Monday, November 01, 2021

Cara Belajar Online yang Mudah dan Menyenangkan

Cara Belajar Online

Sharing By Rey - Cara belajar online yang mudah dan menyenangkan, selalu jadi sesuatu yang dibutuhkan anak-anak dan orang tuanya di zaman sekarang.

Secara, udah hampir 2 tahun, sejak awal pandemi melanda, anak-anak harus belajar melalui kelas online, baik dari sekolah maupun dari situs belajar online.

Karena hal tersebut diadakan secara mendadak, otomatis membuat semua orang dipaksa adaptasi dengan cepat.

Bukan hanya anak-anak yang kaget dengan sistem baru yaitu belajar secara online, tanpa bertemu guru-gurunya maupun teman-temannya, pun juga demikian para orang tua yang mau nggak mau harus membantu anaknya dalam belajar online tersebut.

Guru-gurupun ikutan dipaksa untuk beradaptasi, terutama guru-guru yang sebelumnya masih sangat minim berhubungan dengan internet.
Namun karena kondisi, semua wajib beradaptasi.

Keadaan tersebut, membuat kegiatan belajar online, jadi sesuatu yang membosankan, bahkan membuat anak-anak tertekan karenanya, maka dari itu, banyak orang tua yang memutar otak, berpikir bagaimana caranya, agar bisa menerapkan cara belajar online yang mudah dan menyenangkan untuk anak-anak.


Cara Belajar Online yang Mudah dan Menyenangkan untuk Anak


Sebagai seorang ibu dari putra yang juga sudah duduk di sekolah dasar, sayapun tak lepas dari kegalauan untuk mencari cara agar si Kakak bisa belajar online tanpa tertekan.

Dan beberapa cara belajar online yang saya terapkan selama hampir 2 tahunan ini adalah:


1. Selalu mengingatkan anak agar menyiapkan materi belajar online


Salah satu cara belajar online yang saya terapkan buat anak adalah, meminimalisir tekanan dia dalam pelajaran, dengan tetap disiplin meski belajar secara online di rumah saja.

Karenanya, sehari sebelum belajar online, si Kakak harus selalu disiplin menyiapkan serta mempelajari sejenak materi pelajaran yang akan dipelajari di kelas online esok harinya.

Dengan demikian, si Kakak lebih mudah mengikuti pelajaran, dan tidak terlalu kesulitan memahami pelajaran yang disampaikan melalui online.

2. Menyiapkan sarapan sebelum kelas online dimulai


Meski di rumah saja dan dilakukan secara online, saya selalu mengusahakan agar si Kakak tetap merasakan aura sekolah.

Karenanya, melakukan rutinitas seperti biasanya itu penting.
Salah satunya, harus selalu sarapan dulu sebelum memulai belajar online.

Selain tetap membiasakan si Kakak kalau sekolah online juga sama seperti sekolah biasanya, pun juga sarapan sangat membantu anak-anak lebih siap dalam menerima materi kelas online.


3. Menyiapkan ruangan dan tempat yang nyaman


Agar si Kakak bisa belajar online dengan mudah dan menyenangkan, maka perlu dilakukan di ruangan atau tempat yang nyaman untuknya.
Salah satunya adalah bebas berisik yang akan mengganggu konsentrasi si Kakak dalam belajar online.


4. Mengingatkan anak agar segera mengerjakan tugas dan mengumpulkannya


Menunda-nunda sesuatu akan berakibat buruk.
Termasuk menunda mengerjakan tugas sekolah dan mengumpulkannya.

Karena hal itu akan membuat tugasnya menumpuk, dan mood si kakak bakalan memburuk.
Terlebih jika tugas yang harus dikerjakan tersebut adalah pelajaran yang kurang diminati si Kakak.


5. Mendaftarkan anak di situs belajar online terpercaya


Nah ini dia nih, solusi paling membantu bagi anak-anak juga orang tua dalam membantu belajar online menjadi lebih mudah dan menyenangkan, yaitu mendaftarkan anak di situs belajar online terpercaya.

Dengan mengikuti tambahan kelas online di situs belajar online terpercaya, akan membantu anak-anak untuk lebih mudah dalam memahami pelajaran sekolah.

Dan situs belajar online yang menjadi solusi belajar online paling favorit adalah Kelas Pintar.


Tentang Kelas Pintar, Situs Belajar Online yang Jadi Solusi dan Cara Belajar Online yang Menyenangkan


Ada yang belum kenal apa itu Kelas Pintar?
Sini saya kasih tahu deh.

Situs belajar online kelas pintar

Jadi, Kelas Pintar adalah sebuah solusi belajar online dengan metode pintar, secara personal, dan terintegrasi, yang pastinya didesain untuk meningkatkan minat belajar, serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

Tentu saja ini sangat berguna bagi siswa untuk mendapatkan nilai akademis yang lebih baik.

Apa sih yang dimaksud dengan Metode Pintar dan Personal itu?
Yaitu metode yang digunakan oleh Kelas Pintar dengan cara melakukan pendekatan PERSONAL melalui metode penyampaian materi yang disesuaikan dengan beragam karakter siswa, baik itu melalui Visual, Audio, maupun Kinesthetic (V.A.K).

Hal ini didasari oleh pemahaman Kelas Pintar, bahwa setiap siswa itu, punya preferensi dan cara belajar yang berbeda-beda, karenanya pendekatan personal itu penting.

Oleh karena itu, Kelas Pintar memastikan agar kurikulum pendidikan di Indonesia bisa diserap oleh siswa, dengan menggunakan metode pembelajaran PINTAR, yaitu melalui pendekatan Learn, Practice, dan Test.

Adapun fokus utama dari Kelas Pintar adalah menguatkan dan mensinergikan peran guru, sekolah, dan orang tua, dalam membantu proses pembelajaran siswa melalui sebuah platform yang TERINTEGRASI.

Dan platform tersebut punya kemampuan merekam proses belajar siswa, yang bisa digunakan sebagai bahan analisa bagi guru, orang tua, dan sekolah dalam memahami karakter, potensi dan kesulitan siswa dalam belajar

Adapun beberapa solusi penting yang ditawarkan oleh Kelas Pintar adalah, 

1. Solusi belajar online melalui Kelas Pintar


Di mana, anak-anak bisa mengikuti bimbingan belajar melalui situs belajar online Kelas pintar, dan mendapatkan bimbingan dengan metode Pintar.

Hal ini pastinya menjadi solusi belajar online yang lengkap, dengan berbagai video pembelajaran, soal latihan maupun simulasi ujian.


2. Memanfaatkan fitur Tanya Pintar


Di fitur ini, anak-anak bisa bertanya tentang semua pelajaran secara gratis kepada guru-guru yang telah tersertifikasi dan ahli di bidangnya.

Guru-guru tersebut, akan siap untuk menjawab secara tepat dan benar.
Bukan hanya itu, jawaban yang diberikanpun, lebih mudah di mengerti dan bikin anak-anak jadi langsung pintar.

Karena dijawab oleh guru-guru yang trust, smart dan selalu available atau selalu stand by dan langsung menjawab dengan cepat dan tepat. 


3. Memanfaatkan SOAL Asik bareng Kelas Pintar


Pilihan lainnya yang bisa dijadikan solusi atau cara belajar online bagi anak-anak di Kelas Pintar adalah memanfaatkan latihan Soal Asik bareng Kelas Pintar.

Hal ini sangat bermanfaat untuk anak yang merasa belum siap mengikuti ujian.
Dengan demikian, anak bisa latihan mengerjakan banyak soal dengan cara mengakses ke puluhan ribu soal LOTS, MOTS, dan HOTS.

Tentunya hal ini dapat meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi Ulangan Harian, Ujian Semester, dan Ujian Nasional.


4. Belajar dengan didampingi guru ahli di Kelas Pintar


Ini mah bukan hanya solusi yang dirasakan langsung bagi anak ya, tapi juga orang tua, terutama ibu-ibu yang udah meningkat level stresnya, dalam mendampingi anak-anak belajar di rumah selama pandemi ini.

Iya kan, meski orang tua juga pernah sekolah, tapi orang tua kan udah lama nggak kenal pelajaran sekolah, pun juga bahkan guru harus sekolah dan punya sertifikasi buat mengajari anak dengan baik.

Karenanya, udah paling tepat deh dengan bergabung di Kelas Pintar, karena anak-anak akan belajar dengan didampingi guru-guru yang memang sudah ahli di bidangnya.

Anak-anak akan lebih mudah memahami pelajaran, ibu-ibu pun akan lebih mudah menurunkan level stresnya, hahaha.


Demikianlah, cara belajar online yang mudah dan menyenangkan untuk anak maupun orang tua.
Tentunya salah satunya dengan mengikuti kelas online di situs belajar online terpercaya Kelas Pintar.

 
Sumber: https://www.kelaspintar.id/
Gambar: canva dan https://www.kelaspintar.id/

73 comments :

  1. Wah ...,,baru tahu kalau ada Situs Belajar Online Kelas Pintar. Ini penting bagi anak-anak zaman pandemi ini. Selamat malam ananda Rey. Terima asih informasinya.

    ReplyDelete
  2. Makin lama, platform buat belajar online makin banyak ya Mba Rey 😍😍
    Menarik nih sepertinya kelas pintar ini, apalagi anak2 sampe bisa ikut nanya n dihawab sama guru2 ahlinya ya. Aku mau kepoin situsnya ah 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memudahkan banget buat mamak-mamak jadinya hiihihi :D

      Delete
  3. Referensi kelas online melalui aplikasi kelas pintar memberikan dampak baik dalam belajar

    ReplyDelete
  4. Benar anak perlu persiapan sebelum belajar. Biar konsentrasi dan tenang dalam menyelesaikan persoalan

    ReplyDelete
  5. Kalau ada Kelas Pintar anak-anak seperti belajar bersama guru kelasnya gitu nggak sih? Biar orang tua gak ribut-ribut banget dampingi ngerjakan tugas sekolah anak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah betul Mbak, ampun deh mamak-mamak disuruh gantiin guru, sementara guru aja kudu sertifikasi buat jadi guru :D

      Delete
  6. Fabio juga sampai sekarang ini sekolahnya secara online Mbak, dan apa yang Mbak Rey terapkan itu, kurang lebih sama seperti apa yang kami terapkan untuk Fabio. Mulai mempelajari materi esok hari dan printilan-printilan yang harus disiapkan hingga rutinitas pagi di mana kami 'meminta' Fabio untuk menyiapkan semua perlengkapan sekolahnya.

    Alhamdulillah sih, dia kooperatif dalam hal ini. Ya walaupun kadang-kadang kalau tetiba melihat origaminya itu, udah terdistraksi gitu.

    Kalau kaminya lagi sehat jasmani dan rohani, ya kita ingetin dia dengan lemah lembut. Tapi, kalau kaminya lagi spaneng, hmm...lembut dianya kena omelan kami hahahha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwkwwk, semangaattt kita para orang tuahhh :D

      Semoga dunia kembali normal, merindukan si kakak sekolah dari pagi sampai sore dianter anjem sekolah, biar saya punya waktu lebih buat ngeblog *loh :D

      Delete
    2. Ahahaha...curhatan moms minim me time nih 🤣

      Delete
  7. Wih, keren kelas pintar punya kelas metode pintar dan personal, agar menyesuaikan pembelajaran dengan karakter anak. Soalnya pasti berbeda anak-anak yang suka visual, audio, dan kinestetik dalam menyerap pelajarannya. Mantap mantap.

    ReplyDelete
  8. Ada ya Kelas pintar online. Bagus banget buat anak anak belajar di masa pandemi. Biar tambah pintar dan belajar lebih baik

    ReplyDelete
  9. pas banget nih mba aku lagi mempertimbangkan untuk mengikutkan anakku di kelas online gini, nice kelas pintar masuk ke option listku deh nih, semoga bisa trial dulu yaaa sebelumnya akhirnya memutuskan berlangganan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mba, biar anak-anak bisa lebih enjoy dan ortunya ga stres :D

      Delete
  10. pas banget nih

    sepupuku hampir angkat tangan membantu anak sulungnya belajar

    karena adiknya yang autis lebih membutuhkan perhatian

    solusinya belajar di situs belajar online Kelas Pintar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah betul itu Ambu, butuh perhatian yang lebih, sementara untuk yang biasa aja, banyak ortu yang sampai stres ngajarin anaknya

      Delete
  11. Wah makasih tipsnya ponakan saya kalau pas mulai belajar online selalu gak mau sarapan dulu alasannya bikin ngantuk hehehe tapi emang penting ya sarapan ini. Oya ini kelas pintar online lengkap juga ya fiturnya pengen saya cobakan juga deh buat ponakan supaya kalau ada kesulitasn bisa tanya sama guru di kelas pintar online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau abis sarapan lalu ngantuk, berarti menu sarapannya yang salah :D
      Kalau banyakan karbo memang malah bikin ngantuk :D
      Tapi memang sarapan orang Indonesia biasanya karbo ya hahaha

      Delete
  12. asyik nih, belajar di Kelas Pintar. ada gudang soal dan pendampingan guru yang interaktif, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi anak lebih aktif Mba, mamak-mamak lebih terbantukan :)

      Delete
  13. Akutu ngerasain banget gimana stresnya mendampingi adik sekolah online. Memang paling pas tu kalau pilih tempat yang nyaman dan aman dari gangguan. Terus lebih pas lagi kalau bisa didampingi guru tersertifikasi dari kelas-kelas online, seperti Kelas Pintar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba, apalagi saya yang memang ga suka atau pinter ngajar :D

      Delete
  14. Sekarang menjamur ya kelas online gini, ngebantu banget belajar dan ada PR anak. Kalau anak setingkat SMP dan SMA pelajaran makin susah, kalau guru gak masuk buat ngajar daring bakalan ketinggalan beberapa bab. Ini yang bikin anak bingung karena gak tau caranya. Kelas pintar bisa nih jadi solusi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membantu banget sih ya, dan dibutuhkan banyak anak di masa sekarang :)

      Delete
  15. Fitur kelas pintar ternyata lengkap ya. Gak perlu repot lagi harus masukin anak ke tempat les-lesan

    ReplyDelete
  16. Oh begitu ya mbak caranya agar anak bisa belajar secara online dengan optimal, sarapan dulu sebelum belajar, siapkan ruangan yang nyaman untuk belajar agar optimal dan juga suruh langsung mengerjakan tugas kalo ada PR.

    Habis mengerjakan PR barulah dikasih es bubble biar mood booster.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setekah kelas berakhir, saya minta si Kakak langsung kerjain PR, jadi otaknya masih fresh karena barusan dia pelajari :D

      Delete
  17. Alhamdulillah sekarang platform buat belajar online makin banyak pilihannya ya Mba.
    Kelas pintar online ini bisa jadi pilihan buat anak saya nanti, terimakasih infonya mba Rey :)

    ReplyDelete
  18. Baru tahu info tentang kelas pintar ini Mba. Belajar online emang lumayan banyak tantangannya baik buat murid dan orang tua sebagai walinya. Pasti terbantu banget dengan adanya bimbingan belajar online seperti ini. Trims tipsnya Mba, emang bener kok kalau mau belajar harus makan dulu alias sarapan biar fokus belajarnya.

    ReplyDelete
  19. Anak saya sudah pada smp dan sma jadi sulit mengikuti pelajaran mereka, sepertinya bagus saya daftar ke kelas pintar saja ya.

    ReplyDelete
  20. Aha, saya tahu KelasPintar ini soalnya bisa dibilang pemain lama juga ini. Namun, baru kali ini saya baca ulasan lengkapnya dari coretan Mba Rey. Semakin banyak pilihan juga buat anak-anak sekarang mengupgrade kemampuan akademis dan nonakademisnya.

    ReplyDelete
  21. Saking jenuhnya di rumah melulu, anak2 biasanya jadi makin gampang cranky, ya ngga sih?
    memang ortu yg kudu peka, dan mau cari info detail seputar app belajar online yg cihuuuyy
    tingkyu infonya mba

    ReplyDelete
  22. Saya setuju pentingnya sarapan pagi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran online/offline apapun itu bentuknya. Sarapan sebagai sumber energi pertama di awal beraktivitas, jadi ya kudu banget....aku sendiri kalo gak sarapan pagi, pastinya langsung lemes, dan konsentrasi jadi ambyar...

    ReplyDelete
  23. Belajar on-line itu tantangannya memang banyak ya Mbak Rey. Bukan cuma masalah kebosanan yang harus diatasi, tapi juga kualitas penyampaian dari materinya itu sendiri harus juga kita perhatikan. Semoga dengan hadirnya KELAS PINTAR, kita jadi punya alternatif pilihan sarana belajar yang sesuai dengan kebutuhan sekarang.

    ReplyDelete
  24. Menurut daku Kelas Pintar ini solusi bagus buat bantu anak² belajar dengan cara yang asik ya. Apalagi penerapan metodenya bisa mendukung pelajaran di sekolah ya.

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah, berkah pandemi kita banyak situs belajar online seperti ini yg sangat membantu para moms dalam mengurangi kehectic-an saat mendampingi anak belajar. apalagi udah banyak fasilitas yg lebih mantul

    ReplyDelete
  26. belajar online tuh penuh tantangan ya hahahaa selain harus pintar2 menyiasati biar nggak bosan

    ReplyDelete
  27. Bagi saya poin utamanya memang harus menyenangkan. Makanya anak-anak saya lebih betah belajar online seperti di Kelas Pintar daripada sama sekolah. Karena memang menyenangkan :D

    ReplyDelete
  28. Untuk ikut Kelas Pintar ini bisa minta sesuai jadwal kosong anak sekolah formal gak sih? Anakku sepertinya harus coba nih tapi sekolah daringnya udah padat banget, mudah2an gak kepusingan

    ReplyDelete
  29. Kelas pintar ini bisa membantu untuk anak belajar ya. Keren banget ada pendekatan secara personal, pastinya metodenya lebih efektif ya dari yang lain.

    ReplyDelete
  30. Wah bagus nih ada solusi belajar online yang lebih bagus ya... Anakku yg bungsu malah keasyikan belajar online nih giliran harus offline dia malah berharap online terus :(

    ReplyDelete
  31. Hihii...iya banget nih kak Rey...
    Suka bingung banget kalau pendampingan dari sekolahnya kurang, karena mengawasi sekian banyak anak di zoom pula.. Pasti naik turun dramanya.

    Harus bijaksana memberikan fasilitas belajar tambahan di kelas online, Kelas Pintar.

    ReplyDelete
  32. naaah penting nih untuk pastikan kalau anak - anak tetap terus belajar secara online tapi ngga bosen dan tetap menyenangkan

    ReplyDelete
  33. Benar mbak, untuk pembelajaran masa PJJ ini anak-anak harus tetap diberi fasilitas bimbingan belajar karena tentu pembelajaran di sekolah belum mengcover semua kebutuhan belajarnya. Saya sudah buka situs kelas pintarnya mbak. Siapa tahu cocok sama kebutuhan anak saya.

    ReplyDelete
  34. sebagai orang tua sangat berperan dalam pendidikan anak, karena itu mencari sekolah dan mencari bimbingan belajar sangatlah penting, salah satunya bimbingan belajar online kelas pintar dapat membantu anak anak belajar di rumah

    ReplyDelete
  35. Wah ada lagi nih Kelas Pintar buat bantu emak2 ajarin anak dirumah yaa, apalagi kan masih lebih sering PJJ daripada PTM ya. Kayanya bagus nih, jadi pengen coba deh

    ReplyDelete
  36. Sekarang emak-emak terbantu banget dengan adanya Situs belajar online seperti Kelas Pintar ini ya mba. Anak belajar dengan senang, kita sebagai ibu bahagia, jauh dari darting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah betul, rasanya stres banget ngajarin anak, sementara guru aja kudu sekolah guru dan ada sertifikasi, eh kita mamak-mamak disuruh gantiin tugas guru, hiks

      Delete
  37. Setuju Mam Rey dari persiapan ruangan juga emang wajib kejadian sama anakku lg serius ikut zoom eh adanya nongol ganggu sampe nangislah wkwkk lalu ditanyain deh sama temen2nya ih nangis krn adanya yah 😜

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, itu dah, kasian sih jadinya nggak bisa fokus

      Delete
  38. yang terpenting dari belajar online adalah koneksi
    aduh ini jadi yang utama mbak
    soalnya aku ngalamin klo pas macet duh pingin hhhh hehhehee

    tapi kelas pintar ini lumayan membantu
    paling engga bisa mendapatkan banyak materi dan pembahasan soal yang pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah, jangankan anak-anak belajar ya, saya yang kalau liat HP ga ada koneksi atau lelet, rasanyaaaaa duhhhhh :D

      Delete
  39. Bener banget deh suatu tantangan banget untuk aku waktu awal anak2 belajar online. Karena konsentrasi mereka yang belum terbiasa belajar secara online

    ReplyDelete
  40. Wah komentarnya tidak nongol yang dulu, mungkin harus ada kelas pintarnya ya.

    Zaman sekarang belajar bisa lewat online ya mbak sejak ada pandemi, sekolah diliburkan dulu tidak boleh tatap muka karena takut tertular virus Corona. Jadi belajarnya lewat online.

    Belajar online sebenarnya susah karena harus beradaptasi dulu apalagi jika orang tua nya gaptek, jadi biasanya tidak optimal.

    Untunglah ada Kelas Pintar, platform belajar online terpercaya dengan fitur lengkap. Dengan didampingi oleh guru dan tenaga pendidik yang ahli di bidangnya maka anak anak akan cepat pintar, orang tua pun bisa santai sejenak.

    Tapi disarankan, sebelum memulai belajar online sebaiknya mood anak dijaga agar semangat. Salah satunya ya dengan diberi es bubble sebagai mood booster.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakakak, saking kewalahan balas komen Mas, saya moderasi deh, abis itu saya buka lagi moderasinya, karena gak guna huhuhu.

      Betul sekali ini, kasian banget loh kalau yang ortunya gaptek, yang ada anaknya nanti kebablasan teknologinya aneh-aneh, mending pakai jasa kayak kelas pintar ini :)

      Delete
  41. Mudah-mudahan pandemi segera cepat berakhir ya kak Rey, meski hanya belajar online dirumah tapi wajib layaknya seperti sekolah seperti biasanya, bener itu kak mulai dari menyajikan sarapan sampai ke kelas online dimulai semua butuh persiapan, dan sekarang yang jadi masalah jika jaringan gangguan terkadang anak suka lewat apa yang di terangkan sama guru nya. Seperti keponakan saya yang agak kesulitan belajar online karna jaringan tidak stabil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, bener ih, kasian anak-anak kelamaan belajar online, banyak hal yang missed dari kehidupan mereka

      Delete
  42. anakku belum sekolah nih, tapi tips ini berguna banget. Biar ketika nanti mendampingi anak sekolah aku udah punya persiapan yang cukup

    ReplyDelete
  43. Saya belum ngerasain nemenin anak belajar hehe. Apalagi saat PJJ kayak sekarang. Tapi kalo mendengar curhatan teman2 saya memang sebagai ibu harus punya kekuatan ganda. Namun untungnya sekarang banyak platform kayak Kelas Pintar ya. Yg punya banyak fitur untuk memudahkan anak belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah betul sekali tuh, biar mamak-mamak ga stres :D

      Delete
  44. untuk ruangan nih emang bener mbak, meski anakku aku taruh di pojokan kamar tapi insyaAllah bebas berisik hehe. Wah asik banget kalo belajar di Kelas Pinter karena pendampingan dari guru yang ahli dan asik juga :) boleh deh kepoin lebih lanjut

    ReplyDelete
  45. Sekarang makin lengkap deh platform belajar online untuk anak dengan hadirnya Kelas Pintar, anak dan orangtua insya Allah terbantu dengan fitur-fitur yang memudahkan dalam belajar jarak jauh

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top