Sinopsis Lengkap Mask Girl, Drakor Tentang Impian Terhalang Rupa

mask-girl-drama-korea

Mask Girl merupakan sebuah serial drama Korea yang tayang di Netflix di bulan Agustus 2023 lalu. Drakor yang menceritakan tentang seorang wanita dengan impian yang besar. Ingin menjadi seorang bintang, dan ingin dicintai semua orang, namun imipiannya terhalang oleh rupa wajahnya yang kata orang kurang cantik.

Karenanya si wanita tersebut memutuskan untuk mengenakan sebuah topeng dan sering live di sebuah aplikasi live streaming. Karena bakat tarian dan tubuhnya memang 'menjual', membuatnya jadi populer dan diidolakan banyak orang.

Awalnya saya liat potongan drama ini di TikTok, dan penasaran. Tapi ternyata saya lupa, dan akhirnya keingat kembali setelah membaca review drakor ini di blog teman blogger. Teringat kembalilah saya akan keinginan buat nontonnya.

Kirain tuh ya, Mask Girl ini adalah film Korea, eh nyatanya serial dong. Tapi udah kepalang pengen nonton, pas juga kemaren tuh saya lagi burn out, jadinya mengurung diri sambil maraton (banyakan skipnya juga sih, hihihi) nonton ini.

Baca juga : The Point Men, Kisah Nyata 23 warga Korea di Sandera Taliban


Sinopsis Lengkap Drama Korea Mask Girl 

Warning: spoiler allert banget nget!

Drama Mask Girl ini terdiri dari 7 serial, di mana masing-masing serial lebih menyorot ke POV satu karakter saja.


Mask Girl, Episode 1: Kim Mo-mi

Episode ini dimulai dengan memperlihatkan Kim Mo-mi di masa kecil yang menyukai tampil menari di panggung. Dia juga sangat menyukai sorak-sorai penonton yang mengelukannya.

Dia juga punya impian ketika dewasa nanti bisa menjadi seorang bintang, yang selalu menantikan sorak soorai penonton.

mask-girl-drama-korea

Sayangnya, semakin bertambah usia, dia mulai kecewa dengan wajahnya yang bisa dibilang jauh dari kategori cantik ala bintang Korea. Hal ini makin diperparah oleh ibunya yang selalu meremehkan impiannya, ditambah mengejek wajahnya.

Seiring waktu, Kim Mo-mi (Lee Han-Byeol) akhirnya tumbuh dewasa, memilih menjauh dan putus hubungan dengan ibunya. Lalu bekerja di sebuah perusahaan Asuransi (Daehan Insuranse) dan tinggal di sebuah apartemen seorang diri.

Mo-mi lalu jatuh cinta kepada kepala divisi di departemen tempatnya bekerja, sayangnya si atasan Park Gi-Hun (Daniel Choi) sudah menikah, dan malah selingkuh dengan salah satu rekan kerja di divisi tersebut yang memang punya wajah cantik dan sering dikatakan penggoda. 

Di sisi lain, impiannya tentang menjadi seorang bintang tidak pernah luntur, sehingga dia memutuskan untuk memakai topeng dan melakukan tarian secara live di sebuah aplikasi.

Mo-mi begitu senang dengan kegiatannya sebagai Mask Girl yang sering tampil menghibur para pengagumnya. Selain menari, dia juga sering mengajak para pengagumnya untuk ngobrol.

Termasuk curhat tentang kesehariannya, juga tentang momen di mana dia bisa pulang bareng si atasan yang dia sukai, meski hanya setengah jalan aja nebeng naik taksi.

Sayangnya, suatu hari dia memergoki atasannya, Park Gi-Hun selingkuh dengan salah satu rekannya yang cantik, Lee A-Reum (Park Jeong-Hwa). Mo-mi begitu depresi sehingga minum alkohol terlalu banyak dan tanpa sadar menari dengan bugil, sehingga akunnya ditangguhkan.

Merasa marah, Mo-mi akhirnya menyebarkan berita perselingkuhan atasannya tersebut dan membuat atasannya mengundurkan diri. Kenyataannya, dia malah menolong atasannya yang mabuk dan membawanya ke sebuah motel.

Sementara itu, karena akunnya masih ditangguhkan untuk melakukan live lagi, Mo-mi akhirnya memutuskan curhat dengan seorang pengagumnya, yang ternyata adalah salah satu teman kantornya.

Baca juga : Sinopsis Lengkap Missing 2023


Mask Girl, Episode 2: Ju Oh-nam

Episode kedua menceritakan kisah yang sama tapi dari POV Ju Oh-nam (Ahn Jae-Hong), yang merupakan secret admire Kim Mo-mi, dan merupakan teman kantor satu divisinya.

mask-girl-drama-korea
Ju Oh-Nam

Oh-nam sendiri merupakan seorang yang hidup dalam kesendirian, dikarenakan semasa kecilnya sering mendapatkan bully-an dari teman-temannya. Hal itu membuatnya berpikir, kalau dia harusnya 'tak terlihat' agar temannya tak perlu membully-nya. Dan karena itulah dia tumbuh dalam sisi intovert-nya, tak punya teman, hanya punya 'teman-teman' dalam fantasi sex yang beragam.

Diceritakan, bahwa Oh-nam sebenarnya tahu kalau Mask Girl adalah Kim Mo-mi, hal ini bermula dari tanpa sengaja melihat tanda tai lalat di kedua tangan Mo-mi serta cat kukunya, persis seperti tangan Mask Girl yang sering dia tonton setiap malamnya.

Sejak saat itu, dia jadi suka pada Mo-mi, dan diam-diam sering mencuri pandang. Sayang nggak berani ngomong, karena memang tak pernah suka berbicara dengan orang lain, apalagi wanita.

Suatu hari, Oh-nam mengetahui kalau Mask Girl menerima ajakan meet up dengan salah satu pengagumnya. Dia juga tahu kalau si pengagum hanya ingin menikmati tubuh Mo-mi, seketika Oh-nam sibuk mencari tempat pertemuan Mo-mi, hanya untuk menyelamatkannya dari lelaki hidung belang tersebut.

Sayang dia telat menemukannya, ketika bertemu Mo-mi sedang shock di sebuah kamar, karena tanpa sengaja membuat si pengagum tewas karena kepalanya terbentur.

Karena sangat mencintai Mask Girl, Oh-nam akhirnya memutuskan untuk membantunya membereskan mayat si lelaki dengan cara dimutilasi, dan potongan tubuhnya dibawa pulang ke apartemennya.

Sayang, setelahnya Mo-mi malah menghilang, dia resign dari kantornya, dan karenanya Oh-nam mencoba mencarinya ke alamat apartemennya. Suatu malam, dia mendapatkan notice kalau Mask Girl tampil kembali, namun sayang kali ini Mask Girl hanya ingin berpamitan saja.

Seketika Oh-nam mencarinya ke apartemennya, dan sampai di sana malah mencoba memperkosa Mo-mi. Sayang, setelahnya dia tewas dibunuh Mo-mi yang depresi karena merasa dia tak pernah bisa dicintai dengan tulus. 


Mask Girl, Episode 3: Kim Kyung-ja

Episode ketiga ini menceritakan tentang kelanjutan kisah Mask Girl dalam POV seorang Kim Kyung-ja (Yum Hye-Ran) yaitu ibu Ju Oh-nam.

mask-girl-drama-korea
Kim Kyung-ja

Diceritakan ibunya bertanya-tanya karena Oh-nam menghilang, dia akhirnya mengajak polisi untuk mendobrak kamar apartemen Oh-nam, dan pingsan menemukan kenyataan kalau di kamar mandi anaknya ada potongan tubuh manusia.

Namun berselang waktu, Kyung-ja lega karena setelah tes DNA diketahui potongan tubuh tersebut bukan milik anaknya.

Sampai suatu hari, dunianya runtuh setelah mengetahui kenyataan jenazah anaknya ditemukan. Rasa sedihnya berubah jadi amarah dan dendam tak terbendung. Dengan segala cara dia berusaha untuk menemukan dan membunuh Mask Girl yang oleh polisi dicurigai sebagai tersangka.

Dengan berbekalkan laptop milik Oh-nam, dan terpaksa Kyung-ja harus ikut kursus komputer, belajar memahami bahasa anak muda di medsos. Sehingga suatu hari dia bisa mengendus keberadaan Mask Girl di sebuah kota.

Ketika akhirnya berhasil menangkap Mask Girl, dan hampir membunuhnya. Wanita yang diduga Mask Girl itu mengungkapkan kalau dia bukan Mask Girl.

Baca juga : Sinopsis Lengkap Law Abiding Citizen


Mask Girl, Episode 4: Kim Chun-ae

Episode keempat ini sedikit melenceng dari cerita tokoh Mask Girl. Tapi fokus ke POV Kim Chun-ae (Han Jae-Y) yang di akhir menjadi sahabat baik Kim Mo-mi.

Chun-ae tumbuh menjadi gadis yang kurang percaya diri, karena mengetahui dimanfaatkan oleh seorang lelaki tampan, teman sekelasnya di SMA.

Hal itu membuatnya ingin balas dendam, dan melakukan operasi wajah, agar wajahnya lebih cantik.

Ketika dewasa, dia selalu mencari pekerjaan dengan gaji yang besar, dan membawanya kerja di sebuah klub malam, dan akhirnya bertemu dengan Kim Mo-mi yang sudah mengoperasi total wajahnya sehingga jadi lebih cantik (diperankan oleh Nana).

Mereka bersahabat baik, namun demi melindungi Mo-mi, Chun-ae mengarang cerita bahwa dia juga memusuhi Mo-mi.

Setelah Kyung-ja mempercayai semua ceritanya, dia langsung pulang dan memperingati Mo-mi untuk segera pergi sebelum ditemukan ibu Oh-nam yang ingin balas dendam.

Sementara itu, di apartemennya ada lelaki yang sempat memanfaatkannya ketika SMA, dan ternyata akhirnya sadar kalau Chun-ae yang merusak karirnya di dunia entertainment.

Seketika dia jadi bulan-bulanan lelaki tersebut, untungnya Mo-mi datang menyelamatkannya. Namun sayang akhirnya si lelaki tersebut tewas dibunuh keduanya. 

mask-girl-drama-korea

Dengan bekerja sama Mo-mi dan Chun-ae membawa mayat tersebut untuk dibuang ke danau. Sayangnya belum juga sempat mereka membuangnya, ibu Oh-nam datang dan akhirnya mereka terlibat perkelahian.

Kyung-ja akhirnya tewas, meskipun Mo-mi harus menerima kenyataan bahwa Chun-ae juga ikut tewas. Segera mayat Kyung-ja dimasukan ke mobilnya, dan ditenggelamkan di danau 

Di akhir episode diperlihatkan Kim Mo-mi akhirnya ditangkap polisi di tahun 2011.


Mask Girl, Episode 5: Kim Mi-mo

Episode kelima ini bercerita pada POV Kim Mi-mo (Shin Ye-Seo), yang merupakan anak perempuan Kim Mo-mi.

Diceritakan, sebelum menghilang, Mo-mi datang ke rumah ibunya dan memohon agar ibunya mau merawat anaknya sebentar. Nyatanya sejak ditinggalkan, tak pernah lagi Mo-mi datang menjenguk anaknya. 

Kim Mi-mo akhirnya tumbuh sebagai anak yang mendapatkan banyak ujian. Dia harus rela pindah sekolah berkali-kali, hanya karena tidak tahan dibully temannya yang mengejek dia sebagai anak pembunuh.

Sampai akhirnya dia pindah ke sekian kalinya, dan Mi-mo akhirnya mendapatkan seorang sahabat yang setia, Kim Ye-Chun (Kim Min-Seo).

Sayang, ternyata keberadaan Mi-mo yang sering mendapatkan kesulitan ini dikarenakan oleh seseorang. Dia adalah Kim Kyung-jayang ternyata belum tewas.


Mask Girl, Episode 6: Kim Mo-mi

Di episode ke-6 ini kembali diceritakan tentang keberadaan Kim Mo-mi di dalam penjara. Dia yang dijatuhi hukuman seumur hidup akhirnya haru menerima kehidupannya di penjara.

Karena kepopulerannya, dia juga diidolakan di dalam penjara. Bertahun-tahun akhirnya Mo-mi memotong rambutnya dan hadir dengan wajah baru (diperankan Ko Hyun-Jung).

Sampai suatu hari dia menerima sebuah surat yang ternyata isinya sebuah artikel yang membuatnya sadar kalau anaknya, Kim Mi-mo mengalami kesulitan dan berada dalam bahaya.

Sejak itu dia berusaha melarikan diri, namun gagal dan malah membuatnya diisolasi selama sebulan, dan selama itu dia ditemani oleh Alkitab.

mask-girl-drama-korea

Setelah lepas isolasi, Mo-mi jadi lebih religius, bahkan menawarkan diri untuk mendonorkan ginjalnya pada seorang napi yang berkuasa di situ.

Sayangnya, suatu hari dia bertemu kembali dengan ibunya Oh-nam yang sengaja datang ke penjara tersebut. Kyung-ja juga bercerita tentang rencananya ingin membunuh Mi-mo, agar Kim Mo-mi merasakan bagaimana sakitnya kehilangan anak.

Baca juga : Sinopsis Lengkap Plane 2023


Mask Girl, Episode 7: Kim Mo-mi dan Kim Mi-mo

Merupakan episode terakhir yang lumayan menegangkan, menceritakan pertemuan dari semua POV pemainnya.

Diceritakan bahwa Kim Mo-mi begitu gelisah karena terpikirkan anaknya yang akan dibunuh oleh Kyung-ja. Beruntung dia akhirnya bisa bebas ketika harus ke rumah sakit untuk mendonorkan ginjalnya.

Dengan membawa mobil orang dia berjalan mencari keberadaan sang anak. Sampai akhirnya dia bisa menghubungi nomor ibunya, Sim Young-Hee (Moon Sook) dan mendapatkan alamat Kyung-ja yang sedang bersama Mi-mo.

Sementara itu, di rumah sewaan yang terletak di tempat terpencil, Kyung-ja mulai menjalankan rencananya untuk membunuh Mi-mo, tak lupa juga didokumentasikan.

Tindakannya sedikit terhenti oleh polisi yang datang mengecek ke rumahnya berkat laporan nenek Mi-mo. Sayang polisi tidak menemukan jejak Mi-mo yang disembunyikan di sebuah lubang persembunyian.

Sampai akhirnya nenek Mi-mo dan Ye-Chun, sahabat Mi-mo datang. Terjadi perkelahian antara Kyung-ja dengan nenek Mi-mo, dan ketika hampir saja Kyung-ja membunuh si nenek, Mo-mi datang dan memukul kepala Kyung-ja hingga pingsan.

Nenek Mi-mo lalu meminta Mo-mi segera menyelamatkan Mi-mo, tanpa disadari ternyata Kyung-ja masih hidup, dan langsung membunuh nenek Mi-mo lalu datang untuk menyelesaikan dendamnya membunuh Mi-mo.

Terjadi perkelahian, yang diakhiri Mi-mo, Mo-mi dan Ye-Chun bisa keluar dari rumah tersebut. Polisi lalu datang mengepung rumah tersebut, dengan tujuan menangkap Mo-mi yang kabur dari penjara.

Sayang, ternyata Kyung-ja belum juga mati, dan mencoba menembak Mi-mo yang akhirnya mengenai Mo-mi yang sigap melindungi tubuh anaknya.

Kyung-ja pun tewas ditembak polisi, demikian juga Mo-mi yang mendapatkan luka tembak dari Kyung-ja.

Di akhir cerita, Mi-mo akhirnya harus hidup sendiri, dan kedua orang tua Ye-chun menjadi walinya sementara.

Mi-mo juga menemukan video lama ibunya ketika kecil, di mana ketika ditanya apa cita-citanya? Mo-mi kecil menjawab,

"Aku hanya ingin dicintai oleh semua orang"

Berat amat cita-citamu, Kim Mi-mo!



Kesimpulan dan Penutup Sinopsis Mask Girl

Sinopsis Mask Girl ini memang lumayan menarik sih buat disimak, ada banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan dari drakor ini.

mask-girl-drama-korea

Dan menariknya juga, drama ini tidak terlalu banyak episode-nya, jadi saya bisa nonton langsung selesai. 

Untuk review-nya saya tulis di post terpisah aja deh, biar nggak kepanjangan, hehehe.

Yang mau nonton, bisa cari aja di Netflix, bagus sih, tapi jangan nonton sama anak-anak, karena ada adegan dewasanya plus adegan berdarah-darah.


Surabaya, 10 September 2023

4 komentar :

  1. Aku termasuk cepet juga nonton ini, Krn memang bikin penasaran tiap eps. Baguuus, tapi ga puas Ama ending 🤣🤣🤣🤣. Pengennya tuh si nenek tau kalo itu cucunya, biar agak nyesel hahahahahha. Tapi malah mati sebelum tahu 😅

    Kereen sih jalan ceritanya, dan ga biasa juga. Semua pemeran juga aktingnya bagus.

    Bisa kebayang aja perasaan Mo mi harus dibully pas kecil hanya Krn muka jelek, padahal tariannya bagus 😵‍💫. Sedih memang, ntah bener atau ga budaya Korea seperti itu, merendahkan orang yg ga dianggab selevel mereka. Kalo semisal memang banyak yg begini, keras amat kalo hidup di sana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa, gemes banget, meskipun mencoba ngerti juga sih, sulit bagi seorang single mom menerima kenyataan, anaknya mati karena dibunuh.
      Tapi sebenarnya di Indonesia juga gitu, segala hal diliat dari wajah :(

      Hapus
  2. kirain dari judulnya, drama ini bergenre comedy, romantic gitu. Ternyata oh ternyata ada adegan mutilasinya. Ngeri juga ya jalan ceritanya mba
    misal ada di dunia nyata, udah pasti depresi poll wes mbak iki, mungkin sampe bundir juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iyaaa, ternyata agak serem juga main bunuh-bunuhan :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)