Introvert Adalah Sifat yang Dipengaruhi Kebiasaan Bagi si Rey

introvert-adalah-sifat

Introvert adalah sifat yang dipengaruhi kebiasaan, itu adalah kesimpulan diri sendiri ya, berdasarkan pengamatan diri saya sendiri, hahaha.

Jadi ini bukan ilmu pengetahuan, tapi sebuah opini dan sharing pengalaman, bagaimana keadaan saya selama beberapa hidup saya.


Acara Wisuda Alquran Kakak Darrell

Bermula dari dari hari Sabtu lalu, saya harus mengantarkan si Kakak Darrell yang ada acara sekolahannya, wisuda Alquran, di Masjid Al Akbar alias masjid Agung Surabaya.

Baca juga : Taman Asmaul Husna di Masjid Al Akbar Surabaya

Acaranya sih mulai pukul 07.15, tapi registrasi buka pukul 06.30. Dan tentu saja si kakak yang udah ketularan maminya, harus datang di awal waktu, ngotot kami harus udah di sana sebelum pukul 06.30.

Dan begitulah, terpaksa si Adik nggak bisa masuk sekolah, izin karena ikut maminya ke acara kakak dulu. 

introvert-adalah-sifat

Terus, sebenarnya, kami bertiga tuh lagi nggak fit, baik si Kakak, Adik dan maminya, pada flu semua. Paling parah saya dan si Adik, dan nggak enaknya tuh, toleransi saya terhadap rasa nggak nyaman apalagi sakit tuh kecil. Jadilah saya esmosi melulu, hahaha.

Si Adik juga batuk melulu, sampai-sampai muntah mulu.

Dan saya nggak tahan lagi, akhirnya mutusin minum obat aja. Dan begitulah, sebelum berangkat ke Masjid Agung, kami bertiga minum obat dulu.

Kami berangkat dari rumah pukul 06.00, Alhamdulillah nggak sampai 30 menit udah nyampe, karena Sabtu memang jalanan lebih lengang.

Sampai di sana, semua berjalan lancar, saya dan si Adik lalu masuk ke dalam ruangan, sementara si Kakak bergabung dengan teman-temannya di luar.

Masalah baru muncul setelah sekitar 15 menitan kami duduk di dalam, astagaaaaa ngantuukkkkknyaaahhh! Udahlah saya tuh emang biasanya ngantuk di pagi hari, malamnya tidur nggak nyenyak karena si Adik rewel mulu, plus minum obat pulak.

Kelar sudah dah, mana banyak banget acaranya, ditambah sambutannya seabrek-abrek, rasanya saya udah mau pingsan beneran, berkali-kali nggak sadar hampir jatuh saking udah ketiduran, hahaha.


Bad Mood, Merasa Energi Terkuras, Lalu Tepar berhari-Hari 

Mungkin juga sebagian besar dipengaruhi oleh momen tersebut, Atau memang, sebelum berangkat juga saya udah merasa malas banget untuk keluar.

FYI, sudah sejak akhir tahun lalu, saya jaraaanggg banget keluar. kalaupun keluar, palingan ke rumah eyangnya anak-anak untuk mengurus ibu yang sakit.

Baca juga : Pengalaman Merawat Lansia Sakit Di rumah 

Setelah itu, pulang dan ya udah ngendon aja di rumah. Bahkan untuk beberapa hal yang harus dibeli, saya terpaksa meminta si Kakak yang membelikannya. 

Bukan hanya itu, saking lamanya saya jarang keluar, saya juga malas ketemu orang, even Mas-Mas tukang galon. Saya sampai rela nunggu si Kakak pulang sore hari dari sekolah, baru deh pesan galon atau gas elpiji, biar yang nemuin si Masnya ya si Kakak.

Nah pas acara kemarin, kan ketemu tuh sama ustadz-ustadzah si Kakak, jadi kudu basa basi. Ketemu juga sama wali murid teman sekelas si Kakak. Ya pastinyalah disapa, meski saya udah pura-pura sibuk liat HP aja, wakakakak.

Rasanya sungguh nggak nyaman, dan hasilnya ketik pulang, saya jadi bad mood, lemes dan seluruh badan sakit, lalu tepar di tempat tidur sampai hari ini.   

Rasanya tuh, kayak energi saya habis terkuras, bukan hanya mental yang rasanya lelaaahhh banget, sampai-sampai tubuh berasa lemes, sakit semua, terutama tulang kaki (maklum jompo, wakakakaka).

Padahal, saya udah minum vitamin C loh, dan biasanya kalau udah kena vit C, badan langsung terasa lebih enakan lagi. Tapi tidak dengan setelah ketemu dan berinteraksi dengan banyak orang, rasa-rasanya kok semua orang tersebut, menyedot semua energi saya ya? *lebay!.

Jadilah, sejak Sabtu siang, pas pulang bersihin wajah, langsung deh saya dan si adik tepar, malamnya cuman bangun beli makan terus tidur lagi.

Minggunya juga demikian, seharian di tempat tidur, bad mood parah, dan badan tuh mau jalan aja rasanya lemeeesss banget. Beruntung pas Senin subuh, kondisi tubuh udah lumayan, jadi bisa bangun siapin sarapan buat anak-anak.

Dan untung juga, baju anak-anak udah saya setrika sebelumnya. Jadi kan nggak bingung harus nyetrika ini itu lagi.

Baca juga : GTS alias Gerakan Tanpa Setrika Ala Rey


Introvert Adalah Sifat yang Dipengaruhi Kebiasaan Bagi si Rey 

Gara-gara hal ini, saya jadi mikir, apa bener ya saya ini introvert?. Belum pernah test secara profesional sih ya, tapi kalau melihat ciri-cirinya, saya memang cenderung kepada introvert.

Namun, bukan berarti saya tipe orang yang nggak bisa berbaur sama sekali ya. Enggak dong, saya juga bisa heboh pas kumpul dengan banyak teman, bisa rame.

introvert-adalah-sifat

Bisa cerewet juga.

Lalu , saya pikir-pikir, dulu pas kerja juga ketemu orang ya biasa aja. Kadang ketemu orang baru juga biasa aja, nggak merasa yang lelah banget.

Saya jadi seperti ini, setelah lama jadi IRT, dari yang awalnya saya malas keluar rumah karena malas jilbaban. Saya selalu memakai pakaian pendek di rumah, saking nggak kuat gerah.

Dan karena itu, jangankan keluar rumah, mau buang sampah di luar pagar aja, ngendap-ngendap dulu memastikan nggak ada orang di luar.

Termasuk kalau ada paket yang datang, sering banget saya minta si Adik yang nerima paket, kalau kakak masih di sekolah.

Dan lama-lama, ternyata saya terbiasa serta merasa sangat nyaman dengan tidak bertemu orang, apalagi dengan bertegur sapa dengan orang lain.

Alasan lainnya ada juga sih, seperti saya nggak suka kalau tetangga atau siapa saja terlalu banyak mengorek hal-hal pribadi saya. Kayak nanya, di mana papinya anak-anak, kerja di mana? orang mana? nggak mudik?.

Ah mungkin saya udah terlalu eneg dengan pertanyaan macam itu kali ya, jadi bosan dan malas dengarnya, hahahaha.

Dan hal-hal demikian tercapai setelah saya jadi IRT dan anak-anak udah mulai bisa diandalin, jadi saya nggak perlu bertemu orang lain lagi, kecuali terpaksa.

Dan siapa sangka, saking terbiasa seperti itu, saya merasa kalau sisi introvert-nya jadi semakin parah. Dari yang dulunya cuman nggak semangat ketemu orang, bertegur sapa basa basi dengan orang yang kurang akrab.

Sampai sekarang, jadinya saya merasa drop banget setiap kali habis ketemu orang dan basa basi, rasanya tuh orang-orang yang basa basi itu, semacam menyedot semua energi saya. Jadinya saya lemaaasss sampai berhari-hari, huhuhu.

That's why, saya menyimpulkan, di diri saya, sisi introvert adalah sifat yang dipengaruhi kebiasaan. 

Baca juga : Terpaksa Menulis di Blog Setiap Hari dan Jadi Kebiasaan


Kesimpulan dan Penutup

Sifat saya yang lebih mencintai sesuatu yang bisa saya lakukan seorang diri di kamar, membuat saya menganggap diri adalah introvert.

Tapi dulu, saya tidak merasa separah sekarang, yang mana ketika ketemu orang, lalu berbasa basi, serasa semua energi saya kesedot sama orang-orang tersebut.

Saya pikir, semua itu adalah kebiasaan saya yang udah lama banget jarang keluar dan ketemu orang lain. Dan karenanya saya menganggap, introvert adalah sifat yang dipengaruhi kebiasaan.

Sidoarjo, 20 Maret 2023

Sumber: opini dan pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

Demikianlah artikel tentang introvert adalah sifat yang saya pikir karena kebiasaan, semoga menginspirasi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)