Interlac, Solusi Tepat Mengatasi Sembelit Pada Bayi Dan Anak

reaksi interlac untuk sembelit

"Berapa lama reaksi Interlac untuk sembelit pada bayi dan anak?" 
Pertanyaan tersebut paling sering diajukan para ortu, terutama yang punya masalah sembelit pada bayi dan anak.

Interlac memang punya manfaat yang extra dalam mengatasi masalah pencernaan si kecil. Bukan hanya untuk sembelit, tapi bisa juga untuk mengatasi masalah diare pada bayi maupun anak-anak.
Btw, ketika baby Adean lahir, saya bersyukur karena terlahir dengan usia kandungan yang cukup, meskipun tetap harus melalui operasi caesar kedua kalinya.

Berbeda dengan kakaknya yang lahir prematur di usia kandungan 36 minggu, saya jadi lebih excited. Insya Allah si baby Adean bakal tumbuh dengan sehat selalu.

Apalagi ketika menyadari bahwa saya berhasil menikmati pengalaman mengASIhi meski penuh drama selama 6 bulan pertama kehidupannya.

Tapi, siapa nyana?
Baru saja berusia 5 hari, si baby Adean sudah harus mengikuti kami berkunjung ke dokter spesialis anak. Karena setelah usianya di atas 3 hari, pup bayi berbusa dan sering BAB.

Ternyata kata DSA, semuanya masih dalam hal yang wajar, terlebih karena si baby Adean minum ASI Ekslusif.

Akhirnya kami putuskan untuk tidak panik dengan masalah BAB si bayi. Meskipun seminggu kemudian, tekstur feses-nya yang awalnya berbusa berganti biasa. Namun tetap saja encer dengan intensitas yang sering.

Karena tidak ada efek lainnya, misal dehidrasi atau kurangnya berat badan, kami memutuskan untuk membiarkan hal tersebut.

Meskipun jujur, capek banget karena harus bolak balik ganti popok dan menghabiskan nyaris lebih 10 pospak setiap harinya, hingga dia berusia 6 bulan.

Tibalah saatnya pengenalan MPASI, dan bahagia hati saya melihat pupnya jadi mulai normal, intensitasnya berkurang, dengan tekstur yang lebih padat.

Namun, ternyata kegalauan kami belum berakhir. Setelah kenal MPASI, intensitas BAB-nya sih berkurang. Tapi jadinya keblabasan hingga yang sebelumnya dia bisa pup hingga 10 kali sehari. Eh sekarang jadi berkurang hingga 2 hari sekali.

Dia SEMBELIT sodara, hiks.


Fakta Sembelit Pada Bayi


Apa itu sembelit?


Sembelit biasa disebut konstipasi yaitu, suatu kondisi tertahannya feses (tinja) dalam usus besar. Dengan frekuensi dan konsistensi tertentu, karena adanya kesulitan dalam pengeluarannya.
Kondisi ini sering terjadi pada bayi dan anak-anak.

Beberapa tanda-tanda sembelit pada anak dan bayi:

  • Frekuensi BAB berkurang, yang biasanya sehari sekali, jadi 2-3 hari sekali.
  • Tekstur feses keras, sehingga saat hendak pup bayi atau anak kesakitan.
  • Anak mengeluh akan perut yang gak nyaman.
  • Rewel pada bayi, karena perutnya gak nyaman.
  • Bayi menolak ASI atau MPASI karena merasa perutnya penuh.
Sembelit pada orang dewasa sudah sangat membuat tidak nyaman, apalagi jika terjadi pada anak, oleh karenanya perlu segera diatasi agar anak atau bayi terbebas dari sembelit, seperti :
  • Penggunaan obat suppositoria (obat yang dimasukan lewat anus), penggunaan obat ini, sebaiknya dengan resep dokter agar meminimaliskan efek samping yang mungkin saja terjadi.
  • Dengan memberikan asupan air lebih banyak, baik memberikan minum air putih lebih banyak, atau makanan yang lebih banyak kuah.
  • Memijat perut bayi dengan gerakan tertentu.
  • Memberikan banyak makanan yang berserat, seperti sayur dan buah.
  • Mengajarinya toilet training, dengan toilet training secara tidak langsung mengajarinya untuk BAB secara teratur.
  • Memberikan probiotik.

Tentang Probiotik


Probiotik adalah mikro organisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya (WHO).

Ada beberapa bakteri yang memenuhi syarat probiotik, yaitu :
  • Lactobacillus , yang termasuk di dalamnya spesies L. reuteri, L. acidophilus, L. plantarum, L. casei subspecies rhamnosus, L. brevis dan L. del breuckii subspecies bulgaricus.
  • Bifidobacterium (WHO 2002), yang termasuk di dalamnya spesies B. adolescentis, B. bifidum, B. longum, B infantis dan B breve.
Tidak semua probiotik bisa di konsumsi dan bisa menjaga kesehatan pencernaan, setidaknya ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, seperti :
  1. Bakteri yang digunakan harus berasal dari manusia.
  2. Bakteri tidak bersifat patogen.
  3. Bakteri yang digunakan tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu, karena harus dikonsumsi, maka otomatis akan melewati asam lambung sebelum sampai di usus.
  4. Mampu menempel pada dinding usus.
  5. Menghasilkan zat antimikroba dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  6. Tahan terhadap proses produksi dalam pembuatan sediaan.
  7. Stabil secara genetik

Selain probiotik, ada pula yang namanya prebiotik dan sinbiotik.

Apa sih bedanya?
  • PROBIOTIK adalah suatu mikroorganisme hidup yang mana jika diberikan dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat kesehatan.
  • PREBIOTIK adalah berbagai jenis nutrisi yang diperlukan oleh bakteri baik di dalam tubuh manusia, untuk kehidupannya, seperti : FOS/GOS (Frukto/Galakto Oligosakarida) untuk bifidobacteria, dan Lactulose untuk lactobacilli.
  • SINBIOTIK, yaitu probiotik dan prebiotik.

Ada berbagai jenis produk probiotik, salah satunya adalah INTERLAC yang di produksi oleh BioGaia bekerjasama dengan PT Interbat.

event blogger untuk interlac


INTERLAC, Solusi Tepat Mengatasi Sembelit Pada Bayi dan Anak


Terus terang, saya baru mengenal Interlac di postingan beberapa teman blogger di media sosial. Dan lebih kenal dekat lagi setelah mengikuti talkshow INTERLAC pada acara Baby Fair 2018 lalu di Pakuwon Mall Surabaya.

talkshow interlac
Dokter Intan dan bapak Mohamad Nurhadi di acara talkshow Interlac

Pada acara tersebut, hadir dokter Intan yang banyak memberikan penjelasan tentang masalah sembelit pada bayi dan anak. Ada juga bapak Mohamad Nurhadi, selaku Brand Manager Interbat yang banyak mengenalkan khasiat Interlac.

Dokter Intan
Dokter Intan sedang menjawab pertanyaan peserta talkshow

Bapak Mohamad Nurhadi
Bapak Mohamad Nurhadi sedang menjawab pertanyaan peserta


Apa itu Interlac ?


apa itu interlac

INTERLAC adalah produk lisensi dari BioGaia, sebuah perusahaan dari Swedia, yang merupakan salah satu pelopor probiotik di dunia atau World Leader in probiotics.

BioGaia berdiri sejak tahun 1990 dan merupakan perusahaan bioteknologi yang memproduksi probiotik (Lactobacillus reuteri)

INTERLAC mengandung strain probiotik Lactobacillus reuteri Protectis yang dipatenkan oleh BioGaia. Dan merupakan salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia dengan efikasi dan keamanan yang terbukti klinis.

Di Indonesia, Interlac merupakan satu-satunya produk probiotik yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protectis.


berapa lama reaksi interlac untuk sembelit
Si bayi tertidur lelap, karena pencernaannya sehat berkat Interlac

Memilih INTERLAC berarti memilih probiotik yang teruji klinis aman dan efektif sesuai rekomendasi dokter di lebih dari 90 negara di dunia.


Berapa Lama Reaksi Interlac untuk Sembelit pada Bayi dan Anak? 


Hingga akhir tahun 2016, Interlac sudah teruji klinis pada lebih dari 12,754 pasien di 152 uji klinis.
Interlac juga terbukti aman tanpa efek samping untuk segala usia, termasuk :
  • Baby premature.
  • Baby newborn.
  • Baby and kids
  • Remaja
Probiotik Interlac juga sudah mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan.

Macam-macam interlac

Selain itu, berbeda dengan probiotik kebanyakan, formulasi Interlac tidak mengandung lactose. Sehingga aman dikonsumsi oleh bayi sejak lahir yang lactose-intolerant.

Pun, profil keamanan dan manfaat interlac yang sudah terbukti klinis membuat interlac menjadi probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara di dunia. Bahkan beberapa dipakai langsung untuk NICU sebagai terapi bayi lahir premature.


Apa saja kelebihan Interlac?


Secara umum, ada beberapa kelebihan Interlac dibandingkan dengan probiotik lainnya :
  1. INTERLAC adalah satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protetics. Lactobacillus reuteri Protetics adalah salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.
  2. Keamanan INTERLAC terjamin. Hingga akhir 2016, INTERLAC sudah teruji klinis pada lebih dari 12,754 pasien di 152 uji klinis. Probiotik INTERLAC sudah mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA, yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan.
  3. Formula bebas laktosa. Berbeda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi INTERLAC tidak mengandung laktosa sehingga aman diberikan untuk bayi sejak lahir (newborn), termasuk bayi dengan lactose-intolerant.
  4. Profil keamanan dan manfaat INTERLAC yang sudah terbukti klinis membuat INTERLAC menjadi pribiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara, dan bahkan dipakai langsung di unit NICU rumah sakit untuk terapi bayi prematur.
  5. Praktis dan ekonomis: cukup dikonsumsi 1x sehari.
  6. INTERLAC terbukti aman tanpa efek samping untuk semua usia: termasuk bayi premature, bayi baru lahir, bayi dan anak-anak, dan remaja.


Ragam produk INTERLAC


Interlac terdiri dari beberapa product range yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan bayi sejak baru lahir, anak-anak, remaja, orang dewasa dan lansia, seperti :

INTERLAC DROPS


Interlac drops
Source : Interlac
 Catatan yang perlu diperhatikan :
  • Interlac Drops ini, cocok untuk bayi usia 0-12 bulan. 
  • Dianjurkan untuk kocok dengan baik sebelum digunakan .
  • Dianjurkan untuk menggunakan sendok saat memberikan pada bayi, bukan diteteskan langsung pada mulut bayi, karena akan mempengaruhi bakteri baik yang ada di dalam botol. 
  • Rasanya plain sehingga tidak akan ditolak oleh bayi dan anak.
  • 1 botol terdiri dari sekitar 125 tetes, sehingga lebih hemat digunakan untuk 25 hari.
  • Sebaiknya simpan dalam lemari es (bukan frezer), untuk menghindari suhu yang tinggi.
 

INTERLAC SACHET

 
Interlac sachet
Source : Interlac
 Catatan yang perlu diperhatikan :
  • Interlac Sachet ini, cocok untuk bayi/balita usia 0-3 tahun. 
  • Cara penggunaan, bisa dilarutkan pada susu atau air minum bayi/balita.
  • Rasanya plain sehingga tidak akan ditolak oleh bayi / balita.
  • 1 box/kotak terdiri dari 30 sachet.
 

INTERLAC TABLET KUNYAH STRAWBERRY

Interlac kunyah strawberry
Source interlac

 Catatan yang perlu diperhatikan :
  • Interlac tablet kunyah rasa strawberry ini, cocok untuk anak di atas usia 4 tahun. 
  • Cara penggunaan, dikunyah langsung.
  • Rasa straberry sehingga disukai oleh anak maupun remaja.
  • 1 box/kotak terdiri dari 30 tablet.
  

INTERLAC TABLET KUNYAH LEMON

 
Interlac kunyah lemon
Source interlac
 Catatan yang perlu diperhatikan :
  • Interlac tablet kunyah rasa lemon ini, cocok untuk orang dewasa. 
  • Cara penggunaan, dikunyah langsung.
  • Rasa lemon sehingga disukai oleh semua orang dewasa.
  • 1 box/kotak terdiri dari 30 tablet.
  

Sembelit Baby Dayyan Teratasi Dengan INTERLAC

Setelah mengetahui kelebihan Interlac, saya jadi tidak takut untuk mencoba memberikan pada baby Adean.
Sejak berusia 6 bulan hingga kini, si bayi terus bermasalah pada pencernaannya yaitu sembelit.
Dia sering BAB 2-3 hari sekali, dan saat BAB selalu rewel kesakitan.

atasi sembelit pada bayi
Baby Adean suka banget dengan Interlac Drops

Saya coba memberikan Interlac Drops pada si bayi, dan Alhamdulillah, hanya dalam 2 hari, frekwensi BABnya jadi normal kembali.

Kini, BABnya selalu tiap hari, dan saya tetap memberikan interlac sebanyak 5 tetes setiap harinya untuk mencegah sembelit lagi dan menyehatkan pencernaannya.

Tentu saja, selalu diimbangi dengan makanan yang sehat, bernutrisi dan penuh serat.


Di mana sih bisa membeli INTERLAC?


Interlac bisa didapatkan di berbagai toko offline maupun online.
Untuk offline, bisa didapatkan pada Guardian, Viva Health, serta beberapa Baby Shop.
Sedang untuk online, produk Interlac bisa didapatkan di Mothercare.co.id, JD.ID dan Orami.

Beli interlac di mana?

Keterangan lebih lanjut dan lengkap, bisa mengunjungi :

 Website​​: www.interlac-probiotics.com
Instagram​​: @interlacprobiotics
Facebook​​: interlacprobiotics

Ada yang punya pengalaman yang sama? Share dong, berapa lama reaksi interlac untuk sembelit pada si kecilnya?

Share di komen yuk

Semoga bermanfaat. 

Sidoarjo, 15 Oktober 2018

Reyne Raea

37 komentar :

  1. Sembelit kayaknya masalah yang umum pada batita dan sayapun pernah mengalaminya baik anak pertama dan anak kedua. Alhamdulillah sekarang ada Interlac-Probiotok ya yang bisa dikonsumsi oleh berbagai range umur bahkan mulai bayi. Bahkan ada berbagai rasa sehingga anak - anak suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, kasian banget pula kalau dialami bayi

      Hapus
  2. Mbak kalau sudah masalah sembelit pada bayi itu bikin kita gundah gulana tiada nyana yaaa.. Hiks! Belom bisa ngomong, kita mau kasih apa takut salah..
    Kalau sudah ada Interlac begini, ada pilihannya lagi.. Mau drops, serbuk, maupun tablet kunyah ..Jadi mudah.
    Anak kembali lancar pencernaannya, Mommy pun hepi jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, masih piyik pula, mau dikasih obat lain rasanya kok takut ya :D

      Hapus
  3. Aku save nama obatnya, siapa tau suatu saat butuh.
    Terima kasih untuk sharingnya, mom :)

    BalasHapus
  4. Dirumah aku juga selalu sedia interlac meskipun usia anak-anak bukan bayi lagi. Karena manfaatnya itu lho mom

    BalasHapus
  5. Paling ga enak sembelit ya..jangankan pada anak-anak,dewasa aja juga ga tahan.Klo pencernaan sehat insyaAllah jadi bebas sembelit juga ya.Boleh juga nih sedia interlac untuk anak2 dirumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak lebih kasian ya, jadi rewel dan membingungkan

      Hapus
  6. Mbak, waktu kapan itu suamiku diare dan dia minum interlac yang kunyah. Enggak sampai sehari perut yang katanya dia kerasa kruwes-kruwes itu langsung membaik dong walaupun frekuensi BAB-nya enggak yang langsung berhenti. Tapi lebih nyaman gitu, manjur ternyata emang pake interlac. recommended

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya madam, gak bikin langsung mampet kok, tapi menstabilkan feses :)

      Hapus
  7. Kalo anakq seringnya bukan sembelit, tp diare. Kebanyakan susu sapi diare, makan asem2 banyak jg diare, sensitif banget perutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh, kayak anak saya yang pertama tuh, perutnya sensitif banget, apalagi kalau kena jajanan yang ga higienis, dia sekarang minum interlac yang tablet

      Hapus
  8. Mbak Luigi ternyata cocok loh pakai Interlac, dia suka yang kunyah strawberry. Malah dikira permen jadi minta terus. Dan Alhamdulillah pupnya jadi lancar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Lui, jangan kebanyakan kuman baiknya, ntar jadi jahat hihihi.
      Darrell juga ngunyah yang strawberry, emang enak katanya :)

      Hapus
  9. Wah, ku kira Interlac cuma untuk bayi aja. Ternyata untuk orang dewasa pun ada. Lengkap banget ya. Ih, gemes sama si dedek. Sehat selalu ya, dek Adean.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lengkap deh. Recomended buat kesehatan pencernaan semua usia :)

      Hapus
  10. Allhamdulillah Erysha itu nggak pernah sembelit karena dia makan serat yang cukup seperti dari sayur dan buah. Bun mau tanya apa interlac ini harus pakai resep dokter atau nggak usah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, anak-anak saya gak tau kenapa selalu bermasalah di pencernaannya.
      Bisa dibeli tanpa resep dokter kok bun :)

      Hapus
  11. Anakku yg pertama kadang sembelit, oh bagus ya mba interlac. Nanti dicoba juga deh ke anak-anak

    BalasHapus
  12. sehat-sehat ya ganteng... jangan sampai kena sembelit yaa... tante dulu pernah sembelit pas awal-awal ngasi... sampai berdarah hikz... Alhamdulillah sekarang udah ga pernah lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasib busui emang ada aja tantangannya ya hihihi

      Hapus
  13. Ulasan nya lengkap mba. Aku jadi merasa perlu siap sedia Interlac dirumah nih. Terima kasih review nya mba

    BalasHapus
  14. sudah sangat berkembang ya pemakaian probiotik.
    Bermanfaat…. thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, beragam sekarang, namun Interlac lebih menonjol :)

      Hapus
  15. aku juga pakai interlac sejak nafeesa bayi, sekarang sudah mulai lepas perlahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh, ternyata udah lama banyak yang cocok ya, saya malah kudet hehehe

      Hapus
  16. Interlax solusi bagi kita semua dalam masalah pencernaan.

    Bayi prematur ternyata bisa juga padahal kalau kita yang tidak mengerti ekstra hati hati.

    BalasHapus
  17. Si kecilnya nggemesin banget nih difoto. Sehat terus ya Nak bersama Interlac. Salfa paling suka yang kunyah.

    BalasHapus
  18. Unknown : Mau tya bun anak sy usian 13 bln fases nya keras'nangis blm kluar apa klo mnm interlak langsung lunak bAB nya kluar?

    JAwab : Kalau fesesnya keras banget mungkin harus nunggu, di anak saya sih gak lama langsung bisa BAB :)

    BalasHapus
  19. Unknown : Bun kalau pakai interlac apa harus dengan resep dokter, ankku baru mulai MPASI tapi pupnya keras, selalu 2-3hari sekali...kasian klo lihat pas ngeden gitu hiks

    Jawab : Setahu saya karena ini bukan obat keras, sebenarnya bisa aja langsung beli, tapi biar lebih aman bisa tanya dokter dulu.
    Banyak banget tuh, anak mulai MPASI jadi konstipasi :)

    BalasHapus
  20. UnknownThursday, March 17, 2022
    Saya jd pengen beli interlac nya,, karna bayi saya sering sembelit,, mudah2an cocok yaa...

    Reply: semoga cocok ya :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)