Wednesday, June 19, 2019

Cara Menghilangkan Bekas Luka Pada Bayi


Masalah Bekas Luka Pada Bayi


cara menghilangkan bekas luka pada bayi


Assalamu'alaikum :)

Sharing by Rey - #RabuParenting   - Bekas luka pada kulit, selalu membuat hati sedih karena bikin estetika kulit jadi kurang menarik, nggak mulus lagi *tsah.
Dan ternyata, bekas luka bukan hanya menjadi masalah bagi orang dewasa saja seperti saya.
Anak dan bayi juga mengalami, khususnya anak dan bayi saya.

That ways, saya selalu merasa butuh mencari tahu
cara menghilangkan bekas luka pada bayi.



Si baby Adean aka adek Dayyan, terlahir dengan kondisi sama kayak saya.
Kukunya yang entah kebanyakan kalsium atau gimana, ampun deh keras banget.

Persis banget dengan kuku maminya.
Sudah keras, cepat pula pertumbuhannya.
Hari ini dipotong kukunya, eh besok sudah mulai tumbuh dan sakit jika dibuat menggaruk kulit tubuh.

Karena keadaan kuku yang keras seperti itu, kebayang gak sih sejak newborn, si bayi ini penuh luka cakaran kukunya di wajahnya.

Sering terjadi, jika saya tinggalin dia tidur sendirian di kamar karena hendak mengerjakan hal lain, tiba-tiba si bayi nangis kejer.
Segera saya lari melihatnya, dan benar saja dugaan saya.
Wajahnya kegores kukunya lagi, hiks.

cara menghilangkan bekas luka pada bayi
Tangan imut dengan kuku yang keras dan tajam



Sudah gitu, saking kukunya keras, goresan cakarannya gak kayak bayi kebanyakan, tapi berdarah-darah gitu. Terlebih lagi ditambah keadaan kulit si bayi yang memang sensitif.
Kena debu dikit, gatal.
Kena keringat juga gatal.

Langsung deh dia garuk-garuk sampai luka lagi, huhuhu.
Dan sebagian meninggalan bekas luka yang menyedihkan di kulit si bayi.

Seiring waktu, si bayi tumbuh menjadi toddler, dan makin aktif explore ke sana ke mari.
Tentu saja dengan kondisi kulitnya yang sensitif, terkena debu dan keringat, lalu kulitnya gatal dan aktifitas menggaruk jadi lebih sering.

Kukunya pun tumbuh lebih keras lagi, dan sudah pasti, bekas luka jadi semakin banyak.
Sedih rasanya.

Bukan hanya karena kukunya yang tidak sengaja sering tergaruk sendiri, kulit sensitifnya juga amat sangat bereaksi terhadap hal-hal kecil seperti gigitan nyamuk.
Dan sudah dipastikan, karena gigitan nyamuk tersebut, kulit si bayi jadi terlihat menghitam dan sulit hilang.

Menurut pak suami, semua itu nggak masalah, mengingat si bayi adalah anak lelaki.
Namun, tetap saja saya sedih melihat kulitnya yang masih bayi tapi sudah coreng moreng bekas luka di mana-mana.

bekas luka
bekas garuk di tangan mungilnya

Dan, tentu saja saya tak mau tinggal diam, dan mencari cara menghilangkan bekas luka pada bayi.


Cara Menghilangkan Bekas Luka Pada Bayi


Menurut informasi dari sana sini, ada beberapa cara menghilangkan bekas luka pada bayi, yaitu :


1. Dengan bahan alami


Alam, selalu menawarkan banyak keuntungan bagi manusia, selain sebagai makanan, juga untuk perawatan kulit.

Tidak heran, banyak orang dewasa yang memilih bahan-bahan alami untuk perawatan kulitnya, baik kulit tubuh maupun wajah.


Bukan hanya merawat kulit dari dalam, dengan cara di konsumsi langsung, tapi juga merawat kulit bagian luar, dengan cara dioleskan langsung pada kulit.

Bukan hanya orang dewasa, ternyata kulit bayipun bisa dirawat dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti : minyak kelapa, lidah buaya, madu, kencur, minyak zaitun dan sebagainya.

Namun sayang, cara menghilangkan bekas luka pada bayi dengan bahan alami, terkesan lumayan merepotkan, setidaknya untuk saya yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga, yang mengurus segala sesuatunya seorang diri.

Karena bahannya kurang praktis, terkadang saya lupa atau bahkan jadi malas mengoleskannya pada bekas luka bayi.

Dan saya butuh produk yang lebih praktis, aman dan cocok untuk kulit si bayi.


2. Dengan skincare atau krim pemudar bekas luka


Berbicara mengenai kepraktisan dalam merawat bekas luka pada kulit si bayi, saya jadi teringat oleh berbagai skincare atau salep khusus bayi yang banyak beredar di pasaran.

Namun sayang, tidak semua produk bisa menghilangkan bekas luka pada bayi.
Saya sempat mencoba beberapa produk, yang tidak terlalu berpengaruh dengan signifikan pada bekas luka di kulit si bayi.

Sampai akhirnya, suatu hari secara tidak sengaja saya melihat postingan instagram rekan blogger yang menceritakan, sebuah produk yang katanya amat sangat cocok untuk memudarkan bekas luka di kulit anaknya, yang begitu aktif hingga sering luka kecil dan meninggalkan bekas luka yang tak kunjung menghilang.

Produk tersebut adalah LADERMA Scar Repair Cream.

laderma harga

Tidak menunggu lebih lama, saya akhirnya memutuskan mencoba sendiri Laderma Scar Repair Cream ini, dan mengoleskan pada bekas luka si bayi.


Review LADERMA, Solusi Alami dan Aman Pudarkan Bekas Luka si Kecil



Apa Itu LADERMA ?


LADERMA adalah  krim pemudar bekas luka yang juga mampu menghilangkan rasa gatal. Formulanya terbuat dari bahan aktif alami, sehingga aman digunakan oleh bayi dan anak.

laderma

Dengan kandungannya, saya yakin Laderma adalah suatu solusi tepat dari cara menghilangkan bekas luka pada bayi.


Keunggulan LADERMA


laderma

Sebagai krim pemudar luka terbaik, LADERMA mempunyai beberapa keunggulan, seperti :


  • Formula yang sudah teruji klinis oleh spesialis luka di Eropa.
  • Di formulasi menggunakan 100% Aruba Aloe Vera segar.
  • Terbuat dari bahan aktif alami & aman.
  • Bebas pewangi, bebas silicon, sehingga aman buat kulit bayi yang sensitif.
  • Tidak mengiritasi kulit.
  • Aman digunakan oleh bayi dan anak, karena mengandung bahan alami.
  • Tidak mengandung pemutih.
  • Dan dapat meredakan gatal pada bekas luka dan gigitan nyamuk.



Kandungan LADERMA


Kandungan LADERMA, diperkaya oleh bahan natural active ingredients, seperti:

laderma
Teksturnya berbentuk cream lunak


  • Aruba Aloe Vera, yaitu lidah buaya terbaik yang berasal dari Aruba.
Aruba aloe vera ini bermanfaat untuk, mengurangi iritasi pada kulit, membuang sel kulit mati dan melindungi sel kulit baru serta meningkatkan produksi kolagen yang mempercepat penyembuhan kulit.
  • Jojoba Oil, yaitu cairan yang diproduksi dalam biji tanaman Simmondsia chinensis, semak, yang berasal dari Arizona selatan, California selatan, dan barat laut Meksiko.

Jojoba oil merupakan minyak yang mudah diserap kulit dan mempunyai efek untuk meredakan, melembabkan dan memperbaiki kerusakan pada jaringan kulit.

  • Vitamin C dan Vitamin E,  yaitu berfungsi sebagai anti oksidan yang melindungi jaringan kulit, memperbaiki kulit yang rusak dan meningkatkan produksi kolagen yang mempercepat penyembuhan luka.



Kegunaan Dan Cara Kerja LADERMA


LADERMA sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis bekas luka pada bayi, seperti :

  • Bekas cakaran.
  • Bekas luka karena alergi.
  • Bekas cacar.
  • Bekas gigitan nyamuk.
Adapun cara kerja LADERMA dengan bekerja pada permukaan kulit, sekaligus memperbaiki kerusakan kulit dari dalam. 

bekas luka
Mudah dioleskan


Juga diformulasikan dengan terobosan teknologi Active Triple Repair, LADERMA efektif memudarkan bekas luka dalam 3 langkah, yaitu :

1. Melembabkan yaitu dengan efek melembabkan yang instan setelah pemakaian.

2. Melindungi yaitu melindungi kulit dari iritasi, gatal, kemerahan dan timbulnya keloid.



3. Memudarkan yaitu memperbaiki jaringan kulit dan memudarkan bekas luka.





Cara Pakai LADERMA



Adapun cara pemakaian LADERMA sangatlah mudah, yaitu :

  • Oleskan tipis-tipis dan merata pada bekas area bekas luka bayi.
  • Gunakan secara teratur, 3 kali sehari selama 8 minggu agar bekas luka hilang atau pudar.
  • Hindari pemakaian pada luka terbuka.


Pengalaman Dan Cara Menghilangkan Bekas Luka Pada Bayi Dengan Menggunakan LADERMA


Tanpa menunda-nunda lagi, segera saya oleskan LADERMA pada bekas luka si bayi.
Dan ajaib, perlahan namun pasti bekas luka mulai memudar dengan cepat.

Bukan hanya bekas luka yang memudar, si bayi jadi jarang menggaruk-garuk lagi karena sepertinya rasa gatalnya juga bisa diredakan dengan mengoleskan LADERMA tersebut.

laderma
Pemakaian pada bekas luka garukan si bayi

Bukan hanya bekas luka si bayi, saya juga menggunakannya pada bekas luka si kakak, dan bekas luka saya juga.
Secara, serupa dengan si bayi, kadang saya juga sering nggak sadar menggaruk saat tidur dengan kuku saya yang keras, dan akhirnya kulit jadi luka dan berbekas.

Pokoknya, love banget deh sama LADERMA.
Bikin kulit si bayi jadi mulus karena bekas lukanya jadi memudar hingga tak berbekas.

Dan tentu saja saya sangat merekomendasikan LADERMA sebagai satu cara menghilangkan bekas luka pada bayi.


LADERMA Beli Di Mana ?


LADERMA Scar Repair Cream bisa dibeli di beberapa apotik modern, seperti Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, serta beberapa babyshop terdekat. 

Keterangan lebih lanjut, kunjungi :
Instagram : @ladermaindonesia
Facebook   : Laderma Indonesia
#LadermaPemudarBekasLuka

laderma harga

Demikianlah cara menghilangkan bekas luka pada bayi ala saya.
Kalau teman-teman? ada yang pernah pakai LADERMA?
Share yuk :)


Semoga bermanfaat

Sidoarjo, 19 Juni 2019

Wassalam

Reyne Raea

84 comments:

  1. KUlit bayi rentan ya berbekas karena gigitan nyamuk atau garukan diri sendiri. Untung deh kalau ada cream yang bis amenghilangkan bekas luka, jadi kulitnya bisa mulus lagi. Laderma bisa dipakai buat dewasa juga ternyata ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sepertinya saya harus pakai ni 😀

      Delete
    2. @Lidya : bener banget mba :)

      @Kuanyu : Eh bisa loh, serius :D

      Delete
  2. Bunda rey memang oke banget dah sama kesehatan kulit bayi,..mantap

    ReplyDelete
  3. Wah beneran nih bisa hilangkan bekas luka gitu ya? Anak saya banyak bekas digigit nyamuk. Bentol hitam gitu. Semoga bisa hilang juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas banget tuh teh, Laderma bisa banget menghilangkan bekas gigitan nyamuk :)

      Delete
  4. kasihan juga ya kak kalau si kecil terluka, dan ada bekas nya lagi, jadi perlu cepet2 diilangin deh biar nggak membekas terus ya luka masa lalu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kalau bekas luka pakai laderma, kalau luka hati masa lalu gak tahu deh pakai apa hahahah

      Delete
  5. ini menjadi pelajaran berharga kalau aku sudah punya bayi , tapi calon ibunya belum ada pusing nyari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spontan ngakak baca komen lucu ini. Menghibur banget. Semoga bisa dipertemukan dengan jodoh yang baik. Aamiin.

      Delete
    2. makasih bu bikin orang ngakak dapat pahala kan

      Delete
    3. hahaha, ibunya lagi oteweee :D

      Delete
  6. Mengaruk adalah gerak refleks ketika ada sesuatu yg terasa gatal. Tapi karena kukunya tajam jadinya gampang luka yah mbak, untung mamak Rey selalu sedia obatnya....😆😃👍👍👍.

    Tapi...Obatnya cocok ngak yah , buat obatin luka hati...?✌😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok banget, ha ha. Kalau luka harinya digaruk di bagian kulit pasti akan meninggalkan bekas, jadi daripada kegatalan lama saking lukanya tuh hati, mending olesin Laderma saja biar tambah laris manis da Kang Nata borong, Ha ha.

      Delete
    2. #KangNata : eaaa...eaaa... cobain aja deh kang, kali aja luka hati cepat sembuh dan move on muahahahahhaah *kabooorrr

      #MbaRohyati : hahaha kang Nata mau borong buat cepat move on :D

      Delete
  7. Ampuh nih Laderma bisa bikin berenti kukur2 ya, Mbak. Soalnya kalau si kecil udah kerasa gatal, pasti dikukuuur teruuss. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, selain menghilangkan bekas luka pada bayi, juga bisa meredakan gatal pada bayi mba :)

      Delete
  8. Syukurlah ya ada Laderma, jadi kan gatalnya di kulit adek jadi sembuh. Bahkan bisa juga menghilangkan bekas lukanya.

    ReplyDelete
  9. pantesan si dedek kulitnya mulus ya mba rey. ternyata rahasia nya pakai laderma. anak ku juga gitu tuh mba, mukanya sering kena cakar dari kukunya sendiri, jidatnya bekas luka kejedot atau nyusruk dijalan, tangannya ada gigitan nyamuk. hfftt..

    makasih sharingnyaa.. ku juga harus nyoba nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, gak mulus-mulus banget sih, cuman mamaknya pengen kulit anaknya juga mulus hahahahah

      Delete
  10. Palung kala bayi juga kukunya cepat panjang, sepekan bisa beberapa kali mesti dipotong soalnya kalau dibiarkan akan gak sengaja melukai wajahnya. Gerak refleks karena gatal akibat gigitan nyamuk atau biang keringat atau kena debu bisa bikin bayi menggaruk sembarangan dan akan meninggalkan bebas.
    Setelah besar kemampuan melindungi dirinya dari luka tidak membaik, maklum anak cowok biasa aktif. Beberapa kali terluka dan bekasnya juga tidak selalu mudah hilang. Sedih lihatnya. Yang bikin kesal adalah kala terluka Palung malah mengorek kulit barunya sampai berdarah. Bisa jadi gatal dan mencoba membuang kulit koreng yang sedang menutupi luka agar mengering. Saya abai bertanya apakah dia gatal bukannya memarahi karena membuat dirinya terluka lagi.
    Kayaknya kita para mom harus aktif berkomunikasi dengan anak, karena bisa jadi anak sulit asertif jika alami sesuatu dengan alasan takut dimarahi atau takut bikin cepas mamahnya.
    Sepertinya kita sebagai orang tua wajib menyediakan obat untuk mengatasi luka apalagi bekas luka. Laderma bisa membantu kita menyelesaikan masalah tanpa repot. Anak-anak adalah amanah yang harus dijaga dengan baik dan butuh perlindungan kala kecil karena mereka belum bisa sepenuhnya melindungi diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah emang ya anak-anak, bukan cuman anak cowok mba, anak cewek juga sering abai terhadap kulitnya, giliran udah remaja baru deh nyesal, dan mulai pakai ini itu buat hilangin bekasnya.

      Betul banget mba, anak-anak itu amanah, dan butuh perlindungan banget :)

      Delete
  11. Jadi inget dulu, pas anakku masih bayi dan balita. Amppuun deeh. Sering kegaruk-garuk kukunya sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kalau masih bayi banget pun pakai sarung tangan kadang kebuka sendiri ya :)

      Delete
  12. Boleh dipakai sejak usia berapa ini ya Mbak Rey? Anakku ada bekas cacar beberapa titik ni, mau nyobain krim krim masih takut takut....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak bayi bisa kok say, justru malah kalau masih bayi lebih cepat hilangnya.
      LAderma terbuat dari bahan alami, jadi insha Allah aman buat kulit bayi :)

      Delete
  13. Wah ada Laderma ya sekarang, yang bisa memudarkan bekas luka. Andai dari dulu ada ya, bisa kukasi buat Audiku. Sayangnya dulu susah benar cari cream penghilang bekas luka, apalagi kan anak laki-laki sering jatuh wah sampe sekarang di kaki anakku masi tampak bekas luka yang dia dapat waktu kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, cocok banget buat anak-anak yang sering banget jatuh saking aktifnya :)

      Delete
  14. Wah Laderma harus ada di kotak obat nih. Soalnya anak2ku pada aktif semua. Kadang ada aja yg bikin heboh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, sahabat mamak-mamak banget ya Laderma :)

      Delete
  15. Sama kayak ponakanku kalau sudah garuk-garuk habis luka dan berdarah jadi banyak kudis gitu. Aku mau rekomendasikan Laderma ini ke keponakan ku juga mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAsalah anak-anak banget ya, suka garuk-garuk :)

      Delete
  16. Wah bagus nih..mumpung masih bayi masih dgn mudah ilang ya bekas lukanya..klo dewasa an dikit aja sdh sdh agak susah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kasian juga kan kalau dia udah gede banyak bekas lukanya :)

      Delete
  17. Nah ini penting banget, balita apalagi bayi memerlukan penangan khusus.

    ReplyDelete
  18. Aku juga sedia Ladema nih di rumah apalagi anakku banyak bekas lukanya, karena sering pecicilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa, anak aktif emang berlaku pada semua anak ya mba, untungnya ada Laderma :)

      Delete
  19. Laderma, oh jadi ini to yang bisa ngilangin bekas luka di bayi
    iya banget ini Mba, temenku kemarin cerita juga anaknya ke gores apa gitu pengen bisa ilangin aku rekomin ini aja kali ya

    ReplyDelete
  20. Laderma ini boleh dioleskan di area muka atau enggak ya Rey? Anakku tuh ada bekas luka tapi di wajah. Selama ini takut mau ngolesin apapun ke area wajah, kan sensitif ya kalau di muka muka gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mba, insha Allah aman kok, saya pakai buat bekas jerawat mba, dan Alhamdulillah gak iritasi, kalau di anak saya belum pernah di wajah sih, kebanyakan di badan kaki dan tangan :)

      Delete
  21. Wahh ada juga ya obat penghilang bekas luka buat anak, pastinya lebih aman ya mom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, buat orang dewasa juga lebih aman :)

      Delete
  22. Aku yang belum punya anak saja, kadang suka kasian sama anak kecil yang kulitnya penuh bekas luka atau gigitan nyamuk.

    Senang sekarang ada produk yang bisa diandalkan oleh para ibu2 untuk mengobati bekas luka di kulit anak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh bagus nih, ilmu tentang anak kecilnya udah banyak :)

      Delete
  23. Thank infonya yah mba.

    Www.bundaisty.com

    ReplyDelete
  24. untung sudah ada Laderma sehingga masalah sudah bisa teratasi, jadi adek sudah nggak rewel lagi ya mbak

    ReplyDelete
  25. suka sedih kalau liat anak kecil punya luka. kayaknya worth it ya ini...

    ReplyDelete
  26. saya pernah coba yang alami, yaitu dengan santan kelapa. Hasilnya nggak langsung terlihat sich. Prosesnya lama bisa pulihnya. Tapi hasilnya bagus, kulit jadi lebih halus dan bersih. Dan setelah anak besar bekas luka akan hilang sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh iya kah mba, belum pernah sih, cuman dulu kami waktu kecil suka dikasih minyak kelapa gitu hehehe.

      Delete
  27. Oo.. berarti kalo masih ada lukanya, belum bisa di oles ya mba. Musti tinggal bekasnya dulu.

    Soalnya si no 3 sering garuk2 trus jadi luka, kadang kalo udah mulai kering, berasa gatal, digaruk nya lagi.
    Makasih info nya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebaiknya jangan. mending tunggu kering, terus oleskan langsung laderma :)

      Delete
  28. Nggak dipakein sarung tangan Mak bayinya? Anakku juga suka nangis kejer gitu kalo gak dipakein sarung tangan. Wajahnya jadi merah merah bekas cakaran, padhal kukunya lemes. Kayaknya perlu nyediain laderma juga nie ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake mba, tapi sering banget kebuka sendiri, kayaknya dia nggak nyaman pakai sarung tangan.

      wah kalau anak saya nggak cuman merah mba, luka berdarah, kukunya keras banget.

      Jadinya kudu siapin laderma biar nggak berbekas gitu :)

      Delete
  29. Aku dah lama makai Laderma ini mbak. Di kotak P3K rumah selalu ada. DUlu beli pas suami abis operasi kecil di kakinya rus ngilangin bekas luka pakai laderma ini. Sekarag bisa buat kyk ngilangin luka anak2nya ya, selain bekas giitan nyamuk. Soalnya anaknya lasak suka jatuh2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh asyik nih, iya ya, ternyata ampuh banget nih Laderma dan femes banget :D

      Delete
  30. Ini aman berarti ya buat anak balita, aku stok deh nama nya anak kecil kadang kulit nya sensitif ya bekas gigitan nyamuk nya aga lama hilang

    ReplyDelete
  31. Bekas luka memang bisa mengurangi rasa percaya diri, apalagi pas luka itu di daerah yang memang terlihat ya, Mbak. Makanya bersyukur ada Lederma. Apalaginpas juga untuk anak-anak. Pas nih, Mbak jadi penghuni kotak obat plus kantung obat saya.

    ReplyDelete
  32. Wah kayaknya Laderma memang jadi jawaban para bunda untuk solusi pemudar luka nih...ngefek banget lagi lihat hasilnya setelah pemakaian pada baby Adean. Dah enggak perlu khawatir lagi karena Laderma bisa bikin pudar luka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mba, secaraaaa kasian juga kalau ada bekas luka :D

      Delete
  33. Aku belum perna liat langsung bentuknya si laderma ini sih mbaak . Selama ini pakai bahan bahan alami aja ngilangin bekas luka nya ya walaupun hasilnya agak lama juga memang . Coba nanti aku lihat lihat di tempat yg mbak sebutin td. Mau aku cobain ke anakku siapa tau hasilnya cepet kelihatan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, bisa juga sih bahan alami langsung, tapi lumayan ribet sih ya :D

      Delete
  34. wah bisa banget nih. anak cewekku ada bekas luka di jidat. dulu sampai dijahit. kayaknya kudu pakai laderma biar hilang dan dia jadii lebih cantik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh kasian nya, iya .. coba pakaikan Laderma mas, kasian anak cewek ada bekas di wajah

      Delete
  35. Wah info yang bermanfaat sekali bunda. Apa lagi anak anak sering terluka karna sedang masa pertumbuhan

    ReplyDelete
  36. Akupun juga pakai Laderma buat mudarin bekas luka anak. Trus aku jg pake buat jerawat dan adekku pake buat luka jatoh

    ReplyDelete
  37. Waalaikumsalam..
    Terima kasih atas ulasannya yang sangat lengkap.

    Oia kak, kalo mau cara menghilangkan luka pada hati bisa pakai Laderma kah? 😀😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhahahaha, kalau luka hati bisa pakai move on derma deh hahahaha

      Delete
  38. Kulit bayi sensitif bang3t, saya jg pakai ladermA kak

    ReplyDelete
  39. Laderma bisa menghilangkan bekas gigitan nyamuk gak mba? Soalnya tetangga banyak banget bekas luka gigitan nyamuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mba, ampuh malah karena cuman permukaan kulit aja yang bermasalah :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)