Tuesday, January 25, 2022

3 Tips Blogging yang Menarik Untuk Dibaca A La Rey

3 Tips Blogging yang Menarik Untuk Dibaca A La Rey

Sharing By Rey - Personal blog saya ini, sengaja diarahkan untuk menulis beberapa tema seperti blogging, bisnis, serta lifestyle dan personal story a la Rey, karena namanya juga blog pribadi kan ye, pastinya saya memilih lebih banyak sharing pengalaman sendiri.

Seperti judul blog ini sih ya, Sharing by Rey, which is 90% yang saya tulis di sini, eh bahkan di hampir semua blog saya, ya tentang pengalaman pribadi, salah satunya tips blogging yang selalu saya lakukan sendiri.
Jadi, jangan harap Temans blogger bisa menemukan tips blogging seperti ilmu para SEO mastah (katanya, hehehe), tidak ya!
Karena semua tips yang saya tulis di sini ya, cuman kayak curhatin apa yang saya lakukan dalam membangun blog saya hingga saat ini.


Ide Tips Blogging Based on Personal Story


Seperti judul blog yaitu sharing pengalaman sendiri, Temans yang mungkin sudah beberapa kali main ke blog saya pasti tahu, kalau hampir semua tulisan di sini rata-rata tulisan receh, hahaha.

3 Tips Blogging yang Menarik Untuk Dibaca A La Rey

Ada sih beberapa tulisan yang berat, kayak tulisan curhat dalam label 'Marriage', yang sekarang udah nggak pernah tampil tulisan baru tentang hal itu di sini, karena udah saya pindahin ke blog parentingbyrey.com yang temanya khusus parenting and family.

Tapi, meski tema itu berat, semuanya ya memang based on my experience juga, nggak ada eh bisa dibilang nyaris nggak ada tulisan untuk menceritakan masalah orang lain.
Atau juga tulisan yang judulnya doang klikbait, ternyata isinya ceritain masalah orang, hahaha.

Alasannya ya, karena terlalu banyak kisah dalam hidup saya, yang ingin saya rekam melalui tulisan di blog saya, so kayaknya saya kekurangan waktu buat ngurusin apalagi nulis masalah pernikahan orang, hihihi.

Kecuali, kalau memang ada hubungannya dengan saya.

Nah, kembali ke masalah tips blogging, as you know kan ye, kalau ngeblog itu udah jadi profesi saya sejak beberapa tahun lalu.
Jadi, off course hal itu udah jadi cerita hidup saya, yang akan saya tuangkan ke blog ini. 

Selain dari itu, saya juga punya pengalaman yang membetekan (bahasa apaan tuh ya? hahaha), di mana kalau googling, misal cari tulisan dengan keyword 'cara menaikan DA/PA blog'.

Nemu kan tuh, saya selalu ambil di page 1, 2 atau 3.
Dan pas dibaca...
Astagaaaa, udahlah teori doang, yang ditulis juga rata-rata sama satu sama lainnya, kan jadi nggak menjawab apa yang saya butuhkan.

Kalau dengan kata lain, saya menulis berdasarkan apa yang saya pikirkan butuhkan dari membaca tulisan orang lain, karena kalau dipikir-pikir, ada banyak orang yang juga berpikir seperti saya, yaitu mengharapkan jawaban detail dan terpercaya dari apa yang dia cari dan baca di tulisan orang lain.

Jadi, alih-alih membaca dengan detail sebuah artikel yang katanya 'berfaedah', saya lebih suka membaca tulisan yang mau nggak SEO pun, nggak masalah.
Yang bahasanya ringan dan nggak beraturan juga nggak masalah, namun ditulis berdasarkan pengalamannya sendiri, itu jauh lebih bergizi ketimbang nulis teori nggak sih?

Itu menurut saya ya.

Jadi, kalau ada yang nulis tips menaikan DA/PA blog, tapi dia sendiri nggak pernah buktikan, dengan dilihat dari DA/PA blognya yang minim, atau DA/PA blog tinggi, tapi hasil beli backlink atau bayar joki buat nge-index backlink blognya di mana-mana, sementara hal itu nggak dituliskan di tulisannya, rasanya tulisan kayak gitu justru membosankan, nggak sih.

Eh sekali lagi ya, ini menurut saya, kalau yang lain punya opini sendiri, dan berbeda dari opini serta pemikiran saya, tentu saja hal itu diperbolehkan dan wajar aja sih menurut saya.

Ini juga sama dengan tulisan tips blogging 'cara menaikan traffic atau pageview blog', ditulis dengan SEO, 'berfaedah' katanya ketimbang tulisan curhat, tapi pas diintip perkiraan traffic blognya, B aja aka dia sendiri belum pernah membuktikan tulisan tersebut, rasanya rugi waktu aja sih kalau dibaca, hahaha.

Sadis emang si Rey, tapi serius loh, saya bete banget baca tips-tips blogging yang ada di page one google, tapi isinya standar dan nggak terjamin khasiatnya juga, huhuhu.


Tips Blogging yang Menarik Untuk Dibaca A La Rey


Nah dari ide menulis tips blogging di atas, terlihat jelas kan, bagaimana saya belajar blogging secara otodidak, salah satunya dengan rajin pantengin tulisan-tulisan tips blogging banyak blogger.

3 Tips Blogging yang Menarik Untuk Dibaca A La Rey

Nggak cuman tips yang ditulis oleh orang-orang yang menyebutnya mastah SEO, tapi tulisan blogger mana saja, yang kebanyakan based on personal experience.

Karena membaca tulisan pengalaman pribadi itu, amat sangat saving waktu buat saya. 
Lalu, tips blogging seperti apa sih yang menarik untuk saya baca?


1. Tips blogging untuk menaikan trafic blog berdasarkan pengalaman pribadi


Saya rasa untuk tema menaikan trafic blog ini, udah banyak banget yang nulis ya.
Dan saya baru aja searching tulisan saya tentang tips untuk menaikan traffic atau pageview blog, dan ajaib!

Dari ratusan tulisan saya tentang tips blogging, belum ada satupun tulisan yang menuliskan tentang cara atau tips menaikan pageview blog a la Rey, hahaha.

Padahal, menurut saya sih pageview blog ini, udah lumayan juga sih setiap harinya, kayaknya menarik nih buat ide artikel yang ditulis untuk minggu depan *eh.

Trafiic blog yang semakin naik dan banyak memang impian banyak blogger, mungkin itu juga alasan mengapa tidak semua blogger mau berbagi hal itu, karena dijadiin sebagai salah satu secret aja buatnya, kan kalau di-share bakalan nambah dong saingan *eh lagi, hahaha.  

Etapi itu bukan alasan saya belum pernah nulis tips menaikan traffic blog a la saya ya, karena sejujurnya, biar kata traffic blog saya udah lumayan menurut saya, tapi belum pede aja dibandingkan dengan traffic blog teman lainnya yang jauh lebih fantastik.

Nah, karena itulah, ketika saya mencari artikel tips blogging untuk menaikan traffic blog, ketika menemukan salah satu artikel yang membahas hal itu, hal pertama yang saya lakukan adalah, mengintip perkiraan traffic blog itu sendiri, melalui keyword kuat yang ada di blog tersebut.

Gimana caranya?
Ya pakai tools dong, bisa melalui Ahrefs, atau juga Ubbersugest.

Nah kenyataannya, banyak banget blog yang membahas tentang tips blogging tersebut, tapi traffic blognya sendiri nggak seperti yang dia tuliskan.
Untuk hal seperti itu, biasanya saya skip, karena butuh waktu banget buat nyoba-nyoba tips yang belum tentu terjamin hasilnya.


2. Tips blogging untuk menaikan DA/PA blog berdasarkan pengalaman pribadi


Nah selain traffic atau pageview blog, saya juga sering banget mencari tips blogging buat menaikan DA/PA blog.
Sayangnya, dari banyak tips blogging yang dituliskan para blogger, hanya sedikit yang benar-benar menuliskan inti dari tips tersebut.

Kebanyakan hanya membahas tentang hal umum yang menyasar kepada SEO, padahal ya menaikan DA/PA itu nggak selalu bergantung pada SEO, semua tergantung pada seberapa rajin menyebar backlink dan mengindexnya dengan cepat, hehehe.

Untuk hal ini, jika saya menemukan sebuah artikel yang membahas tentang cara menaikan DA/PA blog, bukan hanya melihat nilai DA/PA dari blog tersebut yang saya lakukan, tapi juga mengeceknya melalui website Moz, agar saya tahu dari mana dia mendapatkan backlink untuk menaikan DA/PAnya hehehe.

Eh btw, saya juga pernah menuliskan tips menaikan DA/PA blog sih, tapi itu versi moz lama, dan hanya menceritakan hal-hal yang rutin saya lakukan, dalam hal ngeblog.


3. Tips blogging yang memotivasi berdasarkan pengalaman pribadi


Selain 2 hal di atas, salah satu tips blogging yang paling sering saya baca karena menarik buat saya adalah, tips blogging yang memotivasi, bukannya malah bikin pusing, hahaha.

Kalau ini kayaknya lebih ke gaya bahasa dan penyampaian kali ya, misal tips blogging untuk terus konsisten, karena mau sehebat apapun, pada akhirnya blogger yang hebat ya cuman blogger yang konsisten.

So, tips blogging yang bagus untuk itu, ya apa saja tips yang menyemangati, bukan malah bikin down
Misal, statement yang berbunyi,
"kamu ingin jadi blogger profesional tapi nggak bisa nulis SEO? ya lupakan saja impianmu menjadi blogger profesional!"
Padahal ya, menjadi blogger profesional tidak melulu harus SEO banget kok, si Rey ini salah satunya, namanya lumayan dikenal dalam dunia blogger Indonesia, bukan karena dia pakar SEO atau nulisnya SEO mulu.

Tapi karena seberapa konsistennya saya berada di profesi ini.
Karena ada banyak jalan menuju blogger profesional, dan yang paling menentukan itu ya, konsisten.


Kesimpulan


Well, ketiga tips blogging tersebut hanyalah murni hal yang menarik buat saya baca sebagai referensi ngeblog otodidak, tentu saja bukan untuk menganggap tulisan di luar hal tersebut tidak berguna atau berfaedah.

Karena pada dasarnya, tujuan blogger mengelola blognya tuh bermacam-macam, dan hal itulah yang mempengaruhi bagaimana masing-masing menulis di blognya.

Demikianlah 3 tips blogging yang menarik untuk saya baca.
Kalau Temans, tips blogging seperti apa sih yang sering membuat penasaran dan membacanya dengan seksama, lalu langsung praktik?


Sidoarjo, 25 Januari 2022
 

Sumber: pengalaman dan opini pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

16 comments :

  1. Iya bener banget mba, paham SEO bukan satu2nya cara biar jadi blogger profesional ya mba, karna konsistensi lebih penting, tapi sebenernya aku pengen bgt belajar SEO mba, cuma bingung aja belajarnya darimana hahhaa, padahal dulu kuliah aku otak-atik blog mulu skrg udah GONE ilmunya wkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh padahal udah pernah kenal ilmunya di bangku kuliah ya, saya malah otodidak, hahaha.
      Mulai dari yang sederhana aja say, misal pakai keyword dan penempatannya harus sesuai teori, jumlah karakter judul dan lainnya :D

      Delete
  2. Ooo.. gitu ya kak. Terima kasih atas infonya yang bermanfaat.. Nice post, gan..

    Pekabar Rey?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biase aje kong, Nggak ada kabarnye kate Rey...🤣🤣🤣🤣

      Delete
    2. lahhhh kirain yang jawab mba rey, salfok aku hahaha

      Delete
    3. wwkkwwkwkwwkwk iya ih si Bapak baru nongol, saya juga sekarang jarang nongol di blog lainnya huhuhu

      Delete
  3. kayaknya konsisten yang aku pilih, selebihnya ya dikit-dikit nerapin SEO tapi ga semua artikel, aku juga ga advanced banget kalau soal SEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena kalau SEO tuh sebenarnya terus berubah, parameternya.
      Sementara konsisten menulis itu bikin kita punya banyak tabungan tulisan yang bisa menyumbang traffic :D

      Delete
  4. Kalo saya nulis tidak terpatok pada SEO. Yang penting ngalir aja, tanpa perlu mikir ini itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, kalaiu nulis ngalir itu lebih dapat feel-nya malah ya :D

      Delete
  5. Konsisten nomer satu mbak, Kalo SEO Nomor kesekian

    ReplyDelete
  6. Makasih sharingnya... Sebagai yang baru beberapa minggu memecut diri buat beraniin ngeblog, tulisan ini bikin aku ngerasa ga sendiri. Banyak-banyak share untuk yang baru belajar ngeblog kayak aku ya, mba...

    ReplyDelete
  7. Terharu akhirnya menemukan tips ngeblog yang isinya bukan keyword SEO aja. Selama ini ngubek2 kenapa kalo mau bertumbuh blog kudu seo seoan mulu, saya ga mudeng samsek trus akhirnya gapede dan semangat nulis melempem karena bingung. Makasih pencerahannya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, banyak jalan menuju bertumbuh jadi blogger profesional, dan salah satu jalannya ya konsisten serta kekuatan branding.
      Coba tanya, siapa blogger terkenal di Indonesia? ada beberapa yang saya kenal, dan kalau liat blognya, samsek nggak SEO, toh mereka malah jauh lebih terkenal :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top