Ngeblog Pakai Laptop Jadul Karena Laptop Rusak

ngeblog pakai laptop hp 431

Sejujurnya ini bukanlah sebuah pencapaian yang membanggakan, justru mengkhawatirkan. Di mana faktanya, akoh dong udah bikin 2 laptop hancur gegara diajak kerja keras bagai qudah, hahaha.

Jadi, malam ini saya terpaksa mengetik dengan menggunakan laptop lama saya. Laptop HP 431 yang saya beli di tahun 2011 silam kalau nggak salah.

Kagok banget dong, gegara selama bertahun-tahun terbiasa mengetik menggunakan laptop ASUS, terus tiba-tiba malam ini nggak bisa connect ke internet.

Saya coba utak atik sendiri dong, dengan mengikuti tutorial di googling, dan ujungnya saya bisa menarik kesimpulan bahwa sepertinya yang bermasalah tuh hardware-nya. Hal ini dikarenakan, saya tidak bisa menemukan adapter wifi di sistemnya, sepertinya rusak di kabel or something, dan jujur, kalau masalah hardware, saya angkat tangan deh, hiks. 

Lucky me, kemaren anak-anak pesan ke papinya, agar bawain laptop lama saya yang sebelumnya dibawa papinya ke proyeknya.

Dan setelah capek utak atik laptop Asus, saya menyerah dan mulai membuka laptop lama ini, dan suprisingly, bisa dong!. 

Btw, laptop HP ini aslinya udah bolak balik hancur dan mati total, gegara sudah sejak dulu saya ajak bekerja keras bagai qudah, hahaha.

Bermula ketika tahun 2014 silam, saya memilih berbisnis Oriflame, lalu mengerjakan bisnisnya dengan bertemankan laptop HP ini. Selama beberapa bulan, laptop ini dinyalakan nyaris 24 jam setiap harinya.

Bayangkan, dia harus selalu nyala, karena empunya gila kerja banget. Semua hal saya lakukan di laptop ini, entah itu prospek orang di facebook, mempelajari modul bisnis Oriflame.

Bikin materi bisnis buat jaringan dan lainnya.

Pernah terjadi 2 kali, laptopnya mati total, padahal saya harus persentasi buat downline di jaringan. Alhamdulillah ketika itu paksu masih jadi sosok yang manis. Beliaulah yang jadi penyelamat, segera dia ke rumah kakaknya, pinjamin laptop keponakannya, sementara laptop ini diservis.

Alhamdulillah, 2 kali mati total, masih bisa diselamatkan, sampai akhirnya ketiga kalinya, udah nggak bisa diapa-apain lagi.

Akhirnya, saya putuskan membeli laptop baru, dan karena ketika itu saya sudah mulai aktif di dunia blogger, dan tebak saya jadinya beli laptop apa?. Offkors laptop sejuta blogger, apa yup Asus! hahaha.

Setelah dipakai, ternyata super lelet, dan akhirnya harus diupgrade, sambil dapat nasihat dari tukang servis. Yaitu, kalau beli laptop mending cari brand lain aja, jangan Asus, karena laptop yang paling banyak mampir ke tempat servisnya ya Asus, hiks.

Ya pegimana dong, udah terlanjur, dan memang saya belinya tuh karena blogger paling sering nulis tentang Asus, marketing Asus emang paling pintar, dia menguasai google dengan rutin ngadain lomba blog Asus, yang pemenangnya itu-itu saja *eh *kabooorrrr, wakakakakaka.

Dan begitulah, ada kali bertahun-tahun, laptop HP ini dibiarkan teronggok begitu saja, gegara paksu juga ketika itu bawa laptop ini ke sana ke mari, tapi nggak ada yang bisa perbaiki.

Suatu saat, ketika laptop Asus saya rusak gegara kena air hujan, akhirnya kan kudu diservis dengan lumayan parah ganti ini itunya, sekalian deh saya iseng kasih ke teman, apakah dia bisa perbaiki laptop super berat si HP ini?.

Eh ternyata bisa dong, meskipun memang ganti semua motherboard-nya, hahaha. 

Intinya sih semua file hilang, tapi setidaknya kan masih bisa dipakai lagi.


Sayangnya setelah diperbaiki, rasanya masih banyak masalahnya, akhirnya dipakai si paksu karena dia juga butuh laptop, sementara dia tenaga lapangan, jadi nggak dipegangin laptop.

Tapi, kirain kan nggak dipakai, jadi pas ditanyain sama si Kakak, eh dibawain, dan here this laptop, pas banget dia di sini, si Asus bermasalah.  

Menjadi blogger, laptop adalah benda yang sangat penting buat saya. salut sih buat teman-teman yang bisa ngeblog melalui HP semata. Saya bisa sih, tapi rasanya kok nggak maksimal banget ya.

Karena seringnya saya tuh ngeblog sambil cari referensi, riset ini itu, dan hal itu hanya mudah dilakukan kalau melalui laptop. Sebenarnya saya pengennya punya PC juga sih, jadi kerja di rumah pakai PC, kalau butuh mobile, baru deh bawa laptop, biar nggak mudah rusak.

Tapi ya gitu, semua butuh duit, sementara duitnya masih harus dipakai untuk kebutuhan urgent lainnya. Lalu tiba-tiba sedikit iri sama teman-teman blogger lainnya. Banyak tuh yang nulis testimoni, ngeblog berapa lama udah bisa beli apa?

Ada yang bisa beli ini, beli itu. Beli laptop bagus sampai sekelas Macbook. Beli Ipad hingga Iphone. Ada yang ditabung buat beli emas atau lainnya. Sementara si Rey, paling banter ya buat bayar perpanjangan domain dan hosting, hehehe.

Sebenarnya penghasilan ngeblog juga Alhamdulillah banget nilainya, tapi emang keknya semua itu rezeki anak-anak, jadi hingga kini, seringnya penghasilan ngeblog dipakai untuk kebutuhan anak-anak semata.

Doain deh, semoga someday saya bisa beli PC yang mumpuni buat ngeblog dan bisa dipakai anak-anak juga. Pakai uang hasil ngeblog atau semacamnya, aamiin.

Sebenarnya pakai laptop lama ini juga masih OK sih, tapi emang masih harus adaptasi lagi. Apalagi si laptop HP jadul ini udah tua banget ya, sampai-sampai baterainya udah nggak kepakai, jadi ya cara kerjanya kek pakai PC, di mana harus terus bergantung sama suply listrik secara menerus.

Dan karena saya juga belum pernah mencoba lebih detail, jadi belum tahu bagaimana daya tahan si laptop jadul ini kalau dipakai bekerja.

Yang saya rasakan sih sangat kagok mengetik pakai laptop ini, karena emang beberapa keyboardnya udah rusak, ditambah letak keyboard HP dengan Asus itu beda.

Di laptop Asus saya misalnya, tombol on off-nya berada di bagian kanan atas, dekat tombol delete. Kalau kebiasaan pakai HP dan balik di Asus, bisa-bisa mau delete eh malah pencet off, hahaha.

Tapi over all, saya senang sih bisa kembali memakai laptop lama ini, semacam mengenang kisah-kisah lama. Salah satunya masa ketika pertama kali aktif ngeblog di tahun 2018 silam. Ketika itu saya masih menggunakan laptop lama ini loh. 

Ingat banget ketika itu, saya terbungkuk-bungkuk mengetik di laptop ini, karena sambil menyusui si Adik yang masih bayi.

Laptop inilah yang menjadi saksi pertama kali saya begadang sambil menyusui, untungnya ketika itu paksu masih sangat manis. Jadi meski saya sering begadang sampai dini hari, keesokan harinya si Kakak ya diurus papinya, terus papinya yang ke pasar. lalu masak sebelum berangkat kerja.

Ya ampun, kangen banget masa-masa seperti itu, masa di mana semua hal kami hadapi bersama. Masa ketika mau makan apa saja, tinggal update status lalu malamnya si Papi pulang bawa makanan yang saya pengenen itu, hahaha.

Masa ketika, laptop bermasalah, cukup WA saja, dan laptopnya segera menuju tempat servis.

Ya ampuunn, ini ceritain laptop lama, kenapa sampai ngelamun ke mana-mana cobak? hahaha.

Tapi emang sih, papinya anak-anak itu aslinya punya sikap yang manis dan mungkin bisa dibilang impian banyak wanita. Tapi itu dulu sih.

Sekarang berubah, dan saya harus bisa berkompromi dengan perubahan itu, biar enggak gila sendiri, hahaha.

Ah sudahlah, intinya cuman mau ceritain itu, sekalian menulis buat setoran KLIP, hahaha.

     

Surabaya, 16 April 2024

10 komentar :

  1. Lah saya seumur umur belum pernah ngeblog pakai laptop,,, pakainya hanya dengan hape saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiihhhh kereeeenn, nggak mudah loh ngeblog pakai HP itu :D

      Hapus
  2. HP memang tangguh Rey.. Yang saya pakai di ktr setidaknya 7 tahun masih OK, ketika diserahkan ke orang lain, ehh malah kesiram.. Jadi wafatnya, ya bukan karena kompinya bermasalah tetapi pada kesalahan operator.

    Saya sendiri sekarang pakai laptop kelas rendahan saja, merk Advan. Harganya cuma 2,7 jutaan saja. Prosesornya Celeron doang... Cukup? Cukup lah. Kalau sekedar untuk menulis atau foto/video editing ringan mah ga masalah. Cuma kalau dipakai editan berat mah yah engap engapan.

    Cuma karena ada tim yang urusan begitu (dengan perlengkapan lebih baik), saya merasa kebutuhan saya sudah terpenuhi. Bahkan dipakai untuk zoom/discord meeting sekalipun, laptop murahan itu tetap berfungsi dgn sangat baik.

    Alhamdulillah saya ga banyak baca review soal laptop kalau beli.. kebetulan urusan komputer mah, saya punya pengetahuan banyak banget baik tentang prosesor, chipset, VGA dst. Segala macam tulisan blogger soal kompi mah sering saya abaikan dan lebih fokus pada spesifikasi yang ditawarkan, harga, dan kebutuhan saya saja. Maklum, kayaknya dalam bidang ini mah saya lebih ahli (lha ya wong bongkar pasang desktop sendiri dulu.. wkwkwkwkw)

    Di kantor juga urusan beli komputer itu tugas saya.. Jadi ga pernah baca hasil review orang lain soal ini mah.

    Tua atau tidak komputernya, selama masih bisa browsing dan berinternet ria, sebenarnya sudah dapat memenuhi kebutuhan vital seorang blogger, yaitu untuk menulis dan image/foto editing ringan saja.

    Cuma memang kadang buat yang ga sabaran, rasanya pasti berat. Tapi sebenarnya dgn mengatur diri sendiri, laptop yang dipakai tidak perlu mahal dan berspek tinggi karena kalau ditelaah, kebutuhan blogger itu tidak banyak dan tidak perlu laptop mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau diriku terinfluence Bapak, saking dulu sering blogwalking baca tulisan orang-orang yang ikut lomba blog, hahaha.
      Diriku pakai core i3 keknya ini, itupun kadang serakah akoh, buka banyak banget alhasil lemooottt.
      Pengen beli HP lagi sebenarnya, semoga ada rezekinya.
      Tapi jujur sih pengen PC, karena diriku nyalainnya tiap hari.

      HP emang terkenal ya Pak, dulu di kantor saya semua pakai HP, makanya diriku ikutan :D

      Hapus
  3. CLBK nih yeee (ama si HP maksudnya)
    semoga setelah ini brand-brand laptop dan PC ajak Mami Rey kerja sama, Aamiin ;)

    BalasHapus
  4. wah samaan lo mba. btw aku juga ngeblog pakai laptop HP jadul yang dulu divonis rusak dan udah masuk bengkel berkali-kali.
    Terakhir itu keyboardnya bermasalah. Sampai akhirnya beli keyboard eksternal. Ngga tau kenapa pas dicoba buat ngetik lagi dia normal dong. Tapi memang negblog pakai laptop jadul itu kudu banyak sabarnya. ini di laptopku sih.
    Oh iya laptop HP ku ini juga ngga bisa konek internet mba. jadi aku beliin konektor wifi gitulah. bener ngga sih namanya. Akhirnya skrang bisa konek wifi. Plus sama juga laptop ini full bergantung pada daya listrik karena baterainya sudah tidak berfungsi. hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kebalik nih, justru laptop yang masih agak baru sekarang rusak ga bisa konek wifi, malas diservis, jadinya sementara pakai adapter wifi :D
      Yang laptop lama justru baik-baik aja koneknya.
      Kalau saya liat, bisa jadi karena laptop HP ku gendut, jadi lebih kuat meski sering angkat sana sini, beda sama Asus yang langsing :D

      Semoga ada rezeki lebih buat kita biar biasa beli laptop yang lebih awet ya, aamiin

      Hapus
  5. sampe sekarang aku belum beli laptop sendiri, laptop yang aku pake adalah laptop lungsuran ibuku yang jarang kepake juga
    dulu kalau mau ngeblog atau internetan mesti ke warnet berjam-jam, bahkan pernah pulang dari warnet hampir jam 12 malam, karena memang ga punya laptop.
    Ada sih komputer PC, tapi aku nya aja yang males, karena internetnya ga bisa sat set kayak di warnet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laaahh, kagum saya sama teman-teman yang ngeblog nyaman dengan laptop apa saja, kalau diriku gasabaran orangnya, hahhaa

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)