Friday, June 05, 2020

Manfaat Siwak Dalam Mencegah Gigi Berlubang

manfaat siwak

Sharing By Rey - Manfaat siwak dalam mencegah gigi berlubang sangatlah berperan penting, karena siwak mengandung banyak bahan alami yang diyakini mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Di antaranya, alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride, juga mengandung bahan alami lain, seperti vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin.



Karenanya, tidak heran jika tradisi bersiwak atau membersihkan gigi dengan siwak, masih cukup populer digunakan banyak orang di negara Timur Tengah dan beberapa negara Afrika.


Ramadan, Social Distancing Dan Gigi Berlubang


Momen ramadan dan lebaran kali ini memang berbeda jauh dari yang pernah ada, setidaknya yang pernah saya alami sepanjang hidup.

Adanya pandemi covid-19 dan adanya himbauan social distancing, membuat semua orang hanya bisa menjalani ramadan di rumah saja.

Meskipun demikian, hal tersebut justru menambah peluang gigi berlubang, dikarenakan banyak yang bosan, lalu jadi mager (malas gerak), plus gemar makan makanan manis dan santan.

cara mencegah gigi berlubang pada anak

Akibatnya, risiko sakit gigi karena gigi berlubang jadi semakin besar.
Sudah banyak makan makanan manis, mager dan malas menggosok gigi pula.
Komplit sudah, hahaha. 


Sakit Gigi Karena Gigi Berlubang


Sakit gigi itu nggak lebih baik dari sakit hati, believe me!
Kalau ada lagu yang bilang lebih baik sakit gigi ketimbang sakit hati, kayaknya tuh orang memang punya gigi yang sehat deh.

Karena dia belom tahu aja rasanya sakit gigi, yang mana mau jungkir balikpun sakitnya nggak berkurang hahaha.

Meskipun sebenarnya semua orang pasti pernah merasakan sakit gigi, namun tidak semuanya pernah merasakan sakit gigi karena gigi berlubang.

Dan saya adalah salah satu orang yang pernah merasakan sakitnya gigi yang teramat sangat.
That's why semenjak punya anak, sejak si kecil mendapatkan gigi pertamanya, saya sudah heboh banget merawat gigi susunya tersebut.

Alhamdulillah, gigi susu si kecil sehat sampai semuanya berganti gigi permanen, meskipun akhirnya tetap saja ada drama tentang gigi, karena si kakak jatuh dan giginya tanggal, huhuhu.

Tapi setidaknya, Alhamdulillah anak-anak tidak merasakan bagaimana menyiksanya sakit gigi karena gigi berlubang.
Yang mana sering saya saksikan, keponakan saya sakit gigi dan nangis sepanjang malam karena sakit giginya yang berlubang nggak kunjung reda, even sudah mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Sakit gigi memang semenyedihkan itu, terutama jika memang sudah menyerang syaraf gigi yang berlubang, bahkan obat pereda nyeri kadang nggak manjur saking sakitnya.


Penyebab Gigi Berlubang


Secara umum, penyebab gigi berlubang adalah dikarenakan oleh plak atau zat yang lengket di mulut akibat adanya tumpukan kuman atau bakteri yang mengubah makanan menjadi asam.

Hal tersebut, jika dibiarkan, akan merusak enamel perlindungan gigi hingga membuat gigi berlubang.
Ada beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan gigi berlubang, yaitu:


1. Berlebihan makan makanan manis


Makanan manis memang menarik selera, terutama dalam bentuk camilan seperti permen dan cokelat.

penyebab gigi berlubang

Jangankan anak kecil, orang dewasa pun doyan dengan makanan manis seperti itu, kayak saya sih, hahaha.
Entah mengapa cokelat dan permen itu tak pernah lekang lezatnya ditelan usia.

Sayangnya, makanan manis merupakan santapan lezat bagi para bakteri di dalam mulut, terutama jika setelah mengkonsumsi makanan manis dan kita malas langsung membersihkan mulut dan gigi.


2. Penggunaan obat-obatan, suplemen atau produk herbal mengandung gula dalam jangka panjang


Sama seperti makan makanan manis, penggunaan obat-obatan atau suplemen maupun produk herbal yang mengandung gula dan dalam waktu jangka panjang, bisa menjadi penyebab gigi berlubang.


3. Malas menggosok gigi


Membiasakan rajin gosok gigi sejak kecil memang amat sangat penting, karena akan membuat anak tumbuh dan terbiasa rajin menggosok gigi, setidaknya 2 kali dalam sehari.

Jika tidak terbiasa, godaan malas menggosok gigi amat sangat merugikan kesehatan gigi.
Terlebih di malam hari, beberapa orang dewasa bahkan memilih skip gosok gigi saat sudah mager dan ngantuk.

Padahal, malas gosok gigi adalah penyebab utama gigi berlubang.


4. Tidak membersihkan gigi dengan benar


Menggosok gigi saja kadang tidak menjamin gigi bisa bebas dari gigi berlubang, terlebih jika struktur gigi dan mulut rapat dan sikat gigi tidak bisa menjangkau ke sela-sela tertentu.

Jika ada sisa makanan di sela-sela tersebut, maka akan menjadi penyebab gigi berlubang.
Tidak heran beberapa orang mengalami gigi berlubang dari bagian samping gigi.

Karenanya, jika diperlukan, membersihkan gigi dengan benang khusus gigi sangat dianjurkan.


5. Tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride 


Fluoride adalah jenis mineral mikro yang terdapat pada gigi dan tulang. 
Mineral ini juga ditemukan di alam seperti di tanah, air, tumbuhan, bebatuan, bahkan udara.

sasha pencegah gigi berlubang

Fluoride dikenal sebagai kandungan yang digunakan dalam kesehatan gigi. Di mana mineral ini dapat membantu menguatkan enamel, yang merupakan lapisan paling luar dari gigi kita. 

Karenanya, menggunakan pasta gigi dengan fluoride sangat penting, khususnya dalam mencegah gigi berlubang.
Dan siwak adalah salah satu bahan yang mengandung fluoride.


Sasha Pencegah Gigi Berlubang Pasta Gigi Keluarga Muslim


Mengingat manfaat siwak dalam mencegah gigi berlubang, sudah pasti akan lebih baik jika kita memilih pasta gigi yang mengandung siwak.

Pasta gigi sasha pencegah gigi berlubang

Dan bukan hanya itu, sebagai muslim akan jauh lebih bijak jika kita memilih produk yang halal, terlebih untuk produk yang masuk ke dalam mulut, meski tidak di konsumsi.

Karenanya saat mengetahui ada pasta gigi baru Sasha pencegah gigi berlubang, pasta gigi keluarga muslim yang mengandung siwak asli, flouride dan kalsium, memiliki sertifikat halal, tidak mengandung alkohol serta bahan dari hewani, seketika saya tertarik untuk mencobanya. 

Bukan hanya itu, pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang ini mengandung siwak, di mana siwak adalah salah satu bahan dari produk syariah.

Apa itu produk syariah?

Produk syariah adalah, produk yang tidak mengandung bahan-bahan yang haram menurut syariat, bersih dan suci.

Sebagai seorang muslim, menggunakan produk syariah, bisa meningkatkan ketaqwaan, karena nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk selalu menggunakan sesuatu yang halal dan menghindari sesuatu yang belum jelas kehalalannya.

Kelebihan lain menggunakan Sasha pencegah gigi berlubang adalah karena siwak yang terkandung di dalamnya resin, flouride alami, klorida dan kalsium.
Yang mana keempat zat ini berfungsi menjaga kekuatan akar gigi, mencegah karies, dan mencegah gigi berlubang, serta memperkuat enamel atau permukaan gigi secara berkelanjutan.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, bukanlah hal yang berlebihan jika Sasha pencegah gigi berlubang ini menjadi idola kami sekeluarga sebagai pasta gigi berlubang.

Lalu bagaimana kesan saya dan keluarga setelah beberapa waktu memakai pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang?

Alhamdulillah memuaskan, mulut terasa lebih segar, Jadi nggak was-was lagi dengan gigi berlubang, serta hati tenang memakainya, karena insha Allah halal.

pasta gigi sasha pencegah gigi berlubang

Pasta gigi ini juga dijual dengan harga terjangkau.
Harga pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang untuk kemasan tube (150 gram) adalah Rp. 10,500 dan untuk kemasan tube (65 gram) adalah Rp. 4,500.

Alhamdulillah, sekarang kami sekeluarga jadi lebih tenang dengan memakai pasta gigi siwak dari Sasha pencegah gigi berlubang ini.
Karena Sasha pencegah gigi berlubang adalah pilihan keluarga muslim untuk semua angggota keluarga dan dapat digunakan setiap harinya.

Kalau temans, ada yang sudah pakai pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang?
Share yuk :)


Sidoarjo, 5 Juni 2020

Sumber : 
  • https://www.alodokter.com/mengenal-siwak-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-gigi-dan-mulut diakses Mei 2020
  • https://www.suara.com/health/2019/08/24/180000/ini-9-penyebab-gigi-berlubang-yang-sering-dianggap-remeh diakses Mei 2020
  • Pengalaman pribadi
Gambar : dokumen pribadi dan Canva edit by Rey


Instagram : @sashaindonesia

109 comments:

  1. Wahh sebelumnya emang udah penasaran sama pasta gigi ini, tapi karena stok di rumah belum habis jadi belum beli �� Makasih sharingnya Kakk!

    Btw kayanya aku liat yang packagignnya warna coklat, bedanya sama yang pink ini apa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya kak.. yang coklat atau gold itu Sasha yang varian sebelum ini. Yang terbaru memang Sasha Pencegah Gigi Berlubang.

      Delete
    2. Aaaa I see. Okey Kak, terimakasih infonyaaa :)

      Delete
    3. iya bener, produk terdahulunya tuh yang packagingnya coklat :)

      Delete
  2. Pingin beli deh Sasha ini kl odol yang sekarang udah abis, hehe... eh sebelum abis jg udah bs beli ya buat stok. Bermanfaat banget nih utk mencegah gigi berlubang. Tfs Mbak Rey

    ReplyDelete
  3. Gak apa sebenarnya makan coklat, yang penting setelah itu sikat gigi. Apalagi udah sedia pasta gigi Sasha ya, ada kandungan untuk mencegah gigi berlubang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya Mba, yang penting jangan ada sisa cokelat menempel atau sisa makanan lainnya :)

      Delete
  4. Harga Sasha ini pas banget di kantong kak Rey. Tapi manfaatnya gak sekecil kantong saya.. buanyak banget ya.. makanya kami juga pake.

    ReplyDelete
  5. jadi ingat beberapa hari ini anakku sakit gigi.mana dokter gigi lagi langka karena pandemi kan. kalau anakku kasusnya selain berlubang , ya itu doyan makan manis tp malas2an sikat gigi hadeh haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener, banyak orang memilih membatasi praktik daripada ketularan virus :D

      Delete
  6. Saya belum pakai Sasha karena gigi saya cenderung sensitif. Sensitivitas gigi saya menyebabkan saya cenderung cari odol yang banyak mengandung gliserin dan xylitol ketimbang mencari fluoride, jadi minimalitas fluoride belum jadi masalah bagi saya.

    ReplyDelete
  7. Harganya yang sangat terjangkau dan mudah didapatkan di minimarket terdekat bikin saya menjadikan Sasha ini stok juga di rumah. Belum lama sih, tapi masih versi lama. Yg warna hijau.
    Selama ini Keluarga pakai siwak yg terbuat dari akar. Senang ya kalau ada yg sudah dalam pasta gigi begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, ada di mana-mana nih, jadinya mudah didapatkan :)

      Delete
  8. Aku juga pernah pake mba pasta gigi siwak kaya gini. Mulut beneran ngerasa bersih banget. Dan harganya juga ramah di kantong ya. Yang pasti aman juga produknya.
    Btw aku sudah follow mba. Follow back ya 😊 biar makin akrab hehe

    ReplyDelete
  9. Siwak dipakai nabi, jd kalau pakai siwak sunnah. Cuma kan susah n gabiasa kl pake kayu siwak. Jadi untung ada pastagiginya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, zaman now udah bisa pakai kandungannya aja :D

      Delete
  10. Saya juga suka pasta gigi yang mengandung siwak. Namun inti dari semuanya kita sendiri juga harus mengetahui kekuatan serta kekurangan pada gigi kita.😊


    Dan saya bersyukur dari kecil hingga sekarang hampir jarang yang namanya ngalamin sakit gigi. Jadi ingat sewaktu puasa kemarin buka puasa diluaran saya pesan sate kambing dan ternyata agak keras dagingnya. Tetapi tetap saya makan dengan santai. Berbeda dengan teman saya yang pada bingung, Dan berkata gigi luh kuat amat nggak takut ngilu...😊😊

    Jadi yaa menggosok gigi juga ada aturannya kelebihan juga nggak baik, Kekurangan apa lagi.😊😊


    Menarik juga Pasta Gigi Merk Shasha ini jadi pengin beli kalau mengandung siwak. Apalagi kalau ada yang kasih gratis.🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha, yang geratis itu asyik :D
      Btw ada loh yang kayak gitu, memang struktur gigi dan kekuatan giginya bagus.

      Ada juga, yang bahkan sejak kecil udah mati-matian menjaga kesehatan gigi, tetep aja giginya rusak :D

      Delete
  11. Saya tuh baru ngeh kalau pasta gigi bisa punya kandungan non-halal saat ada berita salah satu merk pasta gigi ternyata enggak halal. Berhati-hati dalam mengonsumsi dan menggunakan produk itu memang penting banget ya buat muslim. Senang deh akhirnya ada merek pasta gigi yang memang sudah terjamin halal.

    ReplyDelete
  12. Gigi berlubang memang jadi masalah saya dan anak juga. Bahkan saya sempat harus ke bedah mulut buat cabut gigi geraham belakang yang tumbuhnya menyamping dan menembus gusi. Duh, rasanya enggak enak banget. Bagus juga ada Sasha dengan kandungan siwak buat cegah gigi berlubang. Rasanya saya perlu stok ini di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuhh, iya ya, banyak tuh yang gigi bungsu kudu di operasi huhuhu

      Delete
  13. Aku dan keluarga juga menggunakan sasha pencegah gigi berlubang lho mba. Jadi tenang karena selain halal, dia juga non alkohol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener Mba, jadi lebih tenang makenya ya :)

      Delete
  14. Sejak masih Sasha dalam versi lama, yg warna hijau itu, saya dan keluarga juga sudah menggunakannya. Apalagi ini ada mengandung siwak, pasti akan ada banyak yang menggunakan ya

    ReplyDelete
  15. Wah bagus nih buat anak-anak terutama yang senang makan yang manis2 mudah sekali giginya bolong. Aku belum pernah mencoba varian baru ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, kasian kan kalau anak sakit gigi :)

      Delete
  16. Aku sudah mencoba dan sangat senang dengan produk baru dari Sasha Ini apa lagi kemasannya merah putih banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya Mba, kemasannya segar kayak bendera Indonesia :D

      Delete
  17. Sakit gigi itu mengerikan. Aku pernah sakit gigi dan merasakan nyeri mulai dari leher, mulut, hidung, mata, belakang telinga, mau nangis tapi nangis pun sakit juga. Belum lagi badan lemes karena kurang makan. Iyalah, kan nggak bisa ngunyah.

    Makanya penting banget memelihara kesehatan gigi dan memilih pasta gigi yang tepat, terutama dari sisi kehalalan, seperti Sasha ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya sakit gigi itu syarafnya dekat otak kali ya, rasanya kok sakiiiittt banget!

      Delete
  18. manfaat siwak luar biasa ternyata apalagi praktis udah ada sasha dan kayaknya akupun harus cobain sendiri

    ReplyDelete
  19. apalagi pas habis lebaran gini ya mbak
    jadi sering makan makanan manis dan kue kering
    kalau enggak dirawat baik, gigi pun akan berlubang
    entar aku coba deh produk ini

    ReplyDelete
  20. konon katanya bahan bahan alami yang biasa digunakan orang orang duluuu kayak siwak gini bisa bikin gigi lebih sehat dan kuat. orang dulu care banget sebenernya sama kesehatan meskipun bahan yang dipakai masih seadanya

    kayaknya duluu aku nggak rajin merawat kesehatan gigi, sempet jatuh dari sepeda waktu SD dan ngenai gigi depan, jadinya ga rata deh. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAsih mending mah Mba Inun nggak rajin rawat gigi terus giginya bermasalah.
      Saya dong, sejak kecil sakit gigi, udah rajin gosok gigi, tapi masih sering sakit gigi.
      Apalagi setelah pernah di apa sih namanya, dibersihin karangnya ya, entah keangkat dengan enamel gigi saya kayaknya jadinya ada 2 gigi yang ngiluuuuuu banget kalau kena es, atau yang kecut-kecut, i hate dah dokter gigi itu huhuhuhu

      Delete
  21. Saya baru tau siwak dapat mencegah gigi berlubang ._.

    ReplyDelete
  22. Saya udah tahu pasta gigi Sasha ini sejak tahun lalu tp sampai saat ini belum nyobain hehe. Banyak bgt ya manfaat ya hehe

    ReplyDelete
  23. saya termasuk salah satu orang yang giginya sensitif,,

    ReplyDelete
  24. Enak kalo menemukan pasta gigi yang memiliki bahan siwak, memenuhi sunnah Rasul dalam penggunaan pasta gigi. Dijamin halal dan bikin hati nyaman

    ReplyDelete
  25. Siwak memang dipercaya sejak lama buat jaga kesehatan gigi dan mulut, bahkan rasulullah yang mencontohkannya langsung

    ReplyDelete
  26. salfok sama anak wedok... lucuu mba rey hihi

    ReplyDelete
  27. bagus sekali ada ubat gigi yang berasaskan siwak boleh mencegah gigi berlubang. sakit kalau gigi berlubang. Nak tampal gigi takut nak jumpa doktor gigi. Lebih baik mencegah daripada mengubati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi betul banget, dokter gigi selain mahal, juga kadang menakutkan hahaha

      Delete
  28. Baru tahu nih Sasha punya varian baru! Aku dan keluarga pakainya Sasha yang warna putih dan untungnya cocok buat rame-rame, nanti mau coba yang ini kalau habis ah~

    ReplyDelete
  29. Siwak memang luar biasa ya manfaatnya mba. Aku juga pakai pasta gigi bersiwak nih

    ReplyDelete
  30. wah bagus juga ya manfaat nya untuk kesehatan gigi..

    yuk mbak di tumggu follow back nya :)

    ReplyDelete
  31. Wah...iya bangetnih, kak Rey.
    Sajian makanan saat sudah lepas Ramadan jadi serba manis dan lengket.
    HIhiii...harus senantiasa dijaga kesehatan mulut dan gigi dengan Sasha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi betul Mba, harus rajin gosok gigi pakai Sasha :)

      Delete
  32. Setuju pake banget Mak jika sakit gigi tu sama sakitnya dengan sakit hati. Dua duanya ogah pokoknya, dah ngalamin semua dan gak mau terulang lagi.

    Anakku yang bayi juga giginya tanggal 1 kemarin. Padahal baru tumbuh 2 mingguan, sedih banget aku tu. *curhat jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha mending nggak sakit ya, ngapain milih sakit :D

      Delete
  33. Bagus banget sharingnya kak. Gigiku pas banget ini lagi sakit. Karena lagi hamil sering gigi sakit tapi tetap saja suka makan yang manis-manis. Memang harus di jaga banget kesehatan gigi ini biar gak semakin parah. aku sih belum pernah coba pakai Sasha, sepertinya bagus juga karena bahannya juga alami. next time kalau ingin coba mungkin aku cari di toko dekat rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu serem banget kalau lagi hamil terus sakit gigi :)

      Delete
  34. Nggak bikin bau mulut kalau pakai pasta gigi ini. Selain bahannya alami, pakai siwak kan sunnah hehe. Meski begitu, ujung-ujungnya tetep kita harus jaga kesehatan gigi dgn menyikat teratur dan nggak sembarangan makan makanan manis yg bisa merusak gigi.

    ReplyDelete
  35. Sewaktu kecil pernah gigi saya berlubang.Penyebabnya kalau sebelum tidur nggak pernah menyikat gigi dulu malah makan yang manis-manis. Tambah deh parah.

    ReplyDelete
  36. Satu lagi rekomended produk keluarga yang bagus dan dibutuhkan. Makasih review Sasha-nya mbak

    ReplyDelete
  37. Kesehatan gigi memang dimulai dari perilaku atau kebiasaan baik terkait dengan hal itu ya. Salah satunya ya dengan rajin gosok gigi. Pilih pasta gigi yang tepat dengan kebutuhan keluarga muslim juga salah satu faktor penting yang harus diperhatikan.

    ReplyDelete
  38. Aku juga pakai sashwa siwak pencegah gigi belrubang ini Mbak. Suka sih apalagi Ramadan kemarin bener-bener gak bau mulut lagi. Semoga juga bisa menajdi ikhtiar buat mencegah gigi berlubang aamiin

    ReplyDelete
  39. Kemasannya sangat Nusantara sekali. Merah putih hehehe....semoga semakin banyak dipakai masyarakat Indonesia. Aamiin...

    ReplyDelete
  40. Pernah pake sasha jga tpi yg coklat varian sirih kyaknya dan beneran berasa kyak pake sirih gitu, next coba varian ini deh

    ReplyDelete
  41. Aku niiiiih yayang suka makan manis dan akhirnya gigi banyang yang berlubang ,😥😥😥.

    Aku jadi pengen cba deh, soalnya belum pernah pakai atai beli atau lihat pasta gigi merk ini di minimarket.

    ReplyDelete
  42. Gigi saya nggak ada yang berlubang mba, tapi saya tau banget sakitnya gigi berlubang karena melihat teman saya sendiri kesakitan jaman sekolah. Hehehe, saya bersyukur ibu saya dari saya masih ingusan selalu memaksa saya sikat gigi, karena menurut beliau gigi itu penting untuk dijaga sebab kalau nggak dijaga bisa jadi sarang bakteri :))))

    Semakin saya besar, semakin saya paham kalau menjaga kebersihan dan kesehatan gigi itu penting banget ~ karena selain agar nggak ada penyakit, juga untuk penampilan. Hehehe. Too bad, saya belum pernah coba Shasa Siwak, semoga nanti bisa coba dilain kesempatan. Eniho, terima kasih sharingnya mba, bermanfaat bagi orang-orang yang belum aware bahwa kesehatan gigi itu sama pentingnya dengan kesehatan kulit dan lain-lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tuh sirik banget sama orang-orang yang giginya kuat, ada juga yang memang zat asam atau apa ya di mulutnya kuat, jadinya bikin gigi mudah rapuh

      Delete
  43. Ahh emang gigi berlubang emang challenge banget untuuk para penyuka makanan manis sepertiku juga hehe. Harus lebuh aware merawat gigi mengurangi makanan manis juga

    ReplyDelete
  44. Hello pretty, surely this product is great, I think it is not here.
    By the way, I have realized that we are not following each other yet, if you want that we also follow each other, you know, you follow me and I will come back tomorrow to follow you too, beautiful.

    ReplyDelete
  45. Ini harganya terjangkau banget, kayaknya aku harus coba deh. Penasaran banget sama pasta gigi siwak, kata temenku oke buat mulut seger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, terjangkau dan pas banget buatu menjaga kesehatan gigi :)

      Delete
  46. Baguus yaaa Sasha merah ini. Aku pake di rumah yang herbal warna gold, suami cocok, anak-anak juga bisa pake krn nggak pedes. Mau coba yg siwak ini deh habis yang di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Mba, yang ini khusus pencegah gigi berlubang :)

      Delete
  47. lagi gencar ya produk ini diiklankan

    ReplyDelete
  48. belum pernah pake tapi udah familiar banget sama produk ini mbak, kapan2 tak coba deh

    ReplyDelete
  49. Waaah, boleh juga ini dicoba. Saya baru tahu. Makasih banyak ya, Mbak, atas informasinya ini.

    ReplyDelete
  50. Gigi lubang ga enak bangeet. Sakit beut, sampe rasanya gak gigi doang yang sakit. Apalagi kalo pas denger musik yang keras, haduh rasanya pengen makan orang :v.

    Btw, dijual di mana aja itu mba? Apa di minimarket-minimarket atau supermarket-supermarket sudah ada kah, terutama di Surabaya? :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhahahaha, gitu ada yang bilang lebih baik sakit gigi ya, belom tahu dia :D

      Ada di mana-mana kok di minimarket juga ada :)

      Delete
  51. Kok aku nggak pernah liat merk ini di swalayan yaa? padahal seperti yang Mbak tulis ulasannya, Siwak ini juga popular di kalangan dokter gigi. Malah katanya kalau merk tetangga tuh abis sikat gigi masih perlu kumur-kumur. Kalau pakai Siwak, katanya gaperlu lagi. Pernah tau gak Mbak? hehehe

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok di minimarket, saya beli di minimarket kayak syariah gitu sih, kayaknya di Indomart atau Alafa juga udah ada kok :)

      Delete
  52. wahhh boleh ini coba pasta gigi ini mbak, dulu pernah pakai pasta gigi siwak tapi beda merek nggak begitu suka. jadi penasaran kl dari merek Shasha ini enak nggak, hihi

    ReplyDelete
  53. Skrg byk bgt nih pasta gigi yg mengandung siwak ya mbak, tp aku masih setia sama pasta gigi khusus bumil & busui itu hahahha, ntr kalau udah ga menyusui mau coba yg ini

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)