Tuesday, October 26, 2021

5 Cara Mengatasi Wajah Gatal Dan Merah Karena Iritasi, Yuk Cari Tahu Di Sini!

Cara mengatasi wajah gatal dan merah

Sharing By Rey - Wajah yang gatal pastinya akan mengganggu aktivitas dan sangat menyebalkan. Apabila tidak segera diatasi, hal tersebut tak menutup kemungkinan akan bisa menimbulkan iritasi pada wajah. 

Oleh karena itu, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai beberapa cara mengatasi wajah gatal dan merah yang terjadi karena iritasi.


1. Tidak Menggaruk Kulit Wajah


Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menghindari untuk menggaruk kulit wajah. Dengan menggaruk wajah yang gatal dan merah, ternyata hal tersebut dapat menimbulkan iritasi. 

Kulit pun akan semakin memburuk. Bahkan jika kita menggaruknya dengan keras akan mampu untuk merusak lapisan penghalang pada kulit sehingga dapat sebabkan infeksi.


2. Memakai Pelembab


Ketika kulit wajah gatal, tak ada salahnya untuk mengoleskan pelembab. Sebab, dengan memakai pelembab akan bertujuan untuk menjaga kulit agar tetap lembab. Pelembab sendiri pun memiliki berbagai macam kandungan. 

Dengan begitu akan membuat kulit wajah terjaga kelembabannya. Kita bisa mencoba untuk rutin mengoleskan pelembab setelah cuci muka. 


3. Hindari Terkena Sinar Matahari


Ketika kita mengalami wajah yang gatal dan memerah akibat iritasi, ada baiknya kita perlu menghindari untuk terkena sinar matahari secara langsung. 

Hal ini karena jika kita terlalu banyak berada di bawah sinar matahari, maka hal tersebut akan membuat iritasi pada kulit wajah akan semakin memerah.

Kondisi tersebut akan membuat wajah kita semakin parah. Oleh karena itu, gunakan jaket dan topi untuk mencegah paparan sinar matahari secara langsung. 


4. Pilih Sabun Wajah yang Tepat


Selain itu, kita juga perlu untuk menghindari menggunakan produk sabun muka yang dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Untuk itu, apabila kita sebelumnya menggunakan sabun muka yang mampu membuat wajah menjadi kering, sebaiknya kita segera untuk menggantinya.

Hal ini lantaran akan memberikan efek yang cukup krusial bagi kulit wajah kita. Sehingga, dalam memilih sabun cuci muka sebaiknya melihat terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya. 

Apabila terdapat kandungan seperti alkohol, parfum, sulfat, peppermint, formaldehyde hingga phthalates, pastikan kita segera mengganti sabun cuci muka.

Bila memungkinkan, gunakan juga produk pembersih wajah seperti facial wash untuk membersihkan wajah secara merata. 

Salah satu produk facial wash yang bisa dipertimbangkan adalah Scarlett Whitening yang memiliki 2 jenis facial wash kulit kering dan berminyak. Kita bisa mendapatkannya dengan membeli langsung melalui situs BeautyHaul.com.


5. Mengompres Dengan Air Dingin


Salah satu cara mengatasi wajah gatal dan merah adalah dengan mengompresnya dengan air dingin. 
Hal ini bertujuan untuk menenangkan kulit wajah dan juga akan memberikan efek yakni mengurangi rasa gatal. Kita hanya perlu untuk menempelkan beberapa buah es batu yang dibungkus dengan kain atau handuk dan menempelkannya pada bagian wajah yang merah dan gatal.


Itulah kelima cara yang bisa kita lakukan di rumah dengan mudah, dalam mengatasi masalah kulit yang gatal dan merah. Dengan melakukan cara tersebut secara rutin, hal ini akan bertujuan untuk mengurangi rasa gatal yang ada di muka dengan cepat. 

Sumber gambar : https://www.freepik.com

6 comments :

  1. untuk yang pertama itu yang gak bisa dihindari, kalau ada rasa gatal pengennya langsung digaruk aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, tapi kalau gatal di wajah, ditahan atuh, kasian wajahnya kalau berbekas :D

      Delete
  2. biasanya kalau kondisi kulit kayak gini, aku tambah rajin ngolesi pelembab, biasanya ga rajin rajin amat soalnya
    kalau wajah merah, mau keluar juga gimana gitu, aku pernah mengalamai wajah merah karena abis nyemplung ke laaut, jadi muka merah terbakar dan itu baru bisa memudar atau balik ke warna kulit asli sekitar sebulan lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ngomongin nyemplung ke laut, saya bahkan dulunya pernah tuh, pas main di laut, malah pipi kena ubur-ubur kayaknya, langsung melepuh, untung bekasnya hilang huhuhu

      Delete
  3. Aku awal baca menduga paling mbak Rey dibawah nanti ada iklan suruh pakai obat biar wajah gatal bisa hilang. Soalnya sudah biasa baca endorse.

    Eh ternyata zonk.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, sesekali nggak pakai nyuruh Mas wwakakakaka

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top