Monday, January 10, 2022

35 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend di Tahun 2022

Ide usaha rumahan yang lagi trend

Sharing By Rey - Usaha rumahan yang lagi trend terutama di tahun 2022 ini, menjadi hal yang paling banyak dicari orang khususnya di awal tahun 2022.

Secara, awal tahun tuh identik dengan semangat baru untuk rencana kesuksesan banyak orang, dan peluang usaha terbaru dan terlaris, khususnya usaha kecil yang menjanjikan serta usaha yang menguntungkan menjadi hal yang paling diminati.

Usaha rumahan memang telah menjadi sebuah trend, khususnya sejak pandemi menyerang sejak 2 tahun lalu, dan hingga kini di mana banyak kebijakan pemerintah sangat berpihak dalam peningkatan ekonomi, masyarakat pun menyambut gembira dan penuh semangat, untuk memulihkan ekonomi keluarga masing-masing.

2 hari lalu, secara nggak sengaja, saya mendengarkan radio di mana pemerintah sangat optimis dengan peningkatan ekonomi di tahun 2022 ini, hal ini dilihat dari penyerapan dana KUR atau Kredit Usaha Rakyat meningkat tajam di akhir tahun 2021 lalu.

Sebagai ibu rumah tangga yang ingin ikut meningkatkan ekonomi keluarga, saya pun juga excited menyambut hal tersebut, dengan cara mencari ide usaha rumahan yang kemungkinan lagi dan akan trend di tahun ini, dan di antaranya:


1. Menjadi Blogger


Off course! menjadi seorang blogger yang berpenghasilan atau bisa mendapatkan uang melalui blog, masih merupakan hal utama yang menjadi pertimbangan saya sebagai peluang usaha kecil yang menjanjikan dan menguntungkan.

Usaha kecil yang menjanjikan

Hal ini dikarenakan, menulis sudah menjadi sebuah hobi dan passion saya, dan menulis di blog adalah sesuatu yang paling mudah dan memungkinkan untuk profesi saya sebagai ibu rumah tangga yang punya jobdesc utama mengasuh anak-anak di rumah. 

Di tahun 2022 ini, saya masih semangat mengembangkan blog sebagai salah satu usaha saya dalam membantu meningkatkan ekonomi keluarga, dan Temans juga bisa meniru hal tersebut sebagai ide usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, khususnya yang suka dan punya kemampuan menulis.

Temans bisa mencari tahu, cara cepat a la saya untuk mendapatkan uang dari blog dari pengalaman yang saya tulis di blog ini ya.


2. Menjadi Penulis Konten

Tahu nggak, kalau di zaman sekarang ada banyak brand usaha yang sangat peduli dengan pemasaran digital, sehingga hampir dibilang, semua brand atau usaha pasti punya website tersendiri.

Nah sayangnya, agar websitenya bisa selalu ramai dikunjungi orang, harus ada yang namanya maintenance atau pengurusan web tersebut, salah satunya harus sering-sering diisi dengan tulisan tema bisnisnya tersebut.

Karena itulah dibutuhkan penulis konten yang bisa memberikan tulisan untuk di-publish pada web tersebut, dan bukan hanya website bisnis loh, beberapa blogger yang hanya money oriented alias bukan blogger beneran, banyak yang menjadikan blog sebagai alat mencari uang, namun nggak punya waktu atau kemampuan untuk menulis, maka di situlah dibutuhkan jasa penulis konten.


3. Menjadi penulis novel online


Zaman sekarang, yang namanya digital itu udah menguasai banyak faktor kehidupan, lantaran adanya pandemi yang mengharuskan hampir semua hal dilakukan secara online.

Karenanya, bahkan untuk membaca novel pun, bergeser dari buku fisik menjadi online.
Dan saat ini ada begitu banyak aplikasi online yang bisa mengakomodasi hobi dan kemampuan kita menulis fiktif.

Contohnya, menjadi penulis novel di Wattpad, Noveltoon, WeRead, KBM dan masih banyak lagi.


4. Menjadi Micro Influencer


Temans suka aktif di media sosial? pas banget tuh untuk menjadi seorang micro influencer yang bisa menjadi salah satu peluang usaha rumahan yang memang lagi trend sejak masa pandemi dan masih terus ada hingga sekarang.

Peluang usaha terbaru dan terlaris

Daripada hanya aktif di medsos buat pamer dan ngegibahin orang, mending ubah media sosial tersebut sebagai alat untuk menghasilkan uang.

Dan hal ini juga bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang lagi dan masih trend di tahun 2020 ini.


5. Menjadi penulis dan menerbitkan buku sendiri 


Masih dalam seputar hobi menulis, jika menjadi penulis novel online belum menjadi salah satu hal yang menarik buat kita, masih ada peluang usaha lainnya, yaitu menjadi penulis dan menerbitkan buku secara mandiri.

Zaman sekarang, menerbitkan buku itu udah nggak sesulit zaman dulu, di mana hanya bisa diterbitkan oleh penerbit mayor, yang mana sangat antri dan penuh saingan buat masuk ke penerbit mayor.

Nah kita masih bisa menerbitkan buku secara mandiri, melalui banyak penerbit indie, dan tentunya bisa memasarkannya secara mandiri pula.
Untuk ini, sangat dibutuhkan personal branding yang kuat agar pemasaran buku kita bisa lebih lancar.


6. Menjadi YouTuber / Vlogger 


Hampir serupa dengan blogger, namun jika kemampuan kita berada di dunia video audio, menjadi seorang YouTuber atau Vlogger bisa menjadi pilihan yang tepat.

Zaman sekarang, selain blogger, menjadi vlogger merupakan profesi yang sangat menjanjikan, karena beberapa orang mengatakan bahwa pencarian melalui YouTube itu jauh lebih banyak ketimbang blog.

Hal ini didasari oleh kurangnya minat baca banyak orang di masa sekarang, sehingga banyak yang lebih memilih melihat video ketimbang membaca.

So, memanfaatkan kebutuhan masyarakat akan pencarian secara audio dan video itu bisa kita jadikan ide usaha rumahan yang lagi trend saat ini.


7. Membuat Podcast 


Hampir sama dengan profesi YouTuber, menjadi seorang podcaster masih menjadi ide usaha yang bisa dilakukan dari rumah saat ini, karena kenyataannya masih banyak yang suka mendengarkan podcast sebagai teman beraktifitas sehari-harinya.

Dan berbeda dengan YouTube yang harus menampilkan visual rekaman gambar, dalam podcast kita hanya perlu fokus terhadap audio.
Tentu saja ini bisa lebih memudahkan, khususnya bagi yang punya hobi cuap-cuap setiap saat.


8. Menjadi Admin Media Sosial 


Dengan merebaknya jualan online di zaman sekarang, membuat media sosial merupakan sebuah kewajiban bagi semua usaha.

Bisnis kecil-kecilan

Sama dengan website usaha yang butuh selalu diaktifkan dengan hal-hal baru dan kekinian, media sosial untuk bisnis pun demikian, sehingga yang namanya admin media sosial bisnis tuh merupakan profesi yang sangat dibutuhkan saat ini.


9. Menjadi Penerjemah Online 


Zaman sekarang, kemampuan berbahasa asing bisa banget menjadi sebuah modal usaha yang bisa dilakukan dari rumah.
Salah satunya dengan menjadi penerjemah online.

Untuk bisa lebih mengembangkan hal tersebut, Temans bisa mencari tempat yang tepat untuk mendapatkan job sebagai penerjemah, bisa dengan dimulai bergabung di beberapa grup media sosial yang mengakomodir job-job serupa.


10. Menjadi Editor Online 


Nah untuk mengakomodir usaha penerbitan buku indie, maka kita bisa membuka jasa sebagai editor secara online, hal ini penting banget untuk meningkatkan kualitas buku yang akan dibuat, sehingga lebih meningkatkan pemasaran buku tersebut.

Dan sebagai yang punya kemampuan mengedit dengan baik, hal ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa kita lakukan dari rumah.


11. Menjadi Disain Grafis Freelance 


Kemampuan mendisain dengan artistik, masih menjadi sebuah modal dan peluang usaha yang menguntungkan dan bisa dilakukan dari rumah loh.

Kita bisa menjadi seorang disain grafis secara freelance, yang menerima job melalui online dan per project saja.

Kita bisa mendapatkan info job seperti ini seperti pada poin 8 di atas, dan tentu saja peluang usaha ini sangat ramah ibu dan sebagai usaha rumahan yang lagi trend saat ini juga.


12. Menjadi Fotografer Freelance 


Dengan maraknya pemasaran digital di masa kini, maka aspek gambar visual produk menjadi salah satu hal penting dalam usaha.
Untuk itu, dibutuhkan jasa fotografer yang bisa menciptakan foto produk yang lebih hidup dan menjual.

Bukan hanya foto produk, jasa fotografer juga masih dibutuhkan untuk banyak hal, baik itu untuk bisnis, maupun untuk kepentingan pribadi yang memorable, misal fotografer pernikahan dan semacamnya.

Dan kita bisa memasarkan jasa tersebut melalui rumah saja, dengan memanfaatkan mesia sosial atau pemasaran digital yang memang sedang booming.


13. Menjadi Survey Online 


Nah ini nih peluang usaha yang bisa menghasilkan uang dengan mudah dari rumah, menjadi seorang surveyor online.

Zaman sekarang, yang namanya analisa marketing itu sangat penting, karenanya banyak orang yang butuh data tersebut sebagai taktik dalam meningkatkan penjualan bisnisnya.

Karenanya, banyak banget website survey yang bisa kita lakukan secara online, kita hanya perlu masuk ke websitenya dan menjawab semua pertanyaan yang ada, lalu setelahnya kita bisa mendapatkan uang.


14. Menjadi Event Organizer (EO) Webinar 

Meski pandemi sudah semakin menurun, namun kegiatan pertemuan atau seminar online yang biasa disebut webinar, masih digandrungi banyak pihak loh.

Bisnis modal kecil

Hal ini dikarenakan masih bermunculannya virus Covid-19 varian baru yang memaksa kita untuk masih harus membatasi pertemuan secara langsung.

Dan hal ini bisa menjadi sebuah ide usaha yang bisa kita lakukan, dengan menyediakan jasa event organizer, yang mengurus semua persiapan dan berlangsungnya sebuah webinar.


15. Menjadi MC Webinar 

Nah, untuk melengkapi sebuah webinar, dibutuhkan seorang MC yang bisa membuat acara webinar dapat berlangsung dengan lancar dan meriah.

Bagi yang punya kemampuan cuap-cuap menjadi MC sebuah acara, bisa banget nih menyediakan jasanya sebagai MC yang dilakukan secara onlie dan bisa dari rumah saja.


16. Menjadi Guru Les Privat Online 

Tahun 2022 ini, pembelajaran para siswa memang sebagian telah dilakukan secara tatap muka atau offline, namun dalam waktu yang sangat terbatas untuk menghindari kerumunan.

Karenanya, sebagian masih melakukan pembelajaran jarak jauh, di mana melibatkan orang tua dalam menyelesaikan pelajaran yang ada.

That's why hal tersebut bisa menjadi ide usaha untuk menjadi guru privat secara online, untuk membantu para orang tua dalam mendampingi anak-anak memahami dan menyelesaikan pelajaran yang ada.


17. Membuat Kursus Online 

Kursus online untuk semua bidang sangat populer di masa pandemi ini, dan hingga tahun ini masih terus digemari.

Hal ini dikarenakan kursus online masih merupakan cara termudah dan simple dalam memndapatkan ilmu dari rumah.
Tentu saja hal tersebut bisa menjadi sebuah ide usaha yang bisa kita lakukan dari rumah saja.


18. Menyediakan Pemasaran Affiliasi 

Jasa pemasaran affiliasi juga merupakan salah satu usaha yang booming sejak pandemi. Bahkan beberapa orang bisa mencapai kesuksesan hanya dengan menekuni sebuah jasa affiliasi.

Ada begitu banyak affiliasi yang ditawarkan, baik dari e-commerce terkenal seperti shopee dan semacamnya, hingga affiliasi dari bisnis pendatang terbaru.

Yang perlu kita lakukan adalah, membantu pemasaran bisnis tersebut, kita bisa menyebarkan kode affiliasi yang diberikan ke media sosial untuk mendapatkan komisi penjualan yang terjadi. 


19. Membangun Jaringan Bisnis Affiliasi 

Bukan hanya memasarkan affiliasi secara mandiri, beberapa marketing juga menawarkan pemasaran affiliasi dalam bentuk team.

Sekilas memang hal ini seperti MLM, di mana kita mendapatkan penghasilan dari 2 sumber, mulai dari sumber penjualan yang kita lakukan sendiri, maupun sumber dari penjualan affiliasi markerter yang kita rekrut.


20. Berbisnis MLM

Meskipun bisnis MLM merupakan usaha yang selalu dihindari banyak orang, namun peluang bisnis pemasaran berjenjang ini masih selalu hidup dan bertahan hingga sekarang loh.

Salah satunya dengan bisnis MLM kecantikan seperti Oriflame dan semacamnya, yang masih terus berjalan hingga saat ini.


21. Menjadi Reseller dan Dropshipper 

Meski menjadi reseller dan dropshipper ini telah ada sejak beberapa tahun lalu, namun ternyata masih bertahan dan malah makin berkembang hingga saat ini.

Hal ini dipermudah dengan bermunculannya e-commerce yang memudahkan kita menjalankan usaha online dengan modal minim, karena sebagian nggak perlu stock barang, dan tentunya bisa dijalankan dari rumah saja.


22. Jualan Online 

Nah, jika memang tidak tertarik menjual produk orang, bisa banget loh menjual produk sendiri melalui online, dan hal ini semakin dipermudah dengan adanya berbagai platform online yang bisa kita gunakan.

Peluang bisnis

Seperti e-commerce maupun pemasaran melalui website bisnis serta media sosial, dan pastinya bisa kita lakukan dari rumah.


23. Menjual Jasa Pembuatan Website Bisnis 

Untuk menunjang usaha jualan atau bisnis online, yang membutuhkan website bisnis, hal ini bisa menjadi peluang usaha rumahan bagi kita yang bisa membuat website bisnis atau jualan online.

Terlebih di zaman sekarang memang hampir semua usaha membutuhkan website bisnis, untuk meningkatkan kepercayaan konsumennya.


24. Bikin Usaha Thrift Shop

Usaha thrift shop adalah, penjualan baju bekas yang masih layak pakai, dan di zaman sekarang menjadi booming, mungkin dikarenakan selama masa pandemi banyak orang yang hanya berdiam di rumah, dan akhirnya baju-baju menjadi tak terpakai sama sekali, maka dengan menjualnya kembali, akan menjadi peluang untuk kita dalam menghasilkan uang dari rumah.

Baju-baju bekas tersebut dapat kita jual secara online dengan memanfaatkan media sosial atau e-commerce yang ada, dan tentunya peminatnya masih banyak, karena harganya lebih murah dari baju baru.


25. Jualan Bahan Pokok Secara Online

Usaha ini memang telah ada dan digandrungi sejak dahulu, namun di masa pandemi ini kebutuhan masyarakat secara online itu semakin meluas.

Misal, butuh beli air mineral buat minum, gas, beras dan semacamnya.
Hal ini memang banyak dijual di toko kelontong, namun sayangnya masih ada juga yang tidak menawarkan jasa antar ke rumah pembeli.
Hal ini tentu saja bisa menjadi ide usaha rumahan yang bisa kita jalankan.
 

26. Usaha Jasa Titip Belanja di Pasar

Selama masa pandemi ini, usaha jasa titip belanja di pasar meningkat tajam, dikarenakan kebutuhan masyarakat akan bahan-bahan mentah keseharian yang biasa didapatkan di pasar jadi meningkat.

Karenanya bermunculan jasa titip belanja di pasar, baik melalui sebuah aplikasi, maupun secara manual melalui aplikasi chat.

Tentunya, hal ini berbeda dengan penjual sayur keliling, karena biasanya jasa yang ditawarkan termasuk memilah bahan yang lebih bagus, dan segar.


27. Usaha Katering Menu Diet
 
Selama masa pandemi ini, banyak banget orang-orang yang menjadi lebih 'berisi' alias makin gendut. Kelamaan mager di rumah saja, mengkonsumsi banyak makanan tanpa aturan, membuat banyak yang mengeluhkan berat badan naik.

Ide dan peluang usaha

Karenanya, banyak yang akhirnya memilih diet untuk menurunkan berat badan, sayangnya ternyata menu diet itu tidak se-simple yang kita bayangkan, dan saat itulah banyak yang membutuhkan katering menu diet sebagai makanan yang siap dikonsumsi setiap harinya.

KIta bisa menyediakan usaha katering khusus menu diet, tentunya usaha ini lebih spesifik dibanding katering umum yang sudah banyak ada sebelumnya.


28. Usaha Camilan Sehat

Hampir sama dengan usaha katering menu diet, menyediakan camilan sehat bisa merupakan ide usaha yang bisa kita kembangkan saat ini.

Karena banyak yang bermasalah dengan kesehatan dan berat badannya, sementara selera ngemil sulit dihentikan, maka menjual camilan sehat yang rendah lemak dan kalori, menjadi salah satu ide yang bisa kita kembangkan untuk menghasilkan uang dari rumah.


29. Usaha Laundry Kiloan

Laundry masih merupakan pekerjaan yang dimusuhi banyak ibu-ibu, karenanya menyediakan jasa laundry kiloan, baik mencuci maupun menyetrika baju, masih merupakan ide terbaik sebagai usaha rumahan.

Bukan hanya ibu-ibu, para mahasiswa dan semacamnya, bisa menajdi target market yang tepat dalam menjalankan usaha ini, agar lebih dibutuhkan, jangan lupa sediakan jasa antar jemput laundry tersebut ya.


30. Usaha Jualan Tanaman

Sejak pandemi, hobi memelihara tanaman memang menjadi salah satu hal yang booming, karenanya menjual berbagai jenis tanaman hias, bisa menjadi ide usaha rumahan yang menarik dan laris manis.


31. Bisnis Konveksi

Bisnis konveksi memang merupakan bisnis yang tak lekang oleh waktu, dan dibutuhkan oleh semua orang. Hal ini bisa menjadi ide usaha yang bisa kita lakukan dari rumah. 


32. Usaha Jasa Konseling Online

Dengan berkembangnya zaman, jasa konseling bisa kita lakukan secara online loh, selain praktis banyak orang yang juga lebih nyaman melakukan konseling secara online, terutama di masa pandemi ini.
 

33. Usaha Jasa Konsultasi Percintaan Online

Serupa dengan poin 32 di atas, jasa konsultasi percintaan secara online juga masih dibutuhkan banyak orang, karena banyak orang yang rela melakukan apapun untuk masalah hati.
Tentu saja ini bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menarik dan bisa dilakukan dari mana saja.


34. Usaha Jasa Trainer Yoga Online 

Berkaca dari pengalaman saya mengalami sakit saraf terjepit dan bingung banget penyembuhannya, lalu menemukan fakta bahwa yoga bisa menyehatkan dan mengobati saraf terjepit.

Membuat saya mengerti bahwa ternyata jasa trainer yoga itu penting dan dibutuhkan banyak orang loh.
Bukan hanya untuk menyembuhkan penyakit, tapi juga untuk kesehatan dan menurunkan berat badan.
Dan tentu saja hal ini bisa dilakukan secara online.


35. Usaha Jasa Trainer Body Building Online

Nah hampir sama dengan usaha poin 34 di atas, menjadi jasa trainer body building secara online juga bisa dijadikan sebagai usaha yang menjanjikan.

Hal ini disebabkan karena banyak yang mengalami kenaikan berat badan secara signifikan selama pandemi ini, dan tentunya menurunkan berat badan serta pembentukan tubuh itu akan lebih mudah jika kita menggunakan jasa seorang trainer.
Dan tentunya bisa dilakukan secara online.  


Demikianlah 35 ide usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2022 ini, Temans bisa mencoba ide-ide tersebut sebagai peluang usaha terbaru dan terlahir di tahun ini.

Tentunya akan lebih baik jika Temans memilih usaha yang menguntungkan yang sesuai dengan hobi maupun passion masing-masing.

Meskipun kesemuanya sekilas terlihat sederhana, namun bisa banget merupakan usaha kecil yang menjanjikan sebuah kesuksesan bagi kita. 

Sidoarjo, 10 Januari 2022


Sumber: Opini, pemikiran dan pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

7 comments :

  1. Udah lama saya nggak nulis di blog lagi karena sibuk dengan urusan lain wkwk. Dan sekarang lagi fokus nulis novel di wattpad dulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereeenn, banyak loh blogger yang nulis di Wattpad :D

      Delete
  2. Saya ambil no 22, dan nomor 6 tapi kok gak ada di masukan konten multimedia berupa konten video dan animasi ya...? karena itu bagian saya yang paling cuan, he he he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihh, YouTuber dan jualan online ya, kereenn.
      Iya sih masih banyak sebenarnya ya ide usaha rumahan yang lagi trend, yang penting kita bisa jeli melihat peluang, dan sebaiknya pilih yang sesuai hobi dan passion biar lebih mudah konsisten :)

      Delete
  3. Baru tahu kalo ada pekerjaan jasa konsultasi percintaan secara online, itu curhat masalah asmara ya mbak, terus tarifnya gimana tuh, bolehlah mbak Rey buat tulisan lebih detil, dari sasaran marketing nya, tarifnya, dan lainnya.😅

    Ngga ada jualan sayur mateng di rumah ya mbak, aku lihat lumayan laris tuh, soalnya sekarang banyak juga yang malas masak.😂

    ReplyDelete
  4. Nomer 6 saat ini sepertinya banyak juga yang menekuninya...

    ReplyDelete
  5. Ayooo, Kak Rey mau jadi apa aja nih di 2022 ini?
    udah banyak banget lho ini idenya ;)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top