5 Mitos dan Fakta Seputar Lasik Mata yang Harus Diketahui

lasik mata

Lasik mata semakin menjadi pilihan banyak orang dalam mengatasi berbagai masalah yang ada di mata atau penglihatannya.

Di era teknologi yang terus berkembang, prosedur bedah Lasik atau  Laser Assisted In-Situ Keratomileusis semakin menjadi salah satu solusi populer untuk koreksi masalah penglihatan.

Lasik mata merupakan tindakan medis untuk mendapatkan penglihatan yang lebih baik. Tindakan yang menggunakan laser untuk membentuk kornea mata kembali, atau bagian depan mata yang jernih dan bulat.

Tindakan medis ini bisa dilakukan pada pasien yang punya kelainan refraksi mata seperti kelainan refraksi, rabun jauh/mata minus (miopia), rabun dekat/mata plus (hipermetropia) hingga masalah mata silinder (astigmatisme).

Berbagai masalah penglihatan tersebut, sebenarnya masih bisa diatasi dengan alat bantu seperti kacamata ataupun lensa kontak. Sayangnya alat bantu tersebut seringnya mengganggu kenyamanan dalam beraktifitas. 

Untuk itu, Lasik mata menjadi pilihan banyak orang, meskipun banyak pula yang masih was-was untuk melakukan tindakan medis ini. Salah satunya karena beberapa informasi salah yang masih beredar di masyarakat.

Dari informasi tersebut, berkembanglah anggapan-anggapan salah tentang lasik mata, yang bisa dikatakan mitos.

Berikut beberapa mitos dan fakta dari anggapan yang berkembang banyak di masyarakat, yaitu:


Mitos, untuk Anggapan Bahwa Lasik itu Menyakitkan

Ini tidak benar alias mitos ya.

Pada faktanya, operasi Lasik Mata aman untuk dilakukan dan pasien tidak merasakan sakit sama sekali. Meskipun namanya operasi yang notabene menggambarkan tentang pembedahan dengan pisau ataupun laser. Apalagi dengan melibatkan mata sebagai indera yang sangat penting dalam tubuh manusia, dan penuh dengan lapisan yang sensitif dan krusial.

Tapi kenyataannya semua anggapan dan ketakutan tentang ini, telah diantisipasi oleh dokter mata. Pada prosesnya dokter mata akan memberikan obat tetes mata anestesi, hal ini bertujuan untuk membius mata, sehingga pasien tidak merasakan sakit, dan tetap nyaman saat operasi dilakukan. 

Selain itu, dokter juga menyiapkan obat penenang berdosis, untuk mengantisipasi jika pasien tetap merasa takut dan gugup ketika proses bedah dilakukan, dan akan digunakan jika memang dibutuhkan. 


Fakta, untuk Anggapan Bahwa Operasi Lasik Mata itu Sangat Cepat

Oh ya, selain Lasik Mata itu tidak menyakitkan dan pasien tetap merasa nyaman ketika tindakan, karena waktu bedahnya hanya sebentar saja.  

Pada umumnya, proses Lasik Mata hanya dilakukan sekitar 30 menit saja.

Dan ketika proses lasik mata, pasien tetap merasa nyaman karena dilakukan secara berbaring telentang. Pasien juga tetap tersadar agar bisa bekerjasama dengan dokter untuk proses yang lancar dan nyaman.

Hasilnya pun tidak menunggu lama, dalam hitungan menit, pasien bisa menikmati hasil lasik, dan dapat beraktifitas normal setelah 48 jam pasca tindakan. 

 

Mitos, untuk Anggapan Bahwa Operasi Lasik Mata Bisa Berakibat Kebutaan

Salah satu ketakutan banyak orang untuk melaksanakan operasi Lasik Mata adalah, karena banyak yang menganggap bahwa tindakan ini bisa mengakibatkan kebutaan.

Kenyataannya anggapan itu mitos ya!.

Operasi lasik mata insya Allah aman untuk dilakukan, karena sebelum dilakukan tindakan tersebut, dokter mata akan memeriksa kesehatan mata pasien. Dari pemeriksaan tersebut akan ditentukan, apakah pasien memenuhi syarat untuk dilakukan operasi atau tidak.

Untuk risiko kecil mungkin ada, namun sifatnya sementara saja sebagai efek samping dari tindakan pembentukan lapisan kornea mata agar penglihatan kembali baik. Efek samping tersebut bisa berupa mata terasa kering atau penglihatan sedikit kabur selama beberapa hari pasca operasi lasik mata.

Selain itu, dokter mata yang menangani akan memberikan instruksi detail tentang perawatan setelah operasi, sehingga kemungkinan infeksi dan lainnya dalam masa pemulihan mata bisa dicegah.


Fakta untuk Anggapan Bahwa Hasil Lasik Mata Bersifat Permanen

Yup, anggapan tersebut adalah fakta.  

Pada dasarnya operasi lasik mata yang merupakan tindakan koreksi refraksi penglihatan akan memberikan hasil yang bersifat permanen setelahnya.

Masalah mata sebelumnya akan hilang, dan peningkatan ketajaman penglihatan yang dihasilkan akan selalu menetap, jika tidak ada masalah lain yang terjadi setelahnya, atau mata selalu sehat.

Namun, yang namanya mata manusia tentu bisa berubah bentuk seiring usia. Karenanya, ketika usia telah bertambah, biasanya akan tetap butuh sedikit bantuan kacamata. 


Mitos untuk Anggapan Bahwa Lasik Mata Bisa Dilakukan Oleh Semua Orang

Anggapan semua orang bisa lasik ini adalah sebuah mitos ya.

Pada kenyataannya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pasien untuk bisa melakukan operasi lasik mata, di antaranya:

  • Pasien harus berusia minimal 18 tahun atau lebih.
  • Kondisi mata pasien harus sehat dan penglihatannya juga stabil.
  • Wanita hamil dan menyusui tidak diperkenankan melakukan lasik mata.
  • Penderita diabetes juga tidak boleh melakukan lasik mata. 

Selain itu, pasien juga harus melalui beberapa pemeriksaan mata secara lengkap, untuk ditentukan apakah bisa dilakukan lasik mata atau tidak.

apa itu lasik

Demikianlah beberapa mitos dan fakta yang sering jadi anggapan salah bagi beberapa orang awam. Pada intinya lasik mata merupakan sebuah investasi terbaik untuk kesehatan mata kita. 

Dengan lasik kualitas hidup akan jadi lebih baik, karena bisa melihat dengan jelas dan nyaman, tanpa harus bergantung pada alat bantu penglihatan seperti kacamata atau kontak lensa.

Apalagi, jika kita lasik mata di klinik mata terbaik dan yang ditangani para dokter mata kompeten dan berpengalaman. Insya Allah kita bisa mendapatkan kembali mata normal dan bebas dari ketergantungan kacamata atau softlens.

Salah satu klinik mata terbaik di Indonesia adalah KMN EyeCare. Klinik ini telah menjadi klinik mata terbaik di Jakarta dan Semarang, yang memberikan pelayanan terbaik, dan dokter mata yang sangat terampil dalam menggunakan teknologi laser excimer yang approved by FDA untuk memperbaiki penglihatan pasiennya.


Surabaya, 29 April 2024

Sumber: 

  • https://www.klinikmatanusantara.com/id/ketahui-lebih-lanjut/info-kesehatan-mata-dari-kmn-eyecare/artikel/yuk-cari-tahu-fakta-dan-mitos-seputar-lasik/ diakses 29 April 2024
  • https://www.klinikmatanusantara.com/id/ketahui-lebih-lanjut/info-kesehatan-mata-dari-kmn-eyecare/artikel/biaya-lasik-mata-2024-metode-prosedur-dan-harga/ diakses 29 April 2024

Gambar: Canva edit by Rey

1 komentar :

  1. Aku udah cari tahu di kmn segala macam biaya nya. Tapi itulah mental kok belum siap2 hahahahahah. Masih takuuuut. Cuma pake kacamata juga males2an. Cuma kalo ke bioskop aja baru aku pake.

    Pas lihat video Felicia yg influencer keuangan itu, dia juga sempet lasik bbrp bulan lalu, dan bilang walo pas operasi ga sakit, tp setelahnya ada rasa sakit. Kan aku jd makin kuatirπŸ˜„.

    Ntahlah belum tahu kapan mau ngelakuinny rey. πŸ˜…

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)