Penipuan Rekrutmen PT Antam (Persero) Tbk Melalui LinkedIn


penipuan pt antam

Sharing By Rey - Penipuan PT Antam terjadi kepada suami saya.

Yang namanya suami istri seharusnya saling melengkapi kan ya, begitulah insha Allah yang terjadi di rumah tangga kami.

Saya yang tergolong orang yang selalu hati-hati dalam bertindak, gak gampang percaya pada hal apapun sebelum mencari tahu kebenarannya.



Eh berjodoh dengan seseorang yang kurang awas, dan mudah percaya terhadap sesuatu hal tanpa dicari tahu terkebih dahulu kebenarannya.


Begitulah, semalam si suami tiba-tiba senyum-senyum senang bin sedikit gugup, setelah saya tanya ternyata beliau baru saja membaca email yang berisi surat undangan test dan interview PT Antam (Persero) Tbk di Jakarta, sedikit heboh dan panik karena ternyata beliau diminta segera konfirmasi paling lambat sore kemaren pukul 18.00

Seperti biasa, si suami selalu kepikiran untuk meninggalkan saya beserta anak-anak meskipun hanya sebentar, oleh karena itu beliau agak bingung.

Saya yang tahu tentang itu berusaha menghibur dengan meminta untuk dicoba dulu, masalah harus meninggalkan kami sejenak itu bisa diatur.

Langsung deh si suami sumringah dan (tetap) heboh, karena rada gimanaaa gitu lihatnya, sayapun membantunya membaca persyaratan yang dikirim melalui email dalam bentuk PDF.

Ternyata di situ ada keterangan, bahwa si suami beserta beberapa orang dari berbagai daerah diundang untuk mengikuti test tertulis dan wawancara di Jakarta, dan testnya sendiri selama 2 hari dimulai hari Jumat, 11 Mei 2018 nanti.

Suami sedikit pusing karena melihat keterangan harus konfirmasi sebelum pukul 18.00, padahal saat itu jam telah menunjukan pukul 19.00

Sayapun menenangkan beliau dengan meminta untuk mengirim sms konfirmasi meskipun waktunya sudah lewat, lagian salah sendiri si HRD ngirim email mepet banget dengan batas jadwal konfirmasi.

Dan suamipun menuruti, smspun dikirim sesuai petunjuk dengan format : Untuk Luar Wilayah JABODETABEK REG.PTANTAM/Nama Lengkap/No.KTP/Alamat/Rute Penerbangan/ATM Pembayaran/E-mail

Eh siapa sangka? belum juga 5 menit sms terkirim, yang bersangkutan langsung menelpon ke nomor suami. Dan seperti biasa, suami dengan sedikit gugup karena excited menerimanya.

Saat suami sedang menerima telpon tersebut, saya membaca ulang persyaratan yang dikirim, lalu tidak sengaja memeriksa file asli dari email yang diterima suami.

Tiba-tiba saya mulai ragu, bagaimana tidak? email tersebut memakai domain gmail.com

Bagaimana bisa perusahaan sebesar PT Antam (Persero) Tbk memakai email dari domain gratisan? Kalaupun PT Antam memakai pihak ketiga untuk recruitment karyawan, gak mungkin banget memakai HRD yang biasa sampai gak punya website sendiri.

Secepatnya saya membuka Google dan mencari website PT Antam, ternyata websitenya adalah www.antam.com, serta email beberapa kontaknya memakai domain dari website resminya.
Saya kembali membaca file persyaratannya daaann kecurigaan makin membesar.

Ada banyak kejanggalan di sana, dari kop surat yang alay ala-ala banner lebay (masa kop surat perusahaan sebesar PT Antam, ada foto orang?)

Foto kecil ala stempel yang setelah saya perbesar ternyata hanya sebuah foto gak jelas plus kebalik pula hahaha.

Tembusannya pun kayaknya lupa diedit, sehingga pakai tembusan direktur keuangan PT Waskita Karya (kayaknya si penipu pakai form buat menipu lowongan di Waskita dan lupa diedit hahaha)

Dan setelah diteliti lebih dalam, file tersebut ancur seancurnya dan tidak pantas disebut file dari sebuah perusahaan besar seperti PT Antam.

Setelah suami selesai menelpon, sayapun kepo dan gak sabaran menanyakan apa yang dikatakan sipenelpon, katanya suami harus mentrasfer uang buat tiket pesawat PP saat itu juga, si penelpon akan memboking kan tiket dan mengirimkan kode booking lalu suami diminta transfer ke rekening ybs.

Setelah dengar itu makin yakinlah saya kalau itu penipuan, terlebih belum juga apa-apa si penelpon menelpon kembali dan menanyakan apakah sudah ditransfer?

Ampuuuunnn saya jadi geram rasanya..

Bukan geram karena ditipu, tapi geram karena yang nipu BODOH banget sih hahaha.


Kan lucu ya, dia pasang iklan di LinkedIn (parah ya, sampai masuk ke website seperti itu) lalu yang apply juga sertakan CVnya yang mana keliatan kan kalau yang apply itu gak bodoh-bodoh banget, mbok ya pakai taktik sedikit, jangan grasa grusu nafsu amat mau nipu, kan saya jadi gak semangat buat ngerjainnya hahaha.

Akhirnya saya meminta suami untuk mematikan HPnya sejenak, karena saya tau suami pasti kesal dikerjain oleh si penipu, sayapun yang sebenarnya hobi banget ngerjain orang penipu kayak gitu jadi malas buat ngerjain balik, soalnya gak menantang sih, mudah ketebak penipunya hahaha.

Dari kejadian tersebut, saya ingin berbagi tips untuk menyiasati penipuan-penipuan yang sejenis, agar tidak ada lagi pihak-pihak yang tertipu :


Hati-hati dan teliti saat apply lowongan pekerjaan online meskipun itu melalui aplikasi terpercaya seperti LinkedIn.


Suami ternyata apply lowongan tersebut melalui LinkedIn, setelah saya cek di LinkedIn memang ada beberapa lowongan sejenis, namun memang ada yang aneh, nama perusahaannya (PT Antam (Persero) TBK) tidak terhubung dengan akun PT Antam di LinkedIn.


Jadi, saat meng-apply lowongan, jangan lupa check perusahaannya, jika memang terlink dengan akun perusahaan besarnya, bolehlah coba di apply.

Sebelum Apply, ada baiknya mencari tahu lowongan sejenis di website aslinya atau Google.


Untuk perusahaan-perusahaan besar, biasanya selalu mengumumkan secara terbuka jika ada rekrutmen, pengumuman tersebut dipajang di website perusahaan lengkap dan pastinya bakal di copas oleh banyak blogger yang akan direpost di blog masing-masing demi mendatangkan pageview hihihi.

Jadi, jika benar ada rekrutmen, jejaknya akan ada banyak di Google.

Jika tidak ada berita sejenis, sebaiknya urungkan niat apply lowongan tersebut, karena sayang saja jika CV dan biodata kita disalahgunakan oleh si penipu.

Saat menerima panggilan interview baik melalui email maupun telpon, pastikan kita sedang dalam keadaan yang sadar dan fit, dan jangan lupa berbagi kabar tersebut dengan orang terdekat kita.


Siapa sih yang gak senang mendapatkan berita dipanggil interview oleh perusahaan besar, terlebih semuanya ditanggung pula oleh perusahaan, naik pesawat pula bukan kereta hahaha.

Suami pun sedemikian excited, beruntung beliau sedang ada di rumah dan memutuskan berbicara duluan ke saya, bukannya memberikan kejutan pada saya.

Jika tidak, bisa jadi beliau mungkin terhipnotis karena over excited-nya.

Melihat dari cara kerja si penipu, dia memanfaatkan keadaan over excited seseorang sehingga calon korban gak punya kesempatan untuk berpikir.

Si penipu kurang canggih juga sih, harusnya kan dipelajari dulu data atau CV si calon korban, jadi dia bisa memastikan ybs sendiri atau enggak?

Cari tahu data perusahaan yang mengundang interview secara detail.


Sebenarnya, ditipu atau enggaknya, mencari tahu data perusahaan yang akan kita datangi buat interview adalah hal yang penting.

Namun untuk kasus ini, hal pertama yang bisa dilihat adalah dari alamat email pengirim.
Untuk PT Antam sendiri, alamat email HRDnya memakai domain perusahaannya yaitu email recruitment@antam.com

Jadi gak mungkin banget jika menggunakan email dengan domain gratisan seperti gmail maupun yahoo.

Jangan percaya dan mau membayar untuk mendapatkan pekerjaan.


Yang namanya kita cari kerja pastinya buat cari uang kan ya, jadi say no deh sama yang namanya harus bayar, kecuali kita bikin usaha, pastinya cari uang juga dengan menggunakan uang juga pastinya.

Jadi jangan mau deh kalau disuruh bayar demi jadi karyawan, mending bayar buat jadi CEO saja hahaha.


Setelah kejadian tersebut, sayapun mulai googling tentang penipuan lowongan kerja PT Antam (Persero) Tbk, dan ternyataaaa... sungguh miris, ada banyak kisah-kisah serupa yang terjadi.

Dan Alhamdulillah kesemuanya belum sempat transfer uang yang diminta dengan berbagai alasan keperluan.

Semoga saja tidak sampai ada orang yang tertipu ya, bekerja di perusahaan yang besar memang impian banyak orang, tapi setidaknya pergunakanlah logika untuk meraih impian tersebut.

Karena ada banyak orang malas yang ingin mencari uang secara instan di luar sana, melihat fenomena lowongan pekerjaan bagaikan melihat peluang usaha..
Usaha buat menipu.

Buat orang-orang yang suka nipu, semoga saja diberikan hidayah olehNya.
Daripada menghabiskan energi, waktu, usaha untuk menipu, mending gunakan waktu, energi dan usahanya buat menciptakan lapangan kerja yang kreatif.

Karena sesungguhnya menipu itu juga butuh usaha loh, mulai dari mikirin konsep penipuannya, ketik surat palsu yang meskipun abal-abal tapi setidaknya terlihat asli, mengatur kata untuk meyakinkan korban, dan juga mengabaikan perasaan bersalah saat berhasil menipu orang lain.

Saya rasa semuanya butuh mental yang kuat untuk melakukannya, jadi mengapa gak dialihkan ke hal yang positif saja?

Buat pemilik nomor HP abal-abal 085281109678, kerja dengan halal itu asyik loh, berkah pula.
Btw sekarang masih di Jakarta kah? saya tahu anda berada di Jakarta loh..
atau sudah berpindah tempat lagi?
Hati-hati loh, kecyduk polisi baru tau rasa.

Berikut adalah screenshoot surat undangan interview abal-abal, yang ternyata saya juga nemu surat serupa dengan nomor HP yang sama (berani banget ya si penipu) di facebook seperti ini.
Dia menipu yang lain atas nama PT Wijaya Karya, hhhh...







Ada yang pernah mengalami kejadian serupa?
Share di komen yuk.



Sidoarjo - 09 Mei 2018

@reyneraea

57 komentar :

  1. Waaaah parah ini mba harus dilaporkan yg begini. Waktudulu kakak saya jg pernah ketipu dr loker di koran. Eh pas panggilang dimintain duit yg bakal jamin bs diterima. Ngeselin bgt ya dan byk loh organisasi yg mengatasnamakan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waooo, niat amat si penipu sampai pasang iklan segala ya?
      Semoga segera terciduk deh para penipu itu, meresahkan banget

      Hapus
    2. Wkwk saya dua kali kena begini..interview di PT.X disuruhbayar 750k, barusan ini diemail antam pake gmail. Semoga Allah segera Menindak -_- hati2 dimodusin.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. mba sobat jamu, aku jg korban dari pt.antam penipuan ini, yg aku takuti skrg ktp,kk,dll udah aku kirim kemereka, gimana kalo di salahgunakan ya mba,hiks

      Hapus
    5. Astaghfirullah sabar ya kak resilient, semoga data2nya aman. Hati2 jika ada embel2 biaya training, kerjasama dg pihak travel, dll itu. Nackal mereka.

      Hapus
    6. UnknownSaturday, September 05, 2020
      Waduhh.. untung aku cek dulu info nya, soal ny barusan aq dapat email dari PT.Antam ..dapat undangan seleksi di jakarta
      Karena infonya Ticket PP penjemputan hotel dan akomodasi perjalanan serta makan nya di ganti, aku seneng dong
      Tapi pas aq tnya berapa jumlah nya sekitar 4.750.000 aku lagsung ragu takut penipuan..
      Pas aku lihat postingan ini jadi makin yakin kalo ini semua penipuan.

      Reply : setahu saya perusahaan sebesar Antam kalau rekrutmen nggak senorak itu pakai kerjasama minta duit transport :D

      Hapus
    7. Nih mba baru bngt masuk interview penipuan saya untung hati2 baca2 dlu d google sama cek lagi prusahaan yg mau interview ny..

      Hapus
    8. Unknown :
      Saya jg barusan dpt panggilan sama peris kaya gitu untung langsng baca postingan ini langsung yakin bahwa ini fix penipuan cm yg sy bingung kalo pengen ngehapus lamaran saya gmn ya caranya ya mba?khawatirnya database cb saya sijadikan databased para penipu tsb buat dijadikan bahan penipuan ke org lain

      Aswer : Bener banget, sebenarnya banyak aplikasi pencari job juga udah sering banget kasih edukasi tentang ini :)

      Hapus
  2. Iiiihh, aku serem deh sama yang beginian. Di jogja sering banget penipuan lapangan kerja. Modusnya mengelem teh kalo enggak salah. Jahat banget lah sama elaku, harusnya bisa dilaporkan ya. Alhamdulillah mbak rey dan keluarga masih dikasih keselamatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parah nih sy baru dapat panggilan interviewnya via email dan sms ...

      Hapus
  3. aku juga dulu ujug2 diemIl sama salah satu bumn katanya aku harus ke surnaya sama sih penipuannya gitu minta transfer buat bookinh pesawat traveloka lsg ku tanya temen yg kerja disana dan kasih tau ga ada yg begitu prosesnya yowis tak biarkan saja padahal aku ga apply kemana2 hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sekarang lebih canggih mba, mereka bikin lowongan palsu, setelah orang apply baru deh dikerjain, hhhh

      Hapus
    2. Aku sering liat penipuan kaya gini berkedok pt djarum, pt chevron .. Dia bikin sok sok pake materai lah pake nomor apalah

      Hapus
    3. Iyaaaa, aslinya sangat ketahuan kalau abal-abal, namun masih banyak yang ketipu juga :(

      Hapus
  4. ihhh ngeri banget yaa? kasian banget kalo yang kebetulan dapat email itu adalah orang yang sedang butuh kerjaan dan mereke percaya dan udah kirim uang, huhuhu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dah, jangankan yang jobless, suami saja iseng tapi berbunga-bunga baca surat tersebut

      Hapus
  5. Ya ampun itu kop suratnya, ANTAM kan perusahaan BUMN, ya. Ngapain make foto-foto gitu.
    Dan entah foto siapa disitu. Bisa jadi foto orang lain dicatut sama si penipu. Hiks, jahat banget nih para penipu -_-

    BalasHapus
  6. Saya sering denger nih mba, penipuan by lowongan kerja online, banyak bgt. Kalau ga teliti bisa kejebak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaooo, saya baru kali ini tau penipuan lewat lowongan kerja di aplikasi yang resmi seperti linkedIn

      Hapus
  7. dari kop suratnya aja aneh ya, bener kata mb rey, mana ada kop ada fotonya segala, apalagi sekelas antam

    BalasHapus
  8. Terimakasih sharenya. Kebetulan sekaseka saya juga ngalamin hal serupa. Karena byk hal mengganjal akhirnya coba browsing dan nemi artikel ini

    BalasHapus
  9. Saya baru saja mbak dapat email yabg seperti ini, tapi kop suratnya sudah lebih menyakinkan dan saya sudah coba email ke situs resmi perusahaan untuk memastikan keasliannya setelah saya cari tahu tentang perusahaan tersebut di google. Terimakasih mbak atas info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, emang cek dan ricek itu penting biar ga ketipu :)

      Hapus
  10. Syukurnya Allah masih melindungi Mbak rey dan suami dari kejahatan penipu. Keserakahan bisa membutakan nurani, cuma dengan doa semoga kita terhindar dari musibah demikian. Kuncinya waspada, ya, Mbak.
    Sudah abgus suami bilang dulu pada istri karena itu adalah hal yang paling utama: keterbukaan. Jangan sampai hanya karena terlalu girang lalu mengabaikan kewaspadaan juga logika.
    Penipu zaman sekarang mah gak peduli rasa bersalah karena hatinya sudah kebas, hitam mengeras. Makannya juga niscaya akan dengan jalan haram melulu soalnya sudah milih jalur demikian, makanya gak puas-puas dan hggak akan pernah merasa cukup sampai timbunan dosanya menumpuk. Naudzubillah min dzaliq.
    Baguslah kusah penipuan dibeberka di blog agar makin banyak yang tahu, dan semoga perusahaan yang nerbitin kartu telefon tersebut memblokir nomornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, beneran bikin kesal, ternyata udah banyak banget yang dapat kayak gini, bahkan bisa jadi ada yang udah ketipu, kasian juga ya :(

      Hapus
  11. Dear teman2 yang komen di sini, mohon berikan link nama yang benar ya, jika tidak punya Google, atau url, mending pilih anonymous :)
    Karena kalau link ga lengkap, bakalan terhapus karena jadi broken link :)

    BalasHapus
  12. Info dari linkedin pake email recruit. antam@asia.com dibuka februari 2019 ini juga ada lowongan tsb. Apakah benar itu penipuan juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan percaya mba, mending ke website nya langsung :)

      Hapus
  13. Saya freshgraduate, jadi pernah pas dapat info loker tambang langsung ngedaftar aja. Dan ternyata keesokan harinya langsung dibalas email "@gmail" dan ditelpon pake nomor hp utk tes. Saya dan orang tua yaaa percaya gitu aja dan dimintai uang dan katanya bakal di refund kalau sdh disana (surabaya). Saat itu sempat mikir2, dan sudah hampir mengiyakan, tapi saya agak takut krn saya sendirian dan gk pernah jg ke luar pulau sendirian, jadi bapak saya langsung bilang "gak usah aja kalo ragu", cari yg disini aja. Disitu saya agak sedih.

    Beberapa hr kemudian saya crita ketmn saya dan katanya yg begitu biasanya penipuan. Stelah itu saya langsung cari2 modus penipuan digoogle dan ternyata benar itu penipuan, dan disitu saya bersyukur krn saya gak mentransfer uang saat itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya saya menuliskan pengalaman ini, karena sebenarnya udah banyak banget penipuan kayak gini, tapi sayangnya masih terus beraksi

      Hapus
  14. saya fresh graduate dapat email dari @gmail juga tadi pagi, tapi kok saya masih bingung mau mengiyakan atau tidak karena itu tempat interview nya juga di Kalimantan Barat..
    keluarga sih sudah ada yang mendukung tapi saya masih ragu. kira² saya harus mengiyakan atau tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanya aja dulu biar jelas mba, biasanya ciri-ciri penipu itu, belum apa-apa udah minta duit :)

      Hapus
  15. saya juga baru aja kena. Penipu suruh saya pesan tiket pesawat ke jkt utk interview besok. disuruh pake uang sndiri dl ntr diganti prusahaan.
    Pemesanan tiket disuruh melalui traveloka tp melalui sms. saya mulai curiga, trus dikasi website travelokanya dsini
    pt-travelokatour.blogspot.com
    sekelas traveloka pake blogspot? hahaha.. dari situ langsung delete pesan email si penipu bodoh it

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeheheh, syukurlah gak sampai ketipu ya, intinya, kalau mau cari kerja, terus ada yang nyuruh bayar, sudah pasti penipuan :)

      Hapus
  16. tks sharingnya mba ..... jumat lalu saya jg mengalaminya, dpt email yg serupa. krn merasa ad yg aneh dari suratnya, makanya saya cari tau

    BalasHapus
  17. Aku juga baru dapet email kemarin dan baru tau hari ini ku buka emailnya. Dan benar sama aja apa yg saya rasa. Tp aku blm konfirmasi hadir/tidak nya. Apa dibiarkan saja yah Bu jgn ku respon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau respon kerjain boleh, sesekali memang butuh dikerjain tuh orang-orang kayak gitu biar kapok hahaha

      Hapus
  18. Pagi ini jam 8 saya mendapat email dari PT Antam, isi nya sedikit meyakinkan di lampiran slide 1 2, ttpi di slide 3 4 hanya fokus sama travel yg katanya kerja sama sama Antam. Kop surat okr lah bener tp penulisannya itu lho kok banyak typo nya banyak banget. Masa iya perusahaan Bumn bikin surat isi nya banyak yg salah.
    Pas mampir kesini ternyata sama kasus nya.
    Terimakasih utk yg membagikan pengalaman disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, nipu tapi kurang sabar, nulis aja banyak typo hihihi

      Hapus
    2. awal nya dapet sms bahwa saya telah dikirim email oleh antam. pas saya cek kotak masuk email bener mmg ada dr yang katanya PT Antam. yakin pas baca diurut dari awal slide 1 dan 2 karena jelas keterangan yang lolos dan nama2 yg lolos juga ada. sampai di slide 3 4 hanya berfokus sama travel yg kerjasama (katanya). di slide 5 isinya ttg UU tenaga kerja gitu.

      Hapus
    3. Lah kan aneh kudu berurusan dengan travel :)

      Hapus
  19. UnknownSaturday, May 09, 2020
    Wah parah nih, tipu sana tipu sini. Sekedar berbagi ya,.saya dalam 3 bulan ini mendapat email penipuan dari bbrpa perusahaan besar al: pertamina, pgn, waskita, wartsila, juga antam dan terakhir sampoerna. Modusnya sama persis mbak..,hebat sekali penipu ini...karena saya selalu skeptis soal begini maka saya hiraukan saja...hehehe

    ans : Anehnya masih banyak juga loh yang tertipu :D

    BalasHapus
  20. UnknownThursday, August 13, 2020
    Saya pagi ini mendapatkan email dari recruitment.antam@gmail.com bedanya suratnya lebih bagus daripada surat yg di dapat suami mbak. Mungkin udh diperbarui penipunya kali ya haha. Terimakasih mbak atas infonya untung saja belum saya transfer ke travel yg tertera bahkan sms pun belum karena saya langsung cek google duluan.

    Reply: hihihi mereka terus berbenah biar nipunya lancar, miris ya hehehe.
    semoga nggak ada yang ketipu :)

    BalasHapus
  21. Yth. Pelamar PT ANTAM PERSERO Tbk
    Undangan Tes Interview Calon Karyawan sudah dikirim Via Email
    Silahkan cek di kotak masuk/spam email anda.

    Manager HRD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah interview dong, langsung terima aja :D

      Hapus
    2. Sama banget mas, saya juga kemarin baru aja dikirim sms seperti ini

      Hapus
  22. Huuhuuu, ak dapet email gitu td pagi.. untung keluarga jg gak ngijinin & pas ak baca ini jas deh itu pnipuan bangeettt. parah siihh udah seneng2 eh ketipu :v

    BalasHapus
  23. UnknownTuesday, December 08, 2020
    Wah baru banget aku dapet email undangan interview dari pt Antam. Aku aplly lamaran via email 7 Desember 2020 trus lgsung dapet dapet balesan di tanggal 8 Desember 2020. Btw email yg balesin aku tu gini domainnya recruitment@antam.com
    Tapi disitu pada intinya aku diminta bayar akomodasi hotel, pesawat dan hotel. Wah gimana nih

    Reply : setau saya, perusahaan sebesar Antam, ga bakal ikutin cara norak gitu.
    Untuk lebih jelasnya, coba email ke kontak Antamnya langsung, buka websitenya di bagian contact us

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)