Sunday, July 17, 2022

Fungsi Website dan Cara Membangunnya Dalam Bisnis Online

Fungsi website

Fungsi website dalam membangun bisnis online itu penting banget, terlebih di era teknologi yang berkembang pesat seperti sekarang ini.

Dan melalui Sharing By Rey saya akan berbagi informasi tentang apa saja fungsi dari sebuah website dalam membangun bisnis online yang marak dan penuh persaingan, termasuk bagaimana cara membangun website bisnis tersebut.

Bagi saya pribadi, website untuk bisnis apapun itu, jauh lebih dibutuhkan ketimbang akun media sosial, karena di website akan terlihat dengan jelas, seperti apa bisnis kita, dan yang paling penting adalah, seberapa terpercayanya bisnis online kita, which is ini penting banget jika ingin bisnis online kita bisa berkembang.


5 Fungsi Website untuk Bisnis Online


Begitu pentingnya sebuah website untuk bisnis, karena fungsi atau manfaatnya yang begitu banyak dan vital banget bagi sebuah usaha atau bisnis online, di antaranya:
 

1. Membuat bisnis online jadi lebih terpercaya


Salah satu syarat utama bisnis online bisa berkembang adalah, faktor kepercayaan konsumen. Karena bisnis online dijalankan melalui dunia maya atau internet, sama sekali tidak saling bertemu atau face to face dengan konsumen.

promosi produk yang menggunakan website disebut

Maka, rasanya faktor kepercayaan adalah hal utama untuk mendorong konsumen dapat menerima dan membeli serta memakai produk yang kita jual.

Karena di zaman sekarang juga begitu banyak pihak-pihak yang selalu menyalah gunakan kepercayaan konsumen, dengan cara menjalankan bisnis tipu-tipu, jadilah banyak konsumen selalu sangat berhati-hati dalam bertransaksi untuk bisnis online.

Dengan adanya website, kepercayaan konsumen akan lebih bisa diraih, karena konsumen bisa melihat dan mencari tahu tentang detail bisnis kita, di mana bukan hanya produk yang dijual saja, tapi juga informasi detail dari bisnis tersebut.


2. Membuat bisnis online jadi lebih dikenal luas


Website merupakan salah satu media yang dapat ditemukan lebih banyak orang atau konsumen ketimbang media sosial.

Karenanya, dengan mempunyai website untuk bisnis, maka kita dapat membawa bisnis online kita dapat dikenal lebih banyak orang, yang tentunya berpotensi membuat bisnis kita jadi lebih terkenal luas.

Hal ini, biasa disebut juga dengan sebagai media branding, agar produk atau bisnis jadi lebih terkenal luas, dan berpontensi mendatangkan keuntungan.


3. Membuat bisnis online mudah dipahami


Dalam website, kita punya begitu banyak space yang bisa digunakan untuk menuliskan keterangan bisnis kita dengan detail.
Hal ini, tentu saja akan membuat produk atau bisnis jadi lebih mudah dipahami.

Sebagai contoh, ketika saya ingin membeli sebuah produk, atau misal ingin menulis sebuah review produk, maka informasi yang sering saya cari adalah melalui website produk tersebut.

Dan suprisingly, masih banyak loh pelaku bisnis yang tidak memakai atau tidak punya website bisnis, atau kalaupun ada, informasi yang ditulis, sangat minim.

Padahal, website merupakan salah satu celah untuk mendatangkan keuntungan yang berlimpah dari sebuah bisnis loh.
Karena bisa memperkenalkan detail produk kita, agar calon konsumen mendapatkan informasi yang dia butuhkan, dan kemudian memutuskan untuk membelinya.


4. Membuat bisnis online terhubung langsung dengan konsumen


Dalam sebuah website online, juga bisa membuat kita terhubung dan membentuk bonding spesial dengan konsumen.

Misal dengan membuat fitur chat langsung dengan admin, ataupun dengan membuat fitur untuk menampung segala masukan baik kritik, maupun saran pelanggan.

Selain mendapatkan feedback gratis buat bisnis kita, pun juga bisa digunakan untuk mengoleksi data konsumen, maupun calon konsumen yang ada.


5. Membuat bisnis online mudah ditemukan


Berkaitan dengan poin nomor 2, di mana fungsi website untuk bisnis adalah membuat bisnis online kita bisa dikenal lebih luas lagi.

Dan tentu saja hal ini juga membuat bisnis online kita lebih mudah ditemukan konsumen, dibanding jika kita hanya menggunakan media sosial sebagai pendukung bisnis online kita. 


Cara Membangun Website untuk Bisnis Online


Begitu banyaknya fungsi website terhadap bisnis online, tentunya membuat banyak perbisnis, khususnya bagi pebisnis pemula yang akan bertanya-tanya.

pengertian web site

Seperti apa, atau bagaimana sih cara membangung website untuk bisnis online?
Sebenarnya mudah kok, seperti:


1. Membuat disain website yang sesuai dengan karakter bisnis online


Hal pertama yang harus kita lakukan adalah, dengan membuat disain website yang sesuai dengan karakter bisnis online kita.

Mulai dari bentuknya, warnanya, fitur-fitur apa saja yang harus diadakan, yang kesemuanya tentu saja dibuat berdasarkan kebutuhan konsumen, bukan eye catching semata. 

Misal, kita punya bisnis pakaian bayi, maka gunakan disain yang ceria dan menggemaskan seperti karakter bayi.
Pilih juga fitur-fitur apa saja sih yang dibutuhkan bagi konsumen pakaian bayi?


2. Menentukan nama domain dan hosting 


Setelah menentukan disain yang akan digunakan, langkah berikutnya adalah, menentukan nama domain dan memilih hosting terpercaya.

Sebaiknya, pilihlah nama domain yang mencerminkan jenis usaha kita, agar lebih mudah ditemukan oleh mesin penelusuran, dan membuat website kita bisa ditemukan orang dari lingkup yang lebih luas.


3. Mengisi fitur dan informasi website dengan jelas


Langkah berikutnya adalah, mengisi fitur dan informasi website dengan jelas dan lengkap.
Ini penting banget menurut saya, karena sering banget saya temukan beberapa website dari brand-brand bisnis terkenal, yang disain websitenya bagus dan keren, etapi nggak ada keterangan lengkap dari fitur yang ada.

Bahkan, sekadar menuliskan tentang perkenalan bisnisnya pun, sangat minim.
Padahal, hal ini penting baik untuk memperkenalkan bisnis kita kepada konsumen yang menemukan dari website tersebut, atau juga membuat website kita jadi lebih luas ditemukan orang, melalui keyword-keyword yang kita tuliskan di dalam keterangan fiturnya.


4. Mengembangkan performa website bisnis


Setelah website bisnis telah jadi dengan sempurna, maka langkah selanjutnya adalah, mengembangkan performa website tersebut.

Hal ini penting, untuk mendapatkan popularitas website dan menjadikan bisnis kita dikenal luas oleh lebih banyak orang.

Untuk performa website, kita bisa menggunakan jasa backlink yang dapat mendongkrak kepopuleran website kita, melalui backlink website yang tersebar.

Selain lebih mudah, juga dapat menbuat kita lebih banyak saving waktu untuk melakukan hal lain, yang lebih utama dalam pemasaran bisnis online melalui website tersebut.


5. Aktif dan konsisten mengupdate website


Langkah terakhir yang harus dilakukan dalam membangun sebuah website bisnis adalah, dengan aktif serta selalu konsisten mengupdate website tersebut.

Ada informasi tambahan, segera update di website.
Ada produk baru, segera update juga.

Dan usahakan update dengan informasi yang selengkap-lengkapnya, agar calon konsumen yang datang ke website tersebut, segera menjadi konsumen karena informasi yang dia butuhkan terpampang di website tersebut.

Termasuk menjawab segala bentuk masukan berupa kritik dan saran, agar tercipta bonding yang lebih istimewa, atas pebisnis dan konsumen.


Penutup


Demikianlah ulasan mengenai betapa pentingnya fungsi website bagi sebuah bisnis online, karena amat sangat berpengaruh mendatangkan keuntungan berlipat bagi bisnis yang kita bangun.

Meskipun demikian, jangan lupakan cara membangun website dengan baik dan konsisten, mulai dari membuat disain, menentukan domain sesuai karakter bisnis, hingga mengembangkan performa website agar kepopulerannya semakin bertambah.

Untuk itu, kita bisa menciptakan backlink berkualitas yang mengarah ke website bisnis tersebut, hingga peluang bisnis online kita dikenal banyak orang semakin besar dan luas.

Jadi, gimana? masih adakah pebisnis online yang meremehkan fungsi website untuk bisnis online?


Sidoarjo, 17 Juli 2022

18 comments :

  1. Saya masih temui juga pelaku bisnis yang enggak punya website bisnis, adapun bikin nangis karena minimnya informasi yang ditulis. teman saya sendiri, punya UMKM yang bisa dibilang lancar dan terus berkembang, eh bagi dia websitenya ya cukup gitu aja. Sayang banget. Padahal dari website ini peluang bisnis kita dikenal banyak orang semakin besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mba Dian, kadang tuh nemu website dari brand yang udah gede, tapi websitenya kayak karatan gitu, hahaha.
      Padahal banyak hal yang bisa dilakukan di website ya, biar mendatangkan pelanggan lebih banyak

      Delete
  2. Membuat website untuk support bisnis akan memudahkan pengembangan pemasaran lebih luas secara digital

    ReplyDelete
  3. Pebisnis sekarang rata-rata sudah melek teknologi ya mbak Rey. Mulai paham keuntungan buat website usaha dan tidak segan mengucurkan ekstra biaya untuk promosi secara online.

    Saya pernah ngerental mobil yg dapat dari cari secara online sendiri. Nah, mas yg nyopirin kebetulan langsung pemiliknya. Dia cerita selalu pasang Google Ads biar website rentalnya selalu berada di posisi 1 di SERP dgn kata kunci rental mobil kota saya. Hasilnya dia punya beberapa mobil dan paket dengan supir dan hampir selalu sold out belum termasuk yg ngerental langsung bulanan atau tahunan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget ya, makin banyak yang melek teknologi :)

      Delete
  4. Wah ... jadi tau nih ... fungsinya webste bagi pebisnis, memang saat ini pemasaran lewat sosmed sangat dibutuhkan bagi pengusaha pebisnis baru, karena jaman sudah digital masyarakat lebih mudah untuk melihat produk terbaru

    ReplyDelete
  5. Aku punya pengalaman kurang menyenangkan dengan website bisnis ini ketika akan belanja salah satu pakaian muslimah brand artis gitu, ceritanya.. Uda oke semau masukin keranjang, tapi websitenya lemot parah pas dibagian check out.
    Bikin KZL akhirnya aku nyerah setelah beberapa kali nyoba.

    Ternyata ini menjadi hal penting dalam membangun usaha, bahwa website yang responsif itu penting sekali agar konsumen gak lari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, padahal website itu mendatangkan konsumen baru, tapi jadinya hilang karena nggak diperhatikan dengan baik ya

      Delete
  6. setuju banget Mbak Rey
    Karena itu saya menyarankan teman2 yang punya organisasi nir laba maupun pelaku UMKM untuk membuat web
    karena manfaatnya banyak banget, teman2 NGO cukup menuliskan semua kegiatannya di situ untuk memudahkan pemberi dana hibah
    sementara pelaku UMKM lebih dipercaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Ambu, kalau ada website, jadi lebih mudah mengenalkan produk :)

      Delete
  7. Yang paling sulit itu konsisten nulis ya mbak. Ada aja alasan buat nunda nulis atau males malesan. Harus diilangin penyakitnya nih

    ReplyDelete
  8. Tante Rey.. tolong ajarin cara membuat website yang baik dan benar dong... Kebetulan saya sedang mau membangun bisnis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkw, ecieeehh si Bapak, malah balik nanya, perasaan itu pertanyaan saya, ajarin dong Bapak.
      Kalau saya jujur kurang nyeni masalah disain, rasanya tuh disain saya norak jadinya hiks

      Delete
  9. Sepertiga di era digital marketing seperti saat ini, hampir semua pelaku usaha sudah memanfaatkan website sebagai sarana promosi bisnis mereka mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya saja, masih banyak yang kurang update dengan websitenya ya :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top