Me Time Asyik dan Menyenangkan Sebagai IRT Ala Rey

me-time-asyik-dan-menyenangkan

Me time asyik dan menyenangkan sebagai ibu rumah tangga atau IRT itu banyak, khususnya buat saya yang memang punya beberapa hobi yang menyenangkan. 

Karenanya, adalah hal yang sangat mustahil, jika saya merasa bosan, hanya karena menjadi seorang ibu yang tidak punya banyak waktu untuk bisa keluar dan bersosialisasi di luar.


Me time atau waktu khusus untuk seorang IRT itu penting, karena dengan hal tersebut para ibu akan bisa me-refresh kembali mood atau kondisi mentalnya, sehingga bersiap kembali untuk mengerjakan rutinitas yang sama dan berulang bagi seorang ibu.

Baca juga : Me Time Impian Seorang IRT Introvert


Fakta Keseharian IRT yang Terasa Membosankan

Sebenarnya, menjadi seorang ibu rumah tangga itu menyenangkan, apalagi jika sudah mempunyai anak. Seorang ibu bisa memantau perkembangan anaknya dalam setiap detiknya, tanpa terlewatkan setiap momen berharganya.

Seorang ibu rumah tangga juga tidak perlu was-was karena anaknya harus ditinggalkan bersama orang lain. Bisa membahagiakan anak karena dapat mengantar jemput anaknya sendiri, sebuah hal yang kadang sulit dilakukan jika seorang ibu harus bekerja di luar.

Di rumah pun bisa menemani anak bermain, belajar dan menghabiskan waktu selalu bersama anak-anak. 

Namun, dibalik semua hal-hal menyenangkan yang bisa dirasakan seorang ibu rumah tangga tersebut. Terdapat kenyataan, bahwa menjadi seorang IRT atau ibu rumah tangga juga kadang terasa membosankan. Apalagi kalau masih punya anak kecil.

Rasanya, hidup seorang ibu itu semua tercurahkan buat anak dan suami semata, melakukan hal yang rutin berulang setiap harinya.

Mulai dari bangun tidur, hingga akhirnya menjelang waktu tidur kembali, seorang ibu hanya terkukung oleh pekerjaan mengurus anak, suami dan rumah. 

Tidak heran jika banyak ibu rumah tangga yang merasa bosan dengan hal tersebut.

Belum lagi, menjadi seorang IRT yang meskipun pekerjaannya mulia, namun kurang terasa ada pencapaian, layaknya menjadi seorang wanita karir.

Terlebih jika ibu rumah tangga tersebut merupakan mantan pekerja di luar rumah, terbiasa dengan berbagai kesibukan yang beragam, terbiasa dengan target yang nyata, terbiasa dengan segala mobilitas dan bertemu orang-orang banyak dan mungkin berbeda setiap harinya.

Tiba-tiba harus menjadi seorang IRT, yang lingkup mobilitasnya jadi lebih terbatas dan rutinitasnya jadi berulang hanya itu-itu saja. Tidak heran banyak IRT yang merasa bosan dan seperti depresi karena hal tersebut.

Baca juga : Alasan Utama Seorang Wanita Menjadi Working Mom


Beruntung Punya Banyak Hobi Menyenangkan 

Sebenarnya, menjadi seorang IRT tanpa rasa bosan itu memungkinkan banget. Kunci utamanya adalah mempunyai hobi yang bisa dilakukan dari rumah saja.

Hal ini penting, karena tidak semua IRT bisa punya waktu khusus untuk keluar rumah demi melakukan hobinya.

Jika punya hobi yang bisa dilakukan dari rumah, seorang IRT bisa mengambil kesempatan di beberapa waktu memungkinkan, untuk bisa melakukan hobinya tersebut.

Misal, ketika malam hari di saat anak-anak sudah tidur, meluangkan waktu sejam dua jam melakukan hobinya, akan sangat bisa me-refresh pikiran untuk bisa kembali semangat menyambut rutinitas di setiap harinya.

Beruntungnya, sebagai seorang IRT, saya punya banyak hobi yang kesemuanya bisa dilakukan di rumah saja. Sehingga lebih mudah buat saya untuk bisa me time yang asyik dan menyenangkan setiap saat.

Di antara hobi sekaligus jadi me time yang asyik dan menyenangkan untuk saya adalah:

  • Menulis. Saya sukaaaa banget menulis karena bisa menjadi sebuah release kepenatan buat saya. Hampir setiap ada waktu luang, saya gunakan untuk menulis, dengan media blog ataupun media sosial.
  • Membaca. Selain menulis, saya juga suka membaca. Dulunya sih saya suka baca novel fiktif, tapi seiring waktu berlalu, saya lebih menyukai membaca pengalaman-pengalaman nyata orang lain tentang kehidupan. Baik melalui blog maupun media sosial atau buku.
  • Menyanyi. Dulu ketika masih single, saya sering menikmati hobi saya yang satu ini ke fasilitas karaoke di luar. Tapi setelah jadi IRT, hobi ini bisa dilakukan kapan saja dengan cara ikut bernyanyi mengikuti lagu di YouTube, hehehe.
  • Main game komputer. Ini adalah hobi yang paling saya sukai, karena benar-benar asyik, menyenangkan dan bikin refreshing banget. Bisa dilakukan kapan saja, tidak berisik seperti melakukan hobi nyanyi. Dan nggak perlu repot mikir kayak melakukan hobi menulis, atau jadi ngantuk ketika melakukan hobi membaca. 

Baca juga : Tips Anti Jenuh Menjadi Working Home Mom


Hobi Main Game yang Jadi Me Time Asyik dan Menyenangkan

OMG, rasanya saya sulit menggambarkan betapa cintanya saya dengan hobi main game komputer ini. Dikarenakan, hobi ini bukan semata menyenangkan dan asyik banget buat saya, tapi emang merupakan hobi yang anti ribet-ribet club!.

Nggak perlu sibuk mikir kayak mau menulis.

Nggak perlu juga merasa ngantuk kayak ketika sedang membaca buku.

Juga, nggak berisik dan mengganggu tetangga, kayak kalau saya lagi 'konser' nyanyi mengikuti lagu di YouTube, hahaha.

Saya bisa melakukan hobi main komputer ketika malam hari, meluangkan waktu sekitar 1-2 jam setelah anak-anak tidur.

Yang perlu saya lakukan, cukup menyalakan laptop, buka website https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ , lalu memilih beberapa games yang paling saya sukai.  

Beberapa games online di website tersebut yang paling sering saya mainkan dan sukai adalah:


1. Game Idle Farming Business

Game yang satu ini memang benar-benar bikin nagih banget. Simple, tapi nyenengin dan bikin susah berhenti rasanya, hahaha.

me-time-asyik-dan-menyenangkan

Cara mainnya gampang banget, cukup dengan membuka lahan pertanian kentang, wortel, gandum dan lainnya, lalu menunggunya untuk bisa dipanen.

Setelah siap panen, kita bisa mengeklik untuk memanen hasilnya, lalu kita bisa menghasilkan uang deh.

Uang yang terkumpul, bisa digunakan untuk membuka lahan pertanian selanjutnya, atau bisa juga digunakan untuk mengupgrade harga tanaman panen, atau juga mengupgrade lama masa panen, sehingga bisa panen lebih cepat, harga lebih mahal, dan uang yang terkumpul lebih cepat.

Yang bikin nagih itu, ada rasa puas banget saat bisa mengumpulkan banyak uang dalam waktu yang cepat dari hasil penjualan tanaman. Kemudian uang tersebut bisa digunakan membuka lahan selanjutnya, yang memang harganya semakin lama semakin mahal.

Awalnya saya mengira, susah banget sih ngumpulin uang banyak buat membuka lahan selanjutnya yang harganya makin mahal.

Ternyata enggak juga loh, asal tahu strateginya, uang bakal lebih cepat dan mudah kita kumpulkan.

Serius loh, Temans wajib cobain game ini, cocok banget buat refreshing para mamak-mamak, bikin saya bisa merasakan punya bisnis pertanian meski versi game, hahaha.  

Temans bisa mengakses game menarik ini di website https://www.mortgagecalculator.org/money-games/idle-farming-business/

Baca juga : Anak Saya Bermain Gadget


2. Game Cashier Simulator

Bahagia banget pas nemu game yang satu ini, karena bisa merasakan cosplay jadi seorang kasir. Secara kan ye, saya tuh paling lemot kalau masalah menghitung. Jadinya sering takjub dengan kepiawaian seorang kasir dalam melayani pembeli dengan hitungan yang akurat.

me-time-asyik-dan-menyenangkan

Nah dengan game Cashier Simulator ini, saya jadi bisa merasakan gimana jadi seorang kasir. Di mana ketika ada seorang pelanggan datang, lalu harga barang yang dibelinya tertera di layar, saya harus menekan beberapa angka yang sesuai dengan layar tersebut.

Setelah semua harga dimasukan, sampailah di tahap pembayaran. Ini nggak kalah seru, karena biasanya pembeli yang membayar secara cash, butuh uang kembalian.

Dan kepiawaian dalam menghitung uangpun ditantang.

Saya harus mengerti, pecahan uang berapa yang bisa diberikan kepada pelanggan, dengan jumlah yang sesuai tertera di layar.

Seru banget, karena juga melatih otak dalam berhitung, ya anggap aja latihan hitung-hitungan pecahan uang, biar saya nggak makin pikun masalah perhitungan hehehe.

Oh ya, selain membayar pakai cash, pelanggan juga bisa membayar dengan menggunakan kartu, kalau di tahap ini lebih mudah, karena saya hanya perlu menyecan kartu tersebut.   


3. Game Idle Mining Empire

Sejujurnya, game yang paling sering saya mainkan di website https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ ini adalah, game dalam menu business.

me-time-asyik-dan-menyenangkan

Saya juga suka banget bermain bisnis pertambangan, yaitu game Idle Mining Empire.

Game ini dimainkan dengan cara mempekerjakan orang untuk untuk bekerja di pertambangan, ada yang bertugas untuk menambang, ada juga yang bertugas untuk menaikan hasil tambang ke permukaan tanah. Lalu di permukaan, ada pekerja yang mengangkut hasil tambang tersebut menuju pabrik.

Ketika awal bermain, semua pekerja harus dijalankan secara manual, sampai akhirnya ketika uang telah terkumpul, kita bisa meng-upgrade semuanya.

Mulai dari menambah pekerja manager yang bertugas mengawasi pekerja untuk bisa secara otomatis bekerja, tanpa harus diarahkan secara manual. Sampai menambah pekerja di pertambangan agar pekerjaan menambang jadi lebih cepat.

Demikian juga dengan kecepatan pekerja yang bekerja di pos masing-masing.

Asyiknya game ini, kita bisa menghasilkan uang, meskipun game sedang tidak dimainkan. Misal dilanjutkan besok harinya, maka dengan sendirinya uang akan bertambah dari hasil idle income, yaitu penghasilan yang dihasilkan para pekerja ketika game sedang offline

Jadi, bukan hanya game-nya aja yang disimpan secara otomatis, tapi juga uang bisnis game pertambangan kita akan terus bertambah. Sehingga ketika akan memainkannya lagi, kita sudah punya uang cukup untuk meng-upgrade beberapa hal yang dibutuhkan. 


Selain dari ke-3 jenis games di atas, sebenarnya masih banyak games lainnya yang menarik, seperti: game Jewel Shop, game Flower Shopgame Idle Hypermarket Empire dan masih banyak lagi.

Baca juga : Permainan Menarik dari Faber Castle 


Kesimpulan dan Penutup

Menjadi seorang IRT memang menyenangkan, namun dibalik semua itu, tersimpan seringnya rasa jenuh oleh kehidupan menjalani rutinitas yang sama setiap harinya.

Karenanya, mempunyai sebuah hobi untuk dijadikan me time yang asyik dan menyenangkan itu penting, dan akan lebih baik jika hobi tersebut bisa dilakukan di rumah saja.

Seperti bermain game di website https://www.mortgagecalculator.org/money-games/


Surabaya, 28 Juni 2023

Sumber: opini dan pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey dan dokumen pribadi

Demikian artikel tentang kegiatan me time asyik dan menyenangkan sebagai IRT ala Rey, semoga bermanfaat.

12 komentar :

  1. yakk menulis, blogging dan ngegames itu jd me time sekaligus my coping mechanism buat menghalau rasa jenuh sihh

    belakangan ini, aku jg demen me time dgn cara ikutan kajian dkt rumah

    BalasHapus
  2. Lah iyaa, main game ini ngefek banget untuk ngilangin bosan. Meski kadang main game juga bisa bikin bosan , hehe .

    Apalagi main game jadul yang ringan2 gitu atau yang lucu2 cocok banget untuk IRT

    BalasHapus
  3. Aku suka game-game yang sederhana seperti di morgagecalculator ini. Tinggal buka browser dan mainkan , ga perlu unduh aplikasi. Banyak pilihan pula. Pas buat me time sebagai IRT dan usir kejenuhan

    BalasHapus
  4. Sebagai Ibu Rumah Tangga yang lebih banyak beraktivitas di rumah, pastinya kadang ada perasaan jenuh juga ya, Mbak. Tapi pasti ada hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan untuk menghalau rasa bosan itu. Apalagi kalau ada hobi yang malah menghasilkan cuan.

    BalasHapus
  5. auto klik mortgagecalculator.org/money-games/ karena saya sering banget pingin main games tapi takut kehabisan memory
    Dengan main games di web, gak perlu takut lagi deh
    Di bookmark supaya sewaktu2 bisa buka

    BalasHapus
  6. Banyak hal yg bisa dilakukan untuk me time, selama itu positif dan tidak merugikan orang lain. Misalnya dengan bermain games menjadi cara yang untuk relaksasi dan menghibur diri sendiri di tengah kejenuhan yg melanda

    BalasHapus
  7. Libur lebaran gini memang asiknya mengisi waktu dengan main games. Apalagi ini gak perlu pakai unduh aplikasi ya.
    Banyak pilihan games nya juga.

    BalasHapus
  8. Aku juga hobi menyanyiiii, tapi dalam hati saja. Hehehe.... Belakangan ini me time-ku adalah jalan kaki dan mampir random ke tempat yang aku suka. Yaaah, paling malemnya pakai obat gosok di kaki :))

    BalasHapus
  9. Rata-rata kita me time nya sama Mbak Rey. Menulis dan membaca. Kalau saya ditambah dengan ngecraft dan nonton (film/drama). Kalau nyanyi rasanya gak bisa karena kalau saya sudah mulai bernyanyi, ayam-ayam tetangga bisa mati semua hahaha.

    Saya merasakan loh Mbak, bagaimana gegar kebiasaan dan penghasilan saat berpindah dari mbak-mbak kantoran menjadi IRT. Tapi alhamdulillah, proses transisinya tidak berlarut-larut. Semua berjalan lancar karena ada support system yang terus mendukung saya dalam prosesnya.

    BalasHapus
  10. Bener mba main game itu menghilangkan penat dan sebenanrya main game sendiri bisa mengasah skill berpikir kita juga loh mba. Saya juga suka main game apalagi yang berbau petualangan

    BalasHapus
  11. Memang jadi IRT ada bosannya karena rutinitas yang itu2 aja apalagi sering naik pitam karna ulah anak hehe. Tapi senengnya jadi ibu rumah tangga tuh bisa selalu perhatikan perkembangan anak dan me time!

    BalasHapus
  12. Setujuuu Rey. Sebenernya pinter2 kita aja sih cari hobi dan kesibukan supaya ga bosen Ama kegiatan IRT. Aku sendiri Krn suka banget baca, jadi yg paliiiing sering aku lakuin ya baca. Trus juga ngeblog atau menulis Di mana lah. Scrolling medsos atau main games jugaaaa 🤣

    Sampe install beberapa games Di hp.

    Tapi games online gini aku juga suka. Menarik tuh yg farming. Kayaknya mau coba aku mainin ntr.. cuma yg games 1&2 bisa save level terakhir kita main ga? Beberapa games online yg pernah aku mainin ga bisa. Jadi ya ngulang Dr awal 😅

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)