Sedih Karena Dikecewakan Atau Bokek, Ternyata Sesaknya Beda!

kecewa-atau-bokek

Sedih karena dikecewakan atau sedih karena bokek? pilih mana coba?. Pasti banyak yang milih, mending sedih dikecewakan, yang penting kagak bokek. 

Karena nangis sambil makan cokelat enak itu, jauh lebih nikmat ketimbang nangis karena kelaparan, hahaha.

Kalau saya, milih nggak dikecewakan dan uangnya cukup dong! * curang yak, hahaha.

Enggak sih, saya tuh sedang berpikir mendalam *halah. Setelah sering melihat konten di media sosial, yang isinya tuh kurang lebih kayak gini.

Biarin deh sedih yang penting banyak duit. Jadi nangis sambil naik mobil mewah dan nyaman. Nangis sambil naik jet pribadi deh. Nangis sambil ambil paket belanja online yang banyak.

Baca Juga : Kisah Sedih Dari Sudut Sekolah Si Kakak

Pokoknya nangis sedih tapi bisa beli apapun, karena banyak duit.

Dari pada, senyum ketika token listrik bunyi-bunyi. Senyum ketika mau masak nasi, tapi berasnya abis.

Duh bahkan saya yang liat konten itu juga sempat berpikir, iya juga ya...Biarin deh sedih, yang penting banyak duit.

Tapi pertanyaannya adalah benarkah seperti itu? benarkah sedih dan kecewa itu tak masalah yang penting banyak duit?

Kayaknya enggak sih ya.

Setidaknya buat saya ya, pernah mengalami kesedihan dengan kedua penyebab tersebut.


Sedih Karena Dikecewakan 

Kalau dipikir-pikir nih ya, dalam hidup ini saya udah sering merasakan kesedihan karena kecewa. Baik itu kecewa dengan sendirinya tanpa sengaja. Ataupun kecewa dengan sengaja karena dikecewakan.

kecewa-atau-bokek

Etapi bentar deh, kayaknya saya Alhamdulillan belum dan jangan sampai pernah mengalami, kecewa karena sengaja dikecewakan deh.

Atau mungkin dulu pernah, tapi saya udah lupa kali ya? hahaha.

Tapi serius loh, saya nggak ingat pernah merasakan kecewa karena sengaja dikecewakan. Seringnya saya kecewa ya karena ekspektasi diri sendiri. Alias yang nggak disengaja.

Kayak yang paling terasa nyes sakitnya nih ya. Ketika kecewa terhadap papinya anak-anak. Kayaknya seumur-umur, nggak ada yang pernah mengalahkan sedih dan sakitnya saya kecewa terhadap si dosky *halah, istilahmu Rey, hahahaha.

Tapi beneran loh, saya pernah kecewa sama orang tua, terutama ke mama ya, ketika mama tega banget nggak ngirimin saya uang sepeserpun. Ketika saya di Surabaya selepas wisuda.

Baca Juga : Sosok Pahlawan yang Nyebelin

Terakhir sih, saya kecewa karena mama lebih membela kakak saya, ketika kami berantem. Mana Bapak udah nggak ada pulak!. Jadinya saya sendirian kayak anak yatim piatu tak berkeluarga sama sekali.

Atau kekecewaan mendalam juga ketika saya yang keuangannya nggak sebagus kakak yang memang jadi PNS, setidaknya dia punya gaji stabil setiap bulan kan ye.

Terus kan, pas Bapak meninggal, saya paksain dong untuk beli papan nama makam buat Bapak. Udah langsung beli dong, bahkan ada nih di sini.

Terus, saya udah kabarin mama lewat SMS, kabari kakak ipar juga.

Dan you know, ternyata mereka cuek, Sekarang makam Bapak udah jadi, lengkap dengan papan nama yang mereka beli.

Duh sedih dan kecewa rasanya. Tapi percaya enggak? itu rasanya nggak lama sih. Setelah manyun, menulis dan sedikit menitikan air mata. Sekarang saya udah biasa aja tuh.

Sama sekali nggak marah apalagi dendam sama mama dan Kakak. Dan papan nama makamnya? ya udah nanti sih kalau saya bisa mudik ke Buton lagi, baru deh saya bawa dan saya simpan aja di makam Bapak. Biar banyak papan namanya, wakakakak.

Baca Juga : Vanessa Angel adalah Reyne Raea

Ada banyak hal yang seharusnya saya kecewa, kepada mama dan Kakak. Tapi anehnya nggak bertahan lama. Demikian juga dengan teman-teman (etapi ini malah saya udah nggak ingat lagi, apa ya yang bikin saya kecewa dari teman?).

Oh ya, ada sih, bukan kecewa, tepatnya keki aja.

Sama teman kantor yang udah saya anggap kayak bestieh banget. Dulu dia direkrut buat bantuin saya, jadi kami satu team gitu. Karena dia anak baru, dia sukanya nempel ke saya, karena you know lah si Rey itu kadang terlihat memanjakan teman dengan suka banget mendengarkan keluhan maupun cerita orang. Alias si Rey suka sedekah telinga.

Dia cerita dong kalau mau nikah, mau jilbaban. 

Waktu itu memang saya kerja di perusahaan milik orang Chindo aka China Indonesia,dan saya tetep berjilbab. 

Jadi ketika dengar cerita teman saya itu, mau nikah dan jilbaban. Ya udahlah saya bahagia banget, nggak lupa kasih wejangan ini itu. Ye kan dia lebih muda setahun, kalau nggak salah, dengan saya.

Tapi tahu nggak kenyataannya?

Ternyata dia udah nikah dan memang sebelumnya dia jilbaban sodara! Dia malah lebih dulu nikah ketimbang saya. Dan dia berjilbab selalu, hanya pas ngantor aja dia buka.

oooomaaaiiiiguuuddddd!

Baca Juga : Tips Anti Bete Menghadapi Teman Nyebelin

Kebayang dong malunya saya, tiwas ngajarin dan nasihatin, ternyata dia lebih duluan dan lebih ngerti dari saya, huhuhu.

Tapi ya gitu, hanya beberapa hari aja saya manyun, abis itu ya biasa lagi.

Intinya, semua hal-hal kecewa yang saya rasakan tuh, entah mengapa bisa dengan mudah saya lupakan dan saya anggap biasa aja.

Tapiiii...

Beda ceritanya dengan ketika saya kecewa dengan si papinya anak-anak.

Ini rasanya udah kayak depresi, udah hampir gila, sampai-sampai pengen mati aja rasanya.

Dan sedihnya, sudah amat dilupakan, hiks.

Berkali-kali coba saya lupakan, belajar berdamai. Tapi entah mengapa rasa kecewanya sering banget terngiang. Bahkan udah beberapa waktu belakangan ini, papinya anak-anak tuh mulai 'back to setelan awal' *halah lagi! hahaha.

Yaitu, sosok yang sabar. Kalau saya ngomel dia diam, saya marah dan ngamuk dia diam, ujung-ujungnya minta maaf. Mau dia salah atau enggak, ujungnya dia minta maaf.

Meskipun memang masih korslet dikit. Ada kalanya kalau saya ngamuk, dia cepat pergi tapi nggak jauh sih ya, nggak sampai menghilang berhari-hari kayak biasanya.

Tapi entah mengapa, sulit banget bisa berdamai dengan kekecewaan. Pikiran saya selalu penuh dengan hal-hal negatif.

Kayak sekarang dia baik kan, sisi otak saya sering berkata,

"Iyalah dia baik, soalnya saya baik sama ibunya"

Oh ya, btw sejak tahun baru, memang ibunya jatuh sakit sih, dan sampai hari ini belum juga bisa sembuh. Tiduran aja di ranjang, apa-apa harus dibantu. Dan terpaksa semua anaknya sibuk bagi jadwal, untuk mengurus ibunya.

Baca Juga : Nggak Ngeblog 3 Harian Karena Sedang Jadi Perawat

Saya, yang sejak awal dengar kabar ibu drop itu, luar biasa khawatirnya, sama sekali nggak ada hubungannya dengan papinya anak-anak sebenarnya.

Hanya saja, you know lah si Rey ini memang haus kasih sayang seorang ibu. Dan ibu mertua itu, satu-satunya ibu-ibu yang pernah membuat saya merasakan, asyiknya punya ibu yang bisa mengekspresikan perasaan sayangnya.

Di mana ketika ultah ibu nggak sungkan memeluk dan mencium saya, kalau ke sana selalu dipeluk dan dicium. Sementara mama kandung saya, kan emang nggak ekspresif kayak gitu.

Jadi, ketika ibu sakit, saya tentu saja panik dan segera menjenguknya, memandikannya dengan diseka badannya, ganti popok dan setia menjaganya.

Saya berpikir, gara-gara itukah si papinya anak-anak jadi baik sama saya? sementara saya kan pengennya baik ya baik aja, jangan beralasan. Karena itu menyedihkan. *halah!

Intinya, kata siapa sedih karena dikecewakan itu nggak apa-apa? Iya sih saya nggak atau belum pernah merasakan, sedih dikecewakan papinya anak-anak sambil naik jet pribadi.

Mungkin kalau saya lagi depresi dan sakit hati karena dikecewakan, tapi sayanya bisa naik jet pribadi. Pastinya saya nggak bakal bisa nangis deh kayaknya, bahkan lupa sakit hatinya.

SOALNYA SAYA TAKUT PESAWATNYA JATUH, WAKAKAKAKAKAK!

Baca Juga : Imbas Tragedi Air Asia QZ8501

Jadi, saya pikir, mungkin juga nih, beberapa orang yang bikin konten mending sedih tapi banyak duit itu. Belum merasakan bagaimana sesaknya dada ketika sakit hati dan kecewa mendalam, sampai depresi.

Itu tuh, mau saya ke manapun, makan apapun, melakukan hal-hal yang menyenangkan apapun. Tetap nggak bisa saya nikmati.


Sedih Karena Bokek

Masya Allahnya nih, hidup saya tuh lengkap. Sedih karena dikecewakan, pernah saya rasakan, dan beneran sampai nyeseknya tertancap ke aliran darah. Sampai pengen mati saja, biar kata meskipun nggak kaya, tapi keuangan masih aman dan cukup lah.

kecewa-atau-bokek

Tetep kayak mau mati, bahkan mencoba untuk mati.

Dan sedih karena bokek? oh pernah banget! hahaha. Berkali-kali malahan!

Waktu kecil, udah kenyang banget dengan yang namanya kekurangan duit, sehingga pernah yang namanya kami makan nasi sama terasi bakar (etapi enak loh ternyata, hahaha).

Tapi masa kecil sih, mau punya uang atau enggak, kitanya nggak terlalu memikirkannya ya.  Nantilah setelah dewasa, setelah benar-benar dikasih tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Baru deh kerasa banget.

Pertama kalinya merasa bener-bener bokek tuh, ketika lulus kuliah. Duh ini bukan cuman merasa, tapi emang mengalami yang namanya, nggak punya duit sepeserpun.

Saya baru lulus, cari kerja ternyata tidak semudah itu. Saya juga nggak mau tinggal di rumah om, karena nggak bisa benar-benar fokus cari kerja.

Dan itu tuh rasanya, sedih banget sih. Tapi saya nggak ingat ketika itu sampai merasa depresi sih. Karena Alhamdulillah, masih bisa makan setiap harinya.

Si Kakak pacar dan keluarganyalah yang luar biasa bisa diandalkan. Kalau pagi dibawain makan dari rumahnya, kalau malam memanfaatkan uang yang tersisa dan didapatkan si Pacar yang ketika itu memang udah ikut proyek meski hanya tenaga bantu aja.

Kali kedua adalah, setelah punya anak. 

Ya ampuuunnn, ini mah tantangannya lebih luar biasa. Nyeseknya lebih kerasa. Setiap saat ketakutan anak-anak nanti kelaparan. Jadi lebih over protektif takut anak sakit karena nggak punya uang buat beli obat.

Pokoknya nyesek banget dah! jauh lebih nyesek ketika sendiri dan nggak punya uang. Dulu mah ngekos, jadi yang dipikirin cuman uang bayar kos dan makan.

Lah kalau punya anak? uang listrik, air, gas, minyak, beras, lauk dan lainnya. Belum lagi anak udah sekolah, SPPnya tuh nggak bisa di'pause' dong.

Baca Juga : Pendidikan Dasar Anak yang Tak Terulang 

Nyesek banget dada, sampai-sampai kalau lagi shalat tuh, saya kayak orang gila yang merayu Tuhan, hahaha.

Hari ini, saya merayu Tuhan pakai kata-kata positif, dengan teori Law Atraction gitu loh.

Berdoanya, pakai rasa syukur dan yakin dikabulkan, misal:

"Ya Allah, Alhamdulillah, terima kasih ya Allah, Kau berikan kemudahan kami membayar SPP anak-anak"

"Terima kasih kau berikan keikhlasan dan kekuatan"

Dan lainnya, yang sebenarnya artinya adalah, saya minta dikasih rezeki, soalnya mau bayar SPP anak-anak. Saya minta dikasih kekuatan, biar nggak stres melewati masa-masa bokek.

Terus di lain waktu, doanya beda lagi. Pakai nangis-nangis, curhat ke Allah, kalau takut jika anak-anak kelaparan atau mungkin nggak bisa sekolah.

Udah deh, pokoknya kayak orang gila dah, hahaha.


Sedih Karena Dikecewakan Atau Sedih Karena Bokek, Ternyata Sesaknya Beda!

Tapi nih ya, se ngerasa stresnya saya ketika lagi bokek. Selama papinya anak-anak selalu sabar menghadapi tingkah stresnya saya. Selalu diam dan nggak berani menjawab atau marah sedikitpun ketika saya ngamuk ke anak-anak saking merasa stres mikirin duit.

Rasanya kok, semua masih bisa dihadapi dengan normal.

Buktinya, saya masih bisa shalat dengan khusyu', masih bisa main dengan anak-anak. Dan nggak kepikiran mau mati hanya karena lagi bokek, hahahaha.

Beda lagi dengan situasi, ketika kecewa dengan papinya anak-anak. Misal ketika diajak komunikasi, eh dia kabur. Itu tuh rasanya, kayak saya hidup di awang-awang. Kayak nggak nyadar kalau masih hidup di dunia.

Mau shalatpun, seringnya lupa rakaat, ckckckck.

Jadi, saya nggak tahu sih kalau orang lain ya. Tapi menurut saya, menurut pengalaman saya nih. Sedih karena dikecewakan, dam sedih karena bokek itu beda.

Meskipun keduanya sama-sama menyebabkan sesak di dada. Tapi sesaknya ketika lagi bokek itu, hanya berasal dari ketakutan yang ada sumbernya.

Jadi, saya tahu harus gimana.

Misal, saya harus kerja keras biar dapat duit. Maka saya kemudian kerja keras, jadinya dapat duit, sekaligus melupakan sesaknya karena bokek.

Nah beda lagi nih kalau pas lagi merasa kecewa, karena dikecewakan, entah oleh ekspektasi sendiri. Tapi sumber kecewanya itu dari pasangan. Rasanya itu, kayak udah nggak hidup lagi di dunia ini.

Jadi, saya kadang heran melihat konten mending kaya biarpun sedih. Ketimbang bahagia tapi miskin.

Saya merasa, mungkin orang yang berpikiran demikian, mungkin belum pernah merasa yang namanya the real stres dan depresi.   

Tahu nggak sih, mau punya uang segudang, kalau kita udah kena depresi, mental udah sakit. Nggak banyak berguna lagi. 

Karena mental yang sakit itu susah disembuhkan, bahkan nggak pernah bisa sembuh, terutama jika kita sulit untuk belajar berdamai.

Beda sama penyakit fisik, bahkan kanker misalnya. Kalau punya uang kan bisa dengan berobat ke tempat yang terbaik.

Tapi kalau masalah mental, mau ke psikolog terbaik di duniapun, nggak akan ngaruh. Dan ketika mental udah rusak. Duit segudang juga nggak bakal bisa kita nikmati lagi.

Baca Juga : Jatuh Bangun Melewati Mental Illness  


Kesimpulan dan Penutup

Tulisan ini, bukanlah untuk memilih mana yang terbaik ya. Meskipun menurut saya, sedih itu ada gunanya juga loh. Karena sedih akan membuat kita memaknai bahagia secara lebih mindfulness.      

Ye kan, pegimana bisa merasa bahagia itu menyenangkan, kalau kita nggak pernah merasa nggak enaknya rasa sedih, iya nggak?.

Namun, tulisan ini saya maksudkan untuk mengatakan, bahwa mau kayak gimanapun penyebab sedih itu, tetap rasanya nggak enak, nggak nyaman.

Tapi, sedihnya karena mental yang tersakiti, itu jauh lebih nyesek, ketimbang sedihnya karena fisik yang merasakan. Kayak lagi bokek itu kan, yang bikin sedih kan, kalau kelaparan ye kan.

Sedih sih, nyesek atau sesak juga terasa banget.

Tapi rasanya beda. Kalau sesaknya nggak punya duit itu, saya masih bisa nafas dan kemudian sibuk kerja. Sementara sesaknya karena hati yang kecewa, itu rasanya, mau apa-apa juga nggak bisa.

Nggak nyaman, bahkan pengennya mati aja, tapi kok ya mati ternyata ada jadwalnya, hahaha.

Demikianlah 

Sidoarjo, 06 Maret 2023

2 komentar :

  1. Sepakat, ananda Rey. Sedih kecewa karena tak punya duit, masih bisa diajak berdamai. Kecewa karena ulah suami, sakitnya lamaaaa ... dan susah untuk diobati.

    BalasHapus
  2. Eh bener sih Rey, sedih karena dikecewakan itu lebih nyeseeek banget sbnrnya. Aku pernah ngalamin soalnya. Rasanya kayak jantung diremes, pikiran kalut, ga bisa mikr jernih samasekali. Dan di situ aku ngerasain kayak ga semangat melakukan apapun. Rasanya semua jadi percuma aja. Makanya aku ga pengen sih ngalamin sedih Krn dikecewain lagi. Kalo sedih Krn bokek, itu mah bentar doang. Yg ada juga aku puter otak gimana cara dapat duit lagi. Lebih bentar sedihnya dan malah jadi terpacu kerja

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)