Cara Meningkatkan Traffic Blog Dengan Share Link Di Facebook

Cara Meningkatkan Traffic Blog Melalui Share Link Di Facebook, Efektifkah?

Cara meningkatkan traffic blog itu macam-macam, yang paling sering dibahas para (they called) mastah blogger sih, melalui SEO.

Namun, dengan cara share link atau url blogpost di media sosial juga work kok, apalagi kalau tulisan kita memang dibutuhkan pembaca atau beda dari lainnya, dan di Sharing By Rey kali ini, saya bakalan membahas hal tersebut.

Btw, postingan kali ini tiba-tiba aja terlintas di pikiran, ketika bingung mau nulis apa, eh ingat salah satu teman blogger, si Bunda Yeni Sovia, kapan hari tuh nanya ke saya,
"Bund Rey, kira-kira share url blogpost di grup facebook itu, efektif nggak sih?"
Begitu kurang lebihnya pertanyaan si Bunda blogger Parenting tersebut.

Di tanya seperti itu, saya auto terkaget dong, soalnya saya sendiri udah lamaaaaa banget nggak pernah share url blogpost di grup komunitas blogger FB.

Terlalu malas emang si Rey ini, selalunya nulis doang, malas nge-share nya.
Memang sih udah lama banget saya nggak pernah share di grup FP, barusan saya share di grup KEB. karena keingat gara-gara nulis ini, hahaha.

Tapi, sebenarnya, kita share url blogpost di grup FB tersebut, efektif meningkatkan traffic blog nggak sih?


Mengintip Lalu Lintas Traffic Blog di Google Analytic


Kenyataannya, berdasarkan pengalaman saya, share url blogpost di facebook juga efektif kok dalam meningkatkan traffic, tapi saya memang share-nya di akun dinding pribadi aja.

Dan ketika saya intip laporan lalu lintas traffic blog saya ini di Google Analytic, selama tahun 2022 ini, ternyata menakjubkan dong.

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Takjub dong saya, masalahnya selama tahun 2022 ini, saya cuman share url blogpost di facebook, seingatnya saja.

Itupun kebanyakan sih di dinding akun pribadi, kalau ingat baru deh di post juga ke FP, dan seingat saya di tahun 2022 ini, kayaknya saya hampir dibilang nggak pernah share url blogpost di grup-grup blogger, seperti KEB, Blogger Crony, apa lagi ya? saking udah lama banget ga pernah share di grup, jadi lupa nama-nama grupnya, hahaha.

Kenyataannya, untuk media sosial, justru yang paling banyak menjadi pintu pengunjung ke blog saya adalah media sosial facebook, disusul media blogger yang mana masuknya melalui akun blogger saya kali ya.

Masuk akal sih kalau platform blogger lebih sedikit, karena you know lah ya, si mamak Rey ini, semakin ke sini, semakin ke sana, eh salah, hahaha.
Maksudnya, semakin hari, saya semakin kesulitan cari waktu buat blogwalking, dan biasanya emang traffic blog dari blogger itu, datangnya dari komentar saya di blog lainnya.

Entah dikunjungi balik sama yang punya blog, atau juga dikunjungi oleh pembaca lainnya yang membaca komentar saya di blog tersebut.

Karena saya memang kalau komen itu, ibarat mendayung pakai mesin, eh salah lagi, wakakakka.
Ibarat sekali mendayung, dua atau tiga pulau terlewati, jadi buat saya ketika blog walking itu, juga sekalian buat branding dan tebar pesona.

Jadi komennya bener-bener niat, kecuali memang tulisannya nggak saya mengerti sama sekali sih, hehehe.

Selain itu, saya juga kadang (kalau ingat) share url blogpost di twitter.
Biasanya, kalau lagi ada waktu, saya nulisnya tuh sejak malam, terus di schedulle buat tayang besoknya, sekaligus share url blogpost di Twitter sejak malam.

Enaknya Twitter itu, kita bisa share url secara schedulle yang bahkan artikelnya belum tayang, dan ketika keesokan hari twitnya tayang, urlnya bisa kebuka dengan gambar pendukungnya.

Beda dengan facebook, melalui fanpage atau post schedulle si Meta Business, kalau pas kita masukin url atau link, ternyata artikelnya belum tayang, maka keesokan harinya url itu cuman berbentuk 'gundul', nggak ada gambar pendukung atau gambar thumbnail-nya. 

Untuk instagram juga jarang sih ya, seingat saya aja, apalagi untuk akun-akun utama, nggak sembarangan saya share url, karena setelah post, rempong lagi di boost, biar engangement rate-nya nggak turun, hahaha.

Demikian juga IG Stories, duh ya, meski cuman share gitu, saya juga jarang lakuin, karena jujur kelamaan sediain konten di IG, bikin gagal fokus, dan berakhir dengan sekrol terooosss, hahaha.


Cara Meningkatkan Traffic Blog Melalui Share Link Di Facebook, Efektifkah?

Lalu, menjawab pertanyaan, apakah share link url blog di facebook masih efektif?
Jawabannya, kalau menurut saya sih tergantung...

Cara Meningkatkan Traffic Blog Melalui Share Link Di Facebook, Efektifkah?

Iya, tergantung dari siapa teman medsos atau follower kita di medsos.
Kalau yang sering liat postingan kita mamak-mamak, terus kita share postingan tentang teknologi, cara membedakan komponen HP, atau battle teknologi.

Atau artikel yang katanya berfaedah banget yang kayak berita gitu, masalah hutan atau lainnya, dijamin ya nggak terlalu efektif, hahaha.

Bahkan, kita share artikel parenting, kalau bahasannya terlalu ilmiah, ya mamak-mamak juga banyak yang skip.

Lalu gimana?
Kalau dari pengalaman saya, share url blogpost di facebook hanya akan efektif banget, kalau kita menyesuaikan target market alias teman atau follower akun kita.

Sama juga dengan share artikel kita di grup-grup blogger, saya rasa malah sedikit yang baca jika kita nulisnya tentang umum.

Coba tulis pengalaman ngeblog, pengalaman dapat uang dari blog, cara mendapatkan traffic 10 ribu dalam sehari berdasarkan pengalaman pribadi, dijamin banyak yang klik, karena memang grupnya kan isinya blogger semua, hehehe.

Jadi, kalau menurut saya 
Di manapun kita share url blogpost, pastikan sesuai dengan target market yang ada di situ.
Misal di grup blogger, kalau mau dapat traffic banyak dari share url, maka tulislah hal-hal yang dibutuhkan blogger, dan usahakan berdasarkan pengalaman pribadi. 

Karena kalau ilmu umum blogging, biasanya orang-orang malas bacanya, orang belum tentu terjadinya.

Coba deh nulis: "cara mendapatkan kerja sama dengan rate 1 juta untuk 1 artikel Content Placement"
Lalu post url-nya di grup-grup blogger, auto meledak tuh traffic-nya, hahaha.

Kayak postingan saya dulu tentang "8 Bulan Domain Mencapai DA 30, Begini Caranya
Postingan ini dulunya saya share di grup blogger, dan banyak banget mendapatkan traffic dari sana.

Maklum, dulu tuh masalah DA/PA itu masih sangat natural, hampir semua blogger bersaing memperoleh DA tinggi dengan natural, nggak dibuat-buat kayak sekarang yang pake bayar juga dalam sekejap DA melesat, hahaha.

Jadilah ketika hal itu saya bagikan, banyak banget yang penasaran, dan datang membaca tulisan tersebut.

Ada juga postingan tentang si Kakak dilaporkan ustadzahnya kalau "memainkan alat kelaminnya"
Postingan tersebut saya iseng bagikan di grup Komunitas BIsa Menulis, tentunya dengan syarat harus nulis yang panjang dulu ya.

Langsung deh traffic membeludak, padahal saya ingat banget, waktu itu ada masalah internet nggak bisa buka medsos ya kalau ga salah, sehingga banyak yang akses pakai VPN.

Jadi, intinya kalau sesuai target pembaca, insha Allah share url ke medsos terutama facebook tuh sangat efektif untuk mendatangkan traffic buat blog.


Penutup

Cara meningkatkan traffic blog memang beragam, salah satunya melalui share url blogpost di medsos seperti facebook.

Cara Meningkatkan Traffic Blog Melalui Share Link Di Facebook, Efektifkah?

Namun, agar kegiatan share url blogpost itu benar-benar efektif mendatangkan traffic, maka sebaiknya sesuaikan artikel yang kita tulis, dengan target pembaca yang ada di media sosial tersebut, baik di grup maupun di akun pribadi ataupun fanpage.

Demikianlah.
Untuk cara share url yang lebih detail, insha Allah saya bahas di lain kesempatan ya, biar nggak kepanjangan, hahaha.

Sidoarjo, 27 September 2022

Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: Canva

9 komentar :

  1. Masih efektif Rey asal tahu segmen pasarnya saja. Mirip seperti yang Rey lakukan. Cuma kuncinya, kayaknya forum/komunitas blogger bukan pasar yg cocok lagi buat share link (karena semua melakukannya dan pada akhirnya malah jadi tempat sampah link saking banyaknya hahahaha).

    Kalau mau efektif, ada baiknya mengamati dulu karakter dari komunitas FB nya dan baru kemudian memilih kira-kira artikel mana yang cocok.

    Caranya juga jangan asal share link karena malah terkesan spammy.

    Saya sendiri juga sudah jarang sekali share link bahkan ke akun pribadi sekalipun karena malas.. hahaha tapi berdasarkan pengalaman membuat website dan promosi via FB, masih lumayan efektif meski hambatannya juga makin banyak karena banyak komunitas yang melarang share link

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak, saya juga udah jarang banget share di grup, cuman pas ingat aja, bahkan sebenarnya kalau kayak grup KBM itu, paling pas banget share artikel marriage, pasarnya pas banget.
      Tapi ya gitu, kalau kita nggak pinter cari caranya, bisa-bisa kita dikick hahaha

      Hapus
  2. menurut saya sih memang bisa menigkatkan traffic blog asalkan tempat membagikannya tepat dan kita berteman dengan orang-orang yang memang sedang mencari apa yang kita tulis di facebook.

    BalasHapus
  3. Menurut saya sejauh ini mencoba share ke grup blogger, masih berefek sih ya. Meski gak banyak-banyak banget tapi lumayanlah buat menaikan traffic. Karena memang yang saya rasakan traffic paling utama datang dari pencarian di google

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa, untuk Google memang paling menentukan ya, cuman saya sedang membahas trafik lain selain google, salah satunya dari medsos :)

      Hapus
  4. Aku sih masih rutin share via FB dan IG Rey. Kalo yg FB di akun pribadi ataupun di komunitas kayak BCC atau KEB. Tapi kalo ditanya ampuh atau ga, aku ga pernah cek juga traffic nya 🤣🤣🤣🤣.

    Selama ini memang alurnya, nulis, lalu share 😁. Udah deh. Tapi mungkin Krn topik ku ga berat, jadi bisa cocok utk beberapa segment. Beda kan Ama yg temanya berat ttg teknologi misalnya 😁. Nah itu baru liat2 dulu segment dan followers di FB seperti apa . Akupun kalo komen di postingan yg ga terlalu paham isinya, jadi jarang komen panjang, takutnya malah ga nyambung dan lari kemana2 😅. Trus dikira ga serius 😅.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih iya ya Mba, dulu saya juga gitu, pas abis nulis udah ada alurnya, dan bahkan ada jadwalnya, misal jam segini, waktunya share dulu, waktunya BW, tapi sejak blognya makin banyak, akun IG makin banyak, kacau hahaha

      Hapus
  5. aku termasuk yang jarang nge-share, bukan karena malas, tapi sering lupa hahaha.
    misal sekarang udah publish tulisan baru, kadang aku pikir besok aja ah ngesharenya, ehh bablas deh, lama-lama nggak dishare juga

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)