Topik Artikel yang Menarik untuk Dibaca Ibu-Ibu

topik-artikel-yang-menarik

Topik artikel yang menarik untuk dibaca ibu-ibu itu beragam sih ya, dan jujur saya lebih suka riset hal ini melalui grup KBM (Komunitas Bisa Menulis) di facebook.

Grup itu memang amazing sih ya, biar kata isi tulisannya kadang nggak jelas, dan ngabisin waktu saya aja, hahaha. Tapi jujur dari situ saya bisa menemukan topik-topik tulisan artikel yang beragam, dan menarik sih untuk dibahas.  

Baca juga : Grup Bermanfaat Di Media Sosial Ala Rey


Ibu-Ibu Suka Membaca itu Masih Ada Loh

Ibu-ibu yang suka membaca? Masih ada loh ternyata.

Biar kata gempuran konten video melanda, tapi kenyataannya konten tulisan masih diminati juga kok. Hal ini terlihat dari banyaknya interaksi di beberapa grup tulis menulis, kayak KBM itu misalnya.

topik-artikel-yang-menarik

Bahkan di Quora misalnya, konten tulisan tersebut tidak hanya diminati oleh banyak anak-anak muda saja, tapi ibu-ibu juga banyak.

Saya pikir, konten tulisan memang tak pernah lekang oleh waktu, tentunya selama tulisan tersebut menarik untuk dibaca ya.

Akan selalu ada orang yang akan membacanya, tentunya ibu-ibu pun ikut berkontribusi di dalam interaksi membaca tersebut.

Kalau dilihat-lihat, ada beberapa alasan, mengapa konten tulisan masih digemari banyak orang, khususnya oleh ibu-ibu, di antaranya:

  • Tulisannya menarik.
  • Konten tulisan lebih jelas dan detail ketimbang video.
  • Akses konten tulisan lebih murah ketimbang video.
  • Konten tulisan tidak memaksa pembaca untuk membaca tulisan yang tidak diminati, pembaca bisa skip bagian yang tidak diminatinya, berbeda dengan video yang kalau tidak ditonton semuanya, sulit mencari bagian yang dibutuhkan atau yang menarik.
Jadi sebenarnya, literasi membaca ini masih ada dan banyak kok, hanya saja lagi-lagi tergantung tulisannya sih. Kalau yang benar-benar nggak diminati, niscaya pembaca malas membaca tulisan tersebut.

Baca juga : Contoh Blogging Cerita Pernikahan Pribadi yang Menarik


5 Topik Artikel yang Menarik untuk Dibaca Ibu-Ibu

Sebagai blogger, tentunya merupakan sebuah peluang ketika mengetahui bahwa masih ada bahkan banyak ibu-ibu yang suka membaca tulisan dengan topik tertentu.

topik-artikel-yang-menarik

Dan kalau diperhatikan, ada beberapa topik artikel yang digemari ibu-ibu, di antaranya:


1. Topik artikel tentang pernikahan dan konfliknya

Yang namanya topik pernikahan, rasanya tidak pernah lekang untuk dibahas dan dibaca oleh ibu-ibu. Apalagi jika topiknya konflik dalam pernikahan, duh dijamin tulisan bakalan ramai banget.

Terlebih jika topiknya perselingkuhan, masalah mertua menantu, duh peminatnya banyak banget. Masuk akal sih ini, karena masalah ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, dan banyak yang merasa related dengan hal tersebut.

Jadinya, hanya dengan membaca topik demikian, sedikit banyak menguatkan beberapa ibu-ibu yang mungkin sedang berada di posisi yang sama. Di mana dia akan merasa bahwa,

"i am not alone!"

Baca juga : Pernikahan Tak Bahagia, Cerai Tak Selalu Jadi Jalan Terbaik


2. Topik artikel tentang parenting

Selain masalah pernikahan, terutama konflik pernikahan ya, topik lainnya yang sering dibaca ibu-ibu adalah tentang parenting atau pengasuhan.

Biasanya, ibu-ibu sengaja membaca sebuah artikel parenting untuk mencontek beberapa tips atau cara yang dibagikan dalam tulisan tersebut.

Tapi ada juga yang baca hanya karena kepo, lalu semangat ngasih komentar dengan bantahan bahwa tulisan tersebut tidak berlaku di dirinya.


3. Topik artikel tentang mom

Cerita-cerita tentang mom atau ibu, misal kehamilan dan persalinan, menyusui dan lainnya. Hal ini sangat digandrungi oleh banyak ibu-ibu.

Dan yang paling diminati, biasanya adalah tulisan pengalaman pribadi, karena kebanyakan ibu-ibu merasa lebih tenang jika masalah mereka ada di ibu lainnya, dan berhasil diatasi sang ibu tersebut.

Misal masalah kehamilan dengan placenta previa, dijamin para ibu yang mengalami akan mencari tulisan pengalaman ibu lainnya untuk dibaca, agar hatinya lebih tenang.

Baca juga : Pengalaman Hamil dengan Placenta Previa


4. Artikel tentang masakan

Topik berikutnya yang digandrungi para ibu adalah tentang masakan. Meskipun topik ini memang tidak sebanyak topik dari poin 1-3 di atas. Karena kebanyakan ibu-ibu lebih menyukai konten video untuk masalah masak-memasak, karena mereka bisa lebih puas melihat resep dan caranya secara langsung.

Meskipun demikian, masih ada loh ibu-ibu yang suka membaca artikel tentang masakan.


5. Artikel tentang rumah dan isinya

Berikutnya, artikel yang diminati para ibu adalah, tentang rumah dan isinya. Mulai dari cara merapikan rumah, renovasi rumah, disain interior rumah, hingga ke tips-tips atau hack pekerjaan di rumah.

Topik ini agak sama dengan tema masakan, di mana lebih banyak ibu-ibu yang menyukai konten video, karena memang lebih detail dan mudah untuk ditiru.

Tapi ada juga sih yang suka konten tulisan, namun pastikan tulisan tersebut punya lampiran gambar-gambar yang menarik ya.

Baca juga : Namanya juga Punya Anak Kecil


Kesimpulan dan Penutup

Masih banyak loh ibu-ibu yang suka membaca, meskipun lebih terbatas pada beberapa topik tertentu, seperti topik pernikahan dan konfliknya, topik parenting atau pengasuhan, topik mom atau ibu, hingga topik masak memasak dan topik rumah dan isinya.

Hal ini bisa menjadi ide terbaik untuk menulis di blog loh.

Jadi, siapa nih yang suka nulis topik-topik tersebut di atas? 


Sidoarjo, 13 Juni 2023

#TuesdayBlogging

Sumber: Opini dan pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang beberapa topik artikel yang menarik untuk dibaca ibu-ibu, semoga bermanfaat.

1 komentar :

  1. Masih banyak memang wanita atau ibu2 yg suka membaca, termasuk aku 😁. Dan bener Rey, alasan kenapa aku suka baca, salah satunya Krn video susah diskip. Kalo mau liat resep masakan, aku LBH seneng dlm bentuk tulisan, Krn bisa diliat di bagian yg mau kita eksekusi. Kalo video kan hrs nunggu dulu sampe ketemu part yg kita cari 🤣

    Semua jenis bacaan aku suka sih. Tergantung saat itu sedang butuh topik apa..

    Tapi agak menghindari cerita yg terlalu romance ga jelas 😅 , atau parenTing aku juga jarang baca. Krn punya prinsip aja, masing2 pengasuhan beda. Jadi mendingan aku cari caraku sendiri yg pas di aku.



    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)