Thursday, June 25, 2020

11 Tahun Kematian Michael Jackson Dan Penyebab Kematiannya Yaitu Gagal Jantung

11 Tahun Kematian Michael Jackson

Sharing By Rey - Hari ini, 11 tahun sudah kepergian sang king of pop dunia, Michael Jackson.
Yang mana penyebab kematiannya hingga saat ini masih terus jadi bahan pergibahan *eh.

Namun, di beberapa media menyimpulkan, bahwa kematian sang raja pop tersebut karena henti jantung.



Jujur, saya bukan pecinta atau fans dari Michael Jackson, namun nama penyanyi tersebut selalu mengingatkan saya kepada almarhum adik kesayangan saya, Maykel.

Seperti yang sudah pernah saya ceritakan, hingga saat ini kami tidak pernah tahu apa penyebab meninggalkan adik saya tersebut, namun dari keterangan yang bertahap dari teman-teman main adik saya dulu, mengatakan bahwa adik saya jatuh dari pohon kelapa.

Sedihnya, dia jatuh setelah terlebih dahulu mengatakan kalau dia hebat, karena dia Michael Jackson, lalu setelah mengatakan itu, dia memanjat pohon kelapa tersebut, dan lalu jatuh, huhuhu.

Bagaimana bisa saya melupakan nama Michael?
Terlebih adik saya sebenarnya namanya Michael, tapi dasar ye bapak saya Indonesaaahhh banget, dia bikinin akte lahir adik saya dengan menulis namanya pakai ejaan Indonesia, Maykel, hahaha.

Back to Michael Jackson.
Masih terngiang di ingatan kita semua, saat king of pop tersebut dikabarkan meninggal 11 tahun lalu.
Dunia berduka.
Meski kepergiannya menyisakan teka teki mendalam bagi khalayak.

Terlebih, bahkan hingga belasan tahun berlalu sejak kepergiannya, masih ada saja berita-berita terkuaknya pesan yang masih dalam bentuk teka teki buat keluarganya, apalagi khalayak.


Penyebab Kematian Michael Jackson


Dari berbagai info yang saya dapatkan, penyebab kematian Michael Jackson adalah gagal jantung, dan juga merupakan komplikasi dari penggunaan obat-obat penenang dalam jangka panjang.

Penyebab Kematian Michael Jackson
Source : fimela

Seperti yang kita ketahui, di tahun 1984, Michael Jackson mengalami kecelakaan saat sedang shooting iklan minuman soda, rambutnya terkena percikan api dan menghanguskan semua rambut hingga wajahnya.

Sejak saat itu, Michael harus selalu menggunakan obat pereda sakit hingga morphin untuk meredakan rasa sakit yang teramat sangat di kepala maupun wajahnya. Ditambah dengan segala probematika hidupnya yang dramanya tidak sesukses karir bernyanyinya.

Depresi dan kesepian seakan menjadi temannya, bahkan di hari-hari terakhir hidupnya.
Dan bahkan imsomnia menjadi masalahnya di hampir setiap hari yang membuat dokter pribadi Michael Jackson, Conrad Murray memberinya obat Propofol yaitu kandungan obat yang biasa digunakan dalam proses pembiusan.

Dan karena itulah yang membawa Conrad Murray menghabiskan waktunya selama 2 tahun di penjara karena dinilai bersalah akan kenyataan bahwa di dalam tubuh sang king of pop banyak terdapat kandungan obat tersebut, sehingga diduga, over dosis obat tersebut yang memicu terjadinya gagal jantung.


Tentang Gagal Jantung Atau Cardiac Arrest


Gagal jantung atau yang biasa disebut cardiac arrest adalah sebuah kondisi ketika jantung berhenti berdetak secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat ditandai dengan hilangnya kesadaran dan napas yang berhenti. 

Gagal Jantung Atau Cardiac Arrest

Keadaan ini terjadi ketika jantung tidak bisa memompa darah ke tubuh secara efektif. Gagal jantung terjadi karena otot jantung telah rusak permanen akibat serangan jantung yang terjadi.

Jadi berbeda dengan kematian Asraf Sinclair yang katanya serangan jantung, gagal jantung merupakan salah satu efek dari serangan jantung.

Gagal jantung dapat mengakibatkan kerusakan otak permanen hingga kematian.
Karenanya, kondisi ini perlu ditangani secepatnya.
Pertolongan segera berupa CPR dan kejut jantung dapat membantu mencegah hal berbahaya tersebut.


Penyebab Gagal Jantung


Gagal jantung disebabkan oleh gangguan irama jantung, tepatnya penyakit ventrikel fibrilasi, yaitu gangguan irama jantung yang membuat ventrikel jantung hanya bergetar saja, bukan berdenyut untuk memompa darah, sehingga menyebabkan jantung berhenti secara mendadak.

Penyebab Gagal Jantung

Gagal jantung ini akan lebih beresiko bagi orang-orang yang sudah punya riwayat penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner, penyakit otot jantung (kardiomiopati),  gangguan katup jantung, penyakit jantung bawaan dan Sindrom Marfan.

Juga beresiko terhadap orang-orang yang berusia di atas 45 tahun (bagi pria) atau di atas 55 tahun (bagi wanita), atau yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung.

Orang yang jarang berolahraga dan tidak aktif bergerak pun sangat beresiko terkena gagal jantung ini.
Lalu saya tiba-tiba takut sendiri, mengingat gaya hidup saya yang jauh dari sehat, jarang bergerak maupun kurang tidur, huhuhu.

Pun juga orang yang memiliki kebiasaan merokok, menyalahgunakan NAPZA seperti kokain atau amfetamin, orang yang mengalami obesitas, mempunyai kadar kolestrol yang tinggi, punya tekanan darah tinggi (hipertensi), penderita diabetes, mengalami sleep apnea hingga penderita gagal ginjal kronis, amat sangat beresiko terkena gagal jantung ini.

Btw bermanfaat juga ya saya keranjingan tulis artikel kesehatan gini, karena secara tidak langsung saya memperingatkan diri untuk sedikit demi sedikit hijrah ke gaya hidup sehat.


Apa sih gejala gagal jantung


Orang yang mengalami gagal jantung akan hilang kesadaran dan berhenti bernapas.
Meskipun tidak selalu, tapi beberapa hari hingga beberapa minggu sebelum terjadi gagal jantung ini, bisa  muncul gejala berupa,

"Pusing , muntah, merasa cepat lelah, nyeri dada, jantung berdebar hingga sesak napas"
Duh makin parno kan ya baca gejala awalnya.

Gagal jantung adalah sebuah kondisi gawat darurat yang perlu ditangani secepatnya.
Meski sering kali gagal jantung terjadi tanpa peringatan, namun kadang penderita dapat mengalami gejala awal beberapa hari atau beberapa minggu sebelumnya.

Karenanya dibutuhkan kepekaan kita menilai kondisi diri, sebelum hal yang nggak kita inginkan terjadi.
Segeralah memeriksakan diri ke dokter jantung bila mengalami gejala awal seperti di atas, terutama bila memang kita sudah menderita penyakit jantung sebelumnya.


Apa yang seharusnya kita lakukan saat melihat orang terkena gagal jantung?


Jika kita melihat seseorang yang tidak sadarkan diri dan tidak bernapas, segeralah panggil bantuan dan periksa denyut nadinya di leher. 
Bila denyut nadi tidak terasa, segera lakukan pertolongan pertama berupa resusitasi jantung paru (RJP), yang dikenal juga dengan cardiopulmonary resuscitation (CPR).
Penting banget nih kita belajar ilmu dasar seperti ini, siapa tahu kan sesuatu kejadian yang menegangkan terjadi di depan kita. 
Jika memang tersedia, gunakanlah alat kejut jantung otomatis (AED) sesuai dengan petunjuk yang tertulis, sampai ambulans datang. Atau setidaknya segera cari orang yang mampu melakukan CPR.


Bagaimana mencegah penyakit gagal jantung?


Gagal jantung memang bisa terjadi pada siapa pun, baik yang memiliki riwayat penyakit jantung maupun yang tidak.
Walaupun orang yang memiliki penyakit jantung lebih rentan untuk mengalaminya. 

Oleh karenanya, untuk mencegah terjadinya gagal jantung, perlu kita lakukan gaya hidup yang baik bagi kesehatan jantung, seperti:
  • Tidak merokok atau segeralah berhenti merokok saat ini juga.
  • Menjaga berat badan ideal, noted banget nih, nggak bakal baper lagi kalau dibilang gendut, tapi langsung coba menurunkan berat bada ke BB yang ideal demi sehat jantungnya.
  • Hindari konsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi garam, kesukaan saya banget kan, huhuhu.
  • Berolahraga secara teratur, meski hanya di seputar rumah asalkan rutin.
  • Mengelola stres dengan baik, karena stres juga bisa mengakibatkan gagal jantung loh, kayak Michael Jackson di akhir hidupnya.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol, minum jus sehat aja deh, jauh lebih enak.
  • Dan rutin lakukan pemeriksaan kesehatan, biar tahu sejak dini jika ada gejala-gejala penyakit berbahaya kayak gagal jantung, meskipun jujur kebanyakan orang takut medical check lengkap, karena takut dengan kenyataan buruk jika ada yang buruk.


Demikianlah, peringatan 11 tahun kematian Michael Jackson sungguh berarti buat saya, selain mengingatkan saya kepada almarhum adik kesayangan saya, Maykel.

penyakit gagal jantung serta gaya hidup yang kurang sehat

Juga mengingatkan saya akan bahayanya penyakit gagal jantung serta gaya hidup yang kurang sehat yang saya jalani sekarang.


Sidoarjo, 25 Juni 2020

Reyne Raea untuk #KamisSehat

Sumber :

  • https://www.liputan6.com/global/read/2561816/dokter-michael-jackson-masih-hidup-saat-dinyatakan-meninggal diakses Juni 2020
  • http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/komplikasi-yang-bisa-terjadi-akibat-serangan-jantung diakses Juni 2020
  • https://www.alodokter.com/henti-jantung-mendadak diakses Juni 2020
 Gambar : Canva edit by Rey

10 comments:

  1. Sebelumnya ikut berduka cita dan prihatin dengan meninggalnya Maykel, adiknya kak Rey. Semoga beliau bahagia disisiNya.

    Berbeda dengan yang dialami Michael Jackson, alm.papaku meninggal karena serangan jantung.
    Padahal beliau aktif berolahraga & menjaga pola makan dengan baik. Kepergiannya sangat mendadak.

    Semoga artikel ini berguna buat banyak orang untuk lebih menjaga kesehatan dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya.

      Kayak suaminya BCL ya, semoga papanya diberikan tempat terindah di sisiNya yaa...

      Serangan jantung memang nggak pilah pilih ya nyerangnya, meskipun demikian, menjaga ola hidup sehat itu adalah yang terbaik usaha kita :)

      Delete
  2. kalau baca artikel soal pentingnya menjaga kesehatan jadi inget sama kesehatan diri sendiri, makan aja masih suka sembarangan dan kadang "nggak sehat", terutama jajan jajan
    bener nih mba, penyebab kematian diva pop ini memang masih menyimpan misteri, berita berita pun waktu itu nggak lepas dari soal si michael ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mulai berpikir memasukan tema kesehatan di blog ini sebenarnya sebagai pengingat diri, soalnya saya selalu cuek dengan kesehatan, dengan sering mengulas kesehatan kayak gini jadi semacam diingatkan terus :)

      Delete
  3. Semoga adeknya dapat tempat yang indah di sisi Allah ya mbk rey. Amin....
    Walaupun orangnya udah nggak ada tapi nama micheal jackson masih terkenal sampai sekarang, lagunya bikin orangnya terus diingat.
    Saya juga jadi takut nih, saya kan hobi rebahan dan jarang olahraga, jadi berpikir buat gerakin badan. Joged-joged nggak jelas biar keringetanšŸ˜‚
    Btw, kalau hari ini hari meninggalkanya micheal jackson berarti, hari ultah saya sama kayak hari meninggalnya micheal jackson dongšŸ˜³.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha dirimu tik tokan aja deh, kan sama aja juga joged-joged hahaha

      Delete
  4. Ternyata begini cerita adik-nya kakak, turut berdukacita Kak Rey. Adik kakak pasti sudah berada di tempat yang lebih menyenangkan.

    Anyway, tentang kematian King of Pop ini memang masih misteri banget. Bahkan ada teori konspirasi yang bilang bahwa sebenarnya dia tidak meninggal, hanya sekarang sedang menghabiskan waktu sendirian, menghindari hingar bingar dunia hiburan.

    Oh ya, terima kasih buat post pengetahuan kesehatan ini kak. Sekarang aku jadi tahu lebih banyak! Memang kalau ngomongin hal-hal kayak gini jadi bikin sadar bahwa tubuh kita ini harus kita jaga sebaik mungkin karena tubuh ini juga titipan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beberapa ada yang bilang gitu sih, enggak tahu juga sih, semoga apapun yang terjadi bisa jadi pelajaran buat kita semua :)

      Delete
  5. Kehilangan saudara itu seperti kehilangan sahabat terbaik ya mba, apalagi kalo sudah akrab sejak kecil. :)

    banyak juga lagu MJ yang jadi kenangan saya dan kk saya mba

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)