Wednesday, January 05, 2022

Beras Jepang Okinawa Solusi untuk Diet Sehat

beras jepang

Sharing By Rey - Mengkonsumsi beras Jepang Okinawa adalah salah satu solusi untuk diet sehat tanpa ngenes.

Karena beras Jepang merupakan sumber karbohidrat, yang rasanya enak, namun tetap rendah kalori, yang sangat cocok untuk diet.

Akhir-akhir ini saya masih tetap struggling dengan masalah diet, yang mana saya mencoba diet dengan mengurangi porsi makanan bahkan kadang nggak makan nasi, namun yang ada saya malah jatuh sakit.

Niat diet sih bukan untuk hal yang muluk-muluk sebenernya, cuman ingin menurunkan berat badan agar lebih sehat, terutama bisa mengurangi sakit lutut dan tulang di bagian punggung dan kaki.

Iya, berat badan saya memang udah di atas rata-rata, meski nggak terlalu keliatan, karena postur tubuh saya yang kayak pear, hahaha.
Jadi sekilas saya tuh langsing, nggak tahunya berat badannya udah fantastis sekali dong.

Nggak heran, sejak awal tahun saya dilanda sakit tulang mulu, terutama di bagian lutut hingga tulang kaki, dan bukan hanya tulang aja, otot betis dan kaki pun sering banget terasa nyeri, mungkin karena pengaruh berat badan yang ditanggung oleh kaki saya.

Dan untuk mengurangi berat badan tersebut, saya berusaha rutin olahraga even yang ringan-ringan, dan yang paling penting sih mengurangi porsi makan, karena jujur kalau diingat-ingat, saya tuh gendut karena kebanyakan makan, terutama makan nasi, hahaha.

Nasi memang udah jadi sumber karbohidrat yang paling Indonesia banget ya, dan kayaknya kalau nggak makan nasi tuh, semacam ada yang kurang.

Sayangnya, nasi putih dari beras biasa tuh, mengandung begitu banyak kalori yang bikin tubuh jadi kelebihan kalori. 
That's why, memilih beras khusus seperti beras Jepang adalah solusi yang tepat untuk diet sehat.


Perbedaan beras Jepang dengan beras Indonesia


Temans mungkin bertanya-tanya, apa sih bedanya beras Jepang dengan beras Indonesia? 
Secara umum sih bisa dilihat dari bulir berasnya ya. 

beras jepang Okinawa

Beras Jepang selalu memiliki bulir beras yang cenderung bulat dan pendek. 
Hal ini berbeda dengan beras yang ada di Indonesia, yang mana bulirannya lebih panjang dan terlihat lebih ramping. 

Selain itu, perbedaan lainnya yang lebih mencolok dari jenis beras Jepang dan Indonesia adalah, terletak pada teksturnya. 

Beras Jepang selalu memiliki tekstur yang lengket, sehingga tidak mudah berjatuhan saat dimakan dengan sumpit, that's why beras Jepang sangat cocok dibuat onigiri atau nasi kepal.

So, jangan sedih kalau pas makan pakai nasi dari beras khas Indonesia, kok ya nggak bisa pakai sumpit, selalu bertebaran ke mana-mana, ya karena memang tekstur beras di Indonesia itu lebih kepyar, tidak pulen dan lengket.

Beras Indonesia, lebih cocok dibuat nasi goreng, maupun menjadi nasi yang sangat cocok dengan lauk pauk Indonesia yang berkuah.

FYI nih ya, ada dua jenis beras yang ada di Jepang loh, yaitu beras jenis Japonica yang biasa disebut dengan “Uruchimai” dan “Mochigome” atau beras ketan. 

Beras jenis Uruchimai adalah beras yang dipakai sebagai makanan pokok sehari-hari orang Jepang yang banyak dimasak sebagai nasi putih.

Sedangkan Mochigome adalah sebagai bahan pokok untuk membuat “Sekihan” atau nasi merah yang dimasak saat merayakan sesuatu seperti ulang tahun, atau kudapan dengan berbahan ketan.

Kebanyakan nasi yang dimakan di Jepang memang bermula dari varietas yang dikembangkan pada abad ke-19. 

Dan untuk mendapatkan beras yang lebih enak serta berkualitas tinggi, varietas beras Jepang masih terus ditingkatkan, tentunya disesuaikan dengan iklim dan kondisi produksi, sehingga beberapa varietas baru bermunculan.

Salah satunya, beras Jepang Okinawa.


Apa Itu Beras Jepang Okinawa


Beras Jepang Okinawa adalah beras kualitas premium yang bentuknya berupa bulir bulat pendek
(short grain rice) dan berwarna putih. 

Beras Jepang Okinawa

Beras Jepang Okinawa mempunyai tekstur yang pulen, lengket, mengkilat dan tidak ada aromatiknya.
Bukan hanya itu, beras Jepang ini juga punya rasa yang enak namun rendah kalori, nilai gizinya pun tinggi dan dapat meningkatkan sistem imunitas secara alami.


Tentang Beras Jepang Okinawa


Harga beras jepang Okinawa


Keunggulan beras Jepang Okinawa


Adapun keunggulan dari beras Jepang Okinawa adalah:
  • Beras Jepang Okinawa ini tergolong beras khusus (Tarabas), yaitu beras khusus tertentu yang di datangkan dari negara asalnya.
  • Beras Jepang Okinawa ini sangat cocok digunakan untuk jenis makanan Jepang seperti Sushi maupun Donburi, karena dengan teksturnya yang pulen akan lebih mudah membuatnya.
  • Beras Jepang Okinawa ini dikemas dalam berat 5 kg dan dengan vacuum packaging, sehingga terhindar dari kutu dan menjaga kelembabannya.


Cara penyimpanan beras Jepang Okinawa


Untuk menyimpang beras Jepang Okinawa ini sangat mudah kok, cukup disimpan pada tempat yang bersih, kering dan terhindar dari matahari langsung.
Dengan demikian, beras akan lebih awet, tahan lama dan tentunya terjaga kualitas dan kelembabannya.


Pembelian dan harga beras Jepang Okinawa


Nah, teman-teman pasti penasaran banget kan, beli beras Jepang Okinawa ini di mana sih? masa iya kudu jastip ke Jepang?

Harga beras Jepang Okinawa

Tenang saja, beras khusus ini udah bisa dibeli di e-commerce Tokopedia kok.
Teman cukup search Seller: Honest Global, lalu check out deh beras Jepangnya.

Nah kebetulang banget nih, lagi ada diskon menarik loh, untuk 1 kemasan 5 kg, harganya cuman Rp 93.000 aja loh, dari harga normalnya Rp 130.000.

Lumayan banget kan diskonannya.
So, jangan sampai terlewatkan deh, Temans bisa order melalui link di bawah ini ya.


Yuk hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi beras yang juga sehat, tentunya dengan beras Jepang Okinawa ya.


Sumber:
  • https://www.fun-japan.jp/id/articles/12863 diakses 29 Desember 2021
  • https://www.tokopedia.com/honestglobal/beras-jepang-okinawa-5-kg-halal-high-grade-japanese-rice diakses 29 Desember 2021
Gambar: fun-japan.jp dan tokopedia

26 comments :

  1. aku sekali makan beras okinawa ini
    pas beli AYCT di salah satu tempat
    enak si dan bener mbak gampang banget dimakan pakai sumpit
    cuma ya itu kadang aku keslutian beli
    selama ini coba pakai beras merah eh tapi seringnya muntah soalnya lambung engga nerima
    bisa dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, apalagi kalau dibikin sushi, itu gampang banget dan enak banget makannya.
      Kalau beras merah saya juga bisa sebenarnya, karena sejak kecil sering makan beras beraneka warna hahaha.
      Tapi kalau yang praktis di perkotaan memang beras Jepang jadi salah satu solusi :D

      Delete
  2. Benerr banget klo badan yg tinggi kaya kita suka dibilang langsing. Padahal org g tau ya mbak klo berat kita udah nggak ideal. Heheheh.

    Sama nih aku jg dl smpt sakit tulang terutama lutut. Jd smpt diet cm g bertahan lama, di angka 67 kg lgs makan sembarangan lg.

    Boleh jg nih beras okinawanya mbak untuk dikonsumsi. Lumayan harganya ya. Ada harga ada kualitas tentunya ya. Hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha banget, apalagi kalau selalu upload foto yang terpilih, nggak asal upload, makin ga percaya deh orang kalau kita endut hahaha.

      memang butuh mengatur pola makan sih sayanya :D

      Delete
  3. seandainya ongkir ke Buton Tengah tidak mahal, sa mau pesan juga ini beras okinawa

    kalo orang tinggi, walau BB-nya naik memang kadang gak kelihatan say, beda dengan orang yang tingginya pas-pasan seperti diriku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai voucher gratis ongkir sebenarnya ya say :D

      Delete
  4. Wah beras sehat sekarang sudah dapat dibeli dengan mudah dengan berbagai metode ya, luar biasa, gak ada lagi alasan untuk hidup sehat, tinggal perencanaan budgetnya harus ditata ulang nih

    ReplyDelete
  5. Hai kak,aku Dennise.Aku pernah coba beras Okinawa ini ketika anakku sedang program turunkan berat badan.Karena harganya cukup mahal dibanding beras Indonesia,ya aku icip dikit saja.Rasanya memang enak ya,low carbo cocok untuk diet

    ReplyDelete
  6. Kalau yang ingin diet tapi tetap makan nasi, bisa jadi pilihan ya beras Okinawa ini. Sehingga asupan karbo juga tetap terjaga, kenyang, dan sehat.
    Apalagi menemukannya juga gak sulit. Siip rekomennya Kak Rey.

    ReplyDelete
  7. Ada perbedaan tekstur dari beras Indonesia dengan beras Jepang, semua memiliki diferensiasi. Semangat, membaca akan mendapatkan info bagus

    ReplyDelete
  8. Untuk kepentingan "diet", selain kandungan kalori, juga harus dikaji berapa " glicemic index" nya. Makin rendah nilainya, semakin baik. Nasi biasa (dari beras putih indonesia) GI nya sekita 70 an.
    Saya pribadi biasa mengkonsumsi "mixed rice" yang merupakan campuran dari beras hitam, beras merah dan beras coklat.
    Kalo beras jepang GI nya rendah, bisa nih dibuat campuran...

    ReplyDelete
  9. Diskonnya mantap. Lumayan banget.
    Beras Okinawa ini kalau saya bayangkan itu seperti beras umbuk mentik. Pendek, bulat dan wangi. Tapi tetap bisa meprul alias ga lengket seperti beras Jepang.
    Kalau beli 5 kg kayak gini ongkirnya pakai cargo ya agar murah?

    ReplyDelete
  10. Wah..aku pikir Mbak Rey ga gemuk lah apa kabar aku yang membengkak sampai 10kg setelah melahirkan anak kedua ini. Ini msh turun 2kg sampai anak mau 1th pdhl bayinya kecil hahahaha


    Dan ternyata kegemukan jd alasan sakit tulang ya? Noted.

    Aku hrs nyari beras ini, bukan krn dietnya tapi aku ema suka beras jenis begini, biasanya emang lbh lengket jd bs juga dibikin susi.

    ReplyDelete
  11. auto buka toped untuk beli beras Jepang Okinawa

    saya mau beli ah, karena saya sedang diet, hanya konsumsi nasi sedikit

    jadi nasinya harus enak dong ya :)

    ReplyDelete
  12. Walau diet tetap kudu makan nasi ya mbak, walau sedikit dan beras Okinawa ini bisa jadi pilihan karena kandungan kalorinya lebih sedikit.

    Tuh kan saya jadi pengen, saya juga mulai mengurangi makan nasi nih, soalnya lutut kiri udah sering sakit menyangga badan, terutama kalau pas menuruni tangga

    ReplyDelete
  13. Oh kalau beras jepang ini lebih lengket ya bun. Baru tahu aku. Pantesan mereka kalau makan pakai sumpit lebih gampang. Beda ama kita ya. Berarti beras okinawa ini sehat ya soalny kalorinya lebih rebdah dari beras indonesia. Kayaknya cocok juga buat penderita diabetes ya

    ReplyDelete
  14. Ada harga ada rupa ya, bukan saja rasanya yang enak, kalorinya yang lebih rendah tapi juga belinya jauh... ga heran jika harganya selisih jauh dengan beras lokal...

    ReplyDelete
  15. Beras ini enak kalau dibuat sushi yah, jadi agak lengket gitu ga ambyar. Sesekali nanti ingin nyobain ah beras jepang Okinawa ini.

    ReplyDelete
  16. Kalau mbak Rey naik BB karena kebanyakan nasi, beda banget sama saya. Saya justru minum manis yang bikin BB naik bukan main nih. Apalagi kalau udah usia kepala 4 kok susah banget turunnya BB saya nih

    ReplyDelete
  17. Pernah mencicipi makan nasi Jepang waktu kerja di luar negeri. Kebetulan majikan emang suka lifestyle nya orang Jepang. Sekarang kalau mau makan nasi khas dari Jepang berasnya bisa beli online ternyata ya. Mudah nih dan harganya cukup terjangkau

    ReplyDelete
  18. Duh, tergoda juga pengen nyobain beras jepang okinawa ini. Apalagi aku emang termasuk tim pulen kalau soal beras. Apalagi ini kalorinya sedikit jadi pas buat diet kan.

    ReplyDelete
  19. Hmmm, sbnrnya aku udah kepikir mau ganti beras yg skr dengan beras Jepang ini. Tapi memang karena harga nya yg 2x lipat dari beras lokal, akhirnya batal trus. Kalo lagi promo, mungkin masih oke, tapi selesai promo, berasa banget itu selisihnya 🤣.

    Tapi aku pribadi ya Rey, udah hampir ga nyentuh nasi. Aku ganti Karbo dengan kentang kukus yg mana bikin perut ga begah, kenyang lebih lama dan aku sendiri jadi ga terlalu suka nasi sejak terbiasa kentang. Cuma sayangnya keluarga yg blm terbiasa dan msh memilih Nasi. Makanya aku tetep belanja nasi , cuma kalo dulu sebulan butuh 15 kg, kalo skr jadi 10 kg aja 😂.

    Tapi ntr aku cek deh, kalo promo si Okinawa msh berlaku, boleh juga aku coba buat orang rumah 😁

    ReplyDelete
  20. Wah, baru tahu nih tentang beras Jepang ini, cocok untuk diet pula ya, Mba? So far aku konsumsi beras singkong, yang rasanya juga sip! Pas pula utk diet dan penderita diabet.

    Kedepan nanti, mau cobain beras jepang juga ah, harganya juga masih terjangkau walau didatangkan dari jauh yaa? Cool!

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. sekarang varian beras banyak banget ya, lebih spesifik juga fungsinya buat ini dan itu. saya juga tertarik nih dengan beras yang satu ini apalagi cocok untuk diet berarti lebih sehat ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top