Wednesday, October 27, 2021

Tingkatkan Inklusi Keuangan Di FIN EXPO BIK 2021

Tingkatkan Inklusi Keuangan Di FIN EXPO BIK 2021

Sharing By Rey - Bulan ini merupakan waktu yang tepat buat kita semua untuk mengunjungi FIN EXPO BIK 2021, dan tidak perlu repot-repot keluar rumah, karena acaranya diselenggarakan secara virtual yang bisa diakses dari rumah saja.

Apa sih FIN EXPO BIK 2021 itu?
Yaitu pameran produk/jasa keuangan yang digelar secara virtual oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan 2021.

Pada tahun ini, kedua kalinya FinExpo diselenggarakan dengan konsep virtual, sebagai bentuk adaptasi terhadap dinamika perekonomian di masa pandemi.

Hal ini didasari oleh upaya untuk mendorong akses keuangan kepada masyarakat, dan hal ini diyakini dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional, serta bantu tingkatkan kesejahteraan masyarakat, yang memang berdampak selama pandemi ini.

Diharapkan juga, dengan adanya FinExpo ini, masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang berbagai program promo maupun reward produk/jasa keuangan, edukasi keuangan dan informasi lainnya, yang sangat bermanfaat dan terpercaya.


Tentang Inklusi Keuangan


Ada yang sudah tahu tentang Inklusi keuangan nggak?
Jujur sayapun masih awam banget tentang hal ini.

FIN EXPO BIK 2021

Jadi, inklusi keuangan adalah, sebuah ketersediaan akses untuk masyarakat, pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun dengan peningkatan inklusi keuangan ini, diharapkan bisa bantu kurangi jumlah masyarakat unbanked atau yang belum pernah memiliki rekening bank, yang dikarenakan sulit memiliki akses layanan perbankan dasar seperti tabungan.

Padahal hal tersebut merupakan hak dasar bagi seluruh masyarakat Indonesia, dan tentunya memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

Bukan hanya itu, masyarakat dengan kapasitas lebih pun, bisa memiliki produk dan layanan keuangan lainnya, sebut saja asuransi, pembiayaan, program pensiun, dan investasi.
Yang tentunya hal ini bisa menunjang taraf hidup jadi lebih baik.

Inklusi keuangan juga sangat bermanfaat untuk hal-hal, seperti:
  • Membantu tingkatkan efisiensi ekonomi.
  • Bantu dung stabilitas sistem keuangan.
  • Bantu kurangi shadow banking atau irresponsible finance.
  • Ikut mendukung pendalaman pasar keuangan.
  • Ikut memberikan potensi pasar baru bagi perbankan.
  • Untuk bantu mendukung peningkatan Human Development Index (HDI) Indonesia.
  • Ikut berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional yang sustain dan berkelanjutan.
  • Bantu kurangi kesenjangan (inequality) dan rigiditas low income trap, tentunya hal ini dapat tingkatkan kesejahteraan masyarakat, dan turunkan tingkat kemiskinan.


Bulan Inklusi Keuangan 2021 Bersama Prudential


Belajar tentang manajemen keuangan memang kadang terasa membosankan, tapi mau nggak mau harus kita lakoni agar bisa lebih bijak terhadap uang.

Virtual booth Prudential di FinExpo BIK 2021

Karenanya, saya semangat banget mengunjungi FIN EXPO 2021 kemaren.
Ada begitu banyak kegiatan yang diselenggarakan di sana, di antaranya:
  • Penjualan produk/layanan jasa keuangan berinsentif (pemberian discount, cashback, point, bonus atau reward
  • Fasilitasi pemberian kredit/pembiayaan bagi masyarakat serta pelaku usaha kecil dan mikro antara lain melalui kegiatan business matching.
  • Kegiatan akuisisi pembukaan rekening, polis, dan lainnya
  • Kegiatan edukasi keuangan antara lain melalui webinar.
  • Kegiatan pameran virtual.
  • Kampanye dan publikasi program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen secara masif.

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah mengenai produk asuransi yang ada di FinExpo tersebut.
Oh ya, kebetulan juga nih bersamaan dengan hari Asuransi Nasional di tahun 2021, dirayakan dengan tema 'Literasi asuransi untuk negeri, kenali, pahami, miliki'.

Karenanya sebagai yang juga butuh banget informasi, saya bisa belajar literasi asuransi dari Asuransi Prudential yang ada di virtual booth FinExpo 2021 ini.

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) pertama kali didirikan pada tahun 1995, dan merupakan bagian dari Prudential plc, yaitu sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. 

Dan sebagai bagian dari Grup yang telah berpengalaman lebih dari 168 tahun di dunia industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia memiliki komitmen yang lebih, untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Pada pameran virtual BIK 2021 ini, Prudential dengan semangat membagikan informasi terkait perencanaan keuangan, yang mana hal ini bisa menjadi sebuah trik jitu atau pondasi menuju financial yang lebih stabil dan mapan.

Kita hanya perlu mengunjungi Virtual Booth, lalu memilih menu Asuransi, lalu pilih Prudential.
Nantinya langsung diarahkan ke virtual booth Prudential yang eye catching banget dengan warna khasnya merah, abu-abu dan putih.

Virtual booth Prudential di FinExpo BIK 2021

Di dalam virtual booth ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, mulai dari membaca banyak promo-promo menarik yang ditawarkan oleh Prudential selama pameran virtual ini, hingga menonton tips-tips menarik yang bermanfaat banget untuk yang ingin apply asuransi.

mengunjungi virtual booth asuransi prudential

Salah satu tips yang menarik bagi saya adalah, yang diberikan oleh Merry Riana, tentang tips memilih asuransi kesehatan, yaitu:
  • Persiapkan dahulu anggarannya.
  • Jangan lupa pahami kebutuhan maupun fasilitas yang diinginkan.
  • Menentukan premi yang dibayar.
  • Memahami masa pertanggungan yang ada.
  • Mempelajari jenis penyakit apa saja yang akan ditanggung
 
Menarik banget nih, khususnya dalam tips nomor 1 yaitu menyiapkan anggarannya, karena kadang orang hanya melihat fasilitas yang ditawarkan, tanpa melihat kemampuan keuangan mereka, sehingga akhirnya pembayaran premi pun tidak bisa lancar setiap bulannya.

Setelah mengetahui tips tersebut, bisa banget tuh kita memilih produk-produk asuransi Prudential yang ditawarkan, mumpung lagi banyak promo menarik hanya selama pameran virtual BIK 2021 ini.

So, Temans jangan lupa kunjungi booth Prudential di FIN EXPO BIK 2021 dengan mengakses https://www.finexpo-bik2021.id/ ya.



Sumber:
  • FIN EXPO BIK 2021
  • https://www.inklusikeuangan.id/halaman/inklusi-keuangan
Gambar: Canva dan FIN EXPO BIK 2021

78 comments :

  1. Saya udah jalan-jalan ke sini juga mbak, jalan-jalan virtual ke boothnya prudential. Jadi makin ngerti tentang serba-serbi auransi dan juga manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mba, makin melek tentang asuransi dan cara memilih asuransi yang tepat ya :)

      Delete
  2. Enak juga ya ada virtual bazaar begini, dan menyangkut masalah keuangan pula! Kita tidak sadar bahwa inklusi keuangan kita jauh tertinggal - well... peer yang kudu digarap nih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memudahkan masyarakat untuk melet financial planning :)

      Delete
  3. Prudential emang selalu terdepan ya?

    paham kita butuh proteksi keuangan, namun setiap orang punya kebutuhan berbeda

    karena itu disiapkan berbagai produk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan selalu memberikan edukasi pada masyarakat ya :)

      Delete
  4. Aku baru tahu juga kak tentang inklusi keuangan,
    Kesehatan emang penting makanya perlu untuk asuransi kesehatan. Prudential makin keren dengan banyak produknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih, bersyukur ya bisa tau banyak hal penting terutama di bidang keuangan :)

      Delete
  5. Kalo saya pribadi memilih asuransi, saya lebih suka yang produk sampingannya sedikit. Kalo asuransi jiwa ya asuransi jiwa aja, gak usah yang banyak manfaat ini itu di luar manfaat kesehatan. Biasanya tuh di sana banyak jebakan batmannya.

    Keren lah Prudential, asuransi swasta terpercaya dan udah lama banget di Indonesia eksisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, biar nggak kecampur gitu ya, banyak yang menawarkan sekalian investasi gitu, trus bingung pas ga sesuai pikirannya :D

      Delete
  6. Prudential ini termasuk asuransi yang bisa dipercaya. Karena mereka punya pilihan-pilihan asuransi yang jelas. Pembayaran preminya juga bisa disesuaikan dengan asuransi yang kita ambil. Sukses terus prudential

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, jadi bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan :)

      Delete
  7. Belajar san inklusi keuangan menjadi terasa lebih baik

    ReplyDelete
  8. makin banyak ilmunya ya dari Prudential asuransi syariah yang baik tinggal infonya makin menyebar ke masyarakat ya

    ReplyDelete
  9. Literasi keuangan dan akses masyarakat ke lembaga/jasa keuangan sepertinya memang mesti terus ditingkatkan ya. Harapanku sih nggak muluk-muluk: nantinya nggak ada lagi masyarakat yang terjerat utang berbunga-bunga yang mengerikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, dan OJK juga semakin jeli memberikan izin bagi pinjaman yang menjerat leher masyarakat

      Delete
  10. Banyak sekali warga Indonesia yang tidak mengenal bank, apalagi jasa dan promonya. Saya berkali-kali dititipin transfer oleh tetangga.
    Bisa dikatakan pandemi ini membuat jumlah pemilik buku tabungan bertambah sangat banyak, tapi untuk bank tertentu.
    Makanya pameran inklusi keuangan dan bank seperti ini harus sering diadakan sampai ke desa-desa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Mba, kasian sih sebenarnya, bahkan ada yang usaha, tapi nggak punya rekening, gimana bisa berkembang tuh di dunia serba digital gini

      Delete
  11. Baru ngeh ada istilah inklusi keuangan ini mbak. Prudential juga ada produk syariahnya ya. Saya ikut webinarnya dan ternyata bagus banget produk syariah mengutamakan gotong royong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sama, saya terakhir dapat pelajaran ekonomi itu SMP deh kalau nggak salah, makanya sering baru ngeh beberapa istilah dalam ekonomi :D

      Delete
  12. Saya pun masih awam dengan istilah inklusi dan beberapa istilah dalam literasi financial ini. Tapi berkat ikut finexpo ya jadi nambah wawasan juga. Betah saya juga di booth nya Prudential

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Teh, mengedukasi banget, apalagi dihadirkan langsung produk-produk financial

      Delete
  13. Momen yang tepat ya untuk meningkatkan literasi keuangan dan literasi asuransi jadi sayang banget kalau dilewatkan. Ku juga udah mampir dong ke BIK2021 sekaligus berkunjung ke booth prudential untuk cari informasi lebih lengkap mengenasi asuransi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang ya, makin banyak yang melek tentang financial

      Delete
  14. Pameran yang sungguh mengedukasi kita soal produk dan jasa keuangan ya, Mbak rey
    jadi paham banyak hal baru saya setelah mengunjunginya.
    Banyak program dan promo pula, pas jadi waktu untuk membeli produk/jasa keuangan yang kita butuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prudential memang selalu semangat mengedukasi masyarakat ya, makanya semangat banget ada di BIK 2021 ini :)

      Delete
  15. Saya baru menerima informasinya lewat tulisan teman-teman tentang Bulan Inklusi Keuangan 2021 ini Mba. Belum jalan-jalan ke booth Prudential nih.
    Jadi penasaran.
    Asuransi itu kebutuhan semua anggota keluarga ya, karena kita nggak pernah tau apa yg terjadi ke depannya. Bersiap itu lebih penting ya. Tentunya dengan memilih asuransi yang sesuai kebutuhan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener nih, salah satu bentuk cinta kita terhadap keluarga :)

      Delete
  16. Bagus sekali acara edukasi keuangan seperti ini. Sebab nyatanya masyarakat masih memiliki sedikit akses pengetahuan terutama tentang inklusi keuangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal dunia sudah serba digital, tapi masih banyak loh yang belum punya akses ke bank

      Delete
  17. salah satu asuransi yang bisa di andalkan ya prudential untuk menjaga dan melindungi keluarga pastinya dengan asuransi prudential

    ReplyDelete
  18. Menurut daku adanya bulan inklusi keuangan ini sangat bermanfaat nggak hanya untuk yang baru memahami tentang finansial, tapi juga untuk yang sudah paham, agar makin cerdas lagi dalam literasi keuangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya ya, biar bisa lebih paham investasi juga :)

      Delete
  19. Acara digelar secara virtual, artinya bisa menjangkau semua lapisan masyarakat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri juga ya Mba
    Keren ini sih... bisa memberikan literasi keuangan secara komprehensif juga.

    ReplyDelete
  20. Keuangan dan asuransi tuh sudah jadi satu paket ya Mbak Rey. Kita perlu paham tentang iklusi keuangan berikut dengan kesiapan kita menghadapi hal-hal tak terduga bahkan kejadian apa yang akan menimpa kita. Khususnya soal kesehatan. Jadi saat memutuskan untuk ber-asuransi, kita sudah seharusnya paham akan konsekuensi dari sisi keuangannya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Bu Annie, pemahaman seperti itu memang perlu diperdalam, agar lebih cermat dan paham tentang literasi keuangan

      Delete
    2. Yup bener banget. Jadi memang soal keuangan dan kesehatan itu adalah 2 hal yang tak boleh kita anggap enteng. Apalagi saat masih di usia produktif, sehat walafiat dan masih bisa menabung.

      Delete
    3. Sepakat mba-mba.
      Pilih yang paling sesuai dan dibutuhkan. Memilih asuransi itu sejalan dengan pepatah, ingat sakit di kala sehat, muda dan produktif.

      Delete
    4. Pepatah yang paling sering diingat nih, ingat selalu sakit di saat sehat, karena kadang hal itu diabaikan, dengan tidak bijak mengelola keuangan, akhirnya pas sakit bingung :)

      Delete
  21. aku barusan liat di IG ada artis yang koar2 sama asuransi tertentu, karena sakit anaknya nggak ditanggung. Aku setuju sama tulisan mba Rey diatas bahwa sebelum kita nentuin produk asuransi juga kudu tahu penyakit apa aja yang bakalan ditanggung jika emang terjadi. Dan untuk masalah kesehatan sampe sekarang keluarga kecilku masih percaya sama Prudential sih mbak. Dulu jaman Luigi masih kecil, rawat inap berapa haripun tetep ditanggung Prudential. Nggak ribet pula. Bagus banget nih acaranya virtual, biar makin banyak masayarakat yang tau informasinya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, jangan sampai udah koar koar, keluar tenaga buat marah-marah, pas dilihatin dokumennya, ternyata dia yang salah. karena itu mengenali dan memahami asuransi emang penting banget sebelum memiliki. Mesti dibaca baik-baik semua ketentuannya

      Delete
    2. Saking nggak dibaca syarat-syaratnya tuh, abis itu asal apply dan pas digunakan, kaget kok ga sesuai yang diharapkan :)

      Delete
  22. Aku dahulu waktu masih kerja di pabrik pernah ditawari ikut Prudential mbak, aku waktu itu agak tertarik karena katanya nanti hasilnya gede kalo cair.

    Cuma jangka waktu nya 10 tahun, ini yang bikin aku mikir, misalnya pabrik tutup gimana nanti bayar angsuran nya, akhirnya setelah berunding sama istri tidak jadi ikut.

    Sekarang nganggur tapi agak tenang tidak punya angsuran.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau investasi gitu, better ambil investasi langsung Mas, jangan yang dicampur dengan asuransi :)
      Nah bener tuh, angsuran kadang memang bikin nanges, tapi bisa kok diatur financialnya :)

      Delete
  23. Punya asuransi hari gini waajib ya mbak apalgi kondisi pandemi gini duh emang ya kesehatan itu mahal harganya..jadi kitanya yang harus sedia proteksi tentunya pilih yang terpercaya ya seperti Prudential ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, pandemi ini, rasanya biaya kesehatan meningkat banget

      Delete
  24. Waaah, pasti seru mengunjungi event virtual ini ya, Mba? Menambah wawasan dan juga membuka mata untuk melihat peluang pastinya.

    Sepakat banget mba, bahwa asuransi itu adalah kebutuhan, karena kita ga pernah tau apa yang akan menimpa kita suatu hari ke depan nanti. Bukannya mengharapkan hal-hal yang tak diinginkan sih ya, tapi lebih ke mempersiapkan diri dalam memanage risiko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan juga persiapan biar nggak memberatkan keluarga atau orang tercinta ya Mba :)

      Delete
  25. Bulan Iklusi Keuangan bersamaan dengan hari Asuransi Nasional di tahun 2021 pas banget ini
    Apalagi dirayakan dengan tema 'Literasi asuransi untuk negeri, kenali, pahami, miliki'. Smeoga menjadi lebih banyak yang kenal, paham dan selanjutnya punya asuransi nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pas banget dimanfaatin buat bisa lebih paham asuransi ya :)

      Delete
  26. Asyik banget ya jalan2 virtual bermanfaat untuk mengelola keuangan hihi

    ReplyDelete
  27. Bulan Oktober ada finekspo perihal inklusinkeuangan, mengenal inklusi keuangan menjadi sesuatu yang bermanfaat, sepertinya saya juga

    ReplyDelete
  28. melek finansial ini gak cuma untuk kalangan menengah bawah loh, karena ternyata kalangan atas pun ternyata banyak juga yg gak paham soal financial planning

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya ya, jadinya banyak duitpun nggak bisa dimanfaatin secara bijak

      Delete
  29. keren ada Fin Expo ya?

    Karena literasi financial kita masih rendah

    beruntung semakin banyak konten finansial di internet dan campaign seperti tulisan Mbak Rey ini

    semoga semakin banyak yang melek finansial ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan saya baru tau juga dong kalau ternyata ada BIK ini setiap tahunnya :)

      Delete
  30. financial memang sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari karena itu dengan adanya fin expo ini sangat membantu bagi yang belum paham soal financial

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mba, penting juga buat ibu rumah tangga :)

      Delete
  31. Buat yang mau mengetahui banyak hal soal finansial juga yang berniat membeli produk finansial. Wajib banget nih mengunjungi pameran FIN Expo 2021, biar makin paham soal literasi finansial.

    ReplyDelete
  32. Khusus asuransi kesehatan, memang kita harus baca dulu mba pertanggungannya. Apalagi kalo anak kita punya penyakit yang (maaf) agak langka misalnya, kayak anakku yang autism spectrum disorder. Itu asuransi kesehatanku juga gak bisa cover dan memang gak ada asuransi yang bisa cover biaya terapinya. Cuma kan bisa kita akali, misalnya kalo pas jadwal cek darah 3 bulanan, aku ke rumah sakit, alhamdulillah bisa dicover. Trus untuk obat-obatan tertentu yang bisa dibeli di apotek rumah sakit, itu juga bisa dicover. Hihihi. Jadi, ceritanya muter otak deh emaknya.

    Terima kasih untuk Prudential yang sudah turut serta meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia di FIN Expo tahun ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih banyak sharingnya Mba, iya ya, ini yang biasanya kurang dipahami masyarakat awam, dikira semua jenis penyakit di cover, alhasil pas sakit, ngeluh ketika ga sesuai harapan

      Delete
  33. Menag asuransi ini bisa utk persiapan mas apensiun ya mbak. Dan juga bagian dari investasi. Namun kita harus tahu berapa budget yg kita miliki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyesuaikan dengan dana yang ada, enggak memaksa, daripada ga bisa bayar premi ya :D

      Delete
  34. Wah event keuangannya menarik ya, bisa lewat online sekarang. Memang asuransi penting buat cover misal ada emergency ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selama pandemi semua jadi lebih melek teknologi karena apa-apa online :)

      Delete
  35. Aku kok kelewatan acara soal literasi keuangan dari prudential ini ya. Apalagi ada Merry Riananya. Tapi dari tulisan ini jadi nambah bacaan tentang manfaat dari asuransi dan keuangan itu sendiri.

    ReplyDelete
  36. Wah iya, ingat asuransi aku juga jadi ingat Merry Ryana dengan mimpi sejuta dolarnya ya mbak. Merry termasuk yang teguh dan gigih memperjuangkan mimpi finansialnya. Dengan adanya kegiatan BIK ini tentu banyak masyarakat yang terbuka wawasan finansialnya ya

    ReplyDelete
  37. aku juga sudah mengunjungi Virtual Booth Prudential Indonesia di Fin Expo BIK ini mbak
    jadi makin tahu banyak tentang asuransi

    ReplyDelete
  38. I think there is problem on interpreter so i cant read it right now. Hope i will translate it and read it soon, have a great weekend to you Dear friend! Greetings from Turkey,

    ReplyDelete
  39. Jadi nggak perlu datang ke booth pamerannya ya Mbak Rey, lewat virtual booth-nya saja kita sudah bisa paham produk yang ditawarkan dan berdiskusi di sana, ya mbak.

    ReplyDelete
  40. Ini postingan yang paling banyak komentarnya dalam beberapa minggu terakhir ini, biasanya cuma dibawah 10, ini sampai 77, kalo dibalas semuanya kayaknya tembus 100.😁

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top