Monday, February 07, 2022

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Sharing By Rey - Jualan makanan yang laku setiap hari merupakan ide bisnis atau usaha yang paling dicari banyak orang, di setiap waktu.

Seperti yang kita tahu, bisnis kuliner atau makanan adalah jualan yang laris dengan cepat, namun tidak semua jenis makanan bisa laku setiap hari.
Karenanya, setiap pelaku bisnis, harus pandai mencari tahu, jualan makanan apa yang laris dan praktis, tentunya.

Saya sering menceritakan di blog ini, bagaimana rencana yang telah saya pikirkan sebelum resign dari dunia kerja yang pertama kalinya

Selama beberapa waktu, sudah terpikirkan di benak saya untuk menjalankan bisnis atau usaha jualan makanan ringan yang masih belum banyak di Surabaya.

Di mulai dari pengalaman saya yang selalu kesulitan mencari orang yang jualan pisang goreng enak di Surabaya, tercetuslah ide jualan pisang goreng.

Sayangnya, sampai saya benar-benar resign, ide tersebut tidak pernah terealisasi, karena rekan bisnis yang diajak, pada nggak mau serius.

Padahal kami sudah menyusun semuanya, termasuk berapa modal yang dibutuhkan, inventaris, dan segalanya.

Akhirnya, saya malah menjual produk lain, yang juga masih dalam kategori usaha jualan makanan, yaitu frozen brownies.


Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari itu Penting


Jualan makanan memang paling memungkinkan untuk para pebisnis usaha kecil atau pemula yang ingin jualannya laku setiap hari. Karena makanan adalah sesuatu yang semua orang butuhkan setiap harinya. 

Kita bisa liat kan, ke manapun kita berada, pasti yang dicari pertama kalinya adalah makanan, terutama makanan utama, akan lebih baik jika makanan utama yang enak, atau makanan utama yang unik dan enak.

Selain itu, makanan ringan yang praktis, enak dan unik juga menjadi incaran banyak orang, terutama jika jika berada di daerah yang punya wisata menarik, yang sering dikunjungi banyak orang. 

Jualan makanan juga merupakan ide usaha jualan yang bisa dilakukan oleh siapapun, baik yang ingin usaha jangka panjang, maupun untuk usaha musiman.

Usaha jangka panjang biasanya menjual produk sendiri, sementara usaha musiman, bisa dengan mengikuti waktu aja, misal pada bulan ramadan dimanfaatkan dengan jualan makanan dan minuman untuk berbuka puasa.


Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, Apa Saja ya?


Lalu, kira-kira jualan makanan apa yang laris setiap harinya? 
Saya rasa hal ini bisa diketahui dengan melihat kondisi di sekitar tempat usaha yang akan kita buka.
Jenis makanan apa saja yang masih belum banyak dijual orang, dan yang penting, makanan yang paling dicari orang setiap harinya, seperti:


1. Bakso


Saya rasa hingga saat ini, masih belum ada makanan lain yang menandingi bakso sebagai makanan yang paling disukai dan dicari orang setiap harinya, terlebih di musim penghujan seperti ini.

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Dan terlebih lagi jika baksonya enak dan harganya masuk akan atau terjangkau.
Bakso juga merupakan makanan yang tak pernah lekang oleh zaman atau waktu, nggak cuman musim penghujan, musim kemarau pun orang-orang tetap suka bakso.

Dan yang lebih penting lagi, bakso disukai oleh seluruh lapisan masyarakat dari segala usia, mulai dari anak-anak, remaja kekinian, hingga orang tua.


2. Mie Ayam


Mie ayam biasanya berteman dengan bakso, maksudnya kita bisa menemukan orang yang jualan mie ayam sekaligus menjual bakso.

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Sama seperti bakso, makanan ini juga merupakan makanan tak lekang oleh waktu, dan disukai banyak orang dari segala usia, dan tentu saja merupakan makanan yang paling sering dicari banyak orang setiap harinya, sehingga bisa laku setiap hari.


3. Gorengan


Gorengan dari jenis apapun, entah itu pisang goreng, tahu goreng, pisang molen, cireng, mendoan dan lain sebagainya, selalu menjadi incaran semua orang setiap harinya.

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Makanan ringan tapi efek mengenyangkankan berat ini, tak pernah lekang oleh waktu, bahkan sejak puluhan tahun lalu, saya sudah mengenal dan melihat orang jualan gorengan.

Di daerah asal saya misalnya, Buton, dahulu orang-orang bahkan menjadikan gorengan sebagai menu sarapan mereka bersama teh atau kopi.

Karenanya, gorengan merupakan ide usaha jualan yang sudah pasti laku setiap harinya, baik musim hujan, maupun musim kemarau.


4. Pentol / Cilok


Di depan kompleks tempat tinggal saya ada yang jualan cilok, dia jualannya cuman sore hari saja, dan habis hanya dalam sekejap.

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Pentol atau cilok memang menjadi alternatif makanan ringan yang paling sering diburu banyak orang setiap harinya, terlebih jika rasa pentol yang dijual memang enak.

Sehingga, selain praktis, jualan pentol atau cilok ini juga merupakan ide usaha makanan yang laku setiap harinya.


5. Jajanan tradisional pasar


Makanan yang laku setiap harinya lainnya adalah masuk dalam kategori makanan ringan yaitu jajanan pasar, seperti kue lapis, lemper, risoles, kue lumpur dan masih banyak lagi.

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Ini merupakan salah satu usaha jualan makanan yang sering banget saya liat laris manis, di manapun berada.

Lebih laris lagi, karena jajanan tradisional pasar ini, bukan hanya bisa menemani waktu santai sambil ngemil kita, tapi juga merupakan alternatif pilihan snack untuk acara-acara formal maupun non formal.


6. Bubur ayam


Bubur ayam juga merupakan salah satu makanan yang paling diburu banyak orang setiap harinya, biasanya makanan satu ini paling sering kita temukan di pagi hari dan disantap banyak orang sebagai menu sarapan.

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Bubur ayam memang tetap menjadi fenomena santapan yang disukai semua usia, termasuk generasi milenial, hingga kita bisa menemukan tim kuliner bubur ayam yang diaduk maupun bubur ayam yang tidak diaduk.

Saya sih tim bubur ayam tidak diaduk, bagaimana dengan Temans? hehehe. 


7. Nasi pecel


Di daerah Jawa Timur, pada umumnya nasi pecel merupakan menu makanan sarapan, dan saya sendiri juga suka banget sarapan dengan pecel, bahkan lebih suka nasi pecel ketimbang bubur ayam.

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Tidak heran, kita bisa menemukan banyak yang berjualan nasi pecel di pagi hari, dan sukses diburu banyak pembeli yang ingin sarapan, atau sebagai bekal sarapan di kantor.


8. Nasi Goreng


Nasi goreng merupakan menu makanan yang laku setiap hari, karena selalu digemari banyak orang, terutama sebagai menu makan malam.

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Namun, bukan hanya malam hari di siang haripun kita bisa menemukan makanan nasi goreng di kedai-kedai. Makan ini laris dan disukai banyak orang karena rasanya enak, dan praktis.


9. Mie Goreng


Hampir sama dengan nasi goreng, mie goreng juga merupakan makanan yang paling diburu dan disukai banyak orang tanpa kenal waktu.

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Bahkan seringnya kita melihat orang yang jualan nasi goreng akan sepaket dengan jualan mie goreng juga.

Selain praktis, makanan ini juga disukai oleh semua usia.
Dan kita bisa menciptakan mie goreng unik, agar lebih menarik konsumen, terutama kaum milenial di zaman sekarang. 


10. Penyetan


Kalau penyetan mah, udah jadi makanan favorit dan juara banget kali ya.
Saking favoritnya, kita bisa menemukannya di hampir setiap sudut kota maupun pedesaan. 

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Makanan ini memang sangat menggugah selera, dengan santapan lauk yang digoreng lalu dimakan dengan sambal nikmat beserta nasi panas, udah deh lupa masalah timbangan, saking nikmatnya, hehehe.

Karenanya, penyetan sangat bisa dijadikan ide usaha jualan makanan dan laku setiap harinya.


Kesimpulan Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari


Selain ide usaha makanan di atas, masih banyak ide makanan lainnya, yang bisa dikembangkan agar dapat menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari.

Bisa dengan mengamati lingkungan sekitar tempat membuka usaha, bagaimana pesaingnya, bagaimana minat konsumen, sehingga tahu jualan makanan apa yang laris.

Karena jualan yang laris bikin semangat usaha makin menggebu, dan saya rasa jualan makanan yang laku setiap harinya adalah pilihan yang tepat. 


Sidoarjo, 7 Februari 2022


Sumber gambar: gofood.co.id

4 comments :

  1. Duuuuh semuanya jajanan favoritkuuuu Rey 😄😄❤️. Eh kecuali pentol atau cilok. Sebenernya sih aku sukaaa Ama cilok, tapi aku milih2 banget penjualnya , Krn kadang terlihat ga bersih. Kan jadi geli yaaa. Trus terkadang agak berbau gimanaaa gitu. Makanya pentil atau cilok ttp aja LBH suka bikin sedniri atao beli yg frozennya dari langganan yg udah tau enak rasanya.

    Penyetan Surabaya itu bikin penasaran ,Krn dari yg aku baca rasa sambelnya nampol banget 😄👍. Jawa timuran kan lebih suka pedes yaaa, sesuai Ama seleraku.

    Jualan makanan yg bisa laku tiap hari memang LBH menarik sih. Walo buatku rasa nomor 1 dulu. Dijamin orang2 yg beli bakal rajin beli lagi. Mau se-hidden apapun tempatnya 😄

    ReplyDelete
  2. Saya baca dari atas sampai bawah, ternyata kesenanganku tidak muncul, yakni lontong balap, hehe...

    ReplyDelete
  3. Dari list Mba Rey, itu bakso dan mi ayam, paling ga dlm seminggu aku pasti beli.. Hehehe.. Klo gorengan, dulu aku suka bgd. Tp tiap abis makan gorengan abang2, aku langsung sakit tenggorokan. Jadinya diomelin suami. Hahahha.. Ga berapa lama bandel nyobain lagi, sakit tenggorokan lg sampe semingguan. yaudah kapok. Skrang udah hampir 2 tahunan ini aku ga peranh makan gorengan abang2 lg. Klo pun mau, bikin sendiri di rumah walau rasanya ga seenak n serenyah punya abang2. Hehehe..

    Tp dari list itu, saking banyaknya yg suka, yg jual juga banyak bgd yaaa.. Jadi saingannya sepertinya juga akan susaah >.<

    ReplyDelete
  4. Memang benar sih, kalo jualan mie ayam biasanya jual bakso juga. Begitu juga jualan gorengan, cilok, jajanan tradisional, dll.

    Sayangnya jualan seperti itu belum tentu laku tiap hari. Aku punya langganan mie ayam yang harganya 10 ribu, tapi kalo tanggal tua ia sering tidak dagang, katanya sepi.

    Kadang lihat juga orang jualan jajanan tradisional di pasar, juga tidak jualan tiap hari, katanya ya gitu, tidak tiap hari banyak yang beli, jadi seminggu jualan tiga kali doang.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top