Kursus Manajemen Bisnis untuk Manajemen Staff yang Efektif

kursus-manajemen-bisnis

Kursus manajemen bisnis itu penting, khususnya untuk manajemen staff agar lebih efektif dalam memajukan sebuah perusahaan.

Karena staff merupakan ujung tombak, atau mesin penggerak utama bagi sebuah perusahaan. Bayangkan jika mesin tersebut rusak atau berkualitas rendah, maka tentu saja kemajuan perusahaan akan tersendat, dan sulit untuk bersaing di dunia globalisasi seperti sekarang.


Apa itu Staff dan Manfaatnya Bagi Kemajuan usaha

Staff biasa juga disebut karyawan, adalah sebutan untuk orang-orang yang bekerja untuk sebuah organisasi, perusahaan, atau institusi. 

Staff bisa bekerja di berbagai posisi dan departemen, seperti keuangan, pemasaran, produksi, sumber daya manusia, IT, dan lain sebagainya. Dan biasanya memiliki tugas dan tanggung jawab yang spesifik, tergantung pada posisi dan departemen tempat mereka bekerja. 

Mereka juga dapat memiliki tingkat tanggung jawab yang berbeda-beda, tergantung pada level posisi mereka di dalam organisasi. 

Pada umumnya, staff atau karyawan merupakan salah satu sumber daya manusia yang sangat penting bagi kemajuan dan kesuksesan suatu perusahaan atau organisasi.

Baca juga : Selagi Muda dan Bebas, Jadilah Karyawan Swasta


Maksimalkan Potensial Staff Dengan Manajemen yang Efektif

Karena pentingnya kedudukan staff dalam kemajuan perusahaan, maka sangat penting juga untuk memastikan bahwa potensial staff untuk lebih bekerja dengan maksimal dalam manajemen yang efektif.

kursus-manajemen-bisnis

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan potensial staff dengan manajemen perusahaan yang efektif, di antaranya:


1. Adanya kepemimpinan yang baik

Staff yang bekerja di bawah kepemimpinan yang baik, dapat membantu meningkatkan motivasi dan kinerja mereka. Adapun kepemimpinan yang baik adalah, pemimpin yang selalu menjadi sumber inspiratif, dapat membimbing, serta memberikan arahan yang jelas kepada para staff. 

Kepemimpinan yang baik juga dapat membantu membangun kepercayaan dan rasa saling pengertian antara manajemen dan karyawan. Sehingga terbentuk sinergi yang positif antara keduanya.

Baca juga : Memimpin Seperti Leader atau Boss


2. Memberikan feedback dan evaluasi

Dengan adanya feedback  dan memberikan evaluasi secara berkala dan konsisten, maka tepara staff atau karyawan akan termotivasi untuk selalu melakukan dan memberika kinerja mereka yang terbaik. Hal ini juga bisa membantu karyawan untuk memperbaiki kinerja serta kesalahan yang dilakukan.


3. Memberikan fasilitas kolaborasi

Dengan adanya kolaborasi antara staff, maka dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja tim. Kolaborasi juga memungkinkan staff untuk bekerja bersama dalam mencapai tujuan yang sama. 

Adapun fasilitasi kolaborasi tersebut, dapat dilakukan dengan mengadakan rapat tim secara teratur. Termsuk juga membangun budaya kerja yang kolaboratif, dan memberikan dukungan dan sumber daya yang dibutuhkan oleh tim.


4. Memberikan tantangan dan tanggung jawab yang sesuai

Dalam memberikan sebuah tantangan maupun tanggung jawab, harusnya sesuai dengan kemampuan staff. Dengan cara ini bisa membantu meningkatkan motivasi dan kinerja mereka. Tantangan dan tanggung jawab yang sesuai dapat membantu staff untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka, serta memberikan kesempatan untuk berkembang di masa depan.


5. Adanya reward dan penghargaan

Reward dan penghargaan selalu bisa menjadi sebuah motivasi tambahan bagi staff untuk bekerja lebih keras dan melakukan yang terbaik. Reward dan penghargaan tidak selalu harus berupa bonus atau kenaikan gaji, tetapi juga dapat berupa bentuk pengakuan dan apresiasi dari manajemen.

Baca juga : Berani Memikirkan Hari Tua Nanti


6. Memberikan pelatihan dan pengembangan diri

Adanya pelatihan dan pengembangan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan staff. Pelatihan dapat membantu karyawan untuk menjadi lebih produktif dan efektif dalam pekerjaannya. 

Pengembangan juga membantu staff untuk berkembang dan mempersiapkan diri untuk posisi yang lebih tinggi di masa depan.

Di masa sekarang, memberikan pelatihan kepada para staff itu mudah, bisa dengan melalui portal pembelajaran online, seperti kursus manajemen bisnis di GreatNusa.


Kursus Manajemen Bisnis untuk Manajemen Staff yang Efektif di GreatNusa

GreatNusa adalah sebuah portal pembelajaran online dengan visi mencetak pemimpin masa depan Indonesia yang berani menjadi pribadi hebat dengan materi pembelajaran berkualitas. 

kursus-manajemen-bisnis

Dengan akses pembelajaran dengan mudah dan bisa dilakukan dari mana saja, kapan saja. Tersedia dalam bentuk kursus gratis maupun kursus berbayar melalui website dan aplikasi GreatNusa. 

Komitmen pentingnya adalah membentuk karakter yang HEBAT melalui nilai-nilai perusahaan, yaitu: Harmonis, Ekselen, Berani, Amanah, dan Tangguh.

Ada beberapa keunggulan GreatNusa yaitu: 

  • Topik Relevan & Berkualitas, yaitu peserta bisa meningkatkan skill melalui kursus praktis yang relevan dan berkualitas dari para praktisi dan akademisi dari institusi pendidikan terkemuka.
  • Pembelajaran Fleksibel & Adaptif, yaitu peserta bisa belajar kapanpun, dan di manapun serta mengakses ratusan sesuai dengan kebutuhannya.
  • Kolaborasi, yaitu pembelajar dapat berkolaborasi dengan komunitas pembelajar & berbagai mitra yang berkolaborasi.

Di GreatNusa, ada banyak kursus yang bisa diikuti, mulai dari kategori bisnis, teknologi, marketing dan masih banyak lagi. Ada juga kursus manajemen bisnis yang bisa terdiri dari berbagai jenis pembelajaran atau kursus untuk meningkatkan kinerja staff secara efektif. 

Baca juga : Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023


Kesimpulan dan penutup

Staff atau karyawan merupakan faktor terpenting bagi kemajuan perusahaan. Karenanya penting untuk selalu bisa memaksimalkan potensi mereka, dengan beberapa cara seperti : memberikan kepemimpinan yang baik, adanya feedback dan evaluasi, memberikan fasilitas untuk berkolaborasi, adanya tantangan dan tanggung jawab yang sesuai, adanya reward dan penghargaan dan juga memberikan pelatihan dan pengembangan diri.

Untuk pelatihan dan pengembangan diri, bisa dengan memberikan kursus manajemen bisnis melalui portal pembelajaran online berkualitas seperti GreatNusa.


Surabaya, 05 September 2023

Sumber: 

  • https://greatnusa.com/  diakses September 2023
  • https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/8317/TIPS-MENGELOLA-SUMBER-DAYA-MANUSIA-YANG-EFEKTIF.html  diakses September 2023

Gambar : https://greatnusa.com/ 

Demikian artikel tentang kursus manajemen bisnis untuk manajemen staff yang efektif, semoga bermanfaat.

15 komentar :

  1. Yes setuju staf dan karyawan adalah garda terdepan dari sebuah perusahaan. Evaluasi sangat penting agar kinerja lebih maksimal

    BalasHapus
  2. Membangun SDM seperti membangun masa depan perusahan yang nantinya akan terlihat SDM yang profesional sesuai tuntutan jaman. Untuk itulah pentingnya ikutan kursus manajemen bisnis

    BalasHapus
  3. Ada 6 point yang harus diingat dalam membangun potensial staff dan management. karena dengan disiplin SDM akan membangun masa depan sebuah perusahaan dengan tertata

    BalasHapus
  4. para staf pada sebuah perusahaan merupakan ujung tombak kemajuan perusahaan juga ya, Mbak. Makanya kenyamanan bekerja staf juga harus diperhatikan, termasuk pengembangan potensi diri para staf, lewat pelatihan dan pengembangan diri. nanti juga akan bekal untuk mendukug perusahaan untuk lebih maju dan berkembang lagi.

    BalasHapus
  5. Pernah punya UMKM, saya paham banget pentingnya leadership dan mengelola karyawan dengan banyak karakter dan latar belakang
    Bagus banget GreatNusa menyelenggarakan kursus manajemen bisnis karena managerial itu gak mudah

    BalasHapus
  6. meningkatkan skill di bidang manajemen ini memang diperlukan, apalagi keilmuan ini bermanfaat tatkala bekerja maupun memiliki bisnis ya Kak.

    BalasHapus
  7. Memberikan para staff kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri, tentunya akan memberikan efek positif bagi perusahaan. SDM semakin membaik, manajemen makin mapan dan produktivitas kerja pun seharusnya meningkat. Dari pengalaman saya selama jadi Mbak2 kantoran, pelatihan juga mendukung staff untuk meraih jenjang posisi yang lebih tinggi, punya kemampuan bersaing yang baik dan kuat, plus penguasaan manajemen dengan lebih mumpuni lagi.

    BalasHapus
  8. Penting banget bagi karyawan untuk meningkatkan skill di bidang management. Tambah skill kesempatan untuk meningkatkan karirpun juga terbuka ya
    Salam:Dennise Sihombing

    BalasHapus
  9. Peran para staff managemen ini cukup vital ya kak... Merekalah yang menggerakkan roda organisasi perusahaan. Skil yang mumpuni tentang manajemen sangat diperlukan. JAdi perlu banget ikutan kursus manajemen bisnis.... Yuk segera daftar

    BalasHapus
  10. Sekarang jadi lebih praktis ya karena udah pakai internet kita jadi bisa belajar semuanya hanya dari rumah aja, tinggal pilih kelas. GreatNusa ini juga ada kelas gratis yang bisa kita ikutin loh.

    BalasHapus
  11. Jadi bisa nambah skill ini ya kak, dah gitu belajar praktis lagi bisa lewat online jadi hemat waktu juga kan, jadi kepikiran deh, next mau ikutan juga

    BalasHapus
  12. Setuju banget untuk memberikan semangat bagi staff yang memiliki potensi untuk terus maju dan berkarya juga mendedikasikan ilmunya untuk kemajuan perusahaan, uda selayaknya mendapat reward dan pelatihan di Great Nusa. Jadi peningkatan skills sekaligus pengembangan diri.

    BalasHapus
  13. penting banget ini ikutan kursus manajemen bisnis untuk pengembangan SDM,apalay bisa dilakukan dengan mudah, bisa secara online yang berkualitas seperti GreatNusa, rekomen nih buat ponakan aku, thanks kak sharing nya

    BalasHapus
  14. Kalo bicara soal meningkatkan loyalitas dan produktifitas staff, panutanku itu suami 😄. Dia aku akuin atasan yg baiik banget buat teamnya. Pernah ada staff yg kebetulan aku juga kenal, (kalo di dunia banking, rata2 saling kenal walo beda bank. Karena kalo ada yg resign dan pindah ke bank lain, yg ngajakin biasanya orang yg sama) . Staff ini under suamiku. Dan orangnya cuma mau kerja sesuai JD (job desk) aja. Ga salah memang, tapi dia akan sulit untuk mencapai rating outstanding. Krn rekan2nya berusaha kerja exceed dari JD.

    Di situ suamiku kasih motivasi, kasih semangat, sampe akhirnya si staff ini tertantang untuk bisa unggul juga 😄. Salut sih, Krn ga gampang memotivasi bawahan. Aku sendiri dengan bawahan ku dulu, kalo emang ga mau kerja, ya sudah. Jgn nangis kalo dikejar Ama koleganya yg lain 😅

    Makanya aku belajar banyak juga dari Raka , bagaiman jadi atasan yg ga sekedar bos.

    Pelatihan juga penting sih yaa. Untungnya kalo di bank, rata2 ada sistem kursus online gratis yg bebas dipilih staff. Ada yg terkait banking, ada juga yg ga. Dulu aku sering ikutan. Itu juga termasuk dalam penilaian. Makin banyak kursus yg diambil, ya makin oke performance kita.

    Kalo perusahaannya ga menyediakan kursus online begitu, baru deh mending pakai great nusa ini kan. Toh yg namanya belajar, ga pernah sia2. Bisa meningkatkan knowledge dan skill pastinya.

    BalasHapus
  15. Wahh baru tau ada kursus manajemen di platform kursus online. Keren! Semoga dengan itu orang khususnya anak muda bisa mengasah kemampuan manajemen jadi lebih pro lagi.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)