Cerita Blogging Pertengahan Tahun 2023, Semangat Mengendur!

cerita-blogging-pertengahan-tahun-2023

Mau cerita aja tentang perjalanan blogging si Rey khususnya sampai di pertengahan tahun 2023 ini. Bikin harus menarik nafas panjang, karena entah mengapa kok semangat ngeblog saya mengendur, huhuhu.

Tauk dah si Rey ini, usia bakalan bikin kulit jadi mengendur, tapi kenapa cobak, semangatnya ikutan kendur, wakakaka.

Tapi mungkin semua ini dipengaruhi oleh beberapa hal yang terjadi di tahun 2023 ini sih. Mulai dari ibu mertua sakit di awal tahun, yang bikin saya ikutan mondari mandir tiap minggu untuk ambil bagian urusin ibu.

Sampai akhirnya ibu meninggal, dan juga menyedot banyak waktu untuk bantu acara tahlilan. 

Dan yang paling benar-benar bikin semangat menulis jadi turun adalah, sejak Mei sampai detik ini, saya malah masih puyeng mikirin masuk SMPnya si Kakak Darrell.

Baca juga : Diary Puyeng Memilih Sekolah Anak-Anak

Masalahnya emang karena kondisi yang berubah-ubah, jadinya beberapa rencana yang telah disusun bahkan disepakati bersama, jadi berubah.

Mulai dari rencana memasukan si Kakak ke SMP negeri di Surabaya, lalu rempong mencari informasi, karena si Kakak emang lulusan luar Surabaya.

Cari informasi secara online sulit didapatkan, harus keliling sana sini sampai akhirnya tahu caranya kek gimana. Semua itu tentunya menyita waktu dan tenaga banget.

Baca juga : Cara Daftar PPDB SMP Negeri Surabaya untuk Lulusan Luar Kota

Udah ketemu caranya, harusnya kan udah lega ya, apalagi udah masuk validasi data, masuk uji coba pendaftaran. Eh kata siapa, justru malah mulai kepikiran lagi, karena baru ngeh kalau jarak sekolah yang uwow dari alamat rumah, huhuhu.

Gara-gara kenyataan itu, mulai lagi deh cari cadangan sekolah swasta, yang ternyata nggak biayanya juga uwow, huhuhu.

Pokoknya, semua hal tersebut, benar-benar menyita perhatian, tenaga dan waktu banget nget.

Kadang tuh ya, udah buka laptop, rencananya sih mau nulis, udah nemu ide, bahkan kadang udah lengkap dengan judul maupun sub judulnya. Tinggal dikembangkan aja kan harusnya.

Tapi seringnya pas browsing cari tambahan data dan informasi, malah kedistrak nyariin informasi sekolah, hahaha.

Buyar sudah tulisannya, malah fokus ke informasi sekolah yang dicari.

Belum ketambahan kegiatan anak-anak di akhir tahun ajaran kayak sekarang, baik si Kakak maupun si Adik banyak kegiatan banget. Si kakak yang mau wisuda dan perpisahan, ada beberapa kegiatan, yang mana selain saya wajib menyiapkan keperluan mereka. Pun juga kadang ortu diwajibkan hadir di sekolah.

Bukan hanya si Kakak, sekolah si Adik juga ada beberapa kegiatan perpisahan, di mana anak TK A harus ikutan, padahal kegiatan intinya cuman buat TK B, tapi TK A juga diharapkan nyumbang, iya kalau SPPnya murah yak, hiks.

Di sisi lain, ada rencana kalau kami mungkin harus pindah ke Surabaya, karena bapak mertua nggak ada temannya sama sekali sejak ibu meninggal.

Harusnya sih rencana awal si Kakak aja yang pindah ke Surabaya, nanti saya titipkan ke Mbak yang urus ibu, ketika ibu masih ada.

Si Kakak emang belum mandiri untuk kegiatan di pagi hari, wajib banget ada yang bantuin bangunin, urusin sarapan dan keperluannya.

Tapi, ternyata setelah ibu meninggal, si Mbak yang urus itu terpaksa diberhentikan. Jadinya cuman ada ART 'pocokan' yang datangnya siang.

Lah, terus si Kakak gimana nasibnya di pagi hari? sementara eyang kakungnya nggak mungkin banget bisa masuk dapur siapin sarapan mereka.

Terpaksa, mau nggak mau saya kudu ikutan dong, which is si Adik kemungkinan akan pindah sekolah juga.

Jadi, bukan hanya sibuk cari sekolah cadangan swasta yang memenuhi kriteria kebutuhan si Kakak dan sesuai kantong eh rekening bapakeh. Tapi juga sibuk cari-cari TK buat si Adik.

Dan semua hal itu, harus saya sendiri yang mengurusnya, karena bapakeh jauh, huhuhu.

Kebayang dong gimana si Rey bisa menjalani hari dengan bisa meluangkan eh memaksakan waktu buat ngeblog, seringnya malah ngehang sendiri.

Padahal ya, ide buat ngeblog itu banyak banget, khususnya untuk blog personal ini maupun blog parenting saya.

Tapi selalunya sulit menyelesaikan tulisan, saking terdistraksi oleh pikiran atau kadang rasa lelah dan ngantuk setelah capek mikirin ini itu, serta melakukan ini itu.

Sebenarnya sih, meski tahun ini saya beneran kesulitan untuk rutin menulis, tapi masih ada kok tulisan-tulisan yang berhasil saya update, terutama di 2 blog yaitu blog ini maupun blog parenting.

Tapi, untuk blog lainnya, yang mana ada 2 blog pulak yang ber platform wordpress, malah jadi jarang bisa diupdate, saking temanya emang malesin banget.

Baca juga : Migrasi Blogspot ke Wordpress Self Hosted Pakai Addon Domain 

Terus kenapa kamoh bikin blog tambahan Rey? wakakakak

Padahal ye, sebenarnya 3 blog itu sudah pas banget loh, tapi saking penasaran sama wordpress, bisa-bisanya saya bikin blog baru lagi, mana temanya berat banget pulak, hahaha.

Itu ngomongin kegiatan blogging menulis di blog ya, apa kabar dengan blog walking?  

Duh nggak usah ditanyak! hahaha

Jangankan blog walking biasa ya, BeWe wajib aja udah jarang banget saya ikutan, sesekali sih ikutan BW buat ngedongkrak PV tulisan berbayar.

Tapi itupun jarang dilakukan, saking setiap hari ketinggalan mulu mau ng-elist url.

Terus ngomongin pendapatan atau pemasukan dari kegiatan blogging? hoaaammm.... bikin ngantuk ajah. Selama tahun 2023 ini sepi banget sodarah, hahahaha.

Hal ini tentu saja berdampak pada isi rekening, dan juga ikut dirasakan anak-anak. Mereka jadi bertanya, 

"Mi, sekarang kok mami makin pelit sih, jadi jarang beli jajan dan ajak makan di luar kayak dulu?"

Ya iyalah! Dulu uang mami Alhamdulillah lancar, rekening mami ada isinya yang ketika ATMnya digesek, maupun scan barcode QRIS, mami nggak was-was isinya nggak cukup, wakakakak. 

Sekarang, ada sih isi ATMnya, masih bisa lah buat hidup, tapi bukan uang mami, melainkan uang papinya, which is mami sungkan kalau uangnya nggak cukup buat kebutuhan sebulan. Jadi ya makenya benar-benar diirit sebisa mungkin, terutama di awal bulan gini, biar pas akhir bulan nggak ngehek, hahaha.

Sejujurnya, kalau ingat pertanyaan anak-anak kek gitu, biasanya semangat mami kembali menggelora. Karena you know lah, saya tuh paling nggak bisa menolak permintaan anak-anak tentang makanan atau jajanan, karena mereka bukan tipe anak yang suka jajan sembarangan dan setiap hari.

Jadi, kalau anak minta jajan tuh, ada rasa sedih kalau nggak diturutin, soalnya nggak setiap saat juga dikasih uang buat beli jajan.

Tapi ketika curhat sama mamak 3F si Diahalsa, si Mamak menyemangati, kalau insya Allah bulan Juli atau setidaknya Agustus 2023. Saya udah bisa menemukan ritme ngeblog dengan rutin dan konsisten. 

Karena saat itu anak-anak kan udah masuk sekolah tahun ajaran baru, dan udah mulai ketemulah ritme yang tepat serta memungkinkan untuk kembali konsisten ngeblog seperti sebelumnya.

Apapun itu, disyukuri saja, yang penting masih bisa menulis, masih bisa sesekali dapat job, meski sesekalinya itu makin jarang, hahaha.

Namun melihat perkembangan salah satu blog yang mulai bisa bersaing di page one google, rasanya ikut mendongkrak kebahagiaan dan semangat ngeblog.

Baca juga : Tentang Artikel yang Masuk Page One Google

Begitulah curhatan saya, saking malas berpikir terlalu dalam, jadinya nulis cerita aja, hahaha.

Kalau temans blogger lainnya, gimana nih semangat ngeblognya sampai di pertengahan tahun ini?


Sidoarjo, 06 Juni 2023

#TuesdayBogging

Sumber: pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

Demikian cerita saya tentang kegiatan blogging sampai pertengahan tahun 2023 ini, yang semangatnya sedikit banyak mengendur, semoga menginspirasi.

9 komentar :

  1. Gapapa Rey, karena bulan2 ini memang sibuuuuk Ama anak sekolah kan, biar kata Juni libur, tapi bagi yg masuk SMP, SD atau SMU, mana ada kata libur 🤣🤣. Justru lagi panas2nya cari sekolah baru.

    Bisa dipahami banget kok.

    Aku mah Krn anak2 masih SD, jadi msh bisa tarik napas dulu urusan begitu. Ntr kalo si Kaka udh msk SMP, baru deh 😂.

    Tapi aku juga jadi lama nih update blog. Sejak laptop rusak, dan hrs minjem pak suami, jadi agak keteteran 🤣🤣. Mana suamik lagi dinas Mulu ke luar kota. Laptop dibawa dia 😄.

    Cuma kdg aku berusaha update di IG kalo blog lagi ga bisa update 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Fanny update di IG tapinya ya, saya malah susah bisa update IG hahaha

      Hapus
  2. Rupanya lagi banyak yang menyita pikiran Mbak Rey sehingga update blog-nya rada kendur.
    Ah, tapi sekendur-kendurnya Mbak Rey update blog, tetap saya bilang kalau Mbak produktif dalam menulis di blog.
    Apapun, lanjut terus Mbak ngeblognya.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe, tengkiu :D
      Semangat untuk para bloggers :D

      Hapus
  3. Emang susah si sebenarnya untuk bisa produktif kalo distraksinya lagi banyak banget. Akupun tiap hari berjibakunya sama begituan bae, ga ada ujungnya.

    Tapi yah, namanya juga manusia. Seringnya kebanyakan bikin rencana. Abis itu rempong sendiri, hahaha

    Asalkan masih happy jalaninnya, yowis lanjutin aja dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, ternyata butuh banget effort untuk bisa keluar dari rutinitas dan bisa ngeblog hahaha.
      Tapi, semoga kita semua selalu semangat :)

      Hapus
  4. Bulan Juni ini memang bukan paling sibuk bagi orang tua apalagi kalo anaknya mau lulus. Kadang acara kelulusan harus dihadiri orang tua.

    Habis itu mikir cari sekolah SMP dimana.

    Tapi tetap mbak Rey semangat ngeblog nya kendur karena ada hal yang lebih penting.

    Kalo aku malas ngeblog karena memang malas aja.😂

    BalasHapus
  5. apalah aku yang maju mundur buat nulis hahaha
    udah nulis separuh, ditinggal, terus kedistrak sama banyak hal, akhirnya draftnya mangkrak. Udah niat depan laptop, tapi malah buka yang lain hahaha
    Minimal sebulan 1 - 2 tulisan aja udah wow banget sekarang, entah kenapa kok semangat ini rasanya juga kendor gitu mbak. Entahlah, aku sendiri juga bingung

    BalasHapus
  6. Semangat saya menulis justru meningkat mbak, cuma laman di Blog udah gak bisa jadi pilihan medianya. Jadinya malah banyak menulis pake media ebook sekarang. Cakupan bahasannya lebih luas dan banyak, hihihi.. ebook cocok buat yang model overthinking kayak saya ini keknya ya.. bisa nulis sepuasnya. Hihihi..

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)