Thursday, October 27, 2022

Kenali Apa itu Jurusan Teknik Komputer, Sebelum Memilih Jurusan Untuk Kuliah

Apa itu Jurusan Teknik Komputer

Jurusan teknik komputer merupakan salah satu jurusan yang sangat digandrungi banyak orang saat ini.
Seiring dengan perkembangan zaman yang mana dunia digital telah menguasai berbagai bidang.

Dari yang dulunya hanya hal-hal digital dan komputerisasi itu hanya ada di tempat-tempat tertentu, seperti kota besar, sekarang bahkan di desa-desa pun, dunia digitalisasi telah menjadi sesuatu yang familier buat hampir semua orang.

Nggak heran ya, kalau dulu zamannya saya kuliah, di jurusan teknik tuh cuman ada jurusan Teknik Informatika.
Beberapa tahun kemudian, berkembang lagi dengan jurusan sistem informatika.

Dan siapa sangka, bahkan sekarang sudah ada teknik komputer, yang tentu saja berbeda dengan jurusan informatika, maupun ilmu komputer.


Apa itu Jurusan Teknik Komputer?


Teknik Komputer merupakan jurusan perkuliahan yang mempelajari ilmu tentang rekayasa komputer, yang mana ilmunya sangat berkaitan dengan teknik elektro dengan ilmu komputer.

Kenali Apa itu Jurusan Teknik Komputer, Sebelum Memilih Jurusan Untuk Kuliah

Karenanya, dalam jurusan Teknik Komputer banyak membahas tentang teori dan prinsip dari komputerisasi, matematika serta rekayasa.

Uwow, baru membayangkan aja, sudah puyeng kepala ya.
Saya sebagai lulusan teknik sipil aja, itu membayangkan matematikanya yang mempelajari integral berlapis-lapis, ditambah mekanika rekayasa yang sukses bikin banyak mahasiswa nyaris stres, udah luar biasa.

Ini, kedua hal tersebut, dikaitkan dengan ilmu komputer, which is buat saya komputer itu merupakan sesuatu yang lebih butuh pemikiran mendalam untuk memahaminya.

Ilmu dalam teknik komputer ini sangat bermanfaat untuk diaplikasikan dalam merancang perangkat lunak, perangkat keras, jaringan, dan instrumen maupun berbagai peralatan terkomputerisasi untuk menyelesaikan banyak permasalahan teknis, dan tentu saja dapat diterapkan di berbagai area.

Dalam bahan kajian keilmuan, di jurusan Teknik Komputer ini,  mahasiswa akan diajarkan memahami hal-hal yang meliputi desain dan rekayasa sistem perangkat keras digital. 
Juga termasuk mikrokomputer, jaringan komputer, sistem embedded, dan tak ketinggalan perangkat lain yang berbasis pada komputer.


Apa Yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Jurusan Teknik Komputer?


Begitu banyak istilah dalam dunia komputer, dari yang dulunya masuk ke dalam teknik informatika, hingga akhirnya sekarang mengerucut dan lebih spesifik mempelajari tentang komputer saja.

Kenali Apa itu Jurusan Teknik Komputer, Sebelum Memilih Jurusan Untuk Kuliah

Karenanya, jangan salah memahami kalau teknik komputer itu, berarti kita jadi jago komputer, dan nantinya bekerja di dunia semacam IT gitu.

Enggak ya!

Harus dipahami, bahwa teknik komputer ini berbeda dengan teknik informatika maupun ilmu komputer, karena simak apa sih modal utama yang harus kita punyai ketika memutuskan memilih jurusan teknik komputer?

1. Lebih menyukai mengutak atik perangkat elektronik

Kalau suka mengutak atik perangkat elektronik, apalagi tertarik dengan kecanggihan eketronik di masa kini, maka jurusan Teknik Komputer sudah merupakan pilihan yang tepat untuk kuliah.

Karena nantinya, di jurusan ini akan lebih mendalami hal-hal tentang elektronik berpadu dengan komputerisasi yang canggih.

2. Ingin lebih memperdalam ilmu Jaringan Komputer

Ilmu jaringan komputer semakin hari semakin berkembang, semakin canggih dengan berbagai hal kemudahan yang ditawarkan untuk konsumen.

Karenanya, jika kita tertarik mendalami semua hal tentang ilmu jaringan komputer, maka memilih jurusan teknik komputer ini merupakan hal yang benar dilakukan.

3. Lebih tertarik dengan hardware komputer ketimbang software komputer

Ini kayaknya bukan saya banget ya, atau bisa juga saya banget, karena jujur saya buta banget mengenai hardware.

Udah deh, kalau tentang hardware saya angkat tangan banget, karena saya lebih tertarik pada software, yang kesannya lebih bermodalkan klak klik, hehehe.

Nah, jika Temans kebalikannya dari saya, maka jurusan Teknik Komputer sudah menjadi pilihan yang terbaik untuk diambil dalam perkuliahan.

4. Menyukai hal-hal tentang robotika atau membuat robot

Segala hal tentang robot tuh identik dengan kecanggihan, nggak heran banyak generasi muda yang menyukai hal-hal tentang robotica, bukan semata untuk menyusun rangkaian luarnya, tapi juga settingan dalam robot tersebut.

Dan jurusan teknik komputer ini, sangat tepat dalam memberikan ilmu tentang hal robotica termasuk pembuatan robot. 

5. Menyukai hal-hal tentang teknik elektro dan teknik informatika

Banyak loh orang seperti ini, yang bukan hanya mencintai dunia informatika, tapi juga suka dengan settingan elektroniknya.
Karenanya akan sangat tepat jika memilih jurusan teknik komputer untuk perkuliahan.


3 Alasan Mengapa Jurusan Teknik Komputer Adalah Pilihan Terbaik Untuk Kuliah


Kenali Apa itu Jurusan Teknik Komputer, Sebelum Memilih Jurusan Untuk Kuliah

1. Karena dunia IT terus berkembang


Segala hal tentang dunia teknologi, dewasa ini amat sangat ceoat berkembang.
Banyak hal-hal, yang bahkan saya pribadi baru ngeh, eh ternyata udah muncul ilmu baru lainnya.
Karenanya, butuh untuk selalu up to date, biar nggak ketinggalan info.

Hal ini tentu saja menjadi sebuah hal positif dan terbaik bagi para sarjana teknik komputer, di mana mereka jadi lebih melek teknologi, serta selalu up to date mengikuti perkembangan zaman.


2.  Lapangan Kerja untuk lulusan teknik komputer lebih luas dan dibutuhkan


Dengan perkembangan dunia IT yang begitu cepat, membuat tenaga teknik komputer akan lebih dicari banyak perusahaan.

Kelebihannya lagi, lulusan teknik komputer bukan berarti hanya bisa bekerja di bagian komputerisasi, tapi juga bisa membuka lowongan lainnya, yang lebih luas mencakup berbagai aspek kebutuhan perusahaan.

Mulai dari perusahaan yang memang notabene bergerak di bidang IT, hingga perusahaan yang lainnya yang usaha utamanya bukan bidang IT, tapi tetap butuh support IT untuk menjalankan usahanya.
Misal, perbankan, fintech dan semacamnya.

Karenanya, berbeda dengan jurusan lainnya yang terbatas dengan perusahaan yang itu-itu saja, lulusan teknik Komputer justru punya kesempatan lebih luas dalam mendapatkan pekerjaan impian.


3. Bisa bekerja dari mana saja, atau juga kerja freelance


Bukan hanya terbilang mudah dalam mencari pekerjaan karena bidang kerjanya luas, lulusan teknik komputer juga terbilang mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang bisa dikerjakan dari mana saja. 

Pun juga, lulusan teknik Komputer punya kesempatan untuk bisa kerja freelance, bahkan beberapa mahasiswa teknik komputer yang belum lulus kuliahpun, sudah bisa mendapatkan pekerjaan secara freelance, dan tentunya ini bisa menambah uang jajan.


Penutup


Seiring dengan perkembangan zaman, kecanggihan teknologi menjadi salah satu faktor penentu dari kemajuan tersebut.
Sehingga peran dari lulusan jurusan teknik komputer sangat dibutuhkan.

Yaitu ilmu yang menggabungkan keahlian di bidang komputer science berbanding elektro science.

Namun, sebelum memilih untuk kuliah di jurusan teknik komputer, sangatlah penting untung mengetahui dengan jelas apa itu teknik komputer, dan apa saja yang harus kita punyai dalam bakat atau hobi kita, untuk menentukan keberlangsungan kuliah di jurusan tersebut.

Jangan sampai kita salah kaprah, sehingga ketika kuliah, terasa sangat memberatkan, karena tidak sesuai dengan harapan yang ada dalam pengertian di benak kita, tentang jurusan teknik komputer tersebut.


Sidoarjo, 27 Oktober 2022

14 comments :

  1. Aku baru paham bedanya dong :))) Berarti kalau software itu lebih ke Sistem Informasi ya? Padahal ada Teknik Informatika juga. Waduduh. Yg tertarik lanjut kuliah tentang komputer wajib cari tau dulu nih beda2nya biar nggak salah pilih jurusan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu tuh jurusan IT cuman teknik informatika deh, teman-teman saya yang kuliah di jurusan itu, kebanyakan ngerti software maupun hardware.
      Sekarang lebih enak sih, setiap orang jadi lebih ekspert karena ilmunya lebih detail

      Delete
  2. Betul kak sekarang orang IT kepake bgt. Temenku yg dulu kuliah jurusan IT berhasil semua Alhamdulillah. Dulu sempet trend kuliah perbankan, kalau sekarang beralih ke IT yg jadi sasaran.

    ReplyDelete
  3. Oh baru tahu jurusannya beda ama anak IT ya, mba? Berarti lebih fokus ke mesin yang ada hubungannya sama komputer ya.

    Jurusan teknik komputer ini punya prospek yang bagus dan banyak perusahaan butuh juga. Kalaupun nggak kerja di Indonesia, nanti bisa melamar kerja di luar negeri seperti Jepang atau Korea.

    ReplyDelete
  4. dulu, pertama kali adik saya bilang mau masuk teknik komputer, saya protes
    Kok masuk ilmu terapan sih?
    sekarang saya bangga lihat karyanya ngebangun soft ware untuk hotel berbintang
    dan nyut2an lihat deretan coding yang ditekuninya saat kerja di belakang komputer

    ReplyDelete
  5. Anak sulung saya kuliah di fakultas Teknik Komputer. Dan bener, ruang ilmu TK itu luas banget termasuk diantaranya adalah logika dan matematika. Sesuai dengan kebutuhan saat ini dan kedepannya, memang ilmu yang didapat di dalam fakultas ini, akan sangat menunjang hampir semua pekerjaan yang melibatkan teknologi.

    Anak bungsu saya mengambil jurusan Data Science, Dan ini keilmuwannya lebih berat lagi. Mabok banget saya melihat program pembelajarannya karena basic ilmu saya sampai S3 itu berkutat di ilmu sosial hahahaha. Tapi untung suami punya dunia yang sama dengan anak-anak. Jadi setidaknya mereka punya salah seorang orang tua yang paham akan kebutuhan belajar mereka.

    ReplyDelete
  6. Saya pusing kalau pelajaran IT. Bahasa IT njelimet dan bikin mumet. Makanya saya salut sama anak IT yang jago ilmu komputer

    ReplyDelete
  7. Jadi teringat saat kuliah D1 teknik informatika dan bahasa pemrograman, sangat bermanfaat sekarang untuk ngeblog, meskipun harus recall ulang.

    Jurusan Teknik Komputer memang menjadi kebutuhan banyak perusahaan saat ini, terlebih tidak ada perusahaan yang tidak menggunakan komputer.

    ReplyDelete
  8. Ketika lagi cari-cari berabgai info kampus untuk anak saya ada beberapa konten tentang Teknik Komputer. Ternyata banyak yang salah juga memilih. Disangkanya TK hanya 1 jurusan. Memang sebaiknya dicari tau dulu sampai sedetil mungkin. Supaya jangan ada rasa menyesal

    ReplyDelete
  9. mau jadi guru komputer juga bisa, nanti bisa lanjut ambil PPG jurusan komputer. Biasanya lowongan ini diambil untuk lulusan cewek. Kalau cowok biasanya ambil untuk jadi teknisi di perusahaan atau freelance

    ReplyDelete
  10. Wah jadi paham deh mengenai jurusan komputer kebenaran sodara ada yang mau kuliah tahun depan, thanks infonya mbak.

    ReplyDelete
  11. jadi jurusan komputer sama it itu beda ya mbak noted baru tau info menarik mau saya kasih ke ponakan yg mau kuliah tahun depan

    ReplyDelete
  12. Teman ku pernah merasa salah jurusa . Dia masuk jurusan TI atau Teknin Informatika. Ku fikir nggak ada matematikanya. Ternyata waduhhh... Ngitung semua kerjaannya. Hahaa..

    Btw, malah sekarang udah ada Teknik Komputer juga ya. Bagus donk ini berarti kak. Apalagi di zaman sekarang semua serba teknologi

    ReplyDelete
  13. Jurusan yang potensial ya ini. Sangat dibutuhkan di masa sekarang. Toh semakin hari inovasinya semakin berkembang. Aku nyaranin ini ke anakku saat kuliah, mereka malah takut. Katanya serem, materinya takut gak ngerti. Soalnya memang, ya itu tadi, materinya akan semakin berkembang seiring perkembangan zaman ya. Bagus buat anak yang memang suka dengan hal seperti itu.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)

Back to Top