalan gigi.

Dan yang ketiga adalah, mengunyah permen karet juga memengaruhi memori.
Meskipun mengunyah permen karet meningkatkan hafalan, dan membantu berkonsentrasi pada tugas-tugas yang memerlukan pengamatan panjang.
Akan tetapi, hal ini juga dapat merusak ingatan jangka pendek dan membuat kita kurang fokus.

Demikianlah ternyata ada banyak kebiasaan-kebiasaan sepele yang tanpa saya sadari bisa merusak kesehatan, sebenarnya masih banyak sih, tapi di postingan kali ini saya jabarkan 10 aja deh.

Kalau temans masih sering melakukan yang mana nih?


Sidoarjo, 11 Juni 2020

Reyne Raea untuk #KamisSehat

Sumber : 
  • Pengalaman pribadi
  • https://kupang.tribunnews.com/2019/12/02/waspada13-kebiasaan-sepele-ini-berbahaya-bagi-kesehatan-nomor-6-akibatnya-paling-fatal diakses Juni 2020
Gambar : Canva edit by Rey

25 comments:

  1. Yaampun aku sering banget melakukan no 1,2 dan 6.
    No 1 itu beresiko ISK dan aku baru ketauan kena ISK ringan pas cek kesehatan saat hamil. Gara2 suka banget nunda BAK (ini aja ngetik komen sambil nahan BAK 🀣). Harus diubah nih memang kebiasaannya.

    Tidur tengkurep aku jg sukaaa, trus aku baru tau donk kalau ternyata ga bagus. Makasi infonya Mba rey.

    Baca buku sambil berbaring apa lagi πŸ˜… Mudah2an ga nambah lg deh ini minus mata aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kaaannn, saya dulu suka nahan soalnya jijay di toilet umum, sekarang di rumah aja jadi terbiasa juga suka nahan pipis,
      Iyaa aslinya bahaya banget ya.

      Kalau tidur tengkurap dulu yang mengingatkan saya adalah, kulit wajah suka berkerut dan lama baliknya, trus setelah sesar saya nggak bisa tidur seenaknya, kalau enggak bangun bisa nangis sakit punggung.

      Nah itu dia, dulu saya suka banget baca buku sambil tiduran, sambil gelap-gelapan pula, ckckckck

      Delete
  2. Tidur tengkurap kadang memang aku lakukan tapi sejak tahu kebiasaan itu buruk mulai dikurangi sih.

    Kalo soal menahan buang air kecil itu sepertinya tidak kecuali terpaksa sekali, misalnya naik bis pulang kampung. Nah busnya kan ngga ada toilet gitu jadinya harus menahan buang air, masa di tengah jalan tol minta berhenti untuk kencing, bisa dipelototi orang satu bis.πŸ˜‚

    Tapi kalo di rumah sih enggak, kalo ada tamu juga kalo pengin ya kebelakang saja, pura pura ngambil apa kek, cemilan kek.πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha kalau cowok biasanya jarang ada yang nahan pipis, soalnya praktis wkwkwkwk

      Delete
  3. Betul banget Uni Rey...Nomor 3 aku sering banget ngelakuinnya, Yaa apa mungkin karena wajahku yang terlalu Tamvan jadi bawaannya pengen ngelus2 terus...πŸ™„πŸ˜²πŸ˜²


    Heeleeee!!...Preeetttss!!!..🀣🀣🀣


    Intinya memang kebiasaan buruk apapun meski kecil jangan terlalu sering dibiasain yaa..


    Itu gambar nomor 8 mauan amat gigit kunci pas dari besi. Gigi gw yang kuat aja ogah makan besi..🀣🀣🀣


    Eehh ngomong2 Ilustrasi gambar utama Uni Rey kaya orang lagi pasrah belum gajian atau lagi banyak mikirin utang.🀣🀣🀣🀣 🀭🀭 πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ



    Kaaabbbbuuurrrr!!..πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ilustrasi gambar utamanya itu mbak Rey habis lihat foto kang satria, jadinya ngelamun...πŸƒπŸƒπŸƒ

      Delete
    2. wakakakakaka, elus pipi terooosss sampai licin ya Kang.
      Itu espkresi liat Kang Sat elus pipi mulu :D

      Delete
  4. waduh haha kok kebiasaaannya sering saya lakuin semua ya mba...

    ReplyDelete
  5. Saya kok hampir semuanya pernah ya😁, dan itu tuh udah jadi kebiasaan, nggak sadar aja kalau keterusan. Terutama buang ari kecil, kalau udah ngantuk males ke kamar mandi jadinya ditahan dengan bobok...
    Hadeh saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha kebanyakan tuh perempuan gitu, padahal bahaya banget loh :D

      Delete
  6. aku suka banget ngunyah es batu. :( bahkan kadang2 aku juga suka ngunyah beras (hahaha ini sumpah kebiasaan paling aneh yang aku punya kayaknya). Udah tau jelek, tapi tetep aja dilakukan. seneng aja ngegigit yang keras-keras gitu :(

    yang saya baru tahu malah no. 10, permen karet itu merusak ingatan jangka panjang. Wah padahal selama ini saya bacanya permen karet bisa melatih memori aja. ternyata ada lanjutan lainnya dari situ. untung nggak suka-suka banget permen karet.

    karena tiada komen tanpa curhat, sekalian nih: buang air kecil itu kan emang nggak boleh ditahan, mbak. tapi kadang, pas tidur, tubuh saya secara otomatis menahan buang air kecil dalam waktu yang lama, dan saat kebangun, jadinya susah. kerasa kok, sakit banget! dan udah pasti ada efeknya ke ginjal juga. tapi saya nggak tahu gimana caranya supaya bisa segera bangun ketika ingin buang air kecil.

    kalau kata orang, kalau lihat toilet di mimpi, cepet bangun aja! Tapi saya bingung, gimana caraaa? ingat mimpi lihat toilet aja, belum tentu... 🀣🀣🀣🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, saya ingat, dulu setiap kali saya mimpi liat toilet, pasti saya ngompol, itu sampai saya udah SD dong masih ngompol hahahahah

      Btw, kadang kebiasaan-kebiasaan itu sebenarnya nggak kita sadari ya pas kita lakukan hahaha

      Delete
  7. Aku lumayan sering melakukan hal-hal tersebut. Yang belum pernah itu keramas dengan air panas. Aku pun sedang mengingatkan diri sendiri untuk tidak menahan buang air kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan deh keramas pakai air panas, rambut auto keras kek sapu :D

      Delete
  8. 1,3,5,6,9 aku banget😭😭😭
    Susah memang mau ngilangin kebiasaan ya mbak. Huhu
    Poin no 1 paling sering ku lakukan :(

    ReplyDelete
  9. banyak juga hal hal sepele yang berpengaruh sama kesehatan.
    kayaknya dari 1-7 aku semua ini
    nunda buang air kecil, mayan sering tapi nggak sering-sering banget, kalo misal lagi posisi diluar rumah dan tempat umum, liat kamar mandi nya kurang bersih dan kebetulan antri, kayaknya mending milih pulang aja
    tidur tengkurap wahh sering banget ini, kadang ngga sadar juga, lah wong kalo tidur ya 'umek' terus hahaha
    menyentuh area wajah ini kadang juga tanpa sengaja, biasanya kalo di muka lagi mau muncul calon jerawat, aku menghindari pegang wajah, tapi ya itu tadi suka khilaf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kaaann, sayapun, melihat toilet kotor duuhhh udah deh, mending pulang aja :D

      Delete
  10. Kebiasaan saya banget tu
    Saya paling susah tidur malam, inginya itu jam sepuluh tidur, eh sampai pagi mata melot saja. Kadang saya stres, bagaimana saya bisa merubah kebiasaan ini.
    Tidur tengkurap paling saya sukai.
    Dan kalau lagi depan komputer, ngunyah permen, khususnya permen karet paling demen

    ReplyDelete
  11. Nampak remeh tapi jika tak ambil kisah, kesan kemudian hari tu kita tak pasti apa akan jadi. apa apa pun amalkan polar cara hidup yang lebih sihat.

    ReplyDelete
  12. Untuk BAK saya jarang menunda, especially di rumah pasti rajin ke kamar mandi apabila ingin BAK. Nah cuma, sama seperti mba Rey, saya sangat berusaha untuk nggak BAK saat di luar rumah kecuali sangat amat terpaksa 🀣 jadi biasanya ketika saya harus pergi lama ke luar, saya memilih untuk nggak minum banyak biar nggak perlu BAK haahaha πŸ˜‚ that's why sampai sekarang saya belum pernah sekalipun pakai toilet pesawat *segitunya saya berusaha untuk nggak BAK* πŸ™ˆ

    Terus kalau soal tidur tengkurap, saya nggak begitu suka tengkurap in general. Entah kenapa justru merasa nggak nyaman. Jadi saya nggak punya banyak pengalaman tidur tengkurap πŸ˜† sampai sekarang tidur fave saya itu kalau nggak hadap kanan, pasti telentang mba πŸ˜‚

    Dan soal sering pegang muka ini saya banget dulunya sedikit sedikit pegang muka πŸ€ͺ tapi semenjak lebih paham kebersihan jadi sudah bisa menahan diri untuk nggak pegang meski terkadang kelepasan tapi nggak seekstrim dulu sepertinyah hahahahahaha. Dan soal baca buku sambil berbaring juga ini kebiasaan lama saya, tapi sekarang semenjak bisa menulis komentar by phone, saya justru keranjingan blogwalking dan berkomentar sambil tiduran. Padahal biasanya selalu pakai laptop di meja kerja 🀭

    Dan bicara soal keramas pakai air hangat ini saya juga pernah dikasih info lupa sama siapa. Memang sebaiknya keramas pakai air dingin tapi alasannya kalau untuk saya biar rambut nggak gampang rontok hahahahaha. Kalau pakai air panas nanti pori pori kebuka terus lebih gampang buat rambut rontok katanya. That's why saat keramas saya pilih air dingin meski waktu cuci badannya tetap air hangat πŸ™ˆ hehehe. Eniho, sisanya saya nggak pernah atau sangat sangat sangat jarang melakukannya mba πŸ˜„❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, nah iyaaa.. enaknya pakai laptop itu kan kita nggak bisa aneh-aneh, saya pakai laptop malah di meja, cuman kadang memang lupa berdiri, makanya mau beli gymball nih biar kalau kelamaan duduk nggak bikin aliran darah jadi mampet :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)

Assalamu'alaikum :)

Selamat datang di blog personal Reyne Raea