Viral Mie Gaga VS Indomie, The Power of Medsos Indomie Merugi 5T

viral-mie-gaga-vs-indomie

Viral Mie Gaga VS Indomie lagi berlangsung di mana-mana, sejak awalnya ramai dibicarakan di TikTok. Saya sempat melihat postingan sebuah akun berisi foto pemilik Mie Gaga, Djajadi Djaja yang berbicara dengan memakai kecanggihan AI.

Di postingan itu, seolah menceritakan bagaimana 'curangnya' pemilik Indomie sekarang, yang menyingkirkan penemu Indomie sebenarnya, Pak Djajadi Djaja. 

You know lah medsos TikTok khususnya, paling suka cerita-cerita kayak drama gini, langsung ramailah postingan tersebut.

Berdampak banget pada keberadaan penjualan Indomie di mana-mana.

Awalnya juga saya melihat konten di mana beberapa orang menyadari, kalau keberadaan Mie Gaga di minimarket itu, letaknya selalu paling bawah.

Nggak heran sih, saya bahkan jarang menyadari keberadaan si Mie Gaga ini, dan baru menyadari juga, ternyata letak barang itu mempengaruhi penjualan juga.

Baca juga : Tentang Marketing yang Sukanya Bohong


Viral Mie Gaga VS Indomie dan Konsumen yang Berpaling Pada Mie Gaga

Dampak dari viralnya mie Gaga Vs Indomie ini memang terasa banget ya. Sejak masalah ini booming, ada banyak hal yang saya liat terjadi di keseharian.

viral-mie-gaga-vs-indomie
Source: beritasatu.com

Yang pertama, saya jadi pengen masak Mie Gaga dong, hahaha. Tapi masalahnya saya belum sempat ke minimarket. Kemaren keluar ke swalayan, tapi kayaknya tuh swalayan punya jaringan kerjasama spesial dengan Indomie. Jadinya nggak nemu mie Gaga sama sekali, atau memang habis kali ya?.

Emang sih, dari beberapa info beredar yang saya baca, beberapa orang mengeluhkan kesulitan mendapatkan mie Gaga ini di mana-mana.

Hal ini berbanding terbaik dengan keberadaan Indomie, di mana biasanya konsumen seringnya kehabisan varian Indomie, khususnya mie gorengnya.

Kemarin ketika saya ke swalayan, malah Indomienya penuh semua, seolah nggak kesentuh konsumen sama sekali.

Tauk deh, apakah konsumen berpaling ke Mie Gaga karena emang marah ke pemilik Indomie yang sesuai narasi yang beredar katanya 'mencuri' produk ide dari rekan bisnisnya.

Atau memang hanya sebatas penasaran aja dengan rasa Mie Gaga?, kayak saya, hehehe.  

Yang jelas, di beberapa media online dijelaskan, bahwa dampak dari viralnya Mie Gaga VS Indomie ini, bikin bos Indomie merugi hingga 5T.

Dijelaskan, hal ini berkaitan dengan merosotnya harga saham produsen Indomie, yaitu PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Baca juga : Ide Jualan Makanan Online Modal Kecil dan Laris


Viral Mie Gaga VS Indomie adalah The Power of Medsos

Saya bukan praktisi bisnis dan marketing sih ya, tapi satu lagi hal yang mengemukakan betapa besarnya pengaruh media sosial di zaman sekarang.

Para massa di dunia maya, tidak terbendung ketik merespon sebuah hal yang viral. Apalagi, jika hal yang viral itu, disajikan dalam bentuk cerita drama yang menyedihkan.

Dijamin bakalan viral dengan cepat, dan meng-influnce siapa saja dalam memutuskan sesuatu.

Meskipun, kita, eh setidaknya saya, belum tahu pasti, sampai kapan hal ini berdampak. Karena tentunya pihak Indomie tidak akan tinggal diam, mereka akan mengeluarkan beberapa trik untuk merebut perhatian konsumen lagi.

Apalagi, ketenaran dan memori rasa dari Indomie ini memang sudah sulit kita lupakan ya. Saya sendiri, juga nggak yakin akan berpindah dan melupakan Indomie goreng dan indomie kuah rasa kaldu ayam, hahaha.

Meskipun sebenarnya, lebih enak supermie ayam bawang ya?. Tapi kok nyatanya, sulit untuk bisa berpaling dari Indomie.

Atau bisa juga karena saya terlalu lama aktif dan memperhatikan pola dari medsos kali ya. Jadi, saya nggak mudah terbawa arus untuk hal-hal yang cuman viral, kecuali hanya penasaran aja.

Baca juga : Network Marketing yang Mengganggu Hati


How about you, Temans?


Surabaya, 04 September 2023 

3 komentar :

  1. hahahaha aku juga mikir sama mbak, misal meskipun mie kuah brand lain agak enakan dikit dari brand Indomie, tapi dihatiku tetep indomie nomer 1 hahaha
    dari aku kecil dulu, pas SD sih tepatnya, keinget betul momen ngirim bungkus kosong indomie kuah buat undian, anak SD macam aku kerjaannya ikutan undian yang dikirim ke alamat PO BOX gitu, zaman dulu kan hits banget

    Mie Gaga ini jujurly adalah mie yang cukup sering aku beli waktu jadi anak kos dulu, memang rasanya beda dari brand Indomie, tapi buat anak kos harga mie gaga waktu itu termasuk murah dan rasanya juga enak, aku lupa varian apa yang aku beli, seingetku kayak mie goreng.

    Nahh trus mie gaga kayak nggak ada pamornya lagi, malah aku kira udah bangkrut, soalnya ga pernah nemuin gitu.
    Ehhh ternyata masih ada

    BalasHapus
  2. Untung saham ICBP dan INDF udh aku jual 😂😂. Baru tau malah turun sahamnya.

    Jujur ga denger berita viral ini. Soalnya aku lagi detoks FB dan IG. Tiktok memang ga pake. Tapi biasa kan pasti nyempil juga di IG berita gini.

    Tapi tanpa berita gini, aku ttp ga suka mie Gaga sih Rey 😅. Asyiiin hahahaha. Pedesnya juga ga seberapa 😁. Buatku yg suka banget pedes, itu blm ada apa2nya sih. Makanya males aja pas udh sekali coba, dan ga sesuai lidah. Baliknya ttp ke Indomie 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, ICBP ini merah mulu beberapa hari berturut-turut, keknya juga penjualannya sedang buruk, makanya berdampak ke saham :D

      Nah iyaa, soalnya Indomie goreng biasa itu rasanya nggak neko-neko, pas aja rasanya.

      Bahkan yang rasa lainnya, nggak ada yang seenak indomie goreng, sementara si Gaga ini saya liat ada beberapa varian yang aneh-aneh keknya

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)