Monday, November 29, 2021

Pentingnya Nama Domain dan Pengaruhnya untuk Bisnis

pentingnya nama domain untuk bisnis

Sekarang ini sudah bukan hal yang baru lagi penggunaan website untuk keperluan bisnis. Penggunaan website untuk media publikasi bisnis memang dianggap jauh lebih efektif dibandingkan cara-cara lama. 

Nah, nama domain menjadi faktor yang sangat penting bagi website supaya bisnis tersebut bisa dikenal oleh masyarakat dalam jangkauan yang lebih luas.

Domain dalam pengertian orang awam ibarat alamat di mana orang bisa menemukan rumah Anda dengan mudah.

adi dengan kata lain domain merupakan nama yang unik dan berfungsi untuk mengidentifikasi nama server misalnya website, email dan sebagainya pada jaringan internet ataupun komputer. 


Apa Itu Nama Domain?


Nama domain adalah deretan kode yang diketikkan seseorang pada URL bar saat melakukan pencarian di internet. Contoh nama domain misalnya www.tokoonlinebagus.com yang biasanya akan terlihat pada bagian atas halaman browser atau URL bar.  

Nama domain sering juga disebut sebagai alamat website atau URL (Uniform Resource Locator) di mana orang sering mengatakan sebagai “link”.

Domain harus dimiliki oleh setiap website untuk memudahkan jaringan komputer mengidentifikasikannya sehingga tidak tertukar dengan jaringan yang lainnya. 

Selain itu dengan adanya nama domain pengguna internet akan menjadi lebih mudah untuk mencari dan menemukan website milik Anda.


Peran Penting Domain untuk Kemajuan Bisnis


Lantas mengapa disebutkan bahwa nama domain itu sangat penting pengaruhnya bagi sebuah bisnis? Secara sederhana bisa dikatakan bahwa nama domain menjadi identitas dari website Anda sehingga otomatis juga berperan sebagai identitas dari bisnis Anda tersebut. 

Jadi peran penting nama domain bagi sebuah bisnis bisa dirangkum sebagai berikut:


1. Sesuai dengan Era Digital


Zaman sudah banyak berubah dan sekarang ini kita berada pada era digital di mana hampir semua urusan dilakukan orang melalui jaringan internet alias online. 

Kalau zaman dulu karena tertarik dan penasaran dengan iklan sebuah produk kita harus datang ke toko untuk membelinya kini semua bisa dilakukan hanya lewat komputer maupun smartphone saja.

Bagaimana cara konsumen menemukan toko online milik Anda tersebut untuk membeli apa yang mereka inginkan? 

Jawabannya yaitu lewat nama domain yang akan mereka ketikkan pada URL bar di mesin pencarian. Memilih nama domain yang unik namun mudah diingat menjadi salah satu cara agar konsumen mudah menemukan website serta produk Anda.


2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen


Anda memang bisa saja menggunakan blog gratis maupun e-commerce yang sudah ada untuk menjual produk secara online namun bagaimana dengan reputasinya? 

Tahukah Anda bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen pada bisnis Anda maka mereka akan menjadi lebih loyal. 

Konsumen cenderung lebih percaya pada bisnis yang dirasa dikelola secara profesional salah satunya dengan tersedianya website resmi dimana mereka bisa menemukan katalog produk dan berbagai informasi lainnya. 

Tanpa nama domain maka website Anda tidak mungkin bisa diakses dan ditemukan oleh konsumen.


3. Meningkatkan Brand Awareness pada Konsumen


Bisnis Anda bukan satu-satunya di dunia ini yang dikenal oleh masyarakat. Makin hari kompetitor juga makin bertambah dengan segala kelebihan serta kekurangannya. 

Artinya Anda harus selalu menjaga brand awareness dari konsumen supaya mereka tidak berpaling dan memilih yang lain.

Brand awareness adalah ingatan konsumen pada produk Anda baik dari rasanya, warna kemasan, logo termasuk juga nama domain. 

Ketika konsumen melihat sesuatu dan mengidentifikasikannya dengan produk Anda artinya brand awareness sudah terbentuk.  

Brand awareness yang kuat membuat konsumen menjadi loyal dan cenderung merekomendasikan website Anda kepada orang lain.


4. Meningkatkan Ranking Web pada Browser


Nama domain yang unik dan jelas cenderung memiliki kesempatan untuk berada di peringkat pertama hasil pencarian browser sehingga lebih banyak orang yang mengunjunginya.  

Semakin banyak orang yang membuka dan mengunjungi web Anda artinya makin tinggi ratingnya serta kemungkinan orang membeli produk yang ditawarkan.

Itulah gambaran singkat tentang pentingnya peran nama domain bagi sebuah bisnis. Domain yang unik membantu website bisnis Anda lebih mudah dikenal dan diakses oleh konsumen. 

Jadi, pastikan Anda sudah menggunakan nama domain yang baik untuk kelangsungan website Anda ya! 

5 comments :

  1. nama domain memang sangat penting di zaman digital sekarang apalagi itu bagian dari brand awarnessm. Bahkan nama domain juga membuat situs menjadi terlihat lebih profesional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, jadi meningkatkan level kepercayaan konsumen :)

      Delete
  2. Memang nama domain itu penting biar orang gampang menemukan nya. Contohnya sarilahmwb.blogspot.com itu juga nama domain biarpun masih numpang google.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe nama blog mas Agus unik ya, eh itu bukan nama asli nya mas agus kan. Agus sarilah gitu

      Delete
  3. dari dulu aku pengen punya web toko sendiri, tapi malah bikin blog akhirnya hahaha
    jadi buku blog pertama yang aku beli, adalah cara membuat website bisnis online
    waktu itu kepikirannya mau jual buku atau majalah second aku, tapi malah ga terlaksana

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top