Saturday, June 13, 2020

Staycation Di Era New Normal? Jangan LUPAkan 5 Hal Ini!

tips staycation di masa pandemi

Sharing By Rey - Era new normal akhirnya tiba, semua sektor kehidupan mulai menggeliat lagi, meskipun dengan berbagai protokoler yang diwajibkan.

Banyak yang menolak keadaan ini, mengingat new normal ini terkesan dipaksakan di tengah kondisi pandemi covid-19 yang masih meningkat.


Akan tetapi, tidak sedikit juga yang menyambut gembira, mengingat sejak adanya PSBB diberlakukan, sudah banyak yang kesulitan mengais rezeki di luar, atau juga menghabiskan duit di luar alias jalan-jalan, hahaha.

Sayapun, meski aslinya sangat menikmati di rumah saja, akan tetapi berbulan-bulan terkurung dengan anak-anak yang setiap saat beranteeemmmm melulu, hingga gendang telinga saya auto sakit rasanya.
Sungguh bikin saya a little bit bosan di rumah, dan merindukan keluar sejenak.

Rasanya bosan dengan masak lagiiiii, cuci piring lagiii, beberes lagii..
Dan saya merindukan nginap di tempat lain, aka STAYCATION!

Ya ampuunnn, rasanya udah lama banget kangen rebahan di hotel, padahal ya sebenarnya pindah tidur doang, tapi pengen gitu malas-malasan di kamar yang nyaman, makannya pesan online aja, pokoknya di kamar doang, anak-anak nonton kartun, mamak ngedrakor berbekalkan wifi hotel hahaha.

Sampai-sampai, pas lihat banyak hotel yang kasih promo besar-besaran selama pandemi ini, rasanya mupeng, tapi takut virus hahahaha.

Sejak diberlakukan era new normal, hampir semua sektor usaha mulai buka, tak terkecuali hotel-hotel.
Dan tentu saja, staycation adalah hal yang memungkinkan, selama kita tidak melupakan atau pura-pura lupa, prosedur yang diwajibkan, seperti: 


1. Jangan LUPA untuk mematuhi prosedur yang diterapkan di Hotel selama era new normal


Sebenarnya adalah hal yang berlebihan bagi saya untuk parno dengan hotel, karena seharusnya, guna meningkatkan standar keamanan dan kebersihan bagi para tamu hotel yang menginap di era new normal.

Staycation Di Era New Normal? Jangan LUPAkan 5 Hal Ini!

Pihak hotel tentu akan menerapkan prosedur-prosedur baru yang wajib dipatuhi pengunjungnya, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh pada saat memasuki area hotel, serta meminta informasi mengenai riwayat perjalanan dan sejenisnya pada saat check-in.

Dan agar kita tetap bisa ikut menjaga kesehatan dan keamanan diri sendiri selama melakukan staycation, maka jangan lupa untuk selalu mengikuti petunjuk serta prosedur yang diminta oleh petugas hotel.


2. Jangan LUPA tetap melakukan social distancing dan menggunakan masker


Hal penting kedua agar aman dan nyaman selama staycation pada saat new normal adalah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti social distancing, dan selalu menggunakan masker selama berada di dalam lingkungan hotel, maupun di keramaian.

Seperti yang kita ketahui, masker adalah hal yang wajib di masa new normal, demikian juga social distancing.


3. Jangan LUPA untuk tetap menghindari kerumunan & perkumpulan


Social distancing pada era new normal ini, seharusnya membuat kita sebaiknya jangan lupa untuk menghindari menginap beramai-ramai di dalam satu kamar hotel, terlebih dengan teman-teman yang kita jarang ketemu. 

Staycation Di Era New Normal? Jangan LUPAkan 5 Hal Ini!

Selain itu, sebaiknya hindari menerima tamu dalam jumlah yang banyak di dalam kamar hotel.
Udah deh, staycation ya malas-malasan aja sama keluarga kecil di kamar.

Juga, sebisa mungkin hindari beraktivitas di fasilitas-fasilitas umum yang terdapat di hotel seperti restoran, kolam renang, dan sejenisnya.

Jika membutuhkan makanan atau minuman, sebaiknya minta petugas restoran untuk mengantarkannya langsung ke kamar, dan gunakan alat-alat makan sekali pakai yang bisa langsung dibuang setelah digunakan.

Mencegah lebih baik dari mengobati kan?


4. Jangan LUPA tetap menjaga kebersihan diri


Hal yang paling penting dan merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan adalah, dengan menjaga kebersihan diri sendiri. 

Staycation Di Era New Normal? Jangan LUPAkan 5 Hal Ini!

Karenanya, jangan lupakan menjaga kebersihan tubuh dengan mandi secara rutin, dan segera mencuci pakaian kotor yang telah kita pakai.

Jangan lupa juga untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terlebih setelah melakukan kontak dengan orang lain, atau pun menyentuh permukaan yang berada di tempat publik.

Meskipun mungkin, di setiap sudut hotel, serta fasilitas yang terdapat di hotel, akan disediakan hand sanitizer yang bisa kita gunakan sebelum dan setelah menggunakan fasilitas tersebut.

Akan tetapi, akan lebih baik lagi, sebagai perlindungan tambahan, kita selalu siap sedia hand sanitizer di saku ataupun tas.


5. Jangan LUPA menjaga kebersihan hotel


Jangan hanya kebersihan diri yang kudu dijaga,  kebersihan lingkungan juga sangatlah penting untuk mencegah penyebaran penyakit Covid-19 khususnya. 

Karenanya sangat disarankan untuk tidak lupa berperan aktif dalam menjaga kebersihan hotel selama melakukan staycation di era new normal ini.

Staycation Di Era New Normal? Jangan LUPAkan 5 Hal Ini!

Meskipun mungkin dengan hal yang sederhana, seperti  tidak membuang sampah sembarangan, dan secara rutin membersihkan kamar dan toilet pribadi.

Jangan lupa untuk meminta cairan disinfektan jika memang dibutuhkan, minta agar petugas hotel  menyediakan agar kita  bisa lebih sering membersihkan kamar.

Pun juga, saat berada di ruang publik dan bersentuhan dengan benda-benda yang sering disentuh oleh orang lain, seperti tombol lift atau gagang pintu, jangan lupa untuk selalu membersihkan terlebih dahulu permukaannya, sebelum dan sesudah kita menyentuhnya.


Dengan mematuhi dan menerapkan berbagai hal di atas, kita bisa melakukan staycation dengan aman dan nyaman di hotel.
Meskipun sejujurnya, saya masih parno juga sih ya, hahaha.

Tapi jika memang adalah sebuah keharusan menginap di hotel, jangan lupa untuk mengikuti semua hal tersebut, agar kita tetap sehat dan aman.

Btw, artikel ini ditulis juga untuk memenuhi tema mingguan di komunitas 1 Minggu 1 Cerita yang minggu ini tema khususnya adalah LUPA.
So temans, yang mau staycation, jangan LUPA yaaa...


Sidoarjo, 13 Juni 2020

Reyne Raea untuk #SabtuTraveling

Sumber :
  • https://www.solopos.com/staycation-saat-new-normal-berikut-protokol-yang-perlu-kamu-terapkan-1064449 diakses Juni 2020
Gambar : Canva edit by Rey

16 comments:

  1. Sejujurnya saya belum pernah nginap di hotel mbak Rey, ngapain juga nginap di hotel, di rumah mertua juga gratis, sepuasnya lagi tanpa takut ada tagihan.πŸ˜„

    Tapi memang benar jika ingin menginap di hotel di saat new normal harus memperhatikan hal hal seperti diatas, mematuhi peraturan hotel, pakai masker dan jangan bergerombol atau menghindari kerumunan, tapi bukankah jaga kebersihan sudah ada petugas nya yang membersihkan?

    Btw, memang beda ya mbak kenyamanan di hotel sama di rumah sendiri? πŸ€”

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di hotel gak ketemu dapur sama sumur mas πŸ˜‚

      Delete
    2. Wah repot juga ya mbak, berarti kalo mau makan harus pesan dulu lewat go-food ya mbak? πŸ˜„

      Delete
    3. Nah iya benerrr, bebas dari dapur dan sumur wakakakaka

      Delete
  2. kangen staycationnnnnn
    terakhir staycation ya sebelum rame ramenya covid menyebar rata hampir di semua kabupaten.memang bawaan staycation ini pengen males malesan dan nikmati fasilitas yang dikasih sama hotel
    kalo sekarang diberlakukan new normal, sebisa mungkin tetap mentaati aturan aturan yang diberlakukan di hotel demi menjaga biar si covid ga makin banyak. tetep stay dengan aman, sehat dan nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kaaannn, kangen banget mager menikmati semua fasilitas hotel, selama pandemi ini beberapa hotel kasih diskon besar-besaran, hanya saja tetep parno bawaannya :D

      Delete
  3. aku udah lama banget enggak staycation
    entah kapan deh
    tapi bebetapa hotel udah mulai buka
    juga pakai masker mbak ya kalau pas di resepsionis atau di tempat yg banyak orang
    jaga kebersihan dan sering cuci tangan juga sangat penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya banyak yang buka kok, malah kasih diskon, tapi ya juga parno :D

      Delete
  4. Saya nggak pernah nginap di hotel sih😁, tapi bayangin nginep di hotel atau di rumah orang pas lagi musimnya covid gini jadi berasa horor aja. Takut ada virusnya. Nggak cuma di hotel tapi di manapun itu kudu tetep ngikutin protokol kesehatan untuk menjaga diri dan keluarga. Saya mau mampir ke alfa aja pikir2 dulu, dan udah beberapa bulan ini emang nggak pernah masuk alfa padahal mah pengen banget, mau beli sabun cuci muka yang nggak ada di desa😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, sekarang tuh rasanya the most place yang paling aman kayaknya rumah sendiri hahaha

      Delete
  5. Jujur aku kgn bgt staycation mbak Rey. Tp blm berani mengingat kondisinya masih begini. Huhu
    Bener bgt sih tips di atas kudu jgn lupa diingat dan dilakukan saat staycation di waktu new normal ini

    ReplyDelete
  6. aku masih belum berani piknik-piknik ataupun staycation. biarlah sakaw sampai corona hilang atau vaksinnya ketemu.. :D

    skrg keluar kalau harus belanja kebutuhan sehari2 dan ke kantor aja..

    -traveler paruh waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, masih serem ya, apalagi memang rempong dengan segala protokolernya :)

      Delete
  7. Krn traveling aku blm berani Rey, tp mental udh mulai gila Krn ga kluar2, akhirnya aku ada book 2 hotel utk 20 Juni besok dan utk 21 sept. Krn itu ultahku, dan ultah anakku hahahahaha..

    Tapiiiiii, aku ga asal milih hotel utk staycation ini. Krn aku jg ga pengen malah sakit ato gimana. Jd yg aku lakuin,

    Pertama aku pastiin ga akan kluar hotel selama staycation. Jd bener2 cuma di hotel, malah kalo bisa di kamar aja.

    Kedua: aku LBH milih hotel yg ada paket utk self quarantine :D. Jd tamu bener2 di serve dlm kamar sbnrnya. Utk sarapan , lunch dan dinner mereka sediain, tapi berarti harganya jd LBH mahal pasti.

    Ketiga: aku bilang ke anak2 staycation kali ini beda. Ga boleh berenang. Sebagai ganti aku sengaja cari kamar yg ada bath tub. Supaya mereka setidaknya bisa main di situ


    Saking udh stressnya sih kepengen banget ngetrip, tp ga mungkin. Makanya staycation jd pilihan paling gampang buatku. Dan untungnyaaa, selama pandemi ini hotel2 banyak yg banting harga. Bayangin aja sih, aku dpt harga kamar di Ritz Carlton 2 malam hanya 1.5 JT include sarapan. Hahahahaha. Dlm kondisi normal utk kamar paling standard, semalam di sana aja 4 jt an :p. Banting hrgnya ga nanggung2 mereka. Makanya lgs aku book :D. Dan untungnya mereka nyediain breakfast in room. Jadi amanlah, aku ga usah kluar2 :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh mai gooddd, Mbaaa.. saya baca postingan Mba Fan dulu baru baca ini, met ultah ya Mbaaa, eh kelewatan hahaha :D

      Asyik juga ya bisa staycation, jadi kepikiran juga mau booking hotel buat bulan Juli, kebetulan saya juga ultahnya di bulan Juli hahahaha.
      Meski masih serem mikirin makannya gimana :D

      Nggak berani ajak anak-anak ke resto gitu :D

      Mungkin order makanan ke kamar aja kali ya

      Etdaahh keren banget dong Mbaa, abis ini mau buka OTA ah wakakakaka.
      Racun banget Mba Fan inih hahahaha

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)