Cara Membuat Blog Pribadi untuk Menghasilkan Uang Ala Rey

cara-membuat-blog-pribadi

Cara membuat blog pribadi untuk menghasilkan uang merupakan hal yang paling sering jadi pertanyaan banyak orang.

Hal ini wajar sih ya. Di zaman digitalisasi kayak sekarang, semua orang berlomba-lomba untuk bisa memanfaatkan hal digital sebagai media untuk mendapatkan cuan.

Salah satunya adalah dunia blogger, atau menjadi seorang blogger pribadi.

Dengan merebaknya profesi penulis di blog yang di-branding-kan banyak orang, dengan salah satu kelebihannya yaitu bisa mendulang penghasilan. Tentu saja membuat banyak khalayak jadi tertarik untuk ikutan mencoba.

Sebagai seorang blogger pribadi juga, yang Alhamdulillah sudah menjalankan monetisasi blog sejak tahun 2018 silam. Saya pikir sudah bisa kali ya berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana sih step by step, saya membangun blog ini.

Tentu saja dengan beberapa blog saya lainnya.

Baca juga : Ternak Blog, Worth It nggak sih?

Anyway, untuk membuat blog pribadi yang dapat menghasilkan uang, ada beberapa tahapan atau step by step yang bisa Temans lakukan, yaitu:


Tahapan Persiapan Cara Membuat Blog Pribadi

Sebagai permulaan, saya sebut tahap ini sebagai persiapan. Di mana, pada tahapan ini, kita harus melakukan beberapa hal, seperti:

cara-membuat-blog-pribadi

1. Pilih topik yang ingin ditulis

Sebelum membuat blog, terlebih diperuntukan buat menghasilkan uang. Maka kita wajib menentukan tema blog tersebut.

Akan lebih baik, jika kita memilih tema yang disukai pembaca, karena jika ingin monetisasi blog, maka hal utama yang harus dilakukan adalah mengikuti kemauan pembaca.

Ye kan, bagaimana blog bisa menghasilkan uang, kalau tulisan kita nggak ada yang mau baca kan ye?

Tapi, beberapa Temans mungkin merasa kurang minat dengan topik yang sedang ramai. Dan apa yang kita minati justru sedikit pembacanya.

Tenang aja, kita bisa memulainya dengan membahas hal yang diminati banyak orang, berdasarkan opini dan pengalaman kita.

Kalau menulis pengalaman dan opini pribadi kan, saya rasa jauh lebih mudah ya?  

Baca juga : Menulis Pengalaman Pribadi atau Opini Seperti Blog Gitasav


2. Tentukan nama domain adalah cara membuat blog pribadi yang penting

Setelah menentukan tema, langkah berikutnya adalah menentukan nama domain. Ini penting juga loh, karena bakal bermanfaat sebagaimana tujuan kita.

Sebagai tips nih, kalau memang kita kurang memahami 1 tema khusus, akan lebih baik jika memakai domain blog dengan nama kita sendiri, atau nama branding kita.

Jadi blognya, bisa benar-benar me-representatifkan kita banget.

Tapi, jika memang kita lebih suka dan menguasai 1 tema secara khusus, akan lebih baik jika domainnya menunjukan tema tersebut.

Misal, tema tekno, maka domain dengan kata-kata tech atau tekno akan lebih baik.

Tips lainnya, kita bisa menggunakan domain dari keyword yang banyak dicari orang, selain dalam segi SEO lebih baik, pun juga biasanya lebih mudah dikenal orang.

Misal, apaitu.com, apaartinya.com dan semacamnya.


3. Pilih platform blog

Setelah menentukan nama domain, langkah berikutnya adalah memilih platform yang akan digunakan. Di zaman sekarang, kebanyakan blogger memakai platform blogging Blogspot / Blogger atau Wordpress.

Baca Juga : Langkah-Langkah Membuat Blog Sederhana di Blogspot

Kedua platform ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, di mana membangun blog di platform wordpress lebih mudah meningkatkan performa blog kita, ketimbang di blogspot.

Setidaknya itu sesuai pengalaman saya ya.

Namun, kekurangannya, untuk platform wordpress butuh sewa hosting sendiri. Berbeda dengan blogspot yang hostingnya mengikuti penyedianya.

Karenanya, biaya tahunan hosting dan domain wordpress, lebih mahal. 


Tahapan Utama Cara Membuat Blog Pribadi

Nah setelah melewati tahapan persiapan, lanjut deh ke tahapan utama. Yaitu, menulis konten. Para (who called) mastah mengatakan, tulislah konten yangberkualitas.

cara-membuat-blog-pribadi

Tapi menurut saya, menulislah saja dulu!

Nggak perlu membebani diri dengan kata-kata berkualitas. Toh yang namanya konten tulisan itu ya, masalah selera dan kebutuhan pembaca aja sih ya.

Mau tulisan kita (kita rasa) hebat dan berkualitas. Kalau tulisan itu kurang diminati dan disukai pembaca, ya percuma kan ye.

Sebaliknya, biar kata konten kita hanya kayak curhatan receh, tapi kalau related dengan kebutuhan banyak orang. Dijamin bakalan bermanfaat banget.

Baca juga : Menulis curhat biar lega

Dan saya punya pengalaman banget masalah ini. Ada salah satu tulisan di blog ini, tulisannya nggak panjang-panjang banget, cuman 500an kata kalau nggak salah (ye kan dibanding tulisan curhat saya lainnya, yang di atas 1000 kata, hehehe).

Pun juga saya tulis itu dulunya cuman kayak nulis diary aja, nggak pakai keyword sama sekali. Dan you know, artikel itu bisa mendulang banyak trafik buat blog ini dong!.

Jadi, menurut saya, yang penting konsisten aja dulu nulis. Nulisnya pun sesuaikan dengan ciri khas masing-masing. Jangan terlalu formal, karena zaman now itu, tulisan formal udah jutaan dong.

Yang paling penting adalah:

  • Menjaga kenyamanan mata pembaca : pakai font yang ramah di mata, warna font usahakan eye catching, kalau bisa sih background-nya terang, tulisannya gelap dengan ukuran yang pas.
  • Mengfasilitasi pembaca kurang doyan baca : dengan cara pakai sub tema dengan ukuran heading yang berbeda, biar ketika ada yang malas baca tulisan bertumpuk-tumpuk, mereka nggak langsung main kabur aja, tapi masih mau stay, meski cuman baca poin utamanya aja. Lumayan kan, hehehe.  

Nah, untuk tahapan utama ini, usahakan untuk lebih rajin dan konsisten menulisnya, sebisa mungkin sehari sekali deh. Mau menghasilkan uang dari blog dengan cepat kan ye?

Baca Juga :  Cara Cepat Menghasilkan Uang dari Blog Ala Rey


Tahapan Pelengkap Cara Membuat Blog Pribadi

Setelah melewati dan menjalani tahapan utama dengan konsisten, selanjutnya kita bisa menerapkan tahapan berikutnya, yang menjadi pelengkap.

cara-membuat-blog-pribadi

Di tahap ini, kita bisa melakukan berbagai hal, untuk bisa mendulang trafik pembaca ke artikel di blog kita.

Selain itu, kita juga bisa meningkatkan performa blog, baik DA (domain autorithy), PA (page autorithy) maupun DR (domain rating), yang menjadi syarat beberapa job kerja sama blog.

Baca Juga :  Optimasi Sosial Media untuk Penunjang SEO Off Page Ala Rey

Adapun beberapa hal yang bisa kita lakukan, yaitu:


1. Mempromosikan blogpost melalui media sosial

Jangan diam aja dan berharap mengandalkan kunjungan organik dari pencarian orang-orang, untuk mendulang trafik ke blog. Tapi lengkapi juga usaha kita dengan mempromosikan tulisan blog ke khalayak.

Kita bisa menggunakan cara gratisan, seperti dengan menge-share url blogpost kita di media sosial. Baik itu di facebook seperti di feed akun pribadi, akun FP, grup-grup blogger atau grup dengan tema yang sama seperti tulisan kita.

Juga bisa melalui twitter, dengan mengandalkan trending twitter, juga instagram melalui IGS.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan promosi berbayar, baik itu melalui ads di media sosial, ataupun google.


2. Rajin blogwalking

Bukan hanya promosi ke media sosial, kita juga bisa mempromosikan blog kita, dengan cara blog walking.

Blog walking adalah kegiatan seorang blogger yang berkunjung dan membaca artikel di blog lain, lalu meninggalkan komentar yang 'eye catching'. Maksudnya komentar yang bikin pemilik blog lain ataupun pembaca blog lain, jadi penasaran dengan akun kita, sehingga mereka bisa mendatangi kembali blog kita.

Baca Juga :  Manfaat dan Etika Blog Walking Bagi Seorang Blogger Ala Rey

Selain blog walking secara natural, alias blog walking sesuka hati ke blog siapa saja, dan membaca artikel di blog orang sesuka kita.

Ada pula yang namanya blog walking secara wajib. Kegiatan ini biasanya diadakan oleh beberapa blogger yang tergabung dalam sebuah sebuah grup. Lalu mereka membuka list blog walking, di mana semua yang ikut ngelist url blognya, wajib saling mengunjungi dan memberikan komentar positif.


Tahapan Akhir Cara Membuat Blog Pribadi untuk Menghasilkan Uang

Setelah melewati tahapan pelengkap, baru deh kita bisa masuk ke tahap akhir, yaitu monetisasi. 

cara-membuat-blog-pribadi

1. Monetisasi blog

Di tahap ini, kita sudah bisa dengan percaya diri untuk bersiap mendapatkan uang dari blog, dengan cara:

  • Mendaftarkan blog ke google adsense, asalkan tarfik udah lumayan, isi artikel juga lumayan, insya Allah bakalan cepat di acc sama Google. Tapi kalau trafik dan artikel masih sebiji dua biji, mending tunda dulu deh daftarinnya.
  • Daftar job yang infonya banyak disebar di beberapa grup blogger, misal di grup blogger di FP atau beberapa komunitas blogger. Job seperti ini bisa berupa kerjasama backlink, review produk, content placement, afiliasi dan semacamnya. 
  • Ikut lomba blog, kalau yang ini sih sebenarnya kurang butuh performa blog yang mumpuni ya, Yang penting tulisan kita sesuai selera juri, insya Allah bisa menang kok. 

Baca Juga :  7 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Berdasarkan Pengalaman Ala Rey


2. Konsisten

Hal yang paling penting dari cara membuat blog untuk menghasilkan uang ala Rey adalah, konsisten, no matter what!

Iya, konsisten biarpun trafik blog masih sepuluh dua puluh biji, padahal kita udah merasa melakukan semua yang dituliskan di sini, atau bahkan diajarkan para mastah.

Konsisten menambah ilmu, agar kemampuan ngeblog kita semakin baik, sehingga performa blog kita bisa naik dengan cepat.

Karena, kalau performa blog semakin baik, insya Allah kesempatan mendapatkan uang juga jadi lebih cepat.


Kesimpulan dan Penutup

Jadi gimana, step by step cara membuat blog pribadi seperti yang saya share ini, lumayan rempong ya? Ya namanya juga mau cari duit kan brosist! sudah pasti rempong.

Kalau cari duit itu nggak rempong, dijamin nggak ada orang kekurangan duit di dunia ini, hehehe. Namun, dengan berikhtiar bikin blog biar bisa dapatin cuan, ya nggak salah juga dong kita berusaha.

Yang pasti step by step-nya :

  • Tahap persiapan, di mana kita harus menentukan topik, nama domain, dan menentukan platform blog.
  • Tahap utama, yaitu menulis di blog.
  • Tahap pelengkap, yaitu mendulang trafik untuk blog dan meningkatkan performa blog.
  • Tahap akhir, yaitu monetisasi.

Semuanya butuh usaha dan waktu sih ya, dan harus dipahami juga nggak ada jaminan bahwa kita akan menghasilkan uang dari blog dalam waktu singkat

Karenanya, tetaplah punya komitmen dan bersabar menjalani prosesnya.


Sidoarjo, 07 Maret 2023

#TuesdayBlogging

Sumber: pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang step by step atau tahapan cara membuat blog pribadi untuk menghasilkan uang, semoga bermanfaat.

4 komentar :

  1. mau ikutan nyoba membuat blog pribadi, yang dilandasi dengan niat

    BalasHapus
  2. Sudah sekitar 2 tahun saya ngeblog dan masih belum mendapatkan lalu-lintas pengunjung sesuai dengan yang saya dambakan. Salah satu kesulitan yang saya rasakan adalah menyesuaikan konten dengan selera pembaca. Hingga kini masih terus berusaha konsisten nulis dan menambah frekuensi penayangan konten. Tak lupa, seperti kata Anda di sini, terus belajar ilmu ngeblog. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. konsisten dan komitmen, lagi-lagi memang niat yang dibutuhkan di awal ya
    kadang kita cuman mikir enaknya aja, padahal untuk memulai juga perlu usaha, nggak ada yang instan juga, kecuali kalau memang malas dan nggak mau berkembang

    aku sendiri masih bingung, mau nambah di BP atau WP, padahal punya akun WP tapi cuman buat blogwalkingan, sedihh

    BalasHapus
  4. Iya sih mba konsisten itu yg susah banget. Baru di tahap konsisten loh ini udah susah. Belum lagi nyari trafik. Emang ngeblog itu tidak bisa money oriented kalo kataku. Pelan² berusaha dan berdoa.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)