Tuesday, November 23, 2021

Keuntungan Pembayaran Digital dalam Kehidupan Sehari-Hari

keuntungan pembayaran digital

Sharing By Rey - Pada era new normal, banyak orang lebih peduli dengan kebersihan untuk mencegah tertular virus Covid-19. Salah satunya dengan mengurangi pemakaian uang tunai. 

Menggunakan pembayaran digital atau kirim uang tunai melalui metode online akan sangat membantu pembayaran sehari-hari. Terutama karena adanya berbagai kemudahan yang bisa Anda gunakan. 

Lantas, apa keuntungan pembayaran digital dalam kehidupan sehari-hari? 
Berikut ulasannya.


5 Keuntungan Pembayaran Digital 



1. Praktis dan Efisien


Kemudahan dalam melakukan transaksi menjadi keuntungan paling utama dari penggunaan pembayaran digital. Hal ini didukung dengan kemajuan zaman yang mana hampir semua orang dari tua sampai muda memiliki HP. 

Hanya dengan menggunakan HP, kamu sudah bisa melakukan transaksi jual beli tanpa perlu membawa uang tunai.

Selain itu, berbagai kebutuhan sehari-hari bisa dibayar tanpa perlu keluar rumah, seperti tagihan listrik, air, kuota internet dan lainnya. 

Tentunya, Keuntungan ini memberikan kemudahan menjalani keseharian dan lebih efisien daripada harus menggunakan uang tunai.


2. Lebih Aman


Bertransaksi menggunakan pembayaran dompet digital akan memberikan rasa aman daripada membawa banyak uang tunai di dalam dompet. 

Apalagi jika untuk bepergian jauh kamu tidak perlu khawatir adanya pencuri  ketika sudah menggunakan dompet digital. 

Pembayaran dompet digital ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan. Semua data yang dimasukkan untuk membuat akun terlebih dulu diverifikasi agar memastikan sesuai dengan data dari Dukcapil dan sudah sejalan dengan regulasi dari Bank Indonesia.

Bahkan untuk mengaksesnya memerlukan verifikasi nomor PIN atau sidik jari tangan. Jika di kemudian hari HP kamu hilang, bisa langsung memblokir akun dompet digital atau mengunduh lagi aplikasinya di HP lain untuk log out pada HP yang hilang tersebut. 

Karenanya, dengan berbagai fitur dan kemudahan tersebut akan membuat penggunaan dompet digital lebih aman.


3. Banyak Diskon dan Promo


Banyaknya penawaran promo dan diskon merupakan salah satu keuntungan yang membuat masyarakat tertarik menggunakan pembayaran dompet digital ini. Dengan memanfaatkan promo dan diskon yang disediakan ini, kamu bisa menghemat biaya pengeluaran untuk belanja. 

Diskon yang diberikan biasanya meliputi makanan dan minuman, tiket bioskop, serta transaksi lainnya. Namun, promo atau diskon ini hanya bila didapatkan bila sering melakukan transaksi dengan dompet digital. 


4. Membayar Dengan Nominal yang Seharusnya


Saat melakukan transaksi jual beli secara tunai, mungkin kamu pernah mengalami uang kembalian harus dipotong, harga dibulatkan ke nominal terdekat, hingga diberi permen untuk kembalian tersebut.

Hal ini karena terbatasnya nominal dari uang tunai rupiah yang menyebabkan susahnya transaksi. 
Dengan menggunakan dompet digital kamu bisa menghindari kemungkinan ini. Dalam dompet digital hitungan yang berlaku adalah nominal harga hingga satuannya.

Jadi, setiap belanja tidak harus selalu menyediakan uang receh dan tidak perlu mendapatkan permen sebagai kembalian lagi. Jumlah nominal akan terpotong sesuai yang diharuskan.


5. Dapat Digunakan Untuk Berbagai Transaksi 


Dikarenakan pembayaran menggunakan dompet digital bisa untuk membayar tagihan listrik dan air. Maka ini lebih memudahkan kamu sehingga tidak harus pergi ke kantor pembayaran listrik dan air lagi untuk membayar tagihan, cukup manfaatkan HP dari rumah. 

Selain itu, bisa juga menggunakan dompet digital untuk belanja online, beli tiket bioskop, pesan makanan dari rumah. 

Itulah keuntungan pembayaran digital dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dicoba. Adanya pembayaran dengan sistem digital memang sangat mempermudah semua urusan keuangan kita. 

Untuk itu, agar urusan keuangan lebih mudah dan praktis Anda bisa menggunakan sistem pembayaran berbasis digital. 

Gambar: Lowyat100.rssing.com

16 comments :

  1. Memang yang enak kalau pakai dompet digital seperti Dana atau Gopay itu banyak diskon dan promonya ya mbak. Beli bakso harusnya 20 ribu dapat diskon 5k jadinya cuma 15 ribu. Lumayan.

    Udah gitu ada cashback segala 20%, dahlah pasti penginnya jajan terooos.🤣

    Tahu tahu saldo habis.😂

    ReplyDelete
  2. Emang bermanfaat banget sih bayar secara digital, ditambah lagi gak takut kalau duit jatuh atau hilang, wkwk

    ReplyDelete
  3. Masa pandemi gini aku selalu pake pembayaran digital supaya gak banyak interaksi sentuhan. Jadi sekarang terbiasa untuk ngisi dompet dikit doang. Ahaha

    ReplyDelete
  4. Sudah makin nyaman dg pembayaran digital. Alhamdulillah fasilitasnya juga makin mudah. Gak perlu nyimpan banyak cash di dompet yg ngundang kejahatan.

    ReplyDelete
  5. Yang paling enak memang karena kita tidak harus menyiapkan uang tunai secara pas. Jadi nggak menghabiskan waktu untuk nunggu atau ngitung kembalian

    ReplyDelete
  6. aku setuju banget ini
    aku termasuk jarang bawa uang cash banyak-banyak. Malah pernah nggak bawa cash sama sekali. kalau misalnya mau nongki atau beli-beli kalau bisa nyari yang bisa bayar non tunai
    sekarang banyak cafe yang udah memanfaatkan pembayaran serba digital, enak juga, jadi nggak ribet mikirin duit kembalian juga penjualnya

    ReplyDelete
  7. Saya juga sangat terbantu dengan adanya pembayaran digital ini mbak lebih cepat dan praktis. Apalagi saat ini makin banyak gerai ATM yang dibiarkan rusak, sudah jauh2 datang gak taunya rusak dan harus nyari lagi tempat ATM lain...bener2 ribet dan memakan waktu.

    ReplyDelete
  8. Iya memang banyak diuntungkan sih dengan adanya pembayaran digital ini selain lebih praktis kadang promonya itu jadi bikin lebih hemat.

    ReplyDelete
  9. Ya, emang banyak untungnya. aku termasuk orang yg jarang bawa uang cash. ada pun uang cash selalu habis untuk berikan ke ponakanku.

    dengan pembayaran digital membuat pembayaran lebih praktis tanpa repot mencari uang dalam dompet.

    ReplyDelete
  10. Semenjak ada pembayaran digital ngebantu banget sih, bisa belanja dan bayar dari rumah apalagi di kondisi pandemi kaya gini.

    ReplyDelete
  11. Asik banget kalau ada banyak promo ya. Jadi mudah juga dengan pembayaran digital ini ya mba

    ReplyDelete
  12. Menggunakan pembayaran digital lebih transparan, nggak ada drama kembalian 1000 rupiah dikasih permen. Suka sebel nemui kasir yang begini. Giliran belanja kurang 1000 dikasih permen kasirnya gak mau nerima

    ReplyDelete
  13. aku sebelum pandemi memang udah biasa bayar pakai dompet digital mba, tapi sayangnya belum semua toko menerima pembayaran online hehee, untungnya sejak pandemi hampir semua menggalakan pembayaran secara digital yaa

    ReplyDelete
  14. Aku sudah jarang belanja pakai uang cash kecuali di warung kecil. Bahkan yang kuanggap warung kecil aja bisa bayar cashless sekarang saking memudahkannya

    ReplyDelete
  15. bener banget, pembayaran digital tuh praktis dan memudahkan ya. apagai skr banyak promo potongan harga/ diskon dari merchant atau cashback. tapi ga semua dompet digital aku punya, aku cuma mendaftarkan 2 aja, yang kira2 sering dipakai di marketplace yang sering aku kunjungi.

    ReplyDelete
  16. Bisa dibilang aku yg sebelum pandemi megang uang tunai cuma dikit, setelah pandemi makin menjadi 🤣. Semua serba online. Sampe asisten aja aku larang ke pasar depan rumah, dan lebih milih pake aplikasi belanja pasar. Pembayaran jadinya online juga. Udh ga tertarik lagi Ama sesuatu yg masih cash. Jadi kadang, kalo mau beli sesuatu, tapi dia blm terima pembayaran online, sebel bangettttt. Bisa2 aku jadi males belanja di sana. Soalnya ya itu, aku udh ga tertarik bawa uang tunai. Cukup ewallet , kartu CC dan kartu debit.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top