Saturday, October 16, 2021

Tips Merawat Perangkat Kasir agar Berfungsi Lebih Baik

tips merawat perangkat kasir

Sharing By Rey - Perangkat kasir sangat vital bagi operasional usaha. Semua transaksi akan tercatat begitu pula dengan inventory. Anda mungkin sudah membeli mesin kasir kebutuhan usaha, namun sudahkah memperhatikan soal perawatannya? 

Perawatan mesin kasir sendiri menjadi tanggung jawab utama kasir sebagai orang yang mengoperasikannya. Oleh karena itu jika terjadi kerusakan maka kasir harus segera melaporkannya kepada atasan supaya bisa segera diperbaiki. 

Baik kasir dan pemilik bisnis pun harus tahu bagaimana cara perawatan yang benar. Ikuti tipsnya berikut ini. 


6 Tips Mudah Perawatan Perangkat Kasir untuk Usaha 


Pada saat membeli perangkat kasir baru, biasanya teknisi yang merangkai akan menjelaskan bagaimana cara untuk menggunakan mesin dengan benar. Mulai dari menyalakan perangkat dan mengganti kertas struk atau mengoperasikan sistem. 

Pada saat yang bersamaan Anda bisa menanyakan kepada petugas bagaimana cara untuk merawat mesin kasir dengan benar. Secara umum, teknisi akan menjelaskan tips perawatan berikut ini. 

1. Selalu Membersihkan Meja Kasir dari Debu

Sebelum dan sesudah operasional, seorang kasir harus membersihkan area kerjanya. Semua debu dan kotoran lain harus dilap dengan benar sehingga tidak merusak mesin kasir lama kelamaan. 

Cantumkan hal ini dalam SOP kasir dalam usaha Anda dan cek secara berkala apakah dijalankan dengan benar. Kasir juga harus menjaga kebersihan area kasir selama operasional kerja. 

Selain merawat peralatan, pelanggan yang datang untuk bertransaksi pun akan memiliki kesan yang baik terhadap bisnis Anda

2. Hindari Membersihkan dengan Kain Basah

Pada saat membersihkan perangkat kasir, harus menggunakan kain lap yang bersih dan juga kering. Hindari menggunakan kain yang basah karena kelembaban apalagi tetesan air bisa masuk ke dalam mesin kasir. 

Air dapat menimbulkan korsleting yang berbahaya untuk perangkat kasir secara keseluruhan. Jika terdapat kotoran yang sulit dibersihkan, Anda bisa membersihkan dengan kain yang sedikit basah sampai bersih, baru lap dengan kain kering. 

3. Membersihkan Hanya Ketika Mesin Mati

Tidak jauh berbeda ketika Anda membersihkan komputer, mesin kasir juga perlu dibersihkan ketika kondisinya mati. Coba cek apakah kabel tersambung dengan stop kontak dan layar tidak menyala. 

Perangkat yang dalam keadaan menyala kemudian dibersihkan memiliki resiko mampu mengalirkan tegangan listrik. Akan sangat berbahaya ketika orang tersengat listrik ketika sedang membersihkan. Setelah dibersihkan baru pasang kabel dan nyalakan perangkat. 

4. Cabut Kabel Listrik ketika Mesin Tidak Digunakan

Penting untuk diperhatikan, setelah jam operasional berakhir semua kabel yang menancap pada stop kontak harus dicabut. Jangan sampai terdapat kabel yang masih menancap di stop kontak. 

Ada dua fungsi dari kegiatan ini, pertama supaya tidak terjadi kebakaran karena adanya hubungan arus pendek saat kantor kosong dan merusak peralatan. Kedua supaya arus listrik tidak terpakai, karena meskipun perangkat sudah mati arus listrik masih tetap ada.

5. Mematikan Sistem dengan Benar

Sama halnya dengan komputer, perangkat kasir memiliki langkah-langkah untuk mematikan dengan benar. Setiap orang yang bertanggung jawab dengan kasir harus tahu cara mematikannya dengan benar. 

Tanpa prosedur yang benar atau asal cabut kabel listrik dapat merusak aplikasi lama kelamaan. Misalnya saja data yang tersimpan tidak sempurna atau ada program yang bermasalah. Tentunya hal ini akan berdampak pada kelancaran bisnis

6. Hindari Memperbaiki Sendiri Tanpa Tim Support

Setiap perusahaan yang menyediakan produk perangkat mesin kasir selalu memiliki tim support yang siap sedia untuk membantu ketika terjadi kerusakan. Baik itu kerusakan perangkat keras atau lunak dari kasir akan selalu dibantu untuk memperbaikinya. 

Oleh karena itu jangan coba-coba untuk membersihkannya sendiri karena resiko kerusakan menjadi parah bisa lebih tinggi. Padahal Anda tinggal menghubungi tim support saja untuk penjadwalan perbaikan sesegera mungkin. 

Perawatan mesin kasir yang benar akan membuat Anda bisa menggunakannya dalam waktu yang lama. Jadi jangan asal beli kemudian tidak melakukan perawatan, karena Anda sendiri nantinya yang merasa dirugikan. 

1 comment :

  1. Apa pun barangnya jenis elektronik, jika tidak mengerti tapi memaksa diri untuk memperbaikinya, resikonya tambah hancur. He he .... Selamat malam ananda. Selamat beraktivitas.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top